Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online di HP

Bagaimana cara memblokir sms spam, iklan atau promosi yang selalu mengganggu di Inbox HP kita? Tentunya jenis sms ini sangat mengganggu bukan? Walaupun saat ini penggunaan short message service (SMS) sudah semakin ditinggalkan, namun banyak dari kita yang masih menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Sayangnya, berbagai pihak ada yang menjual data nomor HP klien mereka sehingga membuat kita diterima pesan spam yang sangat menggangu dan bikin rese.

Dan tentunya sebagai pengguna smartphone yang ingin privasi, keberadaan SMS spam atau yang berisi iklan tersebut sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Karena kita tidak bisa lagi membedakan antara SMS yang berasal dari keluarga dengan SMS spam

Disinilah kita dituntut untuk menjaga privasi nomor handphone yang kita punya supaya tidak sembarangan memberikannya ke orang lain. Misalnya dengan cara mengisi pulsa bukan di konter pinggir jalan Tetapi lebih memilih untuk mengisi pulsa lewat aplikasi m-banking atau aplikasi pembayaran online.

Selain itu kamu juga harus menggunakan nomor handphone sekunder untuk khusus digunakan sebagai pendaftaran di media sosial atau aplikasi chatting. Ini juga untuk menghindari bocornya nomor handphone pribadi milikmu kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Walaupun operator besar seperti Telkomsel, XL, Indosat, 3 atau Axis ditanya, mereka tidak akan mau untuk bertindak memblokir pesan-pesan nakal seperti itu. Kita sendiri sebagai pengguna yang harus menangkal dan mencegah SMS spam yang mengganggu tersebut.

Karena pada awalnya penciptaan fitur SMS ini ditujukan untuk komunikasi, Tapi sekarang sudah banyak digunakan sebagai media promosi yang bersifat spam oleh sebagian pegiat bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya.

Cara Blokir SMS Spam di HP

cara blokir sms iklan

Dan berterima kasihlah sobat kepada mimin kosngósan, karena kali ini kita akan mencoba membahas Bagaimana cara untuk menghalau atau menghilangkan pesan spam yang kerap kali datang di HP kalian, simak berikut pembahasannya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Xiaomi yang Menggangu

1. Blokir SMS pakai fitur default HP


Sobat kosngosan bisa memblokir sms dan telepon pada dasarnya menggunakan fitur bawaan dari smartphone. Namun tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Sobat bisa mengecek apakah fitur ini disediakan atau tidak oleh pabrikan dengan mengecek :

Langkah pertama :

Buka menu “Contacts" kemudian pilih kontak mana yang akan di blokir nomornya. Terlebih dahulu sobat kòsngosan bisa menyimpan nomor target kemudian melakukan blok

Langkah kedua :

Caranya klik “Icon Tiga Titik” di pojok kanan atas layar, kemudian pilih “Add to blacklist” untuk memblokir sms dan telepon dari nomor tersebut.

Langkah ketiga :

Lalu bagaimana apabila tidak tersedia? Maka sobat kosngosan silahkan gunakan menu “All Calls To Voicemail“. Fitur voice mail ini juga berfungsi memblokir panggilan telepon.


2. Blokir SMS pakai aplikasi


Software block memang hanya bisa dipakai oleh smartphone, bukan feautre phone seperti nokia tulalit. Jadi apabila kamu pengguna HP tulalit, ini tidak bisa diterapkan. Satu satunya cara yang bisa sobat kosngosan gunakan untuk pengguna hp tulalit adalah dengan mengaktifkan filter pesan (biasanya fitur ini tersedia di hp nokia)

Nah sofware ini bisa dipakai pada android dan ios, adapun kelebihan yang ditawarkan bisa melakukan auto-blocking, memblokir dan mengelompokan nomor telepon dalam beberapa kategori seperti scam atau fraud, suspected spam, hidden number, international number dan not in my contacts.

Langkah pertama :

Sobat cari saja aplikasi "block sms" di google play atau apple store. Disana akan banyak sekali pilihan aplikasi seperti :

Block Text, SMS and MMS, Spam Blocker - Key Messages (Bisa Download DISINI)
Call Control - SMS/Call Blocker. Block Spam Calls (Bisa Download DISINI)
Root Call SMS Manager (Bisa Download DISINI)
SMS Plus- protect your message (Bisa Download DISINI)
SMS Antispam online (Bisa Download DISINI)

Langkah kedua :

Setelah itu install dan buka aplikasinya. Ada berbagai pengaturan yang bisa dijalankan, yang intinya kelima aplikasi itu berfungsi untuk mencegah nomor asing untuk mengirimkan pesan kembali ke nomor mu, sehingga ini akan mengurani sms spam yang berkelanjutan.


3. Cara Blokir SMS Iklan Samsung


Bagi pengguna smartphone samsung, sudah langsung terdapat opsi blokir nomor begitu mendapatkan sms atau telepon asing yang menawarkan promo pinjaman online atau iklan yang mengganggu lainnya. Seperti penjelasan dibawah ini :

Langkah 1 :

Buka SMS yang datang di message atau pesan HP samsung mu. Buka kotak dialog sms yang masuk, misalnya terdapat nomor asing seperti yang kamu lihat dibawah ini

cara blokir sms iklan samsung

Langkah 2 :

Lalu jika nomor sms yang digunakan adalah nomor asing yang tidak terdaftar di dalam kontakmu, maka otomatis sistem di smartphone samsung akan mendeteksi itu, dan menampilkan opsi "Add to contact" di sebelah kiri dan opsi "Block Number" disebelah kanan

cara blokir sms iklan samsung

Langkah 3 :

Kamu tinggal memiliih opsi "Block Number" dan nantinya akan muncul opsi "You will no longer receive any calls or messages from this number" dan pilih opsi "Delete Conversation" untuk menghapus pesan.

Maka nomor yang mengirimkan sms tersebut tidak akan bisa lagu mengirimkan sms ke nomor mu dengan sembarangan.

4. Tips supaya SMS Iklan tidak Datang Lagi


Lalu seperti apa tips jitu yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan SMS spam yang terus menerus datang di handphone milik kita? Tentu saja itu semua berasal dari kebiasaan sobat kosngosan untuk memberikan nomor handphone secara cuma-cuma dengan gampang kepada orang yang tidak dikenal

Selain itu penggunaan nomor handphone utama untuk keperluan pendaftaran segala jenis akun di internet juga bisa berakibat penyalahgunaan data nomor telepon tersebut untuk kepentingan promosi bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut solusi yang bisa mimin kósngosan berikan kepada kalian :

a. Pakai 2 nomor untuk keperluan berbeda


Ini adalah salah satu trik yang mimin sukai, karena mampu meminimalisir terjadinya SMS spam. Kamu bisa memiliki satu nomor telepon primer yang digunakan untuk kepentingan privasi seperti menghubungi orang-orang terdekat dan teman bisnis.

Kemudian nomor sekunder untuk digunakan terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan dunia Internet, seperti pendaftaran akun Facebook, Instagram, termasuk juga Ketika mendaftar secara offline yang mengharuskan sobat kosngosan mengisi nomor telepon yang tidak terlalu penting.

b. Jangan mengisi pulsa di konter


Konter sudah lama mimin tinggalkan. Sejak mengenal aplikasi pembayaran online seperti OVO, GOPAY, DANA dan sebagainya, kemudahan akan pengisian pulsa secara online akan memudahkan kamu dan menghindarkan kamu dari penggunaan nomor telepon yang tidak bertanggung jawab

c. Jangan berikan nomor kepada orang asing


Hal ini memang terkesan sangat sepele namun sangat sering dilakukan oleh orang sadar atau tidak sadar. Seperti misalnya Jika kamu hendak mengisi buku tamu, sobat kosngòsan tidak harus ngomong isi nomor telepon sekalipun itu diminta.

d. Pilih nomor baru yang tidak unik


Percaya atau tidak percaya nomor HP yang berasal dari daur ulang (artinya nomor ini diaktifkan kembali dari nomor lama yang telah mati) sangat rentan untuk mendapatkan SMS spam. Karena nomor ini sejatinya sudah masuk ke database pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Selain itu memiliki nomor unik juga sangat rentan untuk mendapatkan SMS spam. Karena biasanya para pengirim SMS spam itu mengirimkan SMS dalam jumlah banyak dengan nomor yang di random secara acak, nomor unik biasanya mendapatkan peluang yang lebih tinggi untuk itu

Tonton Video Panduannya


Tonton juga videonya dibawah, tekan tombol play dan jangan lupa subscribe dan like videonya ya




Baca juga : Mengatasi HP RealMe yang OverHeat

Kata Penutup

Apapun jenis sms yang masuk tanpa kita inginkan, memang membuat inbox hp jadi banyak dan berantakan. hal ini tentunya membuat banyak orang terganggu, karena tidak bisa lagi membedakan mana sms yang penting dan mana yang sampah atau spam. Oleh karena itu dengan cara diatas bisa meminimalisir terjadinya sms iklan yang sangat mengganggu.

Demikian cara menghalau pesan spam yang datang di smartphone atau HP kalian masing-masing. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk mengurangi pesan-pesan sampah seperti itu. Jangan lupa berikan share dan bertanyalah apabila ada yang ingin ditanyakan
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya