Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blanko Undangan yang Sesuai

Bagaimana cara setting posisi teks undangan pada kertas blanko dan membuat sesuai dengan letak yang sebenarnya? Bagi kalian yang ingin atau sedang berbisnis cetak undangan rumahan, maka tips ini perlu untuk diketahui. Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa cara sederhana yang bermanfaat untuk kalian. Berbisnis cetak undangan saat ini memang cukup marak dilakukan oleh orang-orang, ada yang menggunakan cetakan mesin untuk memenuhi permintaan undangan dalam partai besar dan juga yang menggunakan printer biasa untuk memenuhi permintaan partai menengah dan kecil.

Namun di sini yang fokus untuk kita bahas adalah, bisnis cetak undangan kecil-kecilan yang menggunakan printer biasa sehingga kamu harus mempersiapkan modal dan hal-hal teknis lain yang nantinya akan memperlancar proses usaha cetak undangan mu

Anggaplah pada tahap ini Kamu sudah membeli printer kemudian sudah memiliki katalog blangko undangan yang siap untuk dicetak apabila klien meminta, kemudian kamu sudah memiliki settingan atau desain dari undangan blanko baik itu dalam format CDR, PSD atau Microsoft Publisher.

Namun terkadang sobat kosngosan lupa dalam hal-hal teknis yang menjadi permasalahan nantinya. Salah satunya adalah Bagaimana cara mengatur posisi settingan ke dalam ukuran kertas undangan yang sebenarnya, dan juga bagaimana cara kita melakukan trial dan error untuk menyesuaikan tata letak bagian bagian penting di kertas undangan.

Permasalahan lain apabila sobat kosngósan membeli yang blangko undangan misalnya untuk pertama kali dalam jumlah 200 lembar, maka kita tidak memiliki kertas undangan backup, yang bisa digunakan untuk melakukan trial dan error untuk menyesuaikan posisi yang tepat demi mendapatkan hasil cetakan yang sempurna.


Cara Setting Kertas Blanko Undangan

kertas blanko undangan

Nah pada kali ini kita akan membahas solusi dari permasalahan tersebut hanya dengan menggunakan bantuan dari kertas HVS yang banyak kita temukan sehari hari. 

Dengan bantuan kertas HVS kita tidak perlu lagi untuk menghabiskan blangko undangan, dan bisa langsung mencetak dengan sesuai.

Baca juga : Contoh Undangan Tasmiyah (Syukuran Kelahiran Bayi)

Ukur Pakai Penggaris


Langkah pertama

Hal dasar yang bisa sobat kosngòsan terapkan adalah mengambil kertas undangan atau contoh blanko yang diberikan oleh pihak penyedia blanko undangan kepada kita secara gratis. 

Kamu bisa meminta katalog undangan tersebut secara gratis.


Langkah kedua

Persiapkan penggaris, kemudian mulailah mengukur panjang dan lebar dari contoh katalog undangan tersebut. Di sini kamu bisa menggunakan satuan inchi atau milli meter. 

Setelah menemukan ukuran yang tepat kamu bisa menulis di kertas katalog dengan menggunakan pensil

Setting Printer


Langkah pertama

Kemudian pergi ke pengaturan printer. Apabila sobat kosngosan menggunakan bantuan Corel Draw, Photoshop atau Microsoft publisher, akan ada pilihan print kemudian pilih menu printer option. 

Pada ukuran kertas kamu bisa memilih opsi custom

Langkah kedua

Setelah itu masukkan ukuran yang sudah diketahui sebelumnya tadi. Jangan sampai salah untuk memasukkan ukuran satuannya. Bila kamu mengukur dalam satuan mm maka kamu harus menggunakan mm juga.

blanko kertas undangan

Langkah ketiga

Setelah itu kamu klik OK, jangan lupa ubah opsi layar cetak dari portrait ke landscape, untuk menghindari kesalahan cetak nantinya. 

Setelah itu cek kembali dengan memilih, printer preview dan lihat apakah ada kesalahan yang lain yang harus diselesaikan

Gunakan Kertas HVS sebagai Media Trial dan Error


Nah setelah kamu menyelesaikan setting ukuran kertas blangko undangan tersebut, maka kamu bisa segera mengatur dan mengaplikasikan ke kertas HVS, untuk menghindari kesalahan cetak pada blangko undangan yang sudah dibeli.

hvs kertas trial error undangan

Misalnya klien meminta undangan sebanyak 200 lembar, Kalian tentu hanya bisa membeli blangko undangan sebanyak 200 lembar saja tanpa ada kelebihan bukan? 

Oleh karena itu menggunakan kertas HVS sangat bermanfaat untuk kalian yang membeli blangko undangan dalam jumlah yang pas sebagai media trial dan errornya.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memahami Bagaimana cara kerja bisnis cetak undangan sederhana ini, kamu bisa menonton video yang sudah dipersiapkan di bawah ini. 

Ada dua jenis video yang pertama adalah cara untuk setting ukuran kertas dan yang kedua adalah cara untuk memanfaatkan kertas HVS sebagai media trial dan error


Tonton panduannya lewat video kosngosan

Untungnya kali ini mimin kosngosan ini sudah mengupload video panduan mengenai cara setting kertas undangan menggunakan sampel blanko di channel YouTube milik kòsngosan yang sudah disematkan dibawah ini.

Kamu cukup tekan tombol play dan tonton secara otomatis dari sini. Apabila kamu merasa video tersebut informatif kamu bisa like share dan juga subscribe channel kosngosan untuk mendukung mimin dalam membuat konten yang lebih bermanfaat lagi


Cara Setting Ukuran Kertas




Cara Trial Error Pakai HVS



Baca juga : Contoh Undangan Rapat Desa, RT dan RW Format doc

Kata penutup


Pada akhirnya cara tersebut kita akan terbantu kan dengan memanfaatkan kertas HVS sebagai media untuk trial dan error dalam menyesuaikan posisi setting di corel draw (photoshop atau publisher) dengan ukuran kertas blanko yang sebenarnya

Demikian uraian tips dan solusi mengenai hal-hal teknis bisnis cetak undangan sederhana semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang atau akan memulai bisnis ini. 

Sebagai bentuk kontribusi jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan komentar kalian yang bermanfaat di bawah, terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya