Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Tasmiyah Syukuran Kelahiran Bayi

Sedang mencari contoh undangan tasmiyah dengan format Word dan CDR? Tasmiyah atau yang disebut juga prosesi pemberian nama pada bayi yang baru lahir, biasanya dilangsungkan pada tujuh hari sejak kelahiran bayi tersebut, dan biasanya bersamaan dengan syukuran aqiqahan, yaitu penyembelihan kambing atau domba dan mengundang kerabat.

Dan pada kesempatan kali ini, mimin kosngosan akan membahas mengenai prosedur cara membuat undangan tasmiyah beserta contohnya dalam format doc dan coreldraw yang bisa diedit. Kamu bisa mendownload filenya di bawah

Acara tasmiyah sekaligus aqiqah merupakan salah satu ajaran dalam agama Islam untuk bayi yang baru lahir, untuk orang tua dalam melakukan syukuran. Karena dalam Islam sendiri anak merupakan satu amanah yang wajib untuk diberikan pendidikan terbaik oleh kedua orang tuanya

Dalam hadist Rasulullah pernah bersabda "Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari kelahirannya, diberi nama dan dicukur rambutnya” (HR. An Nasa’I dan At Tirmidzi)

Lalu pertanyaannya Siapa yang paling berhak untuk memberikan nama kepada bayi yang baru lahir tersebut? Dalam Islam yang lebih berhak untuk memberikan nama anak adalah ayah atau suami dari pada ibu atau sang istri. Namun tentu saja ini merupakan satu musyawarah bersama yang disetujui oleh keluarga

Kewajiban orang tua untuk memberikan nama baik kepada anak yang memiliki arti yang baik pula. Karena dalam Islam sendiri nama adalah doa. Orang tua bisa mengkombinasikan kan nama anak dari tokoh-tokoh Islam atau dari referensi lain.

Lalu bagaimana apabila sobat kosngòsan sudah terlanjur memiliki nama yang jelek atau terlarang dalam Islam? Apa tentu saja sobat kosngosan bisa mengganti nama menjadi nama yang baik dan sesuai dengan yang diperintahkan agama.

Baca juga : Contoh Undangan Syukuran Haji dan Umrah bisa Diedit


Contoh Undangan Tasmiyah


syukuran tasmiyah bayi

Nah untung saja kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh undangan tasmiyah kepada kalian yang ingin langsung mengedit tanpa membuat dari awal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Pekanbaru, September 2020

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT, Perkenankanlah kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i, Untuk sekiranya dapat hadir dan memberikan do’a dalam acara tasmiyah Putera pertama kami yang Alhamdulillah telah diberi nama :

Ucok Kòsngosan Harahap

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tgl : Minggu, 18 September 2020
Jam : 11.00 WIB
Tempat : Rumah Keluarga Reza Harahap
Jl. Garuda Sakti, Kel.Tampan, Pekanbaru

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, Apabila Bapak/Ibu/Saudara/I berkenan hadir memenuhi undangan kami. Atas kehadiran dan do’anya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalaamu'alakum Warohmatullahi Wabarokatuh

Hormat Kami,

Bapak Reza Harahap dan Ibu Suci Bella Lestari


Contoh undangan DOC


Undangan dalam format doc bisa sobat kosngósan buka menggunakan aplikasi Microsoft Word kemudian kamu edit sesuai dengan kebutuhan. Kamu tinggal mengubah bagian nama tanggal alamat serta hal-hal yang dirasa sesuai dengan kebutuhan.

Berikut previewnya :



Download Contoh file diatas DISINI


Contoh undangan dalam bentuk CDR


Selain contoh surat dalam bentuk doc kamu juga bisa mendownload contoh surat undangan dalam bentuk CDR, dengan menggunakan aplikasi Corel Draw kamu bisa mengedit kata-kata yang sudah ada didalamnya sesuai dengan kebutuhan dan mencetak dalam kertas undangan.

Berikut previewnya :

contoh undangan aqiqah cdr

Download Contoh Undangan Tasmiyah dalam Format CDR DISINI

Instruksi download


Penting untuk membaca setelah mengklik tombol download di atas sobat kósngosan akan dibawa ke halaman baru berupa safelink, kemudian tunggu beberapa detik hingga tombol download muncul. Silahkan unduh dari Google Drive yang sudah disediakan


Cara Membuat Undangan Tasmiyah


Undangan tasmiyah masuk ke dalam undangan nonformal yang tidak membutuhkan kop surat nomor surat serta lampiran atau tembusan. Ini adalah jenis undangan yang ditujukan kepada kerabat atau saudara tanpa memandang status atau jabatan

Membuat cover atau bagian depan surat

Bagian ini merupakan bagian depan yang berisi judul dan perihal undangan, sertakan juga nama undangan, serta nama keluarga terkait. Dalam undangan tasmiyah biasanya dilipat 3 dan cover adalah bagian yang nampak di depan

Membuat isi undangan

Isi undangan terdiri dari tiga bagian yaitu paragraf pembuka, yang isinya adalah kata ucapan pengantar seperti salam, kemudian paragraf isi yang mengandung informasi detail mengenai alamat dan waktu acara.

Selanjutnya ada bagian paragraf penutup yang merupakan rangkaian dari kata salam penutup serta ucapan permohonan dan ucapan terimakasih untuk undangan supaya dapat hadir di acara tersebut

Membuat desain undangan

Apabila sobat kosngosan menggunakan Microsoft Word saja maka sobat kosngosan hanya akan menulis dan mengetik surat undangan tersebut tanpa menggunakan desain. Kamu bisa mengkombinasikan kan desain yang sobat kosngosan buat dari Photoshop atau CorelDRAW kemudian dimasukkan ke dalam file Microsoft Word.

Dengan demikian undangan tasmiyah yang sobat kosngosan buat akan lebih kreatif dan dilihat beda oleh tamu undangan.

Baca juga : Contoh Surat Undangan Sunatan Khitanan Anak Laki Laki


Kata Penutup


Apakah kamu sudah paham mengenai pembuatan undangan tasmiyah yang baik dan benar? Dengan adanya contoh diatas mungkin bisa menjadi referensi bagi sobat kosngosan yang sebentar lagi akan memiliki momongan. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk share artikel ini serta berikan komentarmu di bawah.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya