Kumpulan Contoh Kliping untuk Anak SD, SMP dan SMA Lengkap Berbagai Topik

Apakah adik adik sedang mencari contoh kliping buat tugas sekolah? Tentu saja kliping sering menjadi tugas yang diberikan oleh guru baik itu tingkat SD, SMP atau SMA. Dalam pelajaran bahasa Indonesia seringkali kita disuruh untuk mengumpulkan berbagai tulisan koran, majalah atau brosur mengenai suatu topik dan mengumpulkan dan menempelkannya dalam kertas hvs atau buku.

contoh kliping sd smp sma

Tugas kliping memang umum. Ada kliping mengenai Sejarah, Olahraga Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan juga buat jurusan IPS. Namun tahukah kamu bagaimana cara membuat kliping yang baik dan benar? tentu saja Kliping yang berkualitas adalah yang didapat dari sumber berita terpercaya, aktual dan dan di desain dengan sekreatif mungkin.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kliping? Kliping adalah aktivitas menggunting atau memotong bagian tertentu dari koran surat kabar majalah brosur atau sumber informasi lain yang dianggap penting mengenai suatu topik kemudian dikumpulkan dan disusun dalam satu media tertentu seperti kertas HVS atau buku

Para pengurus majalah dinding sekolah atau mading sering sekali membuat kliping untuk konten mading di sekolah. Selain tentunya apabila ada surat kabar yang memberitakan mengenai sekolah atau segala prestasi yang ditorehkan oleh pelajar di sekolah tersebut yang kemudian diliput, digunting dan ditempelkan kembali di mading.

Baca juga : Panduan Lengkap Penulisan Makalah untuk Tugas Sekolah disertai Contoh

Sebenarnya membuat kliping tidaklah sulit. Karena semua orang bisa membuat kliping hanya dengan bermodalkan lem kertas gunting surat kabar majalah atau brosur dan juga pena atau pewarna.

Tidak ada batasan atau aturan khusus dalam membuat kliping. Oleh karena itu kualitas clipping ditentukan oleh kreativitas dan seberapa lengkap informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber. Biasanya kejadian dalam berita yang dikumpulkan untuk kliping, ditentukan batas waktunya misalnya antara tahun 2019 - 2020.


Contoh Pembuatan Kliping


Nah sebelum sobat kosngosan mendapatkan contohnya, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai cara pembuatan Kliping yang baik dan benar, supaya nanti bisa menghasilkan kliping yang berkualitas dan disukai oleh guru mu. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan :

Langkah 1

Menentukan tema, langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu menentukan tema dari Kliping yang akan dibuat. Anggap saja saat ini kamu hendak mengumpulkan kliping dengan tema Sejarah, yang terjadi di Indonesia selama kurun waktu tertentu.

Langkah 2

Mengumpulkan data dan bahan, lalu mulailah mengumpulkan data dan bahan yang akan digunakan untuk kliping seperti mendapat dari koran, majalah, booklet dan sebagainya yang berasal media dengan kurun waktu tertentu.

Langkah 3

Gunting dan tempelkan, mulailah memilih bagian berita yang akan ditempel dengan mengguntingnya terlebih dahulu. Pastikan tidak ada bagian belakang yang dipakai, kemudian ditempelkan di media seperti buku atau kumpulan kertas HVS yang nantinya akan dijilid. Usahakan untuk menggunting bagian dengan rapi, agar enak dilihat.

Langkah 4

Berikan cover, Setelah sobat kosngosan selesai menggunting, menempelkan dan mengumpulkan seluruh bagian dari berbagai sumber, maka hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan cover atau sampul pada klipingmu.

Langkah 5

Membuat daftar isi, jangan lupa memberikan daftar isi yang mengandung daftar judul dari setiap bab kliping yang dibuat disertai dengan informasi halamannya. Jadi orang yang membacanya akan dengan mudah menemukan berita dari kliping dengan hanya melihat daftar isi di bagian awal.


Contoh Kliping SD


Contoh 1 tentang bencana alam

kliping bencana alam

Banjir di Kabupaten Pasaman Barat memberikan dampak kerugian bagi masyarakat sekitar. Sejumlah kabupaten di Sumatera mengalami banjir, salah satunya di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Ada banyak jalan utama yang terendam air setinggi 60 cm.

Memang banjir melanda di sejumlah titik di Kecamatan Sungai Beremas. Akan tetapi hingga Rabu sore ini, air sudah susut. Turut serta Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat memberikan pernyataan kepada wartawan, yang dikutip dari Kosngosan.

Luapan air memberikan dampak terganggunya aktitifitas lalu lintas dari Air Balam menuju Air Bangis   karena air setinggi 60 cm sepanjang 700 m. Alhamdulillah, air kembali cepat susut karena hujan mereda. Masyarakat dinilai tetap harus waspada karena terjadi cuaca ekstrim

Setidaknya terdapat 5 rumah yang terendam banjir dan tidak ada korban jiwa. Korban lain di Panti Asuhan Baitur Rafki as Sa'diyah, asrama putra yang atapnya terbuat dari kayu, diterjang angin sampai basah. Masyarakat sekitar juga diingatkan potensi banjir dan longsor akibat hujan.


Contoh 2 tentang olahraga

kliping olahraga

Atlet badminton asal Indonesia mendapatkan medali di Kejuaraan Dunia BWF yang digelar di Basel, Swiss. Mereka merebut 4 medali emas sekaligus. Selain cabang Badminton, Indonesia mengirimkan atlet di Kejuaraan Dunia Para Badminton di lokasi yang sama.

Pertandingan ini diikuti 117 atlet putri dan 198 atlet putra dari berbagai negara. Indonesia berhasil mendapatkan empat medali emas. Atlet yang berhasil yaitu nomor tunggal putra kategori SU 5, tunggal putri kategori SL 4, ganda campuran Hary kategori SL 3-4 dan SU 5, dan ganda putra kategori SU 5.

Meski sesuai target, pelatih menilai fisik atlet menjadi faktor yang akan ditingkatkan. Tentu ada beberapa evaluasi lain yang tidak disebutkan. Para atlet tidak bisa lengah dan harus tetap diberikan evaluasi karena negara lain pasti juga berbenah diri.


Contoh 3 tentang sejarah

kliping sejarah

Harta karun bangsa Indonesia yang berbentuk kertas dan dokumen banyak disimpan di ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) baik itu berbentuk arsip, film, manuskrip dan daun lontar atau batu. Semua arsip yang dijaga dapat dinikmati semua orang.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia menjelaskan bahwa lembaga ini memiliki tugas pertama yakni mengelola dan melakukan pembinaan kearsipan nasional, kedua yaitu melakukan pembinaan secara nasional. Kemudian bertugas pengelolaan arsip dinamis dan statis.

Tugas dari lembaga ini bersifat dinamis. Kalau di pusat ada kementrian dan non kementrian, BUMN dan swasta. Jadi tidak hanya ke pemerintah hingga ke individu. Arsip yang dikelola ANRI akan masuk ke bagian restorasi dan mengalami proses pengawetan arsip dengan metode tertentu.


Contoh Kliping SMP


Contoh 1 tentang IPA

kliping sains

Sebuah alat yang diciptakan Celestine Winardy, siswi SMA yang membuat glukometer atau alat ukur gula darah tidak menggunakan jarum suntik dinilai merupakan terobosan baru dalam dunia kesehatan di Indonesia. Winardy punya cita cita untuk membantu masyarakat dengan alat yang dia ciptakan tersebut.

Siswi ini mengaku memang dulu dia menyukai sains dan senang melakukan penelitian. Dan sekarang dia menciptakan glukometer seorang diri tanpa bantuan orang lain.

Dia juga punya keinginan besar supaya banyak murid di Indonesia lebih menonjol dalam bidang penelitian. Dia berharap supaya lebih banyak anak muda yang ikut menggeluti penelitian sehingga Indonesia bisa lebih maju dan mendapatkan berbagai hak paten dari penemuannya.


Contoh 2 tentang bencana alam

kliping longsor

Kosngosan melansir, jalan di Gunungsari Kabupaten Kotabaru longsor, sehingga menutup akses desa antarkecamatan di daerah tersebut. BPBD Kabupaten Tanah Bumbu bersama tim provinsi sudah mengerahkan alat berat, sehingga akses jalan yang tertutup tanah longsor sepanjang 50 meter bisa dibuka kembali.

Penyebab longsor karena hujan satu hari satu malam secara terus menerus. Bencana tanah longsor terjadi pada waktu subuh dini hari, sehingga tidak ada korban. Hujan juga menjadi salah satu penyebab jebolnya Dam PDAM di Pulau Laut yang merendam ratusan rumah warga yang ada di sekitarnya.

Air merendam rumah warga hingga hampir sampai atap, tetapi dalam waktu sekitar 10 jam, sudah kembali surut. Kini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, BPBD telah mengerahkan mobil tangki air bersih untuk menyuplai ke rumah warga. Begitu juga dengan mobil tangki PDAM, juga dikerahkan untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih dengan lebih mudah, sambil terus berupaya memperbaiki kerusakan yang ada.


Contoh 3 tentang PKN

kliping pkn

Ketika tim Kosngosan berkunjung ke Kali Pepe di Solo, kamu tidak hanya bisa melihat sungai bersejarah Kutha Sala. Ada juga mural sarat pesan toleransi dan kebhinnekaan Indonesia.

Bagi masyarakat Solo, nama Kali Pepe sudah dikenal lama sebelum kotanya berdiri. Dalam serat Sri Radya Laksana karya Mas Ngabehi Pradya Duta, Kali Pepe telah dikatakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajang abad XVI.

Nama Kali Pepe juga sering disamakan dengan lokasi pembunuhan Pangeran Pabelan oleh Raja Pajang perkara urusan cinta. Sekarang kamu yang berkunjung ke Kali Pepe juga dapat menemui mural yang sarat pesan Kebhinnekaan dan Toleransi ala Indonesia

Apabila dihitung terdapat lebih dari 10 mural yang digambar indah di bantaran Kali Pepe. Kebanyakan mural yang ada pun melukiskan indahnya kebhinnekaan Indonesia yang terdiri dari berbagai agama dan suku bangsa yang berbeda. Tertarik hendak melihatnya? silahkan kunjungi langsung ke Solo.


Contoh Kliping SMA


Contoh 1 tentang narkoba

kliping narkoba

4 anggota kepolisian di Polrestabes Kota Medan, Sumatera utara dipecat karena terlibat narkoba dan desersi. Pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) dilakukan Kapolrestabes Medan, seperti yang dilansir oleh Kosngosan.

Anggota polisi yang dipecat bernama Bripda Josua Sitepu, Aiptu Antonius Sitepu, Aiptu Feri Mulia Sinurat dan Aipda Lut Jonson . Upacara PTDH digelar di halaman utama Markas Polrestabes Medan, hari Rabu.

Seluruh Jajaran kepolisian saat ini sudah fokus dalam memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Salah satu cara yang paling signifikan adalah pembenahan secara internal dari berbagai persoalan terutama keterlibatan oknim aparat dengan narkoba.

Seorang anggota tertangkap karena terkena narkoba dan sekarang yang bersangkutan juga menjalani proses pidana. Beliau menyatakan bahwa tidak akan memberikan keringanan terhadap anggota yang terlibat narkoba. Jadi jangan coba-coba setiap anggota polisi menggunakan narkoba sedikitpun.


Contoh 2 tentang ASEAN

kliping asean

Dalam rangka memfokuskan upaya perlindungan lingkungan maritim, Indonesia mengutus beberapa delegasi dalam pertemuan The Second High-Level Regional Meeting of Marine Environment Protection of South East Asia Seas Project (MEPSEAS) yang dihelat di Kota Manila, Filipina. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, memimpin Indonesia dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan negara Asean

7 negara yang terlibat seperti Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Pertemuan ini berlangsung 3 hari. MEPSEAS merupakan salah satu kerja sama yang diinisiasi oleh International Maritime Organization (IMO) dengan dukungan dana dari Norwegian Agency for Development Cooperation (NORAD). Kerjasama ini bertujuan dalam meningkatkan perlindungan lingkungan maritim

Seperti yang dilansir oleh Kosngosan, pertemuan ini akan membahas proyek bersama antar negara yang merupakan kelanjutan dari IMO/NORAD Project on Ratification and Implementation of IMO's Marine Environmental Convention in Sub-Asia Region. Pertemuan ini juga akan membuat antar negara berbagi pengalaman mengenai perkembangan proyek selama satu tahun ini.


Contoh 3 tentang pancasila

kliping pancasila

Organisasi Sedulur Sikep mengundang tokoh lintas agama dalam diskusikan NKRI dan Pancasila. Acara ini dihadiri oleh Bupati daerah setempat. NKRI ini tidak bisa diklaim atau satu golongan, untuk mengatasnamakan sebuah kepercayaan yang dianut. Sehingga seolah kehadiran oknum itu ingin mengubah dasar negara.

Seperti yang dilansir kosngosan, pernyataan ini disampaikan Ketua di lokasi acara di Kantor Organisasi Wong Sikep di Desa Larikrejo pada hari Selasa. Beliau menyampaikan bahwa dirinya ingin memberikan penghargaan kepada negara melalui kegiatan ini. Hasil dari dialog ini akan disampaikan ke pemerintah.

Beliau juga mengaku prihatin dengan adanya pemahaman yang melenceng tentang dasar negara kita yaitu Pancasila. Kita prihatin ada oknum kelompok kecil yang punya tujuan untuk mengubah dasar negara. Artinya pemahaman yang sudah melenceng dari dasar negara. Intinya di situ.

Karena kita merupakan bagian dari warga negara Indonesia yang peduli terhadap NKRI, UUD 45, Pancasila. Maka dari itu disini kita bisa merembuk bareng yang se-ide bersama kami. Pertemuan ini sendiri dihadiri sekitar 50 anggota Sedulur Sikep dari berbagai daerah. Selain itu hadir pula sejumlah tokoh anggota lintas agama.

Baca lainnya : Panduan Membuat Daftar Pustaka Kliping yang Baik dan Benar


Kesimpulan


Membuat kliping menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus meningkatkan budaya literasi atau kegemaran membaca. Oleh karena itu sebagai seorang pelajar kamu harus membuat kliping yang berkualitas, supaya orang tertarik untuk membacanya.

Untuk para pengajar sekolah juga selalu untuk memberikan tugas kliping karena ini merupakan tugas sederhana yang bisa berpengaruh positif terhadap daya analisis siswa. Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua, Amin. Jangan lupa juga untuk share artikel ini dan terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
By

0 Response to "Kumpulan Contoh Kliping untuk Anak SD, SMP dan SMA Lengkap Berbagai Topik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel