Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Menghapus Objek Foto di iPhone dan Android Tanpa Merusak BackGround

Bagaimana cara menghilangkan atau menghapus objek foto di iPhone atau Android mu? Kamu bisa menggunakan aplikasi iOS dan Android untuk mengedit foto mu supaya terlihat keren dan instagramable.

Dengan menghilangkan objek foto tersebut, nantinya follower Instagram mu bisa fokus melihat objek tertentu saja dalam foto tanpa merusak background.

Sebenarnya apabila kamu mencarinya di Play Store atau Apple Store tentu saja ada banyak sekali aplikasi sehingga membuat kita bingung untuk memilihnya. Terkadang ada juga aplikasi yang premium dan mengharuskan kita untuk membayar supaya mendapatkan fitur yang lengkap

Sobat kosngosan sebenarnya bisa mengedit foto ala profesional seperti di aplikasi Photoshop di perangkat komputer atau laptop dengan menggunakan HP kita. Kamu bisa melakukan Drag and drop untuk menghapus objek tanpa merusak background atau latar belakang foto aslinya

Bayangkan ketika kamu berfoto di berbagai tempat wisata dengan menggunakan smartphone milikmu. Sobat kosngosan tetap bisa menghasilkan hasil foto yang luar biasa dan tidak kalah dengan editor lain. Tapi pastikan kamu menggunakan smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Seperti aplikasi gratis yang lainnya, tentunya berbagai tipe yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa mengkombinasikan kan beberapa aplikasi dibawah ini untuk menghasilkan foto yang sesuai dengan harapan kamu. Penasaran? lets check these out!

Baca juga : Aplikasi Pengganti Google Play Gratis


Aplikasi Menghilangkan Objek Foto

aplikasi menghilangkan objek foto

Sebenarnya sobat kosngosan bisa menghilangkan objek di foto secara online tanpa aplikasi, kamu dapat menggunakan beberapa website atau aplikasi yang tersedia. Beberapa cara untuk menghilangkan objek di foto secara online adalah:

Menggunakan website seperti remove.bg, inpaint atau pixlr: Website ini dapat digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto dengan cara menyamarkannya atau menghapusnya secara otomatis.

Menggunakan aplikasi seperti TouchRetouch: Aplikasi ini dapat diunduh di perangkat mobile dan digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto dengan cara menyamarkannya atau menghapusnya secara manual.

Menggunakan website seperti Canva, Fotor, PicMonkey: website ini dapat digunakan untuk mengedit foto dan menghilangkan objek yang tidak diinginkan dengan cara menyamarkannya atau menghapusnya secara manual.

Semua website atau aplikasi di atas dapat digunakan dengan mudah dan bebas biaya. Kamu hanya perlu mengunggah foto yang ingin diedit dan mengikuti instruksi yang diberikan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto.

Tapi kalau kamu tetap ingin pakai aplikasi yang di instal di iPhone atau Android mu, berikut beberapa aplikasinya :


Handy photo


Tool penghapus objek foto selanjutnya yaitu Handy photo. Tool remove obyek foto ini memiliki ukuran instalan yang cukup ringan yaitu sekitar 5 Mb, akan tetapi sesuai dengan fitur atau fasilitas yang diberikannya yang bisa melakukan remove obyek foto secara cepat hanya menggunakan HP saja.

Download App iOS
Download App Android

Adobe Photoshop Fix


Tool android Adobe Photoshop Fix adalah tool penghapus objek foto yang memiliki tampilan yang mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Ini karena interfacenya yang simpel tapi elegan. 

Tool ini sangat cocok bagi bagi yang suka traveler dan selfi ditempat-tempat menarik untuk mencari inspirasi untuk keperluan kerja di kantor maupun untuk mengambil foto untuk keperluan conten writer pada sebuah website.

Download App iOS
Download App Android

Remove Object


Aplikasi ini bisa membantu kamu menghapus secara spesifik bagian-bagian mana yang sudah terpotret oleh perangkat kamera HP. Sobat kosngosan bisa mengakses dan menggandakan beberapa bagian foto yang diinginkan untuk melihat perubahannya.

Dengan tool selection, kamu bisa memilih dan menghapus bagian mana secara tepat dari gambar dan memperbaiki bagian yang dibutuhkan dengan tool advanced brush. Beberapa tool yang dimiliknya :

  • Adjust opacity, hardness, and size of the eraser and stamp tools.
  • Lasso or Brush tool
  • Access clone stamp tool
  • The blemish tool

PixelRetouch


PixelRetouch bisa membantu sobat menyingkirkan semua bagian yang tidak diinginkan dari gambar. Pilih gambar untuk diedit dengan klik opsi Album di layar.

Setelah gambar dibuka, kamu dapat memilih alat Penghapusan Objek dari bawah layar dan mulai menggambar bagian yang tidak diinginkan. 

Alat laso dan alat kuas dapat membantu mu lebih baik menggunakan ukuran khusus dalam memilih objek. Setelah editing seleksi selesai, pilih Go dan selesai.


YouCam Perfect


Sama hal nya dengan aplikasi lainnya, tool ini tersedia secara gratis dan bisa membantu mu dalam penghapusan objek secara cepat.

Sobat kosngosan bisa menghapus bayangan, orang, dan objek lain yang tidak diinginkan dari gambar. Selain itu Ada banyak alat pengeditan lainnya termasuk rotate, crop, filter satu sentuhan serta mengaburkan latar belakang.

TouchRemove


Tool ini memungkinkan pengguna untuk memilih foto dari galeri dan menghapus bagian yang tidak diinginkan secara instan. Setelah menghapus objek yang tidak diinginkan, latar belakang bagian yang dihapus akan secara otomatis diisi dengan konten yang tersedia di area sekitarnya.

Touch Retouch


Tool penghapus objek foto lainnya adalah Touch and retouch. Sesuai dengan namanya, tool menghapus obyek foto Touch Retouch bekerja dengan cara menyentuh layar hp sobat untuk melakukan penghapusan pada obyek foto yang akan sobat hilangkan.

Kelebihan dari menggunakan tool obyek foto ini sobat bisa melakukannya dengan cepat, tanpa ribet dan ukuran file tool ini juga tergolong kecil karena hanya berukuran dibawah 50 mb sehingga tidak membuat hp mu menjadi lemot.

Download App iOS
Download App Android

Photo director


Tool penghapus objek foto yang satu adalah tool yang dikembangkan oleh cyberlink yang secara khusus digunakan untuk menghapus penampakan obyek tertentu pada sebuah foto. namun sayangnya tool yang satu hanya mampu berjalan di sistem android versi 4.1 keatas, dan untuk ios 9.2 ke atas

Untuk mendapatkan tool remove objek foto yang satu ini sobat hanya cukup mendapatkan secara gratis di playstore hanya bermodal kuota internet atau menggunakan jaringan wifi. 

Meskipun gratis, namun sobat bisa meremove obyek foto yang tidak sobat inginkan sehingga akan menghasilkan gambar yang cakep


Cara Menghapus Objek Foto di HP

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus objek yang tidak diperlukan ketika kita mengambil gambar menggunakan Smartphone berbasis iOS atau Android? Berikut panduannya :


Langkah 1

Pertama, sobat kosngosan unduh salah satu atau beberapa dari aplikasi yang sudah di tunjuk diatas sesuai dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Setelah itu instal pada perangkat smartphone mu


Langkah 2

Masuk ke aplikasi dan login menggunakan akun email atau sesuai dengan yang diminta. Setelah itu kamu bisa memasukkan foto yang sudah disimpan di galeri atau File Manager di Smartphone milikmu.


Langkah 3

Mulailah memilih objek yang tidak diperlukan dengan menandainya, kemudian tergantung dengan aplikasi yang digunakan kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang ada. Simpan kembali foto tersebut dan kini sudah siap untuk di upload.

Baca juga : Cara Download File Torrent di HP Android

Kesimpulan

Tips dan cara menghasilkan foto terbaik dengan menggunakan perangkat kamera smartphone dan mengeditnya menggunakan aplikasi penghapus objek semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian. 

Sejujurnya, mimin lebih senang mengedit foto menggunakan komputer atau laptop, karena fitur di software windows lebih lengkap daripada di smartphone.

Jangan lupa juga untuk terus belajar dan berkreasi dalam menghasilkan foto yang berkualitas dengan berbagai teknik yang bisa kamu pelajari di youtube. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah.
Oleh rezaharahap