Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Lolos Medical Check Up (MCU) saat Tes Kerja Perusahaan

Bagaimana tips lolos medical check up ketika melamar kerja di perusahaan? Dalam proses rekrutmen karyawan, terkadang diadakan medical check up, tes kesehatan atau sering disingkat MCU untuk memastikan calon karyawan tidak mengidap penyakit tertentu yang tidak diinginkan. Hal ini dapat dimengerti, karena perusahaan pada dasarnya akan menginginkan karyawan mereka sehat dan produktif dalam bekerja nantinya

Kali ini kosngosan akan memberikan tips sederhana sekaligus makanan yang harus dikonsumsi sebelum medical check up apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi tes ini. Banyak penyebab kegagalan medical check up ini berasal dari diri kita sendiri. 

Dan itulah kenapa kamu harus mulai membiasakan diri untuk hidup sehat dan memperhatiakn pola makan dan pola hidupmu sebelum ikut tes ini

Banyak yang bertanya, makanan apa saja sih yang harus dikonsumsi sebelum medical check up? Tentu saja semua jenis makanan yang mengandung nilai gizi. 

Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang kacangan dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Penting untuk diketahui bahwa menjaga pola makan juga merupakan salah satu yang harus dilakukan.

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan merokok, ini merupakan salah satu musuh yang dapat menggagalkan tes MCU. Kamu harus menghentikan kebiasaan yang dapat merusak tubuh sehingga bisa lolos dari berbagai tes kesehatan

Baca juga : Bocoran Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Perusahaan

Sobat kósngosan bisa melihat berbagai contoh hasil medical check up perusahaan di internet. Kemudian bisa membandingkan dengan kondisi diri sendiri saat ini, apakah benar-benar layak bisa lolos atau tidak.


Tips Lolos Medical Check Up Perusahaan

tips lolos medical check up perusahaan

Baiklah langsung saja kita akan membahas mengenai tips sederhana untuk bisa lulus medical check up perusahaan

Istirahat yang cukup dan makan teratur


Kesehatan merupakan bentuk akomodasi dari pola hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan menjaga intensitas istirahat yang cukup dan makan dengan pola yang teratur. 

Dengan istirahat dan tidur, tubuh akan membentuk antibodi alami yang akan menangkal segala macam penyakit

Selain itu makan dengan pola teratur akan membuat tubuh bekerja maksimal dan segala kinerja organ tidak akan terganggu. Penting untuk mengetahui jangan makan terlalu kenyang dan jangan makan apabila sudah lapar.


Mengurangi makanan berlemak


Banyak makanan berlemak yang sebenarnya mempengaruhi kesehatan dan akan menjadi salah satu faktor gagalnya sobat kongosan mengikuti tes kesehatan. 

Makanan berlemak seperti sambal rendang dan turunannya cukup membuat tubuh bekerja ekstra untuk mengolahnya

Selain itu kandungan dari lemak seperti dalam daging dapat meningkatkan tekanan darah sehingga dianjurkan untuk jangan dulu mengkonsumsi daging-dagingan sebulan sebelum tes kesehatan. 

Sehingga penyakit yang ada dalam darah dapat berkurang dan tekanan darah akan normal berkisar 80-120.

Perbanyak minum air putih


Meminum air putih merupakan salah satu kebiasaan yang wajib untuk dilakukan demi mendapatkan metabolisme tubuh yang normal. 

Seluruh ahli kesehatan sepakat bahwa air putih dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh yang membantu sistem limfatik.

Ada banyak sekali manfaat apabila sobat kòsngosan rutin minum air putih dengan cukup setiap hari seperti kinerja hati dan ginjal akan lebih optimal karena mendapatkan cairan yang cukup. 

Jangan atau kurangi konsumsi minuman berwarna dengan pengawet serta bersoda

Menghindari pemakaian obat obatan


Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam tes kesehatan adalah banyaknya kamu mengkonsumsi obat-obatan kimia

Yang awalnya kamu kira bisa meningkatkan kesehatan tetapi malah merusak dan membawa efek negatif ke tubuh

Oleh karena itu sebisa mungkin kamu harus menghindari zat adiktif yang ada dalam tubuh maka apabila dilakukan tes urine kamu akan bebas dari berbagai zat kimia yang nantinya akan menggagalkan kamu dalam tes kesehatan kali ini


Rutin berolahraga


Tentu saja kondisi tubuh yang sehat tidak hanya didukung dari makanan yang kita makan, tetapi juga dari kegiatan seperti berolahraga yang cukup setiap harinya.

Apabila sobat kosngosan ingin sehat dan lolos tes kesehatan maka kamu bisa melakukan lari pagi secara rutin setiap hari minimal 50 km dalam 1 minggu. 

Apabila kamu orang yang malas bergerak Keluar kamu bisa berolahraga di dalam ruangan seperti melakukan push up sit up dan skot jam


Berhenti meminum alkohol dan merokok


Kedua kebiasaan buruk ini akan sangat fatal apabila kamu lakukan sebelum tes kesehatan. Alkohol akan sangat mereset kepada otak dan juga aliran darah. Begitu juga dengan rokok yang akan mempengaruhi paru-paru.

Jadi apabila kamu menyukai kedua kebiasaan buruk ini segera tinggalkan sebelum kamu gagal dalam tes kesehatan kali ini. Sebagai gantinya kamu bisa minum susu dan mengkonsumsi permen apabila memang ingin merokok


Perbanyak konsumsi sayur dan buah


Selain beberapa tips lolos medical check up di atas, tentunya sobat kosngósan juga harus banyak mengkonsumsi sayur-sayuransegar yang berwarnahijau dan juga buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin.

Sayur-sayuran dan buah-buahan akan memberikan gizi yang maksimal kepada tubuh sertamembantu proses pencernaan. 

Pilihlah buah-buahan yang memangkamu sukai seperti pepaya, pisang, alpukat, sayur bayam, kangkung, sawi dan sebagainya


Berdoa dan minta restu orangtua


Terakhir merupakan tips non kesehatan yang juga akan berpengaruh kepada sukses tidaknya tes kesehatan mu kali ini. Yaitu Jangan lupa berdoa dan meminta restu kedua orang tua untuk melakukan tes.

Banyak orang yang fokus kepada kesehatan fisik namun lupa dengan kesehatan mental. Oleh karena itu selain menjaga fisik juga kamu harus menjaga kesehatan rohani dengan banyak beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta jangan menyepelekan kekuatan doa kedua orang tua

Beberapa tips lolos medical check up lainnya, selain memperhatikan makanan yang harus dikonsumsi, kamu juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

  • Jangan begadang dan keluyuran sampai tengah malam
  • Menghindari narkoba, alkohol dan zat terlarang lainnya
  • Jangan konsumsi kafein berlebihan
  • Hindari stress dan depresi
  • Pilih waktu medical check up di pagi hari (karena kondisi tubuh yang masih fit)

Baca juga : Tips Mencari Lowongan Kerja Online


Kesimpulan


Berbagai tips kesehatan untuk lulus medical check up di atas sangat dipengaruhi oleh seberapa besar motivasimu untuk konsisten dalam menjaga kesehatan diri sendiri. 

Jangan sampai nanti setelah lulus medical checkup kamu justru meninggalkan pola hidup sehat yang seharusnya dilakukan setiap hari baik itu ada atau tidak adanya tes kesehatan

Semoga beberapa tips di atas dapat memberikan inspirasi dan membantu kalian dalam menjaga kesehatan setiap harinya. 

Sebagai bentuk partisipasi jangan lupa tekan tombol share bagikan artikel ini di sosial media dan berikan komentar di bawah, terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya