Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Guru Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah

Bagaimana caranguru membantu anak berkebutuhan khusus untuk beradaptasi di lingkungan sekolah baru? Bagi teman-teman yang masuk SD, SMP atau SMA pada tahun ajaran baru kali ini ini, memang sudah menjadi kebiasaan para peserta didik untuk melanjutkan studinya di jenjang yang lebih tinggi. Saat ini apabila kamu duduk dibangku kelas 6 sekolah dasar, maka tentu saja beberapa waktu lagi kamu akan masuk ke sekolah menengah pertama, Begitu juga dengan anak kelas 3 SMP yang akan bersiap masuk di Sekolah Menengah Atas atau SMK.

Tentu saja situasi Ini membutuhkan adaptasi sehingga kamu bisa terbiasa untuk belajar dan memiliki teman di dalam kelas. Ibarat seekor ikan yang ditempatkan di akuarium maka dia membutuhkan waktu untuk beradaptasi di lingkungan barunya tersebut.

Lingkungan sekolah tentu saja berbeda dengan di rumah, apalagi bagi anak berkebutuhan khusus seperti autis dan cacat. Dimana anak harus belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman sekelasnya yang berkebutuhan biasa. Begitu juga dengan suasana lainnya, dalam pelajarannya, guru, teman teman sekelas dan aturannya. Dimana kamu dituntut untuk lebih dewasa dan lebih disiplin

Para siswa-siswi berkebutuhan khusus ini baru tidak bisa membawa kebiasaan yang lama di rumah ke sekolah. Jenjang pendidikan berganti Seharusnya sobat kosngosan juga berubah menjadi lebih baik. Namun terkadang kita merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan sekolah baru.

Baca juga : Tips Jitu Supaya Merdeka dari Terlambat Ke Sekolah


tips sosialisasi sekolah baru

Tips Sosialisasi Sekolah Baru Buat Anak Berkebutuhan Khusus


Untungnya kosngosan kali ini, akan berbagi beberapa tips sederhana untuk kalian yang akan menempati sekolah baru bagi yang memiliki kebutuhan khuusus, bagaimana supaya cepat memiliki teman dan merasa nyaman di sekolah yang akan kalian tempati tersebut. Check these out ya dibawah ini!

Memasukkan Anak kedalam Organisasi Ekstrakulikuler Khusus


Tentu saja ini merupakan salah satu tata cara untuk memperluas relasi dan pergaulan anak berkebutuhan khusus, serta meningkatkan keahlian dan pengalaman dalam berorganisasi. Ada Banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler khusus yang dibuat untuk mereka di sekolah yang paling umum adalah olahraga

Pilihlah salah satu atau beberapa ekstrakurikuler yang sesuai dengan passion mereka, sehingga mereka mengikuti setiap kegiatan dengan menikmatinya bukan secara terpaksa. Selain bisa mengisi waktu kosong, kamu juga bisa menambah pengalaman yang nantinya akan berbunga apabila melamar kerja


Mengenali Karakteristik Setiap Anak Didik


Mengenali karakteristik di sini bukan memahami secara keseluruhan dari karakter setiap orang yang ada di sekolah. Cukup dengan mengetahui nama dan sifat mereka saja, sobat kòsngosan sebagai guru juga sudah bisa menempatkan dirimu untuk memahami mereka secara personal

Misalnya si A, sifatnya pendiam dan suka anime, kamu bisa berbicara dengan dia 4 mata, dan menawarkan film anime terbaru, biasanya orang akan lebih suka bergaul dengan yang satu hobi atau sifatnya sama dengan dirinya. Tidak perlu menjadi seperti orang tersebut, cukup memahaminya saja.


Mempelajari kondisi sekolah


Sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai kondisi sekolah mu seperti apa sebagai bentuk persiapan nantinya. Kondisi yang mimin kosngosan maksud disini adalah kondisi fisik sekolah, maupun segala fasilitas dan letak ruangan di sekolah

Nantinya anak dididk tersebut tidak mengalami tersesat ketika pertama masuk, atau salah masuk kelas. Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila sudah mengetahui denah sekolah baru, seperti membantu teman yang kesulitan, dan bisa lebih akrab dengan mereka


Bersikap ramah dan sabar kepada Mereka


Kamu pastinya setuju bahwa orang yang punya teman banyak itu adalah mereka yang supel, ramah dan mudah bergaul. Apabila sobat kosngosan memang ingin punya teman banyak, maka bersifat lah ramah kepada semua orang, termasuk anak yang berkebutuhan khusus tersebut. Begitu juga teman sekelas, teman beda kelas, guru dan pegawai sekolah. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan hati mereka. Karena sejatinya manusia akan cepat akrab apabila meresa teman barunya tersebut baik dan saling mengerti.


Menyuruh mereka untuk mentaati peraturan sekolah


Bersikap disiplin tidak hanya berlaku bagi siswa berkebutuhan biasa saja, tetapi jelas untuk semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus. Apalagi kamu yang baru masuk di sekolah tersebut, harusnya lebih tahu lagi mengenai peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Dengan mentaati segala macam peraturan yang berlaku, akan menjadikan kamu sebagai siswa yang ideal bukan? tentu saja dengan demikian sobat kosngòsan akan mendapatkan teman yang baik, guru juga akan mengenalmu dengan cepat. Kamu akan lebih mudah bergaul di lingkungan sekolah tersebut.


Memperkenalkan guru dan kepala sekolah


Guru, wakil kepala sekolah, dan kepala sekolah adalah sosok penting yang harus kamu kenal, minimal nama dan jabatannya. Untuk guru yang mengajar di kelas mu, kamu tentu saja wajib mengenal karakteristiknya seperti apa, bagaimana beliau mengajar dan seperti apa sifatnya sehari hari.

Ada banyak sekali keuntungan bisa dikenal dan akrab dengan guru, misalnya kamu lebih mencintai pelajaran yang dia ajarkan, kamu bisa berkunjung ke rumahnya untuk menanyakan pelajaran yang tidak sobat kosngosan mengerti dan sebagainya.


Mengenalkan karyawan sekolah


Selain guru dan kepala sekolah, sosok lain yang perlu untuk kamu kenal adalah para karyawan di sekolah yang mencakup seperti kepala perpustakaan, pemilik kantin, cleaning service dan petugas lain yang setiap hari bakal kamu temui selama bersekolah di tempat tersebut. Tentu saja ini akan membantu mu dalam menerima berbagai informasi yang lagi hits di sekolah. Kebanyakan isu isu yang menimpa sekolah bisa kamu dapatkan dari para karyawan sekolah seperti ini.


Mengajari Mereka untuk Saling menghargai sesama


Sebagai mahluk sosial, manusia juga butuh yang namanya dihargai. Oleh karena itu apabila sobat kosngósan ingin mendapatkan banyak teman dan mudah diterima di sekolah baru, kamu harus belajar menghargai orang lain. Seburuk apa pun dia, jangan pernah untuk kamu ledek apalagi bully.

Menghargai teman dan guru adalah sifat siswa teladan yang disukai banyak orang. Tidak hanya di lingkungan sekolah saja, nantinya sikap ini harus kamu terapkan di luar sekolah dan nanti ketika kamu kuliah juga tetap sama, menghargai sesama.


Menjaga penampilan tidak Berantakan


Penampilan itu penting. kenapa? karena orang pasti akan menilai mu pertama kali dari penampilan. Ketika teman di sekolah baru melihat kamu adalah orang yang berpenampilan acak-acakan, tentu saja mereka akan menilai kamu sebagai pribadi yang negatif dan tidak cocok untuk dijadikan sahabat.

Bukan berarti kamu harus berpenampilan mahal dan berkelas ya. Disini lebih kepada menjaga penampilan supaya lebih terlihat rapi dan bersih. Tidak hanya teman mu yang senang, para guru juga nantinya akan lebih menilai positif terhadap kamu, lho!


Menjadi siswa yang berprestasi


Banyak yang berpendapat bahwa siswa yang nakal itu lebih terkenal dibanding dengan siswa yang berprestasi. Jelas ini adalah kesalahan pola pikir. Jangan menjadi sesuatu yang justru merugikan dirimu sendiri. Sudah jelas siswa yang berprestasi lebih mudah bergaul dan mendapatkan tempat di hati warga sekolah.

Prestasi disini bukan hanya dibidang akademik saja ya, seperti menang olimpiade, juara 1 kelaas dan sebagainya. Tetapi juga bisa berprestasi dibidang lain untuk kegiatan ekstrakulikuler, misal sobat kosngosan menang kejuaraan voli tingkat nasioal, memenangi debat bahasa inggris dan sebagainya.


Mengajarkan untuk Menjadi Diri Sendiri


Ketika kamu ingin lebih cepat untuk menyesuaikan diri dilingkungan baru, jangan justru meniru teman-temanmu yang lain sehingga melupakan jadi dirimu sendiri. Beranilah untuk tampil menjadi diri sendiri tanpa harus ikut-ikutan ke dalam hal negatif

Anggapan bahwa anak bandel mendapatkan lebih banyak teman daripada anak budiman itu sangat keliru. Karena percuma juga kamu memiliki banyak teman namun tidak ada yang bisa memberikan dukungan positif untuk prestasi di sekolah


Mengajarkan untuk Bersikap Fleksibel


Kamu tahu mengapa sebagian orang yang pandai bergaul dan bersifat supel? Itu karena mereka bersifat fleksibel dalam bergaul. Mereka bisa menempatkan diri mereka ke dalam lingkungan, seolah-olah dirinya bukanlah anggota baru.

Seperti misalnya sobat kosngosan pengen masuk ke kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, maka kamu juga harus mengetahui beberapa keahlian dasar untuk bertahan di alam terbuka, menguasai sandi dan dan memiliki cerita-cerita lucu yang bisa diceritakan kepada teman-teman ketika ikut persami, misalnya


Menjaga Penampilan dengan Baik


Penampilan yang baik belum tentu mahal. Sebagai seorang pelajar kamu harus menjaga penampilan supaya terlihat rapi dan mematuhi peraturan sekolah. Semua orang akan senang berteman denganmu apabila kamu harum, rambut tidak acak - acakn dan juga nafas tidak bau, benar bukan?

Itu adalah sebagian contoh dari berpenampilan menarik. Tidak hanya teman-teman mu yang ada di lokal, namun juga guru dan bahkan doi juga bisa menaruh rasa kepada mu (hehehe)


Selalu Humble Bergaul dengan Lainnya


Salah satu cara untuk menyenangkan hati banyak orang adalah bersifat rendah hati (bukan rendah diri) dan tidak sombong. Siapa juga orang yang suka bergaul dengan yang suka sombong dan memamerkan harta, misalnya? Tentu banyak yang menghindarinya bukan?

Di sini penting untuk menjaga sikapmu walaupun pada kenyataannya memang kamu memiliki kelebihan baik itu di bidang material atau keahlian. Jangan merendahkan orang, apalagi sampai membully-nya. Ingat, selain susah berteman, karma juga pasti datang.


Berusaha Mengenal Kawasan Sekolah secara luas


Tentu saja Apabila ingin cepat akrab dan mengenal banyak orang sobat kósngosan harus menguasai (dalam artian memahami seluk beluk) dari setiap sudut tempat yang ada di sekolah, mulai dari setiap kelas, laboratorium, perpustakaan, musholla, ruang guru, kantin, tempat nongkrong dan ruangan lainnya.

Kamu juga bisa membuat jadwal berkunjung di beberapa tempat tersebut dari Senin sampai Jumat pada saat istirahat sehingga kamu bisa lebih memperluas pergaulan mu di sekolah

Baca juga : Tips Menjadi Ketua Pramuka yang Baik dan Benar di Sekolah


Kesimpulan Akhir


Dasarnya setiap siswa siswi baru memang mengalami kekawatiran atau grogi dengan lingkungan sekolah barunya. Itu merupakan hal normal dan untuk mengatasinya maka terap kan lah beberapa tips yang sudah diberikan kosngosan di atas.

Semoga dengan membaca pembahasan tim tersebut bisa membantu teman-teman sekalian jangan lupa juga untuk tekan tombol share serta bagikan link artikel ini di media sosial untuk teman-teman supaya yang lain juga bisa membaca dan mengikuti saran tersebut. Terimakasih banyak.
Oleh rezaharahap