Cara Melamar Kerja di Alfamart dan Alfamidi Secara Online dan Offline

Bagaimana tips melamar kerja di alfamart dan Alfamidi supaya cepat diterima? Kedua pasar swalayan modren ini memang menjadi pilihan banyak fresh graduate, karena sering membuka lamaran kerja secara berkala untuk berbagai jenis posisi, baik itu di kantor atau tokonya sendiri. Banyak yang bertanya gimana sih cara melamar kerja di dua perusahaan tersebut?

melamar kerja alfamart

Pada dasanya kamu bisa mengirim lamaran kerja mu secara manual, menggunakan kertas fisik, dikumpulkan dalam satu amplop dan dikirim menggunakan jasa pos atau langsung dijatuhkan ke kantor cabang yang ada di daerahmu, atau juga bisa mengirim secara online via email dengan melampirkan berbagai dokumen yang diperlukan.

Banyak yang bertanya mengenai persyaratan melamar kerja di alfamart dan Alfamidi terbaru. Padahal melamar di perusahaan ini sobat kosngosan cukup mempersiapkan beberapa dokumen lamaran kerja yang umum disertakan, seperti Photo Copy ijasah, SKHUN, SKCK, KTP, Daftar riwayat hidup, Kartu kuning, Pas Photo warna 4x6, Transkrip nilai dan juga sertifikat bila ada.

Lowongan kerja alfamart dan Alfamidi akan selalu terbuka secara berkala, karena mengingat kedua perusahaan ritel tanah air ini selalu membuka cabang toko baru di berbagai daerah, ditambah para karyawannya juga selalu berganti, dirotasi atau ada yang mengajukan resign. Ada berbagai posisi yang biasanya dibuka seperti Kasir (KSR), Pramuniaga (PRM), Programmer (PRG), Merchandiser (MD), Surveyor (SRVY), Helper (HLP), Drafter/Pengawas Lapangan (DRF), Driver (DRV) dan posisi lainnya.

infografis alfamart

Kamu cukup cek saja di berbagai grup loker yang ada di tempatmu, biasanya di sana ada informasi terbaru mengenai naik lowongan kerja di Alfamart dan Alfamidi. Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa mendatangi langsung kantor cabang di daerahmu dan menanyakan ke petugas satpam atau melihat pengumuman yang biasanya ditempel di area tersebut.

Baca juga : Kumpulan Soal Excel untuk Tes Kerja Perusahaan Terbaru


Panduan Melamar Kerja


Pada pembahasan kali ini kita akan membagi beberapa tips dan panduan untuk melamar kerja di kedua perusahaan ini, yang pada dasarnya memang yang hampir sama dengan proses lamaran kerja di perusahaan lain hanya saja yang membedakan adalah prosedur test dan wawacaranya.

Seperti perusahaan lainnya, Alfamart dan Alfamidi juga mencari karyawan baru melalui proses rekrutmen formal. Walaupun sebenarnya proses penerimaan ini bisa dikategorikan relatif lebih mudah, dibanding dengan penerimaan karyawan di perusahaan besar lainnya.

Berikut akan disampaikan beberapa langkah yang harus sobat kòsngosan lalui untuk bisa diterima bekerja di salah satu perusahaan retail terbesar di tanah air ini


Melamar kerja online


Pilihan pertama, sobat kosngosan bisa mengirim berkas lamaran kerja secara online baik melalui portal atau email resmi HRD-nya. Pertama kita akan bahas mengenai cara mengirim berkas lamaran melalui portal karir alfamart.

Kunjungi situs : http://recruitment.alfamartku.com (atau ketik di google pencarian "Lowongan kerja Alfamart Online") kemudian daftarkan dirimu, masukkan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan baik dan benar. Mulai dari data diri, riwayat pendidikan, keterampilan, pengalaman, data keluarga dan penyakit, form pernyataan, kelengkapan berkas dan social media.

Setelah itu pilih posisi yang ingin kamu lamar dan kota tempat kamu ingin dipekerjakan. Setelah itu sobat kosngosan tinggal menunggu saja hingga panggilan selanjutnya

Selanjutnya kamu bisa juga mengirim berkas lamaran lewat Email, tetapi harus mengetahui terlebih dahulu alamat email HRD dari kantor cabang Alfamart yang ada di daerah sobat. Jadi cari tahu saja di forum atau grup online pencari kerja daerah mu.

Kalian bisa juga tonton video panduan cara melamar kerja indomaret online di channel youtube kosngosan yang sudah di upload, bisa tonton dibawah ini, jangan lupa subscribe dan like juga videonya ya




Melamar kerja offline


Secara offline, berarti sobat kosngòsan mengirimkan seluruh dokumen lamaran dalam bentuk fisik, baik melalui kantor pos, po box atau langsung diantarkan ke kantor cabang Indomaret di daerah mu. Lihat syarat dibawah ini :

1. Cetak Daftar Riwayat Hidup (satu lembar)
2. Fotokopi Ijazah terakhir dan transkip nilai (satu lembar)
3. Fotokopi KTP atau SIM (satu lembar)
4. Fotokopi SKCK terbaru (satu lembar)
5. Fotokopi Surat Keterangan Sehat terbaru (satu lembar)
6. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (satu lembar)

Langkah 2 :

Siapkan amplop, kemudian cantumkan jabatan yang diinginkan di sudut kanan atas amplop. Untuk alamat tujuan di kanan bawah. Lihat format surat nya dibawah ini :

penulisan amplop lamaran kerja

Tes Administratif


Administratif adalah tes di mana seluruh berkas yang kamu kirimkan diseleksi kembali dan dilihat apakah memenuhi syarat yang diberikan oleh pihak Alfamart. Di sini mereka akan melihat seperti pendidikan terakhirmu dari ijazah, nilai IPK dari transkrip nilai, pengalaman kerja dari CV dan hal hal lain yang administratif.

Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan berkas lamaran yang berkualitas. Tentunya kamu sudah membaca cara melamar pekerjaan secara online dan offline di atas, oleh karena itu lakukan yang terbaik, sembari menunggu pemanggilan untuk tes selanjutnya

Nantinya kamu harus berpakaian seperti dibawah ini, sebelum mengikuti tes tertulis dan tes wawancara :

  • Sepatu hitam polos
  • Celana panjang hitam
  • Baju putih berkerah (bisa lengan panjang bisa pendek)
  • Rambut dan kumis jenggot dicukur rapih
  • Untuk perempuan muslimah, jilbab warna hitam


Tes Kesehatan dan Fisik


Teman-teman sekalian akan mengikuti yang namanya tes fisik dan tes kesehatan secara singkat. Pengalaman mimin sendiri, pernah mengikuti seleksinya, nantinya perempuan dan laki-laki akan dipisah.

Laki-laki akan disuruh untuk buka baju dan dilihat apakah terdapat cacat yang ada ditubuh. Kalian akan dilihat tinggi dan berat badan, terus dilihat apakah ada tato atau tidak, dan ditanyakan apakah ada penyakit turunan atau yang sering kambuh. Terakhir kalian akan di tes buta warna atau tidak.

Nah pada tahapan ini sebenarnya ada banyak sekali calon karyawan yang gugur karena memang tidak sesuai dengan persyaratan fisik dan kesehatan yang ditetapkan oleh pihak Alfamart. Jadi misalnya apabila sobat kosngosan memiliki tinggi di bawah 160 cm, dan buta warna, mimin sarankan untuk tidak lagi melamar di perusahaan ini

Bila akan mengikuti dan ingin lulus tes kesehatan atau medical checkup (MCU), teman teman bisa membaca postingan kosngosan seputar tips lolos medical checkup disini.


Tes Tertulis


Setelah kalian melewati tes administrasi, dan tes fisik selanjutnya kan akan mengikuti yang namanya tes tertulis yang didalamnya terdiri dari beberapa jenis soal seperti tes psikotes, persamaan kata atau sinonim, soal antonim, soal analogi atau padanan kata, soal matematika sederhana dan juga psikotes khusus yang dirancang untuk para calon karyawan Alfamart

Untuk mengikuti tes tertulis dari alfamart dan alfamidi, mimin kosngósan sudah menulis tips untuk kalian sebelumnya. Kalian bisa membaca contoh soal dan tips menjawab tes tertulis dari alfamart disini. Semoga bermanfaat :D


Tes Wawancara


Ini merupakan proses terakhir dari tes yang harus sobat kosngosan lalui. Setelah lulus pada tes tertulis, maka kamu akan diwawancarai oleh pihak HRD, atau mungkin kepala cabang (mimin pernah langsung diwawancarai kepala cabang) mengenai berbagai hal yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar, dan juga pertanyaan khas interview lainnya.

Disini materi wawancara memang tidak baku karena bisa berubah sesuai dengan yang dipikirkan oleh pewawancara. Yang perlu sobat perhatikan adalah tetap bersifat tenang, kalem dan jawab semua pertanyaan dengan baik, tidak gugup.

Kamu bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu seperti nama, lulusan, pekerjaan orangtua, jumlah saudara, apa hobi atau kesukaan sehari hari, terus pertanyaan klise yaitu apa alasan kamu melamar di posisi ini. Teman teman ikuti saja alurnya, apabila ingin yang lebih lengkap, bisa membaca postingan kosngosan yang membahas beberapa tips mengenai bocoran pertanyaan wawancara perusahaan disini


Masa Training


Training disini maksudnya adalah kegiatan pelatihan kepada calon karyawan yang sudah lulus pada keseluruhan tahap seleksi diatas, dengan mengikuti pemberian materi terkait apa saja yang harus dilakukan di toko nantinya dan hal apa yang tidak boleh dilakukan. Waktu traingin ini bermacam-macam, tergantung dari jenis kelamin dan jenis pekerjaannya, biasanya antara 10-15 hari.

Dan perlu kamu ketahui adalah dalam masa training ini kamu harus disiplin mengenakan pakaian seperti yang sudah ditetapkan, tidak telat masuk dan belajar sungguh-sungguh. Selain materi training, ada juga yang tidak kalah penting yaitu mentaati peraturan yang sudah disepakati antara kedua belah pihak.


Contoh surat lamaran kerja alfamart


Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari media penyedia lowongan kerja, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai Pramuniaga

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : S1 Agribisnis
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 082390257900
Status : Lajang

Saya memiliki pengalaman sebagai admin di ukmriau dan sebagai web developer di riau web design, memiliki kondisi kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara individu maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Scan Ijazah Strata 1 dan Transkrip Nilai
3. Scan KTP
4. Pas foto terbaru
3. Scan Sertifikat Pendukung

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.


Hormat saya,



Muhammad Reza Harahap


Besaran gaji alfamart


Sebenarnya gaji di Alfamart atau Alfamidi disesuaikan dengan daerah tempat kamu bekerja, dan juga tentu saja berbeda beda, berdasarkan posisi atau jabatan sobat kosngosan di toko. Untuk saat ini Alfamart menetapkan gaji minimal sesuai dengan upah minimum regional atau UMR dari daerah masing-masing.

Selain itu tentu saja posisi seperti kepala toko jelas lebih besar gajinya dibanding dengan pramuniaga atau ACOS (Assistand Chief Office Store). Seperti itu lah kira kira. Jadi tidak bisa ditentukan disini karena akan berbeda sesuai dengan daerah kamu berada.

Namun untuk selengkapnya teman-teman bisa membaca postingan kosngosan sebelumnya yang membahas lebih lengkap, seputar besaran gaji Alfamart di sini.


Kesimpulan


Baiklah demikian beberapa tips dan bahan yang bisa kamu persiapkan sebelum melamar pekerjaan di Alfamart dan Alfamidi. Lagi yang masih mencari kerja, mimin kosngosan mendoakan supaya kalian cepat diterima di perusahaan impian kalian

Semoga materi di atas bermanfaat dan menjadi bahan referensi untuk kita. Buat pengunjung yang ingin berbagai hal positif silakan tekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial kalian supaya teman-teman yang lain juga bisa membacanya
By

0 Response to "Cara Melamar Kerja di Alfamart dan Alfamidi Secara Online dan Offline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel