15 Contoh Menjaga Keutuhan NKRI Sebagai Pelajar di Lingkungan Masyarakat

Bagaimana cara menjaga keutuhan NKRI? kamu perlu melakukan beberapa contoh perilaku yang akan kita bahas dibawah ini, suatu gambaran betapa pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia, yang terdiri dari banyak suku dan budaya. Ini merupakan kewajiban kita sebagai warga negara supaya berupaya menjaga kerukunan dan juga menjunjung toleransi.



Ada banyak sekali tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Mulai dari faktor internal atau pun eksternal. Seperti misalnya globalisasi yang membuat milenial Indonesia terpapar budaya luar, dan melupakan budaya bangsanya sendiri. Kemudian muncul pertanyaan Apa peran sertamu sebagai generasi muda dalam menjaga keutuhan NKRI?

Sebagai anak muda yang berstatus pelajar atau mahasiswa, kita perlu melakukan usaha-usaha dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, tidak lantas mengharapkan pemerintah sepenuhnya, namun juga harus ikut berkontribusi.

Mungkin di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada saat sekolah sudah jelas dikatakan bahwa setiap warga negara wajib untuk menjaga toleransi dan persatuan antar umat beragama, antar suku, dan antar budaya.

Namun kenapa belakangan ini kondisi bangsa kita semakin terpecah, banyaknya konflik yang terjadi dan dan terjadinya polarisasi? Sepertinya sobat kosngosán memang harus belajar lebih dalam lagi mengenai menghargai pendapat, dan bagaimana cara mengkritik yang benar

Mulailah untuk lebih mengedepankan kepentingan bersama, dibanding kepentingan kelompok atau pribadi. Kita harus sadar bahwa tantangan bangsa ini kedepan semakin berat, dibutuhkan peran serta nyata dari warga negaranya untuk berkontribusi aktif terhadap pembangunan di segala sektor

Baca juga : 25 Contoh Cinta Produk Indonesia yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Pelajar

Kita akan langsung to the point membahas beberapa contoh penerapan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keutuhan NKRI, dengan statusmu sekarang sebagai seorang pelajar atau mahasiswa. Berikut beberapa contohnya :


Tidak Menyebarkan HOAX


Hoax atau berita palsu merupakan sumber dari perpecahan bangsa ini. Apalagi saat ini penggunaan media sosial yang sangat masif, banyaknya buzzer dan penggerak opini publik, menjadikan berita palsu semakin mudah untuk disebar.

Sebagai pelajar yang cerdas kamu harus bisa memilih mana informasi yang betul-betul bermanfaat dan sesuai dengan fakta. Jangan sampai menyebarluaskan hoax atau bahkan membuat hoax yang nanti berujung kepada perpecahan dan ketidakstabilan di tengah masyarakat


Menjadi Pelajar yang Berprestasi


Salah satu kewajibanmu dalam menjadi seorang siswa di sekolah adalah dengan belajar dengan giat dan menjadi sosok yang berprestasi di bidang akademik maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Dengan berprestasi di bidang yang kamu tekuni sebenarnya kamu sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena saat ini kita masih dalam masa perdamaian, maka Salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan dan berpartisipasi untuk membangun bangsa adalah dengan memberikan ide dan inovasi yang sobat kósngosan miliki


Membuka Bisnis Sendiri


Menjadi seorang pelajar yang berkutat dengan sekolah memang bagus. Akan tetapi lebih hebat lagi apabila kamu bisa membuat suatu bisnis sampingan yang bisa berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan.

Banyak sekali pelajar yang sukses berbisnis di usia dini dan menjadi entrepreneur yang membantu orang-orang di sekitarnya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keutuhan NKRI di bidang ekonomi.


Membentuk Komunitas


Sebagai seorang makhluk sosial, kamu juga harus mengikuti atau membuat suatu komunitas positif yang memiliki peran di tengah masyarakat atau sekolah. lakukan kegiatan positif sesuai dengan passionmu masing masing, dan berkaryalah menghasilkan inovasi yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar


Jangan Melupakan Sejarah


Ada banyak cara untuk membuat sobat kosngosan selalu ingat perjuangan mereka, salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat- tempat bersejarah, museum, atau berziarah ke makam para pahlawan. Dengan mempelajari sejarah kita akan tahu bagaimana sulitnya negara kita meraih kemerdekaan melalui tangan penjajah sehingga dengan begitu kita akan lebih nasionalis dan patriotis dalam mencintai bangsa kita.


Menjaga Persatuan dan Kesatuan


Menjaga persatuan berarti kita harus berbuat baik kepada semua orang, baik keluarga maupun orang lain, baik yang berbeda suku, agama, dan budaya dengan kita. Menghindari fitnah dan mengadu domba, supaya nantinya terjalin hubungan yang baik tanpa adanya keretakan dalam bermasyarakat.

Untuk kalian kaum pelajar tetaplah menjadi murid yang cerdas menjaga persatuan dengan tidak tawuran, karena pada saat ini tawuran dikalangan pelajar sangat sering terjadi karena hal sepele, maka hindari ini supaya tidak ada lagi yang namanya perpecahan.


Belajar Mencintai Tanah Air


Mengapa milenial saat ini sangat mencintai budaya luar? dan kurang mencintai budayanya sendiri? Mulailah belajar mengenai budaya sendiri. Mimin tidak melarang kalian suka K-POP atau Anime, akan tetapi yang namanya budaya Indonesia juga jangan sampai lepas dari kehidupan sobat kosngosan sehari hari. Mencintai tanah air adalah salah satu bentuk menjaga keutuhan NKRI, bukan hanya melalui ucapan tetapi juga melalui tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Harus ada rasa bangga menampilkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.


Saling Menghormati dan Toleransi


Untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara, mari kita sama-sama menjaga sikap toleransi antar sesama umat beragama. Karena pada dasarnya negara kita plural (banyak agama), maka kita tidak boleh merusak keharmonisan tersebut. Tidak perlu mencaci ataupun mencela agama lain, tidak menjelek jelekkan kepercayaan orang lain, karena dengan adanya perbedaan sebenarnya sudah terjadi saling melengkapi sehingga akan tercipta keindahan dan keselerasan.


Menghindari NAPZA


Yang namanya Narkoba, Psikotropika dan Zat Aditif lainya harus dihindari oleh kaum milenial, supaya kalian bisa sukses dimasa depan. Zat ini hanya merusak dan menjadikan kalian generasi penerus bangsa yang rusak dan tidak bermoral. Maka tidak ada alasan untuk mencobanya, kalau kalian ingin mencetak prestasi demi mengharumkan nama bangsa. Ingat, kehancuran suatu negara dapat berawal dari kebiasaan penerus bangsanya yang sudah kecanduan akan NAPZA.


Rela Berkorban


Sejak SD mimin dan sobat kosngosan sekalian pastinya sudah sering diberikan nasehat oleh guru mengenai sifat terpuji yang harus dipupuk yaitu rela berkorban. Hal hal kecil seperti membersihkan paku dijalan, membantu teman yang kesusahan, memberikan bantuan tumpangan kepada teman yang jalan kaki dan sebagainya adalah bentuk sederhana dari rela berkoban yang merupakan aktualisasi dari menjaga keutuhan NKRI.


Melestarikan Alam dan Lingkungan


Sebagai seorang pelajar, kamu bisa berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dengan melakuan kebiasaan sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon secara liar, tidak membakar hutan, mencemari udara, membuang limbah di areah pemukiman, menggunakan sepeda ketimbang motor, menghemat pemakaian listrik, menggunakan produk daur ulang, menerapkan gaya hidup zero waste, dan sebagainya. (Baca juga : cara menerapkan gaya hidup zero waste yang baik)


Melestarikan Kebudayaan dan Kearifan Lokal


Indonesia memiliki suku dan budaya yang beragam di berbagai daerah. Kamu yang berasal dari suku bugis misalnya, harus mampu menjaga dan melestarikan budaya serta kearifan lokal yang ada di dalam suku bugis. Mungkin saat ini contoh yang paling relevan adalah kamu bisa memperkenalkan budaya-mu melalui konten di YouTube atau Instagram. Marilah kita sama-sama menjaga kelestariannya demi indonesia tercinta, banggalah akan keunikan negara kita yang banyak dikagumi oleh negara lain


Memakai Produk Lokal dalam Negeri


Percuma kamu berkoar-koar untuk menjaga keutuhan NKRI akan tetapi barang-barang yang kamu pakai saat ini 100% berasal dari luar atau impor. Sebagai seorang pelajar kita harus membuktikan, bahwa memakai produk dalam negeri adalah satu bentuk kecintaan kita dalam menjaga identitas bangsa sendiri.

Tidak hanya itu memakai dan membeli produk dalam negeri juga turut serta dalam meningkatkan perekonomian nasional dan membantu bisnis lokal, dalam bersaing di pasar bebas seperti sekarang ini.


Menjaga Nama Baik Indonesia


Nama baik itu seperti brand dalam perusahaan, dimana setiap karyawan (dalam hal ini kita sebagai warga negara), wajib menjaga kesan positif yang dibawa oleh institusi yang kita naungi, dengan tidak melakukan hal-hal yang memalukan dan dan mencoret nama baiknya.

Seperti misalnya sobat kosngósan tidak melakukan hal negatif di media sosial atau grup yang banyak orang luar negerinya, bersifat ramah dan memberi contoh positif ketika mengikuti event internasional, bergaul dan mengenalkan budaya indonesia kepada orang luar, dsb.


Melestarikan Peninggalan Bersejarah


Banyak sekali peninggalan bersejarah yang mengandung nilai historis. Kita harus mulai melestarikannya dan menjaga keberadaan benda berharga ini, untuk disimpan dan dijadikan sebagia bahan pembelajaran sejarah bagi generasi selanjutnya. Peninggalan sejarah menjadi saksi bisu terhadap suatu peristiwa masa langkau yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran kedepannya. Sebagai pelajar, kita juga bisa menghargai peninggalan bersejarah ini dengan mengunjungi museum dan belajar sejarah disana.

Baca juga : Contoh Pluralisme dan Toleransi di Indonesia

Kata Penutup


Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya yang harus kita pertahankan sebagai warga negara Indonesia. Banyak kegiatan yang harus kita lakukan, semua profesi wajib berperan dalam menjaga stabilitas negara kita, sesuai dengan kapasitas masing2, termasuk pelajar sekolah, mahasiswa di kampus dan pekerja kantoran

Semoga dengan membaca materi pembahasan kita diatas bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan kecintaan kita terhadap bangsa dan negara Indonesia. Jangan lupa untuk berbagi hal positif dengan menekan tombol share di bawah, terimakasih
By

0 Response to "15 Contoh Menjaga Keutuhan NKRI Sebagai Pelajar di Lingkungan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel