15 Tips Belajar Kelompok yang Efektif dan Menyenangkan

Bagaimana cara belajar kelompok yang efektif dan tidak membosankan? Belajar kelompok merupakan salah satu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk belajar secara bekerja sama membentuk suatu kelompok dalam menyelesaikan tugas belajar. Kelompok belajar sebagai format belajar mengajar yang memfokuskan interaksi setiap anggotanya satu sama lain untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama

tips belajar kelompok

Ada banyak kelebihan belajar kelompok dibandingkan dengan belajar individu. Karena setiap orang tentu saja memiliki kemampuan dalam memahami suatu mata pelajaran yang berbeda-beda. Sehingga apabila beberapa anggota ini dikumpulkan dan terjadi interaksi di antara mereka Maka akan menambah pemahaman satu sama lain

Saat ini kamu mungkin bisa belajar kelompok menggunakan media konvensional dan teknologi. Seperti misalnya memanfaatkan teknologi streaming dimana kamu hanya perlu berada di rumah masing-masing. Menggunakan format PPT atau PDF dalam menyampaikan setiap materi dinilai lebih praktis dibandingkan menulis di catatan

Lalu apa tujuan dari belajar kelompok itu sendiri? sejak awal dikatakan bahwa belajar kelompok akan menciptakan belajar yang efektif. Belajar efektif adalah suatu cara belajar yang teratur, tuntas, berkesinambungan dan lebih produktif yang bisa menghasilkan pengetahuan keterampilan serta pembentukan karakter dan intelektual yang lebih baik dari sebelumnya.

Tujuan dari belajar kelompok ini juga sama yaitu sebagai berikut :


  • Mengembangkan cara berpikir kritis pelajar dalam memecahkan masalah
  • Mengembangkan kemampuan sosialisasi dan interaksi belajar
  • Memperbaiki kepercayaan diri terhadap kemampuan diri pelajar
  • Memperbaiki kemampuan komunikasi publik
  • Belajar memahami dan menghargai orang lain


Banyaknya manfaat dari belajar kelompok tentunya bisa menjadi pilihan guru untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Pemilihan teman satu kelompok yang yang baik itu terdiri dari 3 sampai 7 orang, jangan terlalu banyak sehingga anggota akan fokus dalam tugasnya masing-masing.

Baca juga : Kata Kata Mutiara untuk Anak SMK, STM dan TKJ yang Keren


Tips Belajar Kelompok


1. Merancang struktur anggota


Pertama kali membentuk kelompok belajar, yang harus dilakukan adalah menentukan struktur anggota dari masing masing orang, seperti menentukan siapa ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, sesi perlengkapan dan lain sebagainya. Dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab ini maka setiap anggota akan memiliki peran masing-masing dalam menjalankan tugas, tidak ada lagi anggota yang menganggur atau yang over task. Semua berjalan dengan proporsional

2. Mencari Fasilitas yang dibutuhkan


Fasilitas di sini bisa berupa tempat belajar, media seperti bangku, meja, alat tulis, buku, komputer atau laptop, proyektor dan segala sesuatu yang menunjang pembelajaran dalam kelompok belajar. Sobat kosngośan juga harus membuat daftar atau catatan kecil apa saja yang kalian perlukan. Lalu cari bahannya segera sebelum dimulainya belajar kelompok

3. Menentukan durasi dan waktu belajar kelompok


Sangat penting untuk menentukan jadwal belajar kelompok supaya semua anggota bisa menghadiri. Oleh karena itu sebelum melakukan kerja kelompok kamu harus mendata ulang terlebih dahulu jadwal waktu kosong masing masing anggota, dan didapat lah waktu yang tepat yang semua anggota bisa menghadirinya. Waktu mana yang lebih cocok untuk masing masing anggota, apakah di pagi, siang, sore atau malam hari. Pastikan bahwa waktu itu menjadi kesepakatan bersama atau semua tidak merasa keberatan dan bisa hadir.

4. Adanya Pembagian tugas yang proporsional


Proporsional disini maksudnya berbeda dengan merata. Misalnya dalam kasus anak yang satu ini lebih pintar dan anak yang lain kurang pintar, maka biarlah anak yang pintar saja yang mengerjakan. Tentu hal ini juga tidak bisa dilakukan secara mentah mentah. Sebagai ketua kelompok tentu saja tugasnya adalah untuk mengendalikan supaya kelompok belajar berjalan dengan semestinya. Kemudian Pilihlah setiap anggota yang yang menonjol di salah satu bidang untuk mengerjakan bidang yang dia kuasai. Proporsional di sini bukan berarti tidak adil, tetapi harus menempatkan sesuatu sesuai dengan kapasitasnya.

5. Menentukan tempat belajar kelompok


Sangat penting untuk menciptakan suasana yang kondusif sehingga bisa mendukung proses pembelajaran berlangsung dengan efisien dan efektif. Karena Percuma saja kalian melakukan kerja kelompok di tempat yang bising atau tidak aman. tempat tersebut adalah kondusif dengan suasana yang mendukung, mengerjakannya di lingkungan sekolah seperti diperpustakaan atau taman sekolah. Yang lain lagi mungkin lebih suka dirumah salah satu anggota atau tempat umum

6. Menciptakan suasana nyaman namun serius


Jangan membuat kondisi belajar tegang dan hening sehingga membuat setiap anggota enggan untuk berinteraksi satu sama lain. Ciptakan suasana yang senyaman mungkin seperti dirumah sendiri. Suasana lain apabila memungkinkan adalah dengan menyetel musik yang santai, menyediakan beberapa cemilan dan minuman. Jadi selama pembelajaran, sobat kosngosan dan teman teman bisa sambil nyemil dengan senang dan gembira.

7. Fokus pada tujuan belajar kelompok


Ketika mengerjakan suatu mata pelajaran tentukan fokus pada bagian mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, sehingga nantinya tidak melebar kemana-mana. Kokuskan kepada titik tujuan dan acuan waktu, diharapkan anggota tidak akan banyak menghabiskan waktu untuk bercanda atau kegiatan lainnya yang sifatnya mengganggu.

8. Saling Tolong Menolong


Jangan menjadi anggota yang egois atau individualis. Sebenarnya dengan menjadi anggota di kelompok belajar mu, harus berbagi pemahaman materi yang sudah sobat kosngosan kuasai kepada teman-teman yang lain. Perlu diingat tujuan dari belajar kelompok yaitu supaya setiap anggota kelompok bisa memahami dan saling membantu dalam salah satu topik pembelajaran, jadi stop menjadi egois apalagi merasa diri sendiri lebih pintar dan pandai.

9. Menentukan Materi pembelajaran Utama


Misalnya setelah kamu mendapat tugas dari guru atau dosen, segeralah cari tahu apakah kalian perlu meriset materinya terlebih dahulu atau tidak. Atau misalnya kelompok terdiri dari banyak tugas, buatlah rincian tugas yang terlebih dahulu menjadi prioritas, dan mana yang hendak dikerjakan kemudian. Hal ini juga untuk manajemen waktu supaya belajar lebih efektif dan efisien.

10. Membuat suasana belajar aktif dan Kritis


Setelah berlangsung proses belajar kelompok, terciptalah kondisi yang santai dan nyaman. Tapi satu hal yang perlu diingat adalah setiap anggota harus bersifat kritis dan bertanya apabila tidak mengerti di bagian tertentu supaya pihak yang lain juga bisa menerangkan. Jangan bersifat pasif saja. Demi membuat suasana belajar yang aktif, salah satu caranya yaitu dengan menambahkan lebih banyak sesi diskusi atau penyampaian pendapat antar anggota kelompok.

11. Mendatangkan Mentor


Salah satu cara yang bisa sobat kosngosan lakukan untuk membuat kerja kelompok semakin berkualitas adalah dengan mendatangkan mentor atau guru di beberapa kesempatan pertemuan. Atau kalian bisa mendatangi rumah guru bidang mata pelajaran tertentu untuk menanyakan materi yang stuck atau tidak bisa dipecahkan. Mimin kosngosan rasa, semua guru juga bakalan senang melihat anak didiknya antusias dalam belajar kelompok.

12. Membuat sesi Ice Breaking


Ice breaking bisa dilakukan di sela-sela kegiatan proses belajar kelompok supaya kalian tidak monoton dan cepat bosan terhadap pelajaran. Masing masing anggota bisa melakukan kegiatan permainan ice breaking akan tercairkan suasana belajarnya dan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan nyaman dan membuat murid menjadi termotivasi dan dapat menyerap pelajaran secara maksimal.

13. Memanfaatkan Perangkat Teknologi


Nah salah satu keuntungan hidup di zaman teknologi informasi saat ini adalah sobat kosngósan dimudahkan untuk belajar dan berdiskusi dimanapun dan kapanpun itu. Apabila kalian berhalangan hadir atau sebagian tidak bisa ikut dalam kerja kelompok, bisa memanfaatkan video streaming atau membuat chat room untuk menghubungkan kelompok belajar kapan dan dimana pun berada.

14. Saling Memberikan Dukungan


Tentu saja seperti yang dikatakan sebelumnya setiap anggota kelompok belajar harus saling mendukung satu sama lain. Tidak ada yang merasa dirinya lebih pintar dari yang lain Yang ada hanyalah saling belajar. Apabila teman yang lain dinilai belum paham maka menjadi tugas anggota yang lain untuk memberikan penjelasan. Intinya saling diskusi dan bertukar informasi mengenai materi pelajaran yang dibahas

15. Mengembangkan Orientasi Kelompok


Terakhir coba sobat kosngosan lihat kembali tujuan awal kalian membentuk kelompok belajar ini apakah memang murni untuk saling bertukar pemahaman terkait materi pelajaran di sekolah, atau kelompok ini juga bisa sebenarnya dikembangkan kearah yang lebih maju lagi seperti membentuk kelompok bisnis untuk memulai suatu usaha sampingan, atau membuat suatu komunitas terkait yang sesuai passion dan kesukaan kalian. Siapa tahu kelompok kalian menjadi besar dan bisa menciptakan startup bahkan perusahaan nantinya.

Tonton Video penjelasan tips diatas di channel youtube kósngosan yang sudah mimin upload dan sematkan dibawah ini. Tinggal klik tombol play untuk menonton




Baca juga : Cara meningkatkan kekompakan antar siswa dalam kelas


Kata Penutup


Semoga membentuk suatu kelompok belajar memberikan dampak positif terhadap pemahaman setiap anggota untuk materi pelajaran di sekolah. Belajar bersama merupakan suatu metode pembelajaran yang bisa membantu kalian dalam bersosialisasi dan menambah pengalaman.

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman-teman anak sekolah sekalian. Untuk membagikan url artikel ini ke sosial media untuk memberikan informasi positif kepada yang lainnya
By

0 Response to "15 Tips Belajar Kelompok yang Efektif dan Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel