Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Menyimpan Brankas yang Aman

Bagaimana cara menyimpan brankas yang baik dan benar? Brankas adalah tempat terbaik untuk menyimpan dokumen dan barang-barang yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi. Teknologi dalam brankas sudah dibekali dengan security mutakhir, sehingga membuatnya susah sekali untuk dibobol. Namun bukan berarti brankas juga tidak memiliki kelehaman dan kekurangan. 

Brankas akan sangat berguna apabila kamu menyimpan beberapa jenis dokumen dan barang berharga saja, tidak semua Hal ini karena kapasitas brankas sangat kecil sehingga membuat kamu harus memprioritaskan berbagai jenis barang saja untuk dimasukkan didalamnya.

Apa saja tips untuk merawat brankas milikmu supaya tidak mudah rusak? Kamu perlu melakukan penjagaan terhadap tingkat Kelembapan yang ada di dalam Brankas. Hal ini untuk mengindari barang barang mu didalam tidak mengalami kerusakan.

Selain iut kamu harus Rutin memberikan pelumas pada Area Tertentu di Brankas dengan Minyak Pelumas khusus, dan terakhir kamu disarankan untuk selalu Mengganti Kode Pin Brankas secara berkala, misalnya setiap sekali sebulan atau sekali tiga bulan.


Tempat Aman Menyimpan Brankas

tempat penyimpanan brankas

Dibandingkan merawat dompet kulit, merawat brankas memang jauh lebih sulit. Berikut adalah beberapa barang yang harus Kamu simpan di dalam brankas mu :


1. Sertifikat Properti di dalam Lemari


Ketika sobat membeli rumah, maka kamu harus menangani banyak dokumen pada saat terjadinya transaksi pengalih nama-an. Beberapa di antaranya mungkin penting untuk disimpan adalah sebagai berikut :

  • Sertifikat rumah, Kamu akan memerlukan akta ini ketika Kamu ingin menjual rumah kembali. Kamu mungkin juga membutuhkannya untuk membuktikan bahwa dirimulah pemilik sah dan legal secara hokum dari rumah tersebut.
  • Surat Pajak Bumi Bangunan (PBB), selain itu kamu juga bisa menyimpan berbagai surat pajak bangunan dan dokumen penyelesaian lainnya yang menunjukkan bahwa kamu sudah membayar sejumlah uang untuk pajak propertimu. Kamu akan memerlukan dokumen ini untuk keperluan penjualan rumah kembali

Meskipun dokumen ini dapat menjadi sangat penting ketika pada saat tertentu, sangat kecil kemungkinan Kamu akan memerlukannya untuk keperluan sehari hari . Jadi menyimpannya di Brankas milikmu akan membuat berkas ini tetap aman, dan jika kamu membutuhkannya pada suatu waktu, maka kamu dapat mengambilnya kembali.


2. Perhiasan Berharga di Bawah Lantai Hasil Galian

Kamu juga dapat menggunakan brankas sebagai media untuk menyimpan perhiasan keluarga yang tidak pernah dipakai tetapi tidak ingin dihilangkan karena alasan investasi atau lainnya. 

Perhiasan ini biasanya disimpan karena ingin melakukan diversifikasi asset, sehingga tidak melulu disimpan dalam bentuk deposito, saham atau tabungan di Bank. Kamu bisa menyimpan brankas nya di bawah tanah


3. Logam Mulia di Bagian Tersembunyi Tempat Tidur


Selain perhiasan yan gdipakai, sebenarnya batu mulia dan logam mulia juga bisa dikategorikan sebagai perhiasan, apabila di bentuk dan di olah menjadi bentuk cincin, kalung, anting dan perhiasan lainnya. 

Namun disini kamu juga bisa menyimpan emas batangan, batu permata, mutiara dan sebagainya. Jadi tidak ada batasan menyimpan barang barang berharga tersebut.


4. Barang Antik dan Langka di Tempat Terbuka


Brankas juga bisa digunakan untuk menyimpan barang koleksi yang memiliki nilai tersendiri, dan disimpan di tempat terbuka.

Kamu bisa menyimpan seperti misalnya barang antik, atau langka. Akan tetapi pastikan ukurannya kecil dan muat untuk masuk di brankas. Barang barang seperti perangko, koin, surat, uang seri lama, atau kartu mungkin masih bisa kamu simpan.
 

5. BPKB Mobil dan Motor di Balik Lemari


Seperti halnya akta rumah milikmu, BPKB atau Buku Hitam kendaraan merupakan dokumen yang penting tetapi jarang diperlukan dan sulit untuk diganti apabila hilang. Jadi hal ini membuat dokumen tersebut harus disimpan dalam brankas. 

Nah ketika kamu hendak menjual mobil, motor atau membayar pajak, maka kamu bisa membuka dan mengambilnya kembali dari brankas milik mu.


6. Dokumen Pribadi di dalam Tumpukan Kertas

Brankas merupakan media yang ideal untuk menyimpan dokumen administrasi sipil yang penting, seperti:

  • Akte kelahiran (milik mu, kelurga dan anak-anak mu)
  • Ijazah SD, SMP, SMA, Kuliah
  • Surat nikah, Sertifikat perceraian, Sertifikat kematian untuk pasangan atau kerabat dekat lainnya
  • Kartu Keluarga
  • Sertifikat Profesi, dan Sertifikat lainnya

Kamu sangat jarang sekali memerlukan dokumen diatas untuk penggunaan sehari-hari. Namun jika kamu memang membutuhkannya, cukup untuk meletakkan salinannya diluar, seperti menyimpan fotocopyannya di dalam lemari mu. Oleh karena itu dokumen aslinya Jauh lebih aman untuk menyimpannya di brankas.


7. Kartu Jaminan Sosial atau Asuransi di Rak

Membawa kartu Jaminan Sosial di dompet adalah hal yang tidak dianjurkan oleh para pakar keuangan. Karena apabila dompet mu hilang atau dicuri, dan pencuri tersebut mendapatkan nomor Jaminan Sosial milikmu di dompet, maka kamu akan berisiko terkena pencurian identitas.

Kemungkinan kamu membutuhkan kartu Jaminan Sosial atau Asuransi untuk ID pada setiap hari juga cukup jarang. Kamu mungkin memerlukan Kartu Jaminan Sosial atau Asuransi untuk klaim atau pembayaran premi saja. Kamu hanya perlu menghapal nomor kartu tersebut untuk keperluan lain yang tidak mendesak.


8. Kartu Garansi di dalam Kotak Pembelian


Kartu garansi adalah dokumen penting lainnya yang bisa kamu simpan di dalam brankas. Apabila kamu membeli suatu produk elektronik seperti televisi, kulkas, AC, smartphone, atau barang berharga lainnnya

Maka kartu ini akan sangat berguna untuk melakukan klaim apabila terjadi kerusakan pada suatu waktu. Garansi juga jarang sekali dibutuhkan, sehingga kamu bisa menyimpannya di Brankas tanpa harus membukanya setiap hari.


9. Sertifikat Saham dan Obligasi di Bagian Tersembunyi Lemari

Investasi dibidang saham, obligasi negara, atau obligasi korporasi merupakan transaksi elektronik yang Kepemilikannya dicatat secara digital, dan catatan disimpan di server, sehingga Kamu tidak perlu khawatir kehilangannya atau mengamankannya.

Saat ini pembelian asset berhaga seperit ini juga seringkali ditunjukkan dengan bukti fisik, berupa sertifikat dalam bentuk kertas. Seperti misalnya masih ada beberapa saham yang membutuhkan sertifikat cetak untuk pembelian saham dan beberapa bank masih menerbitkan obligasi tabungan dalam bentuk kertas dokumen.


10. Barang Berharga Kecil Lainnya di Atas Loteng


Terakhir, brankas milikmu juga bisa kamu gunakan sebagai tempat yang aman untuk menyimpan barang-barang kecil dan berharga apa pun itu. 

Selain yang mimin sebutkan diatas, kamu juga bisa menyimpannya di dalam brankas. Intinya selama barang tersebut berharga bagimu, berukuran kecil, dan tidak setiap hari kamu butuhkan, maka bisa kamu simpan di dalamnya.

Baca juga : Cara Merawat Kunci Impact


Kata Penutup

Brankas adalah salah satu pilihan media penyimpanan barang berharga yang bisa menjadi pilihan. Namun jangan menempatkan semua barang barang mu kedalamnya. Karena ukurannya yang terbaatas dalam menyimpan barang, brankas adalah tempat ideal yang dimanfaatkan hanya untuk menyimpan barang yang penting dan jarang dipakai saja.

Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman teman kosngosan sekalian. Jangan lupa apabila kamu menganggap artikel ini berguna, silahkan tekan tombol share dibawah dan bagikan ke teman teman sosial media mu ya. terimakasih banyak!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya