Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Aplikasi Alarm Ketika Baterai Laptop Penuh

Bagaimana cara memasang aplikasi alarm di laptop yang berguna untuk pengingat ketika baterai penuh saat di charger atau baterai habis? Kamu butuh yang namanya alarm battery full laptop, serta cara sederhana untuk membantu kalian menjaga kesehatan baterai laptop kesayangan kalia supaya lebih awet. Penasaran? mari simak artikel kosngosan dibawah ini.

Menjaga kesehatan baterai pada laptop, notebook atau tablet merupakan salah satu upaya yang wajib dilakukan oleh pemilik karena baterai merupakan salah satu komponen penting, untuk mendukung perangkat elektronik bisa tetap hidup dan digunakan secara normal.

Kebanyakan dari sobat kosngosan, pasti sudah memiliki laptop atau tablet yang digunakan untuk produktivitas sehari-hari. 

Dan ketika digunakan tentunya kalian memanfaatkan fungsi baterai untuk tetap menopang perangkat tersebut agar tetap hidup. Untuk mengisi baterai diperlukan proses charge atau pengisian daya menggunakan aliran listrik dari PLN

Dalam melakukan proses charge atau pengisian ulang ini, Kebanyakan orang sering menyepelekan hal-hal sederhana yang sebenarnya penting untuk menjaga kesehatan dan keberlangsungan fungsi baterai. 

Seperti misalnya tidak menggunakan perangkat saat proses charge berlangsung, melepas charge ketika pengisian 80%, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Merawat Power Supply Komputer


Cara Install Aplikasi Alarm Baterai Laptop

alarm battery full laptop

Sobat kosngosan pasti sering melihat teman teman yang mengalami kerusakan baterai pada laptop mereka. Padahal laptop tersebut baru dibeli kurang dari 1 tahun. 

Sebenarnya apa yang menyebabkan baterai begitu cepat rusak? Tentu saja karena tidak mengindahkan tips yang akan diberikan oleh kosngosan dibawah ini.


1. Tidak memainkan laptop saat charge


Ini merupakan salah satu kebiasaan jelek yang dimiliki oleh kita yaitu tetap membuka dan memainkan laptop seperti biasa ketika sedang dicharge. 

Padahal yang namanya perangkat elektronik Butuh waktu dalam masa pengisian daya dan apabila dibuka apalagi digunakan untuk keperluan yang berat seperti main game atau render video, maka kualitas baterai akan semakin memburuk


2. Tidak men-charge saat baterai sangat habis


Ini juga menjadi salah satu kebiasaan kita ketika mendapati baterai sudah benar-benar habis, hingga 0% dan laptop kita mengalami mati tiba-tiba karena kehabisan daya. 

Ini bisa merusak komponen yang ada di dalam baterai laptop. Idealnya kamu harus sudah mulai mengisi daya ketika baterai laptop sudah mencapai 20-30%


3. Mencabut charger saat baterai sudah 95%


Nah selain itu kamu juga harus mencabut atau memutus charger ketika baterai laptop sudah mencapai antara 80-95%. 

Intinya jangan memasang charger sepanjang hari ini akan menyebabkan baterai menjadi bengkak. Walaupun banyak juga yang berpendapat bahwa tidak mengapa laptop dibiarkan untuk dicharge sepanjang hari 

Hal ini karena menggunakan baterai litium, namun disini mimin kosngosan lebih memilih mencabut charger ketika baterai sudah mencapai 80-95%


4. Menjaga suhu laptop tetap stabil


Penting untuk menjaga suhu badan laptop dari yang namanya overheat atau kepanasan. Karena apabila laptop mengalami panas yang luar biasa, ini bisa merusak beberapa komponen penting di dalamnya 

Dan salah satunya adalah baterai. Jadi jangan menggunakan laptop dengan berat di daerah dengan sirkulasi udara yang minim, seperti di atas kasur atau selimut


5. Menggunakan Aplikasi Alarm Baterai


Nah pada tips terakhir ini, kamu membutuhkan yang namanya aplikasi untuk mengatur notifikasi dan alarm ketika charge laptop dilakukan. 

Jadi seperti ini, kamu bisa menggunakan aplikasi alarm dan menyetel alarm tersebut untuk berbunyi ketika proses charging sudah mencapai 95% (misalnya, bisa diatur sesuai kebutuhan).

Begitu juga dengan kamu bisa mengatur alarm untuk berbunyi ketika status baterai sudah low, atau mencapai 20% (misalnya, bisa diatur sesuai kebutuhan). 

Dengan demikian kamu bisa menghindari resiko over charge, atau kelupaan melepaskan charger yang bisa berakibat baterai gembung atau rusak

Fitur aplikasi


1. Cek status baterai di laptop atau notebook windows milikmu
2. Memberi peringatan apabila baterai telah terisi penuh
3. Memberi peringatan apabila baterai hampir kosong
4. Sound Alarm bisa dipilih sesuai selera, Format WAV. (Saran mimin kamu pilih sound yang paling berisik biar supaya  ketiduran pasti bangun)
5. Sistem Auto Start di StartUp + Set Alarm ketika komputer baru dinyalakan.
6. Sistem Auto Set Alarm Ketika Charger Dicolok Atau Dicabut.
7. Sistem Alarm Auto Off ketika charger dicabut (saat baterai penuh), dan ketika charger dicolok (saat baterai kosong)


Cara Menggunakan Alarm Battery Full Laptop


1. Download aplikasinya disini (Alarm Battery Full) atau (Battery Alarm and Analytics)
2. Klik aplikasinya 2 kali
2. Kemudian Cek taskbar atau lihat System Tray di pojok kanan bawah, cari icon yang muncul lalu klik kiri dua kali.
3. Pilih Alarm Sound dengan klik "Choose Sound", pilih suara dalam format WAV
5. Pilih Presentase Kedua Opsi, untuk menentukan berapa persen baterai alarm akan aktif
6. Klik Set Auto Startup
7. Klik Hide App

Baca juga : Cara Blokir SMS Spam ke Nomor HP yang Mengganggu


Kesimpulan


Bagaimana apakah kamu tertarik untuk menginstal aplikasi alarm untuk pengingat ketika proses charging baterai laptop berlangsung seperti yang dijelaskan diatas? 

Aplikasinya tergolong ringan dan tidak memberatkan RAM. Namun kelemahannya kamu harus membukanya, setiap kali kamu menghidupkan laptop. Jadi apabila ingin menggunakan fitur alarm ini, kamu bisa membukanya saat proses charging berlangsung.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan menekan tombol share di bawah serta berikan pertanyaan atau komentarmu. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian.
Oleh rezaharahap