Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Usaha Sukses Tanpa Modal

Kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan omset milyaran rupiah per bulan? Bagi anak muda, menjadi pengusaha tanpa modal adalah impian. Apakagi mereka bisa bekerja sesuai passion dan memiliki penghasilan gede. Tapi tentu saja impian itu tidak mudah dicapai, butuh effort dan proses yang panjang.'

Bagi kalian yang ingin sekali memulai bisnis, namun tidak tahu caranya bagaimana, kosngosan akan membagikan artikel mengenai tips untuk mewujudkan impian mu dalam berbisnis dimulai dari hal hal yang sederhana.

Berbicara mengenai pengusaha, kita akan membahas mengenai bagaimana mencapai penghilan dari bisnis yang kita bangun. Pengusaha yang sering kita bilang entrepreneur ini adalah orang-orang pilihan yang menentukan hidupnya untuk fokus mandiri dalam berwirausaha.

Bagaimana menjadi enterprenur Sukses yang dapat menghasilkan omset setiap harinya? Keinginan memiliki kebebasan financial sering membuat kita berkhayal memiliki sebuah usaha yang dapat menopang seluruh kebutuhan hidup.

Ternyata ini bukan mimpi. Ketika sobat kosngosan dihadapkan pada realita untuk menentukan usaha / bisnis apa yang akan kita geluti, lebih banyak kita mempertanyakan harus dimulai dari mana? Saya tidak punya modal? Saya sudah gagal dan tidak ingin bangkit lagi. Dan kalau sudah begini, niat untuk menjadi wirausahawan pun terkuras habis.


Tips Menjadi Pengusaha tanpa Modal

cara jadi pengusaha tanpa modal

Untuk menggapai tujuan itu, maka kami tulis postingan ini. Postingan segar ini sebenarnya sudah kami tulis pada blog pribadi mimin dibeberapa tahun lalu, entah kenapa mimin menemukannya dan kemudian menulis ulang artikel ini ke blog ini.


Carilah Support System yang Tepat

Support system adalah modal utama kamu dalam memulai usaha tanpa modal. Ketika kamu sebenarnya butuh modal berupa dukungan dari pihak terdekatmu, seperti orangtua, pacar, istri, suami, rekan, bestie dan sebagainya.

Mendapatkan support system, berarti kamu sudah punya modal dasar dalam menekuni usaha apa pun dalam setiap perjalanan bisnis mu. Bahkan kalau kamu tidak ada modal, maka kamu bisa mendapatkan suntikan pinjaman dari support system ini.


Mencari Modal dari Berbagai Sumber

Bisnis tanpa modal sama sekali adalah suatu keniscayaan. Memulai usaha jasa sekalipun, kamu harus punya keahlian yang harus dijual, bukan? Tidak ada bisnis yang ujug ujug tanpa ada modal. Apalagi modal material yang sangat dibutuhkan untuk pembelian modal pertama kalinya.

Kamu bisa dapatkan modal dari support system pertama kalinya. Misalnya meminta orang tua untuk membiayai bisnis mu, meminta saudara atau pasangan untuk membiayanya dan sebagainya. Kalau tidak ada, kamu mencoba untuk mencari bantuan dana pinjaman dari Program Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank. 


Mulailah Dengan Impian dan Tekad

Tampaknya yang satu ini gampang gampang susah. Cukup berangan-angan dan memimpikan untuk menjadi pengusaha. Iya kan? Tapi bukan seperti itu maksud mimi. Kita bermimpi sekaligus memiliki tekad adalah modal awal dalam menjadi sukses.

Oke, satu hal yang perlu diperhatikan, punya impian memang mudah, tapi bagaimana mengimplementasikannya pada usaha kita, itu yang susah! Bagaimana cara mewujudkan cita cita tersebut kedalam aplikasi perbuatan dan usaha yang konkrit? Tidak banyak orang yang sanggup. Kita semua sebenarnya memiliki kesempatan yang sama dalam menjadi pengusaha yang menghasilkan milyaran rupiah tersebut.

Jadi yang perlu diingat adalah suatu keberhasilan akan bermula dari impian yang sederhana, yang didasarkan pada keyakinan dan didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya. Paham? Oke!

Pertanyaan kemudian adalah, apakah sobat mempunyai impian untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses? Setelah menjawab iya, seterusnya kamu juga harus punya tekad untuk mewujudkannya. Karena ini adalah modal awal yang sangat penting dan pertahankan itu agar senantiasa tidak susut termakan kata "menyerah"

Maka ini jawabanya, bangun dari mimpi itu sekarang! Wujudkan mimpi gila itu dan ubah menjadi kenyataan. Seorang pemimpi yang besar, akan menciptakan ide gilanya sendiri. Mereka tidak akan mengenal kata menyerah.

Acuhkan omongan miring mengenai dirimu. Karena tidak ada manusia yang luput dari omongan manusia, bahkan untuk Tuhan sekalipun. Cibiran manusia adalah duri yang bisa menjatuhkan mu kedalam lubang ketidak berdayaan.


Kenali Potensi Dirimu Sendiri

Artinya adalah kita selalu dituntut untuk bisa mengenali sifat dan karakter masing masing. Sebelum menentukan tekad dan tujuan wirausaha kita, kita harusnya tahu mengenai kelemahan dan kelebihan dari diri kita masing-masing.

Nah, dari situ, kita bisa beranjak pada rahasia kedua. Tapi sebelumnya, bagi sobat yang sudah mengenali dirinya, dan mendapati dirinya adalah seorang yang mudah putus asa, saya sarankan supaya menenggelamkan kebiasaan itu. Karena pada rahasia berikutnya, kita dituntut untuk tidak menyerah!


Modal Tekad dan Nekad

Seseorang yang mempunyai pengetahuan dalam berbisnis, belum tentu dapat menjamin dia kelak akan sukses dalam berusaha. Semua ini dikembalikan lagi pada tekad orang tersebut. Adanya pngetahuan dan kemampuan memang merupakan suatu modal awal dalam membangun usaha, namun yang terbaik adalah adanya tekad yang kuat untuk mau belajar dan siap mengambil resiko.

Justru yang terbaik lagi adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dengan tujuan demi mendapatkan pengalaman sebelum sobat kosngosan menjadi pebisnis, mungkin bisa sangat membantu dalam mendapatkan pengalaman serta ilmu yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan bisnis kelak


Berani Menghadapi Resiko

Mengapa resiko menjadi faktor yang penting terhadap seorang pengusaha? Sebab dunia bisnis, sangat rentan terhadap penipuan. Dan oleh sebab itu, yang diperlukan bagi seorang pengusaha amatir, adalah kejelian serta mampu menghadapi segala macam resiko dalam dunia usahanya.

Tentunya semakin besar hasil yang ingin dicapai, resiko yang dialami juga akan semakin besar. Entrepreneur yang berani mengambil resiko tentu saja merupakan mereka yang akan menuju kesuksesan di masa depan, cepat atau lambat. Namun resiko disini juga harus dihadapi dengan persiapan yang matang, bukan gegabah.


Pengalaman adalah Guru Terbaik

Seorang Enterpreneur sejatinya selalu antusias dalam belajar terhadap pengalaman orang lain (ahli). Hal ini seperti yang mimin ungkapkan sebelumnya, tekad untuk mau belajar dan bekerja demi memperoleh pengalaman. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, bukan?

Bicara mengenai pengalaman, berarti berbicara juga mengenai kisah kesuksesan dan kegagalan. Keduanya tidak bisa dilepaskan dari perjalanan hidup seorang pengusaha. Dan bagi pengusaha besar, keduanya harus menjadi batu loncatan untuk meraih impiannya. Sehingga kelak dalam mengembangkan usaha, sobat sudah mempunyai segudang pengalaman yang mumpuni.


Manajemen Waktu

Jangan suka menunda suatu pekerjaan, karena akan menghilangkan kesempatan kita. Lakukan saat ini juga, sekarang selagi masih ada kesempatan. Menunda pekerjaan kita berarti akan mendatangkan suatu kerugian yang dapat membuat sobat menyesal dikemudian hari.


Hindari Kebiasaan Menunda

Salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki orang Indonesia (termasuk mimin) adalah menunda. Menunda dapat menghilangkan kesempatan kita. 

Apalagi dalam dunia bisnis, segala sesuatu yang namanya kesempatan tidaklah datang untuk kedua kalinya. Dan bagi yang suka menunda, dapat dipastikan dia bukanlah tipe pengusaha yang sungguh-sungguh.


Menerima Kritikan

Seorang Enterpreneur yang akan sukses adalah mereka yang mampu menerima kritikan, dan menjadikan kritik tersebut sebagai pembangun dan bahan intropeksi diri. Hal ini akan dianggap sebagai pemacu dalam membangun dirinya kedepan.

Namun sebagian orang yang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepada dirinya adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Atau lebih parahnya lagi, dia menganggap kritik itu adalah sebuah aib yang mesti dihilangkan. Sobat bisa camkan ini, “selama seorang manusia hidup didunia, selama itu juga dia akan menerima kritikan”

Berbeda halnya dengan orang yang berfikir luar biasa, terhadap kritikan itu akan dijadikan sebagai gurunya yang paling berharga yang akan menuntunnya ke arah menuju kesuksesan. Ini artinya kita bisa menerima kekurangan yang kita miliki.

Dengan mengetahui kekurangan itu, maka kita bisa memperbaikinya sehingga tidak terulang lagi pada masa yang akan datang. Ucapkanlah terimakasih kepada orang-orang yang mau menegur dan mengkritik kita kepada arah yang membangun.


Mulailah Ekspansi Relasi

Manusia adalah mahluk sosial, dan oleh karena itu, setiap manusia sejatinya membutuhkan sesuatu yang namanya teman. Betapapun hebatnya seorang pengusaha, apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya hanya akan menjadikannya sia-sia.

Seorang pengusaha akan menjalin kerjasama dengan rekan, teman, klien, dan mitra kerja. Ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi perkembangan bisnisnya. Mereka dapat membantu di saat-saat sulit. Seorang pengusaha seharusnya mampu menjalin kerjasama dan bergaul dengan teman-temannya.


Semangat dan Pantang Menyerah

Sebuah semangat dan kegigihan dalam menapaki perjalanan hidup adalah sebuah modal utama di dalam memulai menjadi pengusaha. Ini menjadi hal yang vital untuk mencapai keberhasilan.

Analoginya, bila loteng diatap rumah saja kita tak dapat mendaki, bagaimana bisa menggapai bintang? Bila sobat tengah merintis usaha, dan kemudian virus malas menyerang, yakinkan diri sobat untuk tetap fokus pada tujuan. Solusinya, carilah cerita-cerita motivasi yang dapat meningkatkan frekuensi tekad sobat

Baca juga : Cara Menghadapi Pesaing Usaha


Kata Penutup

Oke, sepertinya dengan sekian tips kali ini. Semua orang bisa menjadi pengusaha yang menghasilkan milyaran rupiah. Dengan modal tekad dan nekad yang dibalut dengan usaha dan doa, akan mengantarkan seseorang kepada masa depan yang sukses.

Semoga postingan mengenai Tips Sederhana Menjadi Pengusaha dan Menghasilkan Milyaran Rupiah untuk Milenials diatas bisa bermanfaat. Bagi kalian yang sedang mencari inspirasi bisnis dan usaha bisa mengunjungi kosngosan terus untuk mendapatkan update informasi terkini. Jangan lupa untuk memberikan komentar ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya