Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Perilaku Pengusaha Menjalin Hubungan dengan Pesaingnya

Bagaimana cara bersaing dengan kompetitor yang baik dan benar? Mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan merupakan hal yang krusial dalam dunia bisnis. Persaingan merupakan hal yang sudah lumrah dihadapi oleh semua wirausahawan. Setiap pelaku bisnis tentu akan menemukan banyak tantangan seperti munculnya banyak pesaing dan produk – produk baru yang mungkin lebih berkualitas dari usahanya sendiri. Hal tersebut sudah pasti akan dialami dan sulit untuk dihindari.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang wirausahawan kita harus memiliki bekal dan strategi yang cakap agar tidak mudah kalah dalam persaingan pasar.

Misalnya untuk menghadapi kompetitor dalam startup, yang harus kita lakukan adalah menciptakan produk yang solutif dan komersil, sehingga mudah mendapatkan pendanaan dari investor.

contoh perilaku pengusaha pesaingnya


Contoh Perilaku Pengusaha Terhadap Kompetitor

Baiklah langsung saja, kita akan bahas mengenai apa saja contoh sikap yang bisa diterapkan oleh para pengusaha dalam menghadapi para kompetitornya, yang sudah mimin kosngosan rangkum dibawah ini. Berikut contoh perilakunya, check these out!

Baca juga : Contoh Konsumen di Bidang Jasa


1. Seorang Pengusaha Harus Memiliki Konsep Yang Matang

Dengan adanya konsep yang matang tersebut, maka bisnis yang dijalankan juga akan lebih terarah serta dapat membantu pengusaha dalam mengelola dan mengenali berbagai potensi pasar yang akan dijadikan tujuan.

Selain itu, penyusunan konsep yang matang juga dapat membuat bisnis lebih lancar dan berjalan optimal. Ditinjau dari berbagai macam faktor, konsep tersebut meliputi selera masyarakat, harga bahan baku, daya beli dan lain sebagainya.


2. Memiliki Perencanaan Dalam Bisnis

Dalam melakukan perencanaan khususnya bagi usaha, tentu kita tidak bisa merancangnya dengan asal – asalan. Karena dalam suatu bisnis, taruhan terbesarnya adalah investasi.

Dalam hal ini, beberapa perencanaan yang harus disusun dengan baik meliputi rencana pemasaran, karyawan, promosi atau strategi marketing, hingga pengaturan keuangan. Semua hal ini harus benar – benar disusun sedetail dan sematang mungkin untuk menghindari kemungkinan rugi besar.


3. Menyiapkan Terobosan Baru

Untuk menjadi seorang pengusaha, sobat kosngosan mau tidak mau pasti dituntut menjadi seseorang yang kreatif serta inovatif. Hal ini mengingat bahwa tiap pelanggan juga mempunyai selera dan penilaian yang berbeda – beda.

Mereka umumnya akan gampang bosan dengan gaya produk yang hanya itu – itu saja. Oleh karena itu, terobosan dan kreativitas dari pengusaha ini sangat penting adanya agar produk tetap memiliki sisi menarik dan baru di mata pelanggan serta tidak mudah kalah saing di pasaran.


4. Menerapkan Evaluasi Terhadap Kelangsungan Bisnisnya

Evaluasi merupakan tahap penilaian atau koreksi yang sangat penting dilakukan agar pengusaha dapat mengetahui hal – hal apa saja yang menjadi kekurangan dalam produknya.

Evaluasi ini berperan penting dalam kemajuan usahamu. Dengan adanya tahap evaluasi yang benar dan tepat, akan mendorong pengusaha untuk terus melakukan inovasi dan menciptakan ide – ide baru terhadap perkembangan produk yang dihasilkan kedepannya.


5. Memperluas Pasar Produk

Mengingat sebelumnya bahwa semakin luas pasar, maka juga akan semakin kuat persaingan di dalamnya. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki inisiatif dan cara untuk melakukan perluasan lingkup pasar bagi produk buatannya.

Hal ini tidak lain bertujuan agar produknya lebih dikenal di pasaran. Dengan adanya promosi dan strategi marketing yang baik juga akan mendukung pengenalan produk yang dipasarkan nantinya.


6. Menggunakan Sistem Bisnis Yang Kuat

Sistem bisnis yang dimaksudkan disini artinya bahwa segala konsep usaha benar – benar dilakukan dengan benar dan terstruktur. Dengan adanya sistem bisnis yang kuat, maka harapannya usaha akan dapat bertahan lama, lancar, dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Sobat kosngosan harus benar – benar mampu merancang sistem bisnis yang stabil dan kuat barulah setelah itu melakukan perluasan pasar bagi produkmu.


7. Memperkuat Brand Yang Dimiliki

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnismu, maka hal penting yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memperkenalkan nama brand. Hal ini tidak hanya menyangkut tentang seberapa besar keuntungan yang mampu diraih

Namun juga tentang seberapa banyak laba yang mampu kamu dapat dalam waktu dekat. Apakah brand yang kamu miliki tersebut memiliki potensi yang cukup untuk menghasilkan pendapatan dalam waktu panjang? Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan.


8. Mengenali Pesaing Bisnis Dengan Baik

Perilaku lain yang perlu diterapkan oleh seorang pengusaha adalah harus mempu mengenali pesaing bisnisnya dengan cermat dan baik. Kamu bisa mencoba mendalami dan mengenal lebih dalam mengenai siapa kompetitormu yang bersaing dalam dunia bisnis.

Dengan demikian, kamu juga bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan pesaingmu sehingga nantinya hal ini bisa kamu kembangkan dan mengevaluasi nya terhadap bisnis yang kamu jalankan.


9. Aktif Melakukan Promosi

Promosi sangat berkaitan erat dengan penguatan brand serta peningkatan nilai di mata konsumenmu. Semakin efektif nilai promosi dan marketing yang kamu jalankan, maka akan semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa diperoleh nantinya.

Sebenarnya untuk melakukan promosi tidaklah sulit apalagi dimasa sekarang ini yang mana teknologi sudah bertambah canggih dan telah banyak media – media promosi yang dapat kamu manfaatkan. Hal ini bisa sobat kosngosan pilih dan disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan yang kamu miliki dalam usahamu.


10. Menggunakan Internet Marketing

Di masa sekarang ini, banyak konsumen yang cenderung memilih berbelanja dalam ruang privat dan terhindar dari keramaian. Tentu saja internet membuka pintu dan kesempatan yang sangat lebar agar kamu dapat melakukan kreasi dan inovasi. Kamu bisa memanfaatkan blog, sosial media, atau website yang kamu miliki untuk mengenalkan dan menampilkan produk bisnis yang kamu jual.

Jangan lupa juga untuk menambahkan gambar dan kelebihan produk untuk menarik pelanggan. Dengan adanya internet marketing ini, tentu dapat mempermudahmu dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan secara langsung tanpa dibatasi ruang dan waktu.


11. Carilah Mitra Usaha

Dalam dunia bisnis, kehadiran mitra usaha sangat penting karena dapat berguna sebagai tempat penanaman modal di sekitar kita. 

Dengan kata lain, mitra usaha juga bermanfaat sebagai sarana penjalinan kerja sama dengan perusahaan yang berhubungan denganmu. Hal ini tentunya mampu menciptakan dampak baik yakni bisa menekan biaya iklan produksi dari usaha yang kamu jalankan.


12. Memahami Produk Serta Sasarannya

Saat terjun kedalam dunia bisnis, kamu sebagai pengusaha wajib hukumnya untuk memahami produkmu sendiri dengan tepat. Menurut Bill Campbell, seorang pebisnis silicon valley yang sukses mengatakan bahwa setiap pengusaha yang berhasil menjalankan bisnisnya rata – rata mampu mengetahui dengan jelas nilai produk mereka

Lalu hal apa saja yang berpeluang untuk ditawarkan, serta siapa saja yang membutuhkan produknya. Pebisnis yang ideal umumnya membuka ruang agar dapat mengembangkan produknya serta selalu memperbaiki kualitasnya menjadi lebih baik lagi.


13. Pandai Memanfaatkan Trend dan Fasilitas Terkini

Agar produk lebih dikenal oleh masyarakat luas, sobat kosngosan harus pandai memanfaatkan trend dan fasilitas terbaru khususnya yang sedang digemari masyarakat saat itu.

Kamu bisa menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, dan Instagram sebagai fasilitas atau media pengenalan produkmu. Dengan mengikuti trend terkini maka nilai produkmu juga akan lebih terkenal dan tidak ketinggalan zaman.


14. Tidak Ragu Menjalin Hubungan dan Berinteraksi

Kemampuan dan kepandaian dalam menjalin relasi dengan banyak orang juga sangat penting. Dengan berinteraksi secara luas bukan hanya dapat meluaskan jaringan relasimu melainkan juga memberikan banyak peluang untuk menjalin kerja sama khususnya dengan para pengusaha. 

Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya relasi tersebut sangat berperan penting dalam bisnis terutama yang melibatkan komunikasi.


15. Selalu Belajar dan Mencari Celah Pemasaran

Salah satu trik saat terjun ke dunia usaha adalah harus pandai – pandai mencari celah pemasaran untuk produkmu. Kamu harus mempunyai kemauan yang kuat dan konsisten untuk terus belajar serta mencari tahu persaingan macam apa yang sedang dihadapi. 

Kemudian kamu harus mencari celah bisnis atau potensi saingan lalu memperbaiki kualitas layanan dengan kreasi dan inovasi baru.

Baca juga : Cara Menjadi Sales yang Sukses

Kata Penutup

Menghadapi kompetitor atau pesaing memang tidak mudah. Apalagi kamu memiliki bisnis yang persaingan nya ketat. Untuk menarik minat konsumen dan memenangkan pasar, maka banyak pelaku bisnis yang mengambil tantangan besar untuk meningkatkan daya saing bisnisnya sehingga bisa bertahan ditengah kompetisi pasar yang semakin ketat

Semoga materi kali ini mengenai contoh perilaku pengusaha terhadap kompetitornya bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan.com semuanya. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dan bagikan URL nya dengan cara klik tombol dibawah untuk menyebarkannya ke sosial media masing masing. Terimakasih!

Oleh rezaharahap