15 Contoh Sikap Jujur Karyawan di Kantor Saat Bekerja

Kejujuran adalah segala perbuatan, perkataan dan sifat yang menunjukkan kesesuaian dengan fakta dan kebenaran yang ada. Lawan dari Kejujuran adalah kebohongan. Sifat jujur merupakan salah satu bagian dari sifat positif manusia yang menjadi harga diri seseorang. Ketika kamu sudah berperilaku jujur maka dirimu akan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang, yang membuat mu mudah untuk meniti karier atau mengembangkan bisnis.

contoh perilaku jujur bekerja

Ketika kita berbicara mengenai sifat jujur yang harus dimiliki oleh seorang karyawan atau pekerja, tentu saja tidak lari dari berbagai rutinitas yang dilakukan. Karena seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak sekali orang yang yang melakukan perilaku tidak jujur ketika bekerja dan mendapatkan penghasilan yang tidak halal dari apa yang dilakukan selama ini.

Pengertian kejujuran memang memiliki makna yang luas. Namun disini kita akan membahas kejujuran dalam ruang lingkup dunia kerja. Banyak dari kita yang menganggap bahwa melakukan suatu kebohongan kecil itu biasa, asal tidak ketahuan oleh atasan. Tentu saja mental yang seperti ini ini harus diubah.

Karena sebagai umat beragama kita tahu bahwa ada sang Pencipta yang mengetahui segalanya, bahkan ketika atasan tidak tahu, Dia selalu mengetahui apa yang kita perbuat dimana pun dan kapan pun itu. Sehingga, setiap kebohongan kecil yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan nanti di akhirat.

Kenapa seseorang terbiasa melakukan kebohongan? Karena ketika satu kebohongan berhasil biasanya dia akan melakukan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Dan ini menjadi seperti candu yang tidak bisa dihilangkan. Kan

Adapun manfaat bersifat jujur ketika bekerja adalah sebagai berikut :


  • Memiliki perasaan yang lebih tenang dan lebih bahagia dalam bekerja
  • Memiliki integritas dan dapat dipercaya oleh atasan
  • Memberikan kebaikan terhadap diri sendiri dan orang lain
  • Membentuk pribadi yang lebih bertanggungjawab dan amanah
  • Menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang melanggar norma dan hukum


Baca juga : Pilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah?


Contoh Perilaku Jujur saat Bekerja


1. Mengerjakan tugas yang diberikan atasan dengan sebaik mungkin


Ketika atasan memberikan tugas kepadamu, itu merupakan tanggung jawab yang harus kamu udah selesai kan. Kamu harus menyelesaikan tugas tersebut sebelum deadline tiba. Mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin ada salah salah satu sikap profesionalisme karyawan yang termasuk ke dalam nilai kejujuran. Dengan mengerjakan tugas semaksimal mungkin, maka sobat kósngosan berhak mendapatkan gaji dan jabtan karier yang lebih baik kedepannya

2. Menjaga uang yang dititipkan perusahaan


Penting sekali untuk berperilaku amanah terhadap apa yang sudah dititipkan oleh perusahaan terhadap karyawannya. Seperti misalnya ketika kamu menjalani Dinas Kerja keluar kota, perusahaan memberikan kamu kepercayaan untuk melakukan transaksi bisnis dengan klien. Dengan membawa sejumlah uang maka itu menjadi salah satu tanggung jawab yang harus sobat emban untuk bisa menggunakannya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan kepadamu

3. Tidak menceritakan rahasia yang diberitahukan perusahaan


Jangan bersifat ember, atau bocor yang suka memberitahu rahasia dan aib perusahaan kepada teman-teman diluar. Sedangkan sesama karyawan saja dilarang untuk membocorkan rahasia perusahaan apalagi ke orang lain diluar perusahaan. Ini merupakan salah satu sifat integritas yang harus dijunjung, ketika seorang karyawan sudah bisa menjaga rahasia perusahaannya maka dia sudah memiliki integritas tinggi untuk menjaga "marwah" perusahaannya.

4. Masuk sesuai dengan jadwal yang ditentukan


Banyak sekali karyawan yang mencurangi absensi. Apalagi perusahaan yang masih menggunakan absensi manual. Ketika perusahaan terlalu longgar dalam hal absensi, tentunya tidak akan mempengaruhi ketepatan masuk kerjamu. Karena sebagai karyawan, sobat kosngosan tetap wajib masuk jam 8 pagi misalnya, dan pulang jam 5 sore setiap Senin sampai Jumat. Masuk sesuai dengan jadwal merupakan salah satu sifat jujur yang harus dilestarikan

5. Menjalankan tugas dan tanggung jawab


Sebagai karyawan divisi marketing, maka kamu bertugas untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Itu merupakan tanggung jawab untuk melakukan branding, dan membentuk citra positif brand produk perusahaan. Nah karyawan yang lain juga harus melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal, karena itu merupakan salah satu profesionalitas kerja yang termasuk ke dalam nilai kejujuran

6. Menjalankan tugas sebagai pemimpin Divisi


Ketika sobat kosngósan bekerja dalam posisi ketua divisi, supervisor atau pengawas, maka Jangan menganggap bahwa dirimu Superior dan bisa mengatur Sesuka Hati. Lakukanlah pendekatan personal kepada bawahan mu supaya mereka bisa bekerja dengan sukarela dan dengan senang hati. Ini juga merupakan teknik yang harus dikuasai oleh atasan supaya mendapatkan karyawan yang loyal.

7. Mengembalikan segala fasilitas setelah dipakai


Ketika kamu bekerja maka sudah menjadi hakmu Untuk memanfaatkan segala fasilitas yang ada di kantor untuk mendukung pekerjaanmu tersebut. Namun ketika kamu sudah selesai dan tidak berada lagi di kantor, kamu tidak berhak lagi memanfaatkan fasilitas yang ada. Misalnya mobil dinas atau komputer kantor, semua itu harus ditinggalkan dan jangan memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi (kecuali kalau dirimu sudah izin ke atasan)

8. Tidak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme


Apa yang menjadi sifat jujur dari karyawan adalah terbebas dari yang namanya perilaku korupsi nepotisme dan kolusi yang biasa disingkat dengan KKN. Ketiga bentuk perilaku curang ini merupakan sesuatu yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu jangan pernah tergiur dengan harta yang tidak halal dengan melakukan cara-cara di atas

9. Menyampaikan pesan atau titipan Atasan


Suatu ketika atasan menitipkan barang untuk diberikan kepada ada kelainan di luar kota, atau dia ingin memberikan pesan kepada pimpinan perusahaan lain yang ingin bekerja sama yang akan kamu wakili. Ini merupakan tanggung jawab yang harus sobat kosngosan sampaikan dengan baik, sesuai dengan pesan apa yang diberikan, tanpa ditambahi atau dikurangi sedikit pun

10. Meminta uang tugas sesuai kebutuhan


Dana yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan bisnis sudah sesuai dengan perhitungan sehingga kamu harus meminta sesuai dengan kebutuhan bukan malah melakukan mark up atau penggelembungan anggaran. Mintalah dana sesuai dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan di lapangan, tanpa mengambil seper sen pun keuntungan untuk penggunaan pribadi.

11. Mengembalikan sisa anggaran yang tidak terpakai


Ketika kamu diberikan sejumlah dana untuk melakukan proyek, dan ternyata dana tersebut berlebih karena kamu bekerja efektif dan efisien, Maka sudah sepantasnya untuk mengembalikan dana tersebut ke pihak perusahaan. Apabila kelebihan tersebut diberikan kepada kamu maka syukur kamu bisa memanfaatkannya. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa kelebihan tersebut bukanlah menjadi hakmu sebelum diberikan khusus oleh perusahaan.

12. Memberikan laporan keuangan sesuai keadaan sebenarnya


Kamu yang bekerja sebagai seorang akuntan, menghitung setiap pos pengeluaran dan pendapatan perusahaan tanpa melakukan kesalahan baik itu disengaja ataupun tidak. Karena setiap laporan keuangan yang sobat kosngosan hasilkan akan berpengaruh terhadap kesehatan finansial suatu perusahaan. Jadi bekerjalah dengan sebaik mungkin dalam hal pencatatan laporan keuangan ini

13. Memberitahukan Alasan sebenarnya ketika berhalangan hadir


Seorang karyawan tentu saja tidak selama sehat. Adakalanya kamu pernah sakit dan berhalangan hadir. Ketika kamu tidak bisa masuk kerja kamu harus jujur memberitahu atasan alasan semuanya Kenapa kamu tidak bisa masuk. Jangan malah mengada-ada dan mencari alasan yang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan ketidakhadiran mu tersebut.

14. Mengakui kesalahan kepada Atasan


Setiap karyawan pastinya pernah melakukan kesalahan kerja. Ini tentunya manusiawi karena tidak ada yang sempurna dalam melakukan suatu pekerjaan, bahkan terhadap karyawan senior sekalipun. Namun yang perlu diperhatikan kan kamu harus mengakui kesalahannya dan berjanji untuk memperbaikinya. Ini merupakan bentuk kelapangan hati dan suatu nilai kejujuran yang harus ada pada diri masing masing karyawan

15. Tidak Memposting Kejelekan Perusahaan di Media Sosial


Terakhir sebagai karyawan, sobat kosngośan tidak berhak untuk memberitahu kejelekan atau berkeluh kesah mengenai perusahaanmu di media sosial. Ini adalah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh karyawan saat ini. Mereka seolah menganggap bahwa media sosial sebagai media curhatan yang bebas menjelek-jelekkan perusahaan.

Ingat saat ini banyak perusahaan yang sudah meminta akun media sosial karyawan banyak untung dipantau sehingga apabila kamu sedikit saja keceplosan untuk melakukan ujaran kebencian, bersiaplah untuk dipecat dan bahkan kemungkinan terjelek adalah kamu dituntut pidana oleh perusahaan. Ngeri bukan?

Tonton videonya dibawah ini !



Baca juga : Apa yang seharusnya menjadi motivasi dalam bekerja keras?

Kata Akhir


Nah sebagai warga negara Indonesia yang baik, pastinya kita tidak boleh kalah dengan negara negara barat yang telah menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam berbagai kegiatan sehari hari mereka, termasuk bekerja di kantor atau di mana pun. Kejujuran merupakan bentuk dari profesionalitas kerja yang sangat berharga sekali nilainya. Ada banyak contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diaplikasikan dalam diri kita.

Semoga materi diatas bisa bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi kita semua supaya tetap berperilaku jujur dan takut untuk berbuat kecurangan dimana dan kapan pun kita berada. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share artikel ini di media sosial kalian ya.
By

0 Response to "15 Contoh Sikap Jujur Karyawan di Kantor Saat Bekerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel