Pengertian Kesadaran Publik: Faktor dan Cara Meningkatkan Public Awareness

Pengertian Public Awareness


Apa itu public awareness? Public awareness atau kesadaran publik adalah suatu bentuk kesadaran, pola pikir atau cara pandang yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat terhadap penilaian suatu objek, baik itu positif atau negatif, termasuk kemampuan publik dalam mengetahui sejauh mana mereka mengenal sesuatu, bisa produk, kebijakan, dan sebagainya. Public awareness dipengaruhi oleh banyak faktor yang menjadikannya perlu untuk dibahas dalam kesempatan kosngosan kali ini.

public awareness

Kesadaran di sini berarti suatu kesiapan pada setiap peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar serta peristiwa kognitif yang meliputi pikiran perasaan fisik dan memori. Ada banyak sekali Teori yang yang mengungkap mengenai kesadaran publik.

Publik bisa diartikan sebagai halayak atau sejumlah orang yang memiliki minat dan fokus terhadap suatu persoalan tertentu tanpa harus memiliki pendapat yang sama ma. Sementara awarness atau kesadaran merupakan Suatu kondisi dalam keadaan mengerti dan merasakan apa yang dialami oleh seorang, atau kondisi dimana seseorang memiliki kendali penuh terhadap stimulus internal dan eksternal.

Publik Aware merupakan kelompok yang memahami betul permasalahan dan perduli dengan permasalahanyang ada, dalam kaitannya dengan stakeholder atau pihak terkait dan ikut memberikan tanggapan, namun tidak ikut berkontribusi.

Ciri-ciri dari kelompok ini yaitu sangat memahami permasalahan, dan perduli dengan permasalahan, dan didasari dengan kepedulian namun belum tentu memberikan kntribusi, biasanya hanya diakhiri dengan keperdulian bukan tindakan.

Apa perbedaan antara kesadaran publik dengan kesadaran pribadi? Sobat kosngósan perlu tahu bahwa kesadaran individu atau biasa disebut self awareness merupakan bentuk kesadaran diri sendiri yang tidak dapat diamati oleh orang lain, sementara kesadaran publik atau biasa disebut public awareness merupakan jenis kesadaran diri yang diamati pula oleh orang lain.

Baca juga : Contoh Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Bisnis


Cara Meningkatkan Kesadaran Publik


Meminta Orang Lain Memberikan Penilaian


Cara ini dilakukan untuk mengintropeksi diri, karena segala sesuatu harus di evaluasi. Dengan meminta orang lain untuk menilai sesuatu, maka kita bisa mengetahui di mana letak kesalahan yang mungkin bisa diperbaiki. Penilaian disini haruslah bersifat objektif dan terperinci dari beberapa orang yang sudah memakai produk tersebut atau berpengalaman di bidangnya.

Mengutamakan Kebenaran


Dalam meningkatkan kesadaran bersama, maka kebenaran harus benar benar ditegakkan bahkan ketika diri sendiri atau orang lain tidak mengetahuinya. Persepsi publik selalu mudah untuk dikendalikan menggunakan kan metode pengalihan isu atau penyebara hoax. Oleh karena itu nilai kejujuran dan kebenaran sesuai dengan fakta yang terjadi sebenarnya di lapangan haruslah menjadi pegangan utama

Bersikap Terbuka


Keterbukaan akan membuka semua informasi, seperti tingkah laku, sifat, perasaan, keinginan, motivasi dan ide yang kita dan orang lain ketahui. Keterbukaan akan menghasilkan transparasi yang membuat orang-orang berpikir untuk saling menjunjung kepercayaan dan tidak ada fakta yang disembunyikan atau ditutup-tutupi

Perbanyak Mendengar


Mendengarkan pendapat orang lain akan membuat sobat kosngosan bisa mengetahui mengenai opini publik yang sebenarnya terhadap produk yang kita tawarkan. Dalam hal ini penilaian konsumen setelah memakai atau menggunakan produk menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari dan menjadi acuan untuk memperbaiki produk kedepannya

Bersikap Pro Aktif


Sikap pro aktof dapat menjadikan komunikasi yang berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. Sikap proaktif yang dimiliki oleh pengusaha, akan membantu bisnis untuk berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Proaktif membutuhkan kreativitas dan inovasi yang tiada henti, serta kemampuan dan pengalaman dalam mengelola bisnis

Memahami Nilai Keberagaman


Dengan saling memahami dan menjunjung tinggi nilai toleransi dan pluralisme, maka tentunya setiap orang akan dapat memahami dan menyadari baik kelebihan dan kekurangan masing masing. Kesadaran publik sangat ditentukan oleh toleransi dan nilai kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat di suatu daerah.

Menghindari Konflik dan Perdebatan


Konflik horizontal bisa terjadi antar golongan, suku, budaya, penganut keyakinan dan agama serta berbagai latar belakang lain. Oleh karena itu kita perlu menghindari adanya konflik dan perdebatan yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Publik akan hidup dengan menjaga kesadaran tinggi terhadap menjaga keharmonisan dalam menjalani hidup.


Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Publik


Mikrosistem


Mikrosistem merupakan suatu realita psikologis dalam kehidupan yang sebenarnya yang seringkal dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Mikrosistem dibentuk dari dari lingkungan fisik tempat kita berada. Dimana tentunya sobat kósngosan akan ketahui bahwa banyak konsep diri yang terbentuk dari lingkungan sosial di sekitar lingkungan masyarakat kita.

Ras, Kulit, Keturunan


Kesadaran publik juga bisa dipengaruhi oleh adanya perbedaan seperti dari ras, warna kulit, lingkungan, keturunan, agama, budaya dan sebagainya. Menurut Pudjijogyanti di dalam penelitiannya menyebutkan bahwa kelompok ras minoritas dan kelompok sosial ekonomi rendah cenderung memiliki kesadaran publik yang rendah terhadap suatu permasalahan

Hal Terdekat


Selain itu faktor lain yang mempengaruhi dan bisa memberikan pengaruh adalah hal yang paling dekat dengan kamu atau pun lingkungan dan pergaulan yang ada disekitar sobat kosngośan. Dalam dunia psikologi disebut sebagai significant others.

Keberhasilan dan Kegagalan


Keberhasilan serta kegagalan juga dapat mempengaruhi kesadaran dan adaptasi publik terhadap menilai sesuatu. Keberhasilan merupakan produk utama untuk mendapatkan kebanggaan. Biasanya ada perasaan bangga dan juga puas, sementara kegagalan akan mendatangkan hikmah, bentuk introspeksi dan pembelajaran.

Mental, Tujuan dan Kognitif


Menurut pakar Solso, beliau menjelaskan isi dari teorinya yang berkesimpulan bahwa kesadaran publik dan berasal dari proses fisik yang memiliki hubungan timbal balik dengan kehidupan mental yang terkait dengan tujuan hidup, emosi, dan proses kognitif yang mengikutinya.

Baca juga : Bahaya! Jangan Lakukan 12 Kesalahan Bisnis Ini Apabila Tidak Ingin Usahamu Bangkrut


Kesimpulan


Baik kesadaran publik maupun kesadaran pribadi dibentuk dari banyak faktor yang mempengaruhinya. Dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik dan sosial, kesadaran publik sangat diperlukan sebagai bentuk respon masyarakat terhadap suatu permasalahan. Masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi terhadap sesuatu cenderung bersifat kritis dan reaktif.

Semoga materi pembelajaran dari mimin kosngosan diatas bisa bermanfaat untuk kalian dan dijadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah, serta bagikan link artikel ini ke media sosial kalian, Terima kasih
By

0 Response to "Pengertian Kesadaran Publik: Faktor dan Cara Meningkatkan Public Awareness"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel