Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Perilaku Disiplin di Lingkungan Sosial Masyarakat

Apa itu disiplin? Merupakan sikap patuh dan taat terhadap aturan dan nilai yang telah diperlakukan dan menjalankan setiap kewajiban secara bertanggung jawab. Sikap patuh terhadap peraturan dan tunduk di bawah pengendalian merupakan sifat disiplin yang mendasar. Pentingnya sifat disiplin menjadi salah satu nilai yang harus dimiliki oleh pelajar. Oleh karena itu semenjak SD, kamu sudah diajarkan mengenai nilai-nilai kedisiplinan oleh guru

contoh sikap disiplin

Orang disiplin selalu menepati janji dan bisa dipercaya. Mereka tidak mudah untuk menyerah dan selalu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Arti kata disiplin berasal dari bahasa latin yaitu "Discere" yang berarti "belajar".

Meskipun kedisiplinan erat kaitannya dengan pelajar, namun sikap dan nilainya harus dimiliki oleh semua kalangan termasuk para pekerja di kantor. Bentuk kedisiplinan seorang karyawan dapat meliputi masuk kerja tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai deadline, dan memberikan yang terbaik untuk perusahaannya.

Disiplin besar dibagi menjadi tiga jenis sesuai dengan ruang lingkupnya, yaitu disiplin diri secara pribadi, disiplin sosial di tengah masyarakat dan disiplin nasional sebagai warga negara. Selain itu disiplin juga bisa dikategorikan menjadi disiplin dalam beribadah, disiplin dalam menggunakan waktu dan disiplin untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Beberapa manfaat dari penerapan disiplin dalam kehidupan sehari-hari yang perlu sobat kosngosan ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Menumbuhkan Kemandirian
  • Memupuk Keakraban
  • Membantu Perkembangan Otak
  • Membantu Anak Yang Overaktif
  • Menciptakan Sikap Patuh
  • Menumbuhkan Kepekaan
  • Menumbuhkan Kepedulian
  • Mengajarkan Keteraturan
  • Mengajarkan Ketenangan
  • Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Baca juga : Contoh Hak dan Kewajiban Sebagai Anggota Masyarakat

Baiklah langsung saja kamu akan membahas mengenai beberapa contoh penerapan sikap disiplin yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat, simak satu persatu dibawah ini


Contoh Disiplin


1. Datang tepat waktu ke Pertemuan


Pertemuan anggota masyarakat dalam rangka berbagai hal seperti acara keagamaan, rapat lingkungan, atau pertemuan bersama pemerintah harus didatangi secara tepat waktu sesuai dengan waktu didalam undangan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagai anggota masyarakat yang terlibat aktif dalam pengambilan keputusan, maka sudah sepantasnya sobat kosngósan menghadiri setiap rapat tepat waktu dan tidak terlambat


2. Tidak melanggar Aturan Sosial


Masyarakat Indonesia merupakan salah satu yang menjunjung tinggi adat ketimuran dan menerapkan norma serta aturan sosial dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai anggota masyarakat, kamu memiliki kewajiban untuk tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Ini merupakan salah satu bentuk kedisiplinan.

Misalnya dengan tidak membawa tamu berlainan jenis masuk ke dalam rumah, wajib melapor ke pihak RT untuk tamu selama 2 x 24 jam untuk menginap, tidak menganggu ketertiban masyarakat dan sebagainya.


3. Mengerjakan Kewajiban Anggota Masyarakat


Ada banyak sekali kewajiban sobat kosngosan sebagai anggota masyarakat yang harus dilakukan seperti misalnya membayar uang iuran setiap bulan untuk menggaji satpam, menjaga kebersihan pekarangan rumah, menjaga kebersihan drainase, mengikuti kegiatan sosial, memilih Ketua RT atau RW yang baru, menjadi panitia acara sosial kemasyarakatan, dan berbagai kewajiban lain yang harus kamu penuhi sebagai anggota masyarakat.


4. Mengembalikan Peralatan Umum yang Digunakan


Berbagai fasilitas umum yang bisa kamu nikmati harus dikembalikan kepada tempatnya masing-masing apabila sudah selesai digunakan. Misalnya ketika kamu meminjam bangku milik masyarakat untuk keperluan pesta pernikahan. Maka setelah selesai kamu wajib mengembalikan bangun tersebut ke tempatnya semula.

Selain itu kamu wajib menjaga fasilitas publik yang sudah digunakan dengan sebaik mungkin. Ini merupakan salah satu bentuk kedisiplinan yang harus ditanamkan sejak dini. Apabila seandainya terjadi kerusakan pun, maka kamu wajib untuk menggantinya dengan yang baru atau setidaknya memperbaiki nya


5. Makan dengan teratur


Makan dengan teratur merupakan salah satu bentuk kedisiplinan pribadi yang nanti akan berdampak positif terhadap keaktifan sebagai anggota masyarakat di lingkungan sekitar mu. Dengan menjaga pola makan yang teratur, sehingga sobat kósngosan tidak akan mudah untuk sakit. Sehingga kamu bisa mengikuti setiap kegiatan sosial dan berperan sebagai anggota masyarakat sebagaimana mestinya


6. Beribadah tepat waktu


Kedisiplinan juga tidak hanya berkaitan dengan aspek sosial dan kehidupan duniawi semata. Disiplin dalam melakukan ibadah juga menjadi salah satu hal yang harus dijaga sebagai anggota masyarakat yang beragama. Melakukan kegiatan ibadah rutin, dan saling menjaga toleransi umat beragama di tengah masyarakat, pada akhirnya akan menjaga persatuan dan kesatuan dan menghindari adanya perpecahan dan konflik horizontal


7. Datang ke tempat kerja tepat waktu


Sebagai anggota masyarakat yang aktif, kamu juga memiliki tanggung jawab terhadap tempat kerja dimana kamu harus berperilaku disiplin dengan masuk kerja tepat waktu. Jangan sampai kegiatan bermasyarakat mengganggu sobat kosngosan dalam bekerja.

Misalnya ketika kamu melakukan ronda malam, jam kamu harus bisa mengatur waktu supaya tidak mengganggu produktivitas kerja dipagi harinya. Bagaimana caranya untuk mengatur jadwal tidur sehingga kamu tetap melek dan bugar untuk bekerja sampai sore.


8. Menjaga kebersihan rumah


Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Sering sekali kamu mendengar pepatah tersebut ketika masih sekolah. Dan sebagai salah satu anggota masyarakat, kamu wajib untuk menjaga kebersihan rumah baik itu yang terlihat di luar maupun di dalam ruangan.

Kebersihan pekarangan rumah tentunya akan menjadikan lingkungan masyarakat lebih asri dan nyaman. Demikian juga dengan kebersihan di dalam rumah, yang membuat tamu lebih nyaman untuk berlama lama di rumah mu.


9. Tidak Menyetel Musik Keras Keras


Ketika sobat kosngośan menikmati musik misalnya, kamu wajib menghormati hak orang lain untuk tidak menyetel volume dengan keras sehingga dapat mengganggu kenyamanan dan ketentraman tetangga di sekitar mu.

Ini merupakan salah satu bentuk kedisiplinan dalam hal menjaga privasi dan keharmonisan antar warga. Sebenarnya kamu tetap boleh untuk mendengar musik menggunakan loudspeaker, tetapi kamu juga harus tahu waktu yang pas untuk itu, misalnya ketika siang hari sehabis dzuhur.


10. Membuang sampah pada tempatnya


Buanglah sampah pada tempatnya" itu merupakan salah satu kalimat ajakan yang sering kamu temui ketika di sekolah dasar dahulu. Namun pada kenyataannya sangat sulit sekali untuk menerapkan ajakan tersebut dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai anggota masyarakat yang disiplin tentunya kamu harus menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Perilaku yang positif dari setiap warga bisa mewujudkan lingkungan yang yang asri dan terbebas dari sampah. Tentunya ini akan menguntungkan masyarakat itu sendiri Karena manajemen sampah yang baik akan menghindari berbagai penyakit dan resiko banjir


11. Tidak Parkir di Bahu Jalan


Salah satu kebiasaan anggota masyarakat yang memiliki kendaraan roda empat adalah memarkirkan mobil miliknya di bahu jalan umum. Tentunya ini merupakan salah satu perilaku yang tidak terpuji yang dapat merugikan pengguna jalan lainnya.

Sebagai orang yang memiliki mobil tentu saja sobat kosngosan harus memiliki garasi tempat penyimpanan kendaraanmu tersebut. Kamu harus disiplin untuk menghormati hak pengguna jalan yang lain dengan tidak mengambil tempat yang bisa mengakibatkan terjadinya macet


12. Menjaga keamanan lingkungan


Menjaga keamanan lingkungan bukan hanya dilakukan dengan mengikuti ronda malam atau siskamling, tetapi juga turut aktif untuk mengawasi setiap pergerakan orang-orang yang lalu-lalang masuk ke pemukiman. Selain itu kamu juga wajib untuk melaporkan tamu yang kamu miliki kepada RT, supaya bisa didata dan masyarakat juga tidak merasa was-was dengan kehadiran orang asing tersebut.


13. Melaksanakan jadwal Ronda


Nah untuk menjaga keamanan lingkungan, kegiatan ronda malam sebagai salah satu bentuk dari sistem keamanan lingkungan (biasa disingkat siskamling) harus kamu ikuti sebagai salah satu kewajiban dari anggota masyarakat.

Ronda malam menjadi kegiatan rutin dan salah satu bentuk kedisiplinan. Karena biasanya jadwal ronda malam ditetapkan dengan menggunakan sistem piket. Jadi kamu harus mengikuti jadwal sesuai dengan yang telah ditetapkan, misalnya sekali sebulan atau sekali tiga minggu, bergantung jumlah laki laki dalam satu lingkungan masyarakat.


14. Membantu Warga yang Kesulitan


Kedisiplinan merupakan sikap yang general dan salah satunya adalah dengan saling tolong menolong. Apabila sobat kosngosan mendapati tetangga sedang mengalami musibah atau masalah, maka sudah sepantasnya kamu untuk membantunya. Jika perlu kamu bisa menggalang bantuan dari masyarakat sekamur.


15. Wajib Lapor Apabila Menerima Tamu


Salah satu bentuk upaya menjaga keamanan adalah dengan mematuhi aturan "Tamu Wajib Lapor 2 x 24 jam". Peraturan ini sebenarnya ditetapkan Tidak sembarangan, karena memang setiap orang asing yang masuk dalam satu wilayah harus dikonfirmasi identitasnya oleh pihak yang berwenang, seperti ketua RT.

Oleh karena itu ketika kamu menerima tamu, dan tamu tersebut menginap selama beberapa hari maka kamu wajib untuk melaporkan keberadaannya supaya masyarakat juga tidak was-was dan curiga.

Baca juga : Contoh Wujud Perilaku Adil di Lingkungan Masyarakat


Kata Penutup


Kedisiplinan merupakan bentuk dari ketaatan dalam peraturan dan norma sosial yang berlaku di tengah masyarakat. Sebagai pribadi yang memiliki tanggung jawab, sobat kosngosan wajib menerapkan nilai-nilai disiplin dalam kehidupan pribadi dan sosial kamu.

Semoga apa yang telah dibahas mengenai contoh kedisiplinan diatas bisa menjadi motivasi untuk kamu dalam meningkatkan perilaku ini lebih baik lagi. Apabila kamu merasa materi diatas bermanfaat silakan share ke teman teman mu yang lain ya, terimakasih sudah berkunjung!
Oleh rezaharahap