15 Contoh Perilaku Gotong Royong Lingkungan Masyarakat

Apa itu gotong royong? Gotong royong merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan secara sukarela dalam melakukan suatu pekerjaan supaya tugas tersebut bisa berjalan lebih mudah lancar dan cepat. Prinsip gotong royong sangat erat kaitannya dengan nilai sosial yang berlaku di tengah masyarakat Indonesia sebagai salah satu bangsa timur yang menjunjung tinggi asas kebersamaan. Namun saat ini nilai kegotongroyongan sudah mulai berkurang, apalagi bila kita melihat masyarakat perkotaan yang cenderung bersifat individualis

contoh sikap gotong royong

Sikap gotong royong seharusnya menjadi ciri khas dan identitas bangsa Indonesia yang harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kesadaran untuk bekerja secara bersama-sama maka akan menghasilkan produktivitas kerja yang meningkat dan mendorong tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa.

Kamu pasti pernah mendengar peribahasa " ringan sama dijinjing, berat sama dipikul", atau nasehat seperti "pekerjaan akan mudah diselesaikan apabila dilakukan bersama sama" yang menunjukkan betapa pentingnya nilai kegotongroyongan dalam kehidupan sehari-hari

Karena pada dasarnya sobat kosngosan sebagai manusia, adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam Pancasila tepatnya sila ke lima, yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, satu bentuk pengamalan nya adalah gotong royong. Dimana semangat kebersamaan itu sebenarnya sudah muncul dan menjadi nilai dasar bangsa Indonesia

Beberapa manfaat gotong royong sebagai berikut :


  • Terciptanya rasa solidaritas
  • Pekerjaan selesai dengan cepat
  • Persaudaraan dan kebersamaan semakin erat
  • Ketentraman dan kedamaian akan diperoleh


Sebagai warga negara yang baik, sobat kośngosan harus melestarikan semangat gotong royong supaya manfaat diatas bisa kita dapatkan secara maksimal. Menjadi tugas kita untuk terus mengajarkan semangat gotong royong yang kini sudah mulai memudar seiring berkembangnya teknologi dan masuknya paham liberalis dan kapitalis.

Kita sebagai anak muda, Sudah saatnya untuk memanfaatkan teknologi informasi demi menjaga semangat gotong royong, seperti misalnya mengajak teman-teman sesama warga untuk membersihkan gorong-gorong, dengan mengundang melalui grup WhatsApp, misalnya. Dengan demikian semangat gotong royong tetap akan dilestarikan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Baca juga : Contoh Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial


Contoh Gotong Royong


1. Membersihkan Gorong Gorong / Selokan


Salah satu kegiatan yang paling mencerminkan gotong royong adalah melakukan pembersihan gorong-gorong, drainase atau parit jalanan secara bersama-sama di antara warga.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan saluran air sehingga apabila nanti musim hujan lingkungan tidak tergenang air, tetapi juga untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar warga. Biasanya kegiatan ini dilakukan secara berkala setiap sekali seminggu. Minimalnya setiap rumah tangga membersihkan halaman dan saluran air yang ada di rumah sobat kosngosan masing masing.


2. Membantu Membuat Jembatan


Salah satu fasilitas umum yang bisa untuk menghubungkan antara lingkungan yang dipisahkan oleh sungai atau jalur aliran air yang cukup lebar adalah jembatan.

Beberapa daerah belum memiliki jembatan yang permanen yang terbuat dari beton. Sehingga pembuatannya juga perlu untuk dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan pemerintah daerah sebagai salah satu yang bisa memberikan bantuan dana dan menjadikan masyarakat sebagai pekerja.


3. Kerja Bakti Setiap Hari Minggu


Secara umum masyarakat juga harus melakukan kerja bakti secara berkala setiap hari Minggu misalnya. Dalam kerja bakti kali ini, sifatnya lebih umum bisa membersihkan rumah ibadah seperti mushola, membersihkan Aula pertemuan lingkungan, atau membangun pos ronda malam yang nantinya dijadikan sebagai beskem ketika kegiatan ronda malam


4. Menolong Tetangga yg Kena Musibah


Sikap gotong-royong juga dapat diwujudkan dengan saling tolong-menolong antar warga tanpa memandang status sosial, ras, suku dan agama. Apabila kamu menemui tetangga yang sedang mengalami kesusahan maka itu sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pertolongan dan secara gotong royong membantu secara bersama


5. Ikut Ronda Malam


Ronda malam merupakan salah satu jenis kegiatan sistem keamanan lingkungan (disingkat siskamling) di mana setiap warga diharuskan untuk melakukan patroli keamanan pada malam hari mengelilingi suatu Kompleks Perumahan atau lingkungan dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal yang tidak diinginkan.

Ronda malam memiliki jadwal piket untuk setiap satu orang laki laki mewakili satu keluarga atau satu rumah. Dengan mengikuti kegiatan ronda malam berarti sobat kosngośan sudah mewujudkan sikap gotong royong untuk melindungi keamanan lingkungan


6. Memperbaiki jalan Rusak


Adakalanya jalanan umum yang berada di lingkungan, yang berfungsi untuk menghubungkan satu rumah dengan rumah lain mengalami kerusakan misalnya berlobang karena terjadi hujan deras yang mengakibatkan genangan air. Sebagai masyarakat yang aktif tentunya kita bisa berkumpul bersama dan memperbaiki lubang jalan tersebut sebelum semakin parah dan mengakibatkan korban jiwa.


7. Membangun / Membersihkan Rumah Ibadah


Salah satu kegiatan gotong royong yang sangat kental dan sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu masyarakat yang beragama adalah membersihkan rumah ibadah seperti masjid atau mushola.

Tentu saja tidak hanya sekedar membersihkan rumah ibadah tetapi juga untuk meningkatkan persaudaraan dan solidaritas antar warga. Biasanya kalangan bapak-bapak membersihkan pekarangannya, sementara kaum ibu menyiapkan makanan


8. Mengerjakan Proyek Desa


Proyek desa yang biasanya telah di tetapkan oleh pemerintah daerah dengan memanfaatkan dana desa bisa menjadi salah satu kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh sobat kosngosan di sekitar pemukiman atau kompleks perumahan

Daripada pemerintah daerah menggunakan jasa tenaga kerja dari luar, alangkah lebih baiknya Untuk memanfaatkan masyarakat di sekitar daerah tersebut sebagai tenaga kerjanya untuk melakukan berbagai proyek desa seperti semenisasi jalan, pembangunan wc, dan sebagainya.


9. Menanam / Memanen Pertanian


Bagi sebagian lingkungan yang masih berada di daerah pedesaan kebanyakan anggota masyarakatnya berprofesi sebagai petani atau pekebun. Salah satu kegiatan gotong royong yang kerap kali dilakukan adalah melakukan tanam secara bersamaan dan saling tolong menolong.

Misalnya petani A menolong petani B menanam atau memanen kebunnya pada minggu pertama, dan Kemudian pada minggu ke-2 petani B berbalik untuk menolong petani untuk menanam dan memanen kebunnya. Hubungan simbiosis mutualisme ini tetap terjalin dan menjadi salah satu kegiatan gotong royong yang positif.


10. Ikut Membantu Bedah Rumah


Bedah rumah adalah kegiatan sosial yang membantu anggota masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni. Kegiatan ini membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Biasanya beberapa desa memiliki anggaran tertentu untuk membedah rumah warganya yang dirasa layak untuk menerimanya.

Dan sebagai salah satu kegiatan sosial yang positif, sobat kosngósan sebagai warga masyarakat juga bisa berinisiasi untuk membantu proses pembongkaran rumah lama dan pembangunan rumah baru. Tentunya pemerintah daerah akan lebih mudah menyelesaikan program ini dengan adanya bantuan dari masyarakat di sekitarnya


11. Membersihkan Sungai


Sungai merupakan salah satu sumber air yang menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya. Namun saat ini rendahnya kesadaran untuk menjaga kualitas air sungai di masyarakat membuat sungai mengalami polusi yang sangat berarti.

Banyak sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai. Untuk membersihkannya maka dibutuhkan kerjasama semua lapisan masyarakat. Selain itu program untuk menyadarkan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai, juga perlu digalakkan. Sehingga masyarakat tidak hanya bertugas membersihkan sampah saja, tetapi bisa menghindari dan menjaga kelestarian sungai


12. Membangun Lapangan Olahraga


Lapangan olahraga merupakan salah satu fasilitas umum yang cukup penting berada dalam lingkungan masyarakat. Fasilitas penunjang olahraga seperti lapangan sepakbola, lapangan voli, basket atau badminton bisa menjadi sarana olahraga yang menyehatkan dan menjadi wadah pertemuan diantara sesama anggota masyarakat.


13. Mengadakan Lomba Antar Lingkungan


Salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan kekompakan antar masyarakat adalah dengan mengadakan lomba atau turnamen antar lingkungan. Perlombaan ini biasanya dalam memperingati suatu event seperti Hut kemerdekaan Indonesia pada 17 agustusan, Hut lingkungan, atau memperingati hari besar keagamaan. Sobat kosngosan bisa aktif bergotong-royong menjadi panitia untuk mempersiapkan perlombaan tersebut


14. Menanam Pohon Bersama


Salah satu program pemerintah untuk menerapkan gaya hidup Go Green adalah dengan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon di pekarangan rumahnya. Kegiatan menanam pohon bisa dilakukan secara berkala, untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan asri.

Sebagian lingkungan yang berada di pinggir sungai atau bibir pantai, bisa menanam tanaman yang memiliki akar penunjang yang kuat sehingga bisa menahan air dan mengurangi banjir. salah satunya adalah tanaman bakau yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tanah dalam menghadapi air.


15. Mengadakan Pemilihan Ketua RT/RW


Sebagai salah satu negara paling demokratis di dunia, Kita harus bangga bahwa dalam memilih kepala lingkungan pun, tetap melaksanakan kegiatan pemilihan umum kepala lingkungan, misalnya setingkat RT, RW.

Masyarakat bisa bergotong-royong membentuk panitia pemilihan dan menyebarkan surat undangan kepada setiap anggota keluarga untuk mengikuti proses pemilihan kepala lingkungan. Dengan demikian maka ketua RT atau RW yang terpilih adalah sosok yang benar-benar bisa mewakili setiap aspirasi masyarakat

Baca juga : Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial di Indonesia


Kata Penutup


Gotong royong merupakan salah satu nilai sosial yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam hal positif bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang sejatinya terdiri dari berbagai latar belakang.

Semoga apa yang kosngosan bahas di atas mengenai beberapa wujud sikap gotong royong yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, bisa menjadi motivasi dan referensi buat kalian. Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah dan bagikan ke teman-teman yang lainnya
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads