Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Sikap Tenggang Rasa di Rumah dan Keluarga

Apa saja contoh tenggang rasa yang bisa kita terapkan dalam keberagaman dirumah dan diluar? Tenggang rasa adalah suatu perilaku mawas diri yang menghargai seseorang dengan bentuk kata-kata krama perbuatan dan tindakan yang dilakukannya. 

Tenggang rasa diimplementasikan dalam bentuk ucapan perbuatan atau tingkah laku yang mewakili apresiasi atau penghargaan untuk orang disekitar kita tanpa adanya pilih kasih. Sikap ini sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun banyak ahli yang berbeda pendapat mengenai definisi dari tenggang rasa, namun Disini mimin kosngosan hendak menyimpulkan bahwa sikap ini merupakan salah satu sikap yang mengedepankan asas kemanusiaan, dan tidak egois dalam setiap tindakan

Seseorang dikatakan memiliki Sikap tenggang rasa apabila memiliki ciri-ciri seperti memiliki perkataan yang halus dan lembut serta tidak menyakiti hati orang lain, selanjutnya dia memiliki tingkah laku positif yang dapat mewujudkan keharmonisan.

Selain itu orang-orang yang memiliki tenggang rasa juga selalu berbuat sesuatu yang memiliki manfaat untuk orang banyak. Dirinya tidak mudah terprovokasi dan selalu menjaga perbedaan dengan saling menghargai dan tolong-menolong

Manfaat tenggang rasa

Lalu apa saja manfaat dari diterapkannya tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa keuntungan yang bisa diambil dari tenggang rasa :

Meningkatkan Tolerasi, proses pelaksaan ini menjadi simbul tengang rasa yang dilakukan seseorang dalam masyarakat. Dengan adanya penghormataan atas peberdaan akan menimbulkan kenyamanan dalam keanekaragaman.

Merekatkan Hubungan Sosial, peranan selanjutnya apabila tengang rasa sobat kosngósan implemnatasikan dalam kehidupan sosial akan menjadi sistem perkat yang memberi keakraban setiap insan. Hal ini terjadi karena setiap manusia pada dasarnya ingin di hargai.

Memudahkan Mencapai Tujuan, manfaat lainnya dari penerapan tengang rasa dalam kehidupan ialah memberi kemudahan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Baik tujuan indivisu ataupun penerapan dalam sistem pemerintahan.

Mengindari Konflik, manfaat lainnya dalam penerapan tengang rasa ialah dapat menghindari konflik antar sesama, hal ini terjadi lantaran setiap manusia akan mengindari kericuhan yang dilakukan antar anggota dan mengedepankan kebersamaan

Baca juga : Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak


Contoh Sikap Tenggang Rasa Dalam Keberagaman

Contoh sikap tenggang rasa

Sikap tenggang rasa dalam keberagaman memiliki berbagai implementasi yang bisa kita tiru, bahkan dari hal hal kecil sekalipun. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Menghormati kegiatan ibadah agama lain dengan tidak menggangu dan menyebabkan keributan
  • Tidak menimbulkan keributan disekitar lingkungan, seperti menyalakan musik dengan volume keras disaat malam hari dan ibadah berlangsung
  • Mematuhi setiap aturan dan norma yang berlaku di tempat dimana kamu tinggal
  • Tidak menimbulkan konflik, tidak menjadi provakator dan menghindari gesekan sosial
  • Ikut bersosialisasi dengan tetangga sekitar, aktif komunitas sosial dan sebagainya
  • Menjenguk tetangga, rekan kerja atau saudara yang sakit
  • Membantu tetangga, rekan kerja, atau saudara yang mengalami kesulitan, baik itu secara materil atau non materil
Dan berbagai sikap tenggang rasa lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari hari. Berikut beberapa sifat tenggang rasa di rumah dan keluarga : 

Membantu Pekerjaan Orangtua


Membantu ibu memasak di dapur merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan karena bisa menjadi quality time antara anak dengan orang tua.

Jangan salah anak laki-laki juga bisa membantu ibu memasak di dapur, hanya saja tidak seintens anak perempuan. 

Sobat kósngosan bisa membantu ibu untuk memotong sayuran, ikan, ayam atau bawang misalnya. Lakukan kegiatan yang sederhana namun bisa membantu proses masak memasak di dapur

Membersihkan Pekarangan Rumah


Sebagai salah satu anggota keluarga tentunya kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab masing-masing. Apabila rumahmu memiliki pekarangan maka tugas masing-masing anggota keluarga lah yang membersihkan seperti menyapu dedaunan dan sampah yang bertebaran di halaman. 

Mungkin sobat kosngosan tidak perlu melakukannya setiap hari, tetapi harus dijadwal misalnya sekali dalam 2 hari atau seminggu 3 kali

Membersihkan Kamar Tidur

Kalau kebersihan halaman rumah merupakan tanggung jawab semua anggota keluarga, maka kebersihan kamar masing-masing merupakan tanggung jawab si pemilik kamar. 

Jadi setelah bangun tidur di pagi hari adalah menjadi tugas untuk membersihkan kamar baik itu membereskan sprei kasur, mencucinya apabila sudah kotor, menjemur bantal, menyapu lantai kamar dan menjaga kerapian didalamnya

Membantu Ayah

Ayah sebagai pemimpin keluarga dan sekaligus yang paling lelah dalam bekerja seharian tentu saja membutuhkan perhatian khusus dari anak-anaknya. Misalnya ketika dirinya meminta untuk dipijat, sobat kosngośan memiliki kewajiban untuk melakukannya.

Dengan memijit bagian tubuhnya yang terasa kram maka itu akan lebih baik dan dirinya akan lebih bersemangat untuk bekerja keesokan harinya. Hal-hal sederhana seperti itu merupakan bentuk tenggang rasa dalam keluarga

Mengantar Saudara ke Sekolah

Bila kamu memiliki saudara seperti adik atau kakak, menjadi salah satu kegiatan rutin untuk mengantarkan mereka ke sekolah atau kampus. 

Dan ini menjadi salah satu bentuk tenggang rasa yang terjalin di dalam keluarga. Lagi orang tua juga bisa untuk mengantarkan anak-anaknya, terlebih mereka tidak memiliki waktu luang untuk bersama dan ini menjadi salah satu kualitas yang bisa dimanfaatkan

Menjenguk Keluarga yang Sakit

Salah satu kewajiban anggota keluarga adalah menjenguk apabila ada yang sakit. Bahkan tidak hanya menjenguk sobat kosngosan juga wajib untuk menjaga dan menyiapkan segala keperluannya selama di rumah sakit. 

Apabila kalian terdiri dari banyak anggota keluarga maka bisa bergantian untuk saling menjaga. Ini menjadi salah satu kelebihan dalam keluarga besar.

Membantu Saudara Belajar

Nah ketika kamu memiliki adik yang masih duduk di Sekolah Dasar atau sekolah menengah pertama misalnya, dan dia memiliki tugas kamu bisa membantunya mengerjakan.

Namun jangan sobat kosngosan justru mengerjakannya tetapi, buatlah dia bekerja sendiri dan jelaskan setiap materi yang ditugaskan tersebut sehingga dia mudah untuk memahaminya. 

Membantu mengerjakan tugas merupakan salah satu bentuk tenggang rasa dan menjadi moment quality time yang tepat dalam keluarga

Mencuci Kendaraan

Sekarang ini sudah bisa ditemukan hampir di semua keluarga memiliki kendaraan baik yang namanya motor atau mobil. Dan sebagai anggota keluarga kamu berkewajiban untuk menjaga kebersihannya dengan mencuci kendaraan secara berkala.

Apalagi pada musim penghujan di mana kendaraan sering kotor. Sobat kosngosan bisa membersihkan dan mencuci kendaraan tersebut di halaman rumah. Apabila memungkinkan kamu juga bisa mengajak saudara untuk bekerja sama bareng mencucinya.

Menyayangi Adik

Sudah menjadi kewajiban bahwa yang paling tua menyayangi adik adiknya. Seorang kakak yang baik tentunya harus bisa menjadi contoh bagi adik-adiknya. 

Menyayangi Adik bukan berarti mengabulkan semua keinginannya. Tetapi lebih kepada membimbing dia menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi teman curhat serta pengontrol kedua selain orang tua.

Menghormati Kakak

Sebaliknya sebagai seorang adik yang paling mudah sobat kosngosan wajib menghormati Kakak atau Abang mu yang lebih tua. Menghormati disini bukan berarti memberi hormat secara fisik, 

Tetapi lebih kepada menjaga perbuatan dan tutur kata yang tidak menyakiti mereka. Kamu juga bisa menjadi teman curhat nya. Walaupun terkadang perkelahian antara saudara tidak bisa dielakkan.

Berbakti Kepada Orangtua

Dan terakhir adalah menjadi kewajiban anak untuk berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti di sini sangat umum definisinya. 

Intinya berbakti adalah sesuatu perbuatan yang tidak membuat orang tua kecewa dan membanggakan mereka dengan prestasi yang kamu miliki.

Selain itu berbakti juga mengabdikan dirimu untuk kebahagiaan mereka. Berbakti kepada orang tua menjadi salah satu bentuk tenggang rasa yang paling penting di lingkungan keluarga

Baca juga : Cara Menghindari Diri dari Zina dan Free Sex


Kata Penutup

Tenggang rasa akan menghadirkan keharmonisan dan keserasian dalam kehidupan berkeluarga. Dalam ruang lingkup yang lebih luas seperti bermasyarakat dan bernegara, tentang rasa sangat dibutuhkan untuk menjaga persatuan bangsa. 

Karena seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki berbagai suku ras agama dan budaya yang berbeda di setiap daerah

Semoga materi kosngosan mengenai tentang rasa dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi untuk kalian. Apabila kalian berkenan silakan tekan tombol share dan bagikan ke sosial media masing-masing ya, terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya