Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal Perlu Disediakan Sekolah Agar Siswa Belajar Nyaman

Apa cara yang perlu dilakukan sekolah supaya siswanya bisa termotivasi belajar? Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal harus bisa menyediakan berbagai kebutuhan siswanya, termasuk fasilitas sarana dan prasarana untuk membantu siswa mudah dalam memahami setiap materi pembelajaran di dalam kelas.

Selain itu metode pembelajaran yang tepat juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh guru. Lalu berikutnya akan dijelaskan bagaimana cara mengubah suasana kelas yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan dibawah ini.

Kamu perlu tahu bahwa cara menumbuhkan motivasi belajar siswa itu berbeda beda, sesuai dengan karakter dan kepribadian masing masing. Namun semuanya pasti setuju bahwa guru yang menggunakan cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan akan mampu membuat siswa lebih fokus dalam memahami materi. Ini merupakan salah satu strategi pembelajaran efektif dan efisien yang bisa diterapkan

Metode pembelajaran yang unik dan menarik juga tidak hanya menawarkan kemudahan pemahaman, tetapi juga kondisi belajar yang menyenangkan, tidak membosankan, suasana yang mencair dan meningkatkan keakraban di dalam kelas.

Apalagi saat ini kurikulum pendidikan di Indonesia yang menitikberatkan terhadap tugas banyak dan waktu belajar yang semakin lama, membuat para siswa lebih mudah terdampak stres dan depresi.

Sebagai seorang tenaga pengajar yang berperan penting dalam proses belajar mengajar dalam kelas, guru harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti misalnya mempersiapkan metode mengajar, bahan ajar dan materi yang akan diberikan kepada siswa di kelas.

Sebenarnya indikator kenyamanan merupakan hal yang relatif, namun sobat kosngosan perlu untuk mengetahui variabelnya. Kenyamanan dalam proses belajar adalah problematika yang klasik dan sederhana, namun nyatanya ini akan mempengaruhi kualitas belajar siswa.

Nah selanjutnya kita akan membahas beberapa hal yang bisa dipertimbangkan oleh guru dan pihak sekolah supaya membuat para siswa merasa nyaman dalam belajar.

Baca juga : 20 Contoh Desain Pojok Baca Kelas untuk SD, SMP dan SMA


Tips Siswa Belajar Nyaman


fasilitas sekolah

Meningkatkan Fasilitas Belajar


Fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah, efektif, efisien dan menyenangkan. Seperti misalnya laboratorium praktek, unit komputer, lapangan olahraga, buku perpustakaan, jaringan wifi, dan segala fasilitas yang bisa membantu dan memudahkan sobat kósngosan untuk memahami pelajaran.

Sekolah sebagai salah satu tempat belajar formal harus bisa menyediakan fasilitas ini untuk menunjang kebutuhan siswanya dalam mempelajari setiap materi yang diajarkan oleh guru. Dengan demikian maka tujuan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan dengan mudah tercapai.


Menjaga Nilai Estetika Kelas


Seorang guru atau lebih tepatnya wali kelas bertanggung jawab dengan apa yang ada di dalam kelasnya. Termasuk pengelolaan interior dan eksterior kelas yag tidak lepas dari penataan ruang atau kelas yang indah dan menyenangkan.

Oleh karena itu perlu untuk menciptakan suasana kelas yang lebih berseni dan memiliki kesan yang futuristik sehingga tidak membosankan dan membuat siswa tertarik untuk setiap hari belajar. Sobat kosngosan bisa mempelajari beberapa desain interior dari berbagai sumber


Menjaga Kebersihan Kelas


Kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga orang pastinya suka dengan ruangan yang bersih, bukan? Nah suasana kelas yang bersih akan membawa rasa kenyamanan bagi pelajar ketika menerima proses pembelajaran di dalam ruangan sampai selesai belajar. Oleh karena itu adanya pembagian sistem piket untuk setiap siswa akan memudahkan mereka dalam membagi tugas setiap harinya dalam membersihkan kelas


Mengajar yang Menyenangkan


Seorang guru tentunya harus bisa mengajar dengan cara yang lebih menarik perhatian murid-muridnya. Kemampuan guru dalam mengajar sesulit apapun mata pelajaran yang diajarkan tetap akan membuat siswa mudah untuk memahami materinya. Mengajar dengan cara menyenangkan akan mampu membuat siswa nyaman dalam kelas.

Jadi guru harus mempelajari bagaimana cara mengajar yang baik dan benar. Sobat kosngósan juga bisa membuat sesi game ice breaking di sela sela proses belajar. Berikut beberapa contoh game ice breaking untuk anak sekolah.


Mengajar dengan Unik


Banyak dari guru yang masih menggunakan metode lama ketika mengajar di sekolah. pihak sekolah harusnya bisa mengedukasi dan memberikan seminar pelatihan untuk guru, supaya mereka bisa membuat suatu sistem dan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan terhadap siswanya. Guru atau tenaga pengajar bisa memberikan tekhnik belajar yang berbeda, baru dan unik


Memahami Kebutuhan Murid


Apa yang dibutuhkan oleh siswa A, belum tentu dibutuhkan oleh siswa B. Oleh karena itu seorang guru atau wali kelas Harusnya bisa mempelajari berbagai karakteristik dan kebutuhan masing-masing dari siswanya. Kondisi masing – masing siswa sangat jauh berbeda, hal ini dikarenakan keinginan siswa dalam kriteria guru juga berbeda


Tidak Memasang Muka Killer


Guru yang bersahaja selalu menampilkan ekspresi muka yang bersahabat dan enak untuk dipandang. Secara emosional kenyaman siswa akan sangat berpengaruh terhadap apa yang mereka lihat, oleh sebab itu raut wajah guru sangat penting untuk dipersiapkan seramah mungkin. Sobat kosngosán bisa mencoba untuk tersenyum ketika memasuki kelas di pagi hari. Ucapkan salam, dan jangan lupa ceritakan beberapa kisah lucu secara singkat kepada murid murid, untuk memecah suasana buntu saat belajar.


Membuat Kondisi Kelas Kompetitif


Guru atau tenaga pengajar harus mampu mengatur kondisi kompetisi agar dapat melibatkan seluruh siswa serta dapat menghasilkan pemenang. Kondisi kelas yang ideal adalah setiap siswa yang merasa tertantang untuk berkompetisi menjadi nomor 1 di kelas.

Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, semangat siswa dalam mempelajari setiap materi yang diberikan akan bertambah. Oleh karena itu perlu untuk memberikan apresiasi berupa hadiah kepada mereka yang berhasil untuk menjadi nomor satu di kelas.


Menyusun Tempat Duduk


Desain tempat duduk yang anti mainstream dan menarik tentunya bisa mencairkan suasana. Kebanyakan sekolah menetapkan desain tempat duduk yang itu-itu saja dan membuat murid juga tidak maksimal dalam mendengarkan penjelasan dari guru, terlebih yang berada di bangku belakang.

Penataan tempat duduk siswa tersebut tidak hanya menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang di gunakan saja, Tetapi sobat kosngosan perlu mempertimbangkan karakteristik siswa. Berikut beberapa contoh inspirasi desain susunan tempat duduk yang bisa diaplikasikan oleh guru guru wali kelas.


Mengurangi Tugas Tambahan


Walaupun tugas sebenarnya diberikan untuk memperdalam pemahaman materi oleh siswa di rumah, namun adakalanya tugas juga menjadi bumerang yang bisa menjadi faktor utama penyebab terjadinya depresi dan stres dikalangan siswa. Hal ini akibat beban kerja yang semakin banyak

Beberapa sekolah mewajibkan pemberian tugas tambahaan diwaktu yang tidak tepat. Oleh karena itu perlu untuk mengkaji lebih dalam lagi mengenai urgensi tugas tambahan yang diberikan kepada siswa oleh guru. Lebih baik untuk memberikan tugas yang bersifat kelompok, dan membutuhkan analisis dan praktikum lapangan.

Baca juga : 15 Contoh Ide Game Ice Breaking SD, SMP dan SMA


Kata Penutup


Belajar di sekolah merupakan bagian terpenting dalam karir pendidikan seseorang. Oleh karena itu memilih sekolah yang berkualitas adalah merupakan suatu keniscayaan. Semoga pemerintah bisa memperbaiki segala fasilitas dan pelayanan pendidikan di sekolah terutama di pedesaan supaya bisa mencetak generasi muda yang berbakat di masa depan

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, materi di atas bisa menjadi referensi dan membantu teman-teman lain dalam memperbaiki kualitas pendidikan di tanah air. Mohon untuk tekan tombol share di bawah dan bagikan postingan ini di sosial media milik kalian ya
Oleh rezaharahap