Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sikap Mandiri di Sekolah, Rumah dan Lingkungan Masyarakat

Apa itu kemandirian? Mandiri berarti adalah sikap atau kondisi mental seseorang untuk berperilaku bebas, benar bermanfaat, berbuat sesuai dengan niat dirinya sendiri dan tidak membutuhkan pertolongan orang lain. Orang yang mandiri akan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya dan sering sekali menyelesaikan masalah ah dengan solusi yang sudah dipertimbangkan dengan matang

contoh sikap mandiri

Sifat mandiri sangat penting untuk menjadi pribadi yang tangguh. Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh perilaku kemandirian seorang baik berada di rumah sebagai anggota keluarga, di sekolah sebagai pelajar, dan di lingkungan sebagai anggota masyarakat.

Sikap positif ini memiliki ciri-ciri apabila semua tugas yang menjadi kewajibannya, dia kerjakan sesuai dengan kemampuannya secara maksimal. Adapun beberapa ciri orang Mandiri diantaranya adalah :


  • Punya kemampuan untuk berusaha dalam segala hal
  • Punya inisiatif untuk memulai sesuatu
  • Punya kemampuan menyelesaikan tanggung-jawabnya
  • Mendapat kepuasan dari yang telah dilakukannya
  • Berkemampuan mengatasi permasalahan yang dihadapinya
  • Bersifat selalu bertindak jujur dan benar
  • Berkeinginan membantu orang lain
  • Bertindak yang bermanfaat bagi orang lain
  • Beremampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif
  • Tidak merasa rendah diri atau minder apabila berbeda pendapat dengan orang lain
  • Mengemukakan pendapatnya walaupun berbeda
  • Menerima pendapat yang lebih benar

Kemandirian dapat mengubah sobat kosngosan menjadi pribadi yang berintegritas tinggi. Ukuran standar kemandirian dari orang tergantung terhadap usia dan pekerjaannya. seperti misalnya ukuran kemandirian dari seorang balita adalah dia mampu untuk makan sendiri. Atau kemandirian bagi seorang mahasiswa dia mampu mencari uang sendiri tanpa mengharapkan pemberian dari orang tua untuk uang kuliah, dan sebagainya.

Kemandirian kerap sekali disangkutpautkan dengan sikap positif lainnya seperti kepercayaan diri, integritas, kejujuran, disiplin dan bertanggung jawab. Itulah sebabnya pendidikan kemandirian sangat penting diterapkan kepada anak di sekolah.

Apakah sobat kosngosan tahu, bahwa di Jepang, anak-anak sekolah dasar kelas 1 tidak diajarkan untuk ujian tetapi ditekankan untuk bersifat Mandiri dan mengerjakan tanggung jawabnya di sekolah. Itulah sebabnya Mengapa orang Jepang sangat Mandiri baik dalam hal finansial maupun sosial

Baca juga : 8 Tips Mendidik Anak Supaya Mandiri dan Percaya Diri Sejak Dini


Contoh Sikap Mandiri di Sekolah


Mengerjakan Piket Kelas


Sifat kemandirian muncul dari keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Salah satu pekerjaan wajib yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelas adalah piket kelas, di mana jadwal ini ini bisa sekali seminggu sebelum dan sesudah pulang sekolah. Nah dengan melakukan piket berarti sobat kosngósan telah menunaikan kewajibanmu secara mandiri

Pulang Pergi Sekolah Sendiri


Banyak anak sekolah yang bergantung kepada orang tua atau saudaranya minta diantar berangkat dan di jemput pulang sekolah. Hal ini sepenuhnya tidak salah, namun terkadang kita juga dituntut untuk bersifat Mandiri dan bisa berangkat serta pulang sekolah sendiri tanpa merepotkan orang lain.


Mengerjakan PR Sendiri


Yang namanya tugas dan pekerjaan rumah memang dilakukan secara Individual. Mengerjakan PR merupakan salah satu cara supaya kamu bisa lebih memahami materi yang telah diajarkan oleh guru sekolah. Jadi sebisa mungkin kamu mengerjakannya sendiri dan apabila memang sudah mentok tidak mengerti lagi sobat kosngosan bisa meminta pertolongan dari Kakak atau Abang juga orang tua di rumah


Mengerjakan Ujian dengan Jujur


Salah satu kebiasaan jelek yang sering kita lakukan pada saat sekolah adalah melakukan contek mencontek ketika ujian tiba. Mencontek merupakan salah satu kebiasaan yang tidak mencerminkan kemandirian, karena selalu bergantung dengan orang lain.

Itupun jawaban yang kita minta, belum tentu benar dan belum tentu hasil yang kita dapatkan dari mencontek itu lebih baik dari pemikiran kita sendiri. Jadi alangkah baiknya sobat kosngosan mengerjakan ujian secara mandiri dan yakin akan kemampuan mu sendiri


Menyediakan Perlengkapan Sekolah


Yang namanya perlengkapan sekolah seperti atribut yaitu seragam topi, pakaian, dasi, peralatan tulis, buku, sepatu dan lainnya harus kamu persiapkan secara sendiri sebelum berangkat sekolah. Jangan mengharapkan bantuan dari saudara apalagi orang tua. Dengan mempersiapkan hal tersebut berarti kamu sudah berperilaku Mandiri


Aktif di Kelas


Keaktifan di kelas merupakan indikator betapa sobat kósngosan memiliki kemandirian yang cukup untuk terlibat dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Aktif di sini misalnya sering bertanya kepada guru mengenai pelajaran yang tidak kamu mengerti, aktif mengemukakan pendapat dan sebagainya.


Ikut Organisasi


Bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di luar kelas. Kamu bisa mengikuti kegiatan seperti Pramuka atau OSIS dan aktif di dalamnya. organisasi ini mengajarkan kepada anggotanya untuk berperilaku Mandiri dan juga bisa bekerjasama dengan tim sebagai suatu kelompok ekstrakurikuler


Contoh Sikap Mandiri di Lingkungan Masyarakat


Membayar Iuran Wajib Lingkungan


Peran serta anggota masyarakat di lingkungan memang harus lah bisa mandiri dan tidak bergantung dengan tetangga sebelah. Salah satunya adalah ketika kita membayar Iuran wajib lingkungan baik itu dipergunakan untuk menggaji satpam, dan keperluan lainnya.


Ikut Ronda Malam


Ronda malam merupakan salah satu sistem keamanan lingkungan yang banyak diterapkan diberbagai daerah. Dengan mengikuti ronda malam maka sobat kosngośan bisa dikategorikan sebagai anggota masyarakat yang aktif dan mandiri.


Ikut Gotong Royong Rutin


Mengikuti gotong royong juga merupakan salah satu kegiatan sosial yang wajib dilakukan sebagai anggota masyarakat. Membersihkan drainase, halaman rumah, masjid, balai pertemuan dan lain lain secara berkelompok dan individu menjadikan masyarakat lebih solid dan kompak.


Tidak Berhutang Ke Tetangga


Salah satu indikator kemandirian adalah tidak sering berhutang kepada Tetangga. Kamu harus bisa melakukan manajemen finansial dengan efektif dan efisien sehingga tidak memberatkan orang lain. Kebanyakan orang yang berhutang tidak memiliki dana simpanan yang cukup, sehingga dia bisa dikategorikan Tidak Mandiri secara finansial dan cenderung merugikan tetangga.


Menolong Tetangga yang Membutuhkan


Nah ini merupakan level yang paling tinggi dari kemandirian dalam bermasyarakat yaitu membantu tetangga ketika mengalami kesusahan. Ketika sobat kosngosan sudah Mandiri secara finansial, maka menjadi nilai tambah untukmu membantu tetangga dan orang-orang disekitarmu untuk lebih berdaya.


Contoh Sikap Mandiri di Rumah


Mengerjakan Kewajiban Rumahan


Mandiri dalam kehidupan keluarga salah satunya adalah mengerjakan kewajiban rumah ah sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. Seorang anak membersihkan kamar, menyapu halaman dan juga ikut membantu orang tua. Seorang kakak, membantu adiknya untuk mengerjakan PR dan sebagainya


Membantu Orangtua


Nah dalam keluarga juga terkadang orang tua membutuhkan bantuan dari anak-anaknya, seperti seorang ibu yang bisa dibantu ketika memasak di dapur. Atau ayah bisa dibantu memijat Ketika pulang kerja. Kegiatan membersihkan rumah juga bisa dilakukan bersama-sama sebagai quality time yang tidak tergantikan.


Membersihkan Kamar dan Halaman


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya berperilaku mandiri dalam rumah salah satunya dalam mengerjakan kewajiban sebagai anggota keluarga. Harga membersihkan kamar sendiri dan halaman rumah menjadi perilaku mandiri yang harus di pupuk sejak dini.


Tidak Menggunakan PRT


Menjadi fenomena belakangan ini banyaknya rumah tangga yang menggunakan jasa pembantu sehingga mereka kurang berinteraksi antara orang tua dengan anak; orang tua sibuk bekerja sementara anak lebih banyak berinteraksi dengan PRT.

Disini sebagai orang tua yang mandiri, sobat kośngosan harus bisa membagi waktu dalam mengelola keluarga termasuk untuk ibu yang fokus menyiapkan sarapan, menyiapkan bekal.

Begitu juga seorang ayah yang siap mengantar jemput anak ke sekolah. Intinya sebisa mungkin jangan menggunakan jasa pembantu, dan jadilah orang tua yang mandiri dalam mengatur rumah tangganya sendiri.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Buat Anak Kost Supaya Lebih Mandiri


Kata Penutup


Kemandirian akan membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh dan tidak bergantung dengan orang lain. Namun sebagai makhluk sosial kamu juga butuh interaksi dan bantuan dari orang lain apabila sudah tidak bisa lagi mengerjakan sesuatu kewajiban karena suatu hal. Kemandirian dan rasa sosial harus bergandengan dan saling melengkapi

Demikian pembahasan dari kosngosan kali ini mengenai Apa sikap atau perilaku yang mencerminkan kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita bisa menerapkan seperti yang telah di jabarkan di atas. Makasih, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian ya
Oleh rezaharahap