15 Bisnis Kuliner yg Lagi Trend di Surabaya Jawa Timur

Apa saja peluang usaha makanan yang cocok dilakukan di kota surabaya, jawa timur? Surabaya merupakan salah satu kota terbesar ketiga di Indonesia yang ada di pulau Jawa. Ibukota dari provinsi Jawa Timur ini banyak menyajikan berbagai jenis kuliner yang memanjakan lidah para pecinta makanan di Indonesia. Oleh karena itu tidak lengkap rasanya apabila kamu mengunjungi daerah Jawa Timur tanpa mencicipi salah satu dari beberapa jenis makanan khas daerah dibawah ini.

Kota pahlawan ini selain memiliki banyak bangunan bersejarah dari zaman kemerdekaan, juga memiliki kuliner tradisional yang khas dan menjadi landmark. Sebut saja rawon, sate atau soto ayam yang memiliki kekhasan tersendiri di daerah ini.

Baca dulu : Rekomendasi Tempat Belajar Bisnis di Instagram


Usaha Kuliner Jawa Timur


bisnis makanan jawa timur

Baiklah langsung saja kosngosan akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi ide bisnis di bidang kuliner yang sangat prospektif apabila dirintis di daerah Jawa Timur ini.

Beberapa apa kuliner di bawah ini memang pastinya sudah akrab di telinga dan lidah mu, jadi tidak ada salahnya menambahkan variasi atau kreatifitas dalam masakanmu apabila hendak memodifikasi makanannya. Check these out!


1. Jualan Pecel Lele


Terdapat makanan sejuta umat yaitu pecel lele, seperti namanya makanan tradisional ini menggunakan bahan dasar ikan lele. Resep makanan sederhana yang satu ini cukup mudah, Kamu hanya perlu menggoreng ikan lele yang sudah dibersihkan sebelumnya yang sudah diberikan bumbu resapan khas, dan menyiapkan sambal khas yang terbuat dari cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan sedikit campuran garam.

Kuliner pecel lele ini sudah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia (tidak hanya di jawa timur saja) dan ini sangat nikmat jika kamu hidangkan bersama dengan lalapan segar seperti sayuran mentimun, tomat, kobis, dan lainnya. Bisnis kuliner ini bisa Kamu geluti dengan membuka warung atau tempat makanan kecil terlebih dahulu, sifatnya yang segar membuat pecel lele bisa Kamu jual secara langsung, pesan antar, ataupun dalam pesanan besar sekaligus.


2. Jualan Nasi Pecel


Kuliner yang menjadi khas provinsi Jatim dan banyak ditemui di kota Surabaya ini paling terkenal bernama nasi pecelnya. Kuliner dengan cita rasa nikmat namun sederhana yang terbuat dari nasi, lauk pauk, sayuran, rempeyek, dan sambal pecelnya ini banyak disukai semua lapisan masyarakat di Jawa Timur, khususnya. Adapun panduan dalam membuat nasi pecel ini ternyata sangatlah mudah. Sobat kosngosan bisa mencari resep nasi pecel ala Madiun yang terkenal dengan rasanya yang gurih, nikmat dan punya penggemar banyak

Memulai usaha nasi pecel ini sangatlah mudah untuk Kamu lakukan, cukup buat rumah makan atau warung sederhana di Kota Kamu. Sedangkan untuk penjualannya sendiri Kamu tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan nasi pecel sudah sangat terkenal di Jawa. Bahkan makanan yang satu ini menjadi makanan sederhana yang paling sering dicari oleh masyarakat Jatim.


3. Jualan Sate Madura


Berikutnya adalah makanan khas dari Pulau Madura yaitu sate kambing, makanan ini biasa dinikmati selagi hangat dengan campuran sambal kacang dan nasi putih. Bukan hanya terkenal di Jatim saja, namun sate memang sudah menjadi makanan iconic dari Indonesia.

Bagi Kamu yang tidak terlalu suka memasak menggunakan asap seperti cara tradisional, maka Kamu juga bisa memasak sate dengan cara yang lebih modern. Pada saat ini sudah banyak alat modern untuk memasak sate yang bisa menjadi pilihan Kamu.


4. Jualan Soto Lamongan


Salah satu makanan tradisional yang bisa sobat kosngosan jadikan bisnis adalah soto Lamongan. Rasanya memiliki ciri khas yang gurih dan suasana hangat yang sangat cocok untuk menjadi hidangan sarapan atau makan malam di kota Kamu.

Kamu bisa membuat rumah makan khas yang khusus untuk menghidangkan berbagai jenis makanan seperti soto, dan perlu Kamu ketahui bahwa soto tersebut mempunyai beragam jenis, mulai dari soto ayam, soto jeroan, soto lontong, dan masih banyak lagi lainnya.


5. Jualan Rujak Cingur


Apabila Kamu pernah berkunjung ke Kota Surabaya pastinya Kamu pernah mencoba makanan rujak cingur. Makanan yang berasal dari lontong yang diberikan tambahan sayuran dan sambal kacang memang nikmat bila disantap. Banyak masyarakat Jatim memang menyukai makanan yang satu ini, tak heran tidak hanya di Kota Surabaya saja namun rujak cingur sudah menyebar di kota lainnya di jawa timur.

Tidak ada ada salahnya bila Kamu ingin membuka usaha makanan memilih makanan rujak cingur tersebut, namun perlu diperhatikan bahwa membuat rujak cingur tidaklah mudah. Dibutuhkan resep khusus serta cara membuat yang tepat agar rasa rujak cingur Kamu terasa nikmat. Penyesuaian rasa dengan lidah orang di kota Kamu juga diperhatikan.


6. Jualan Sate Klopo


Sate memang banyak kita temui di berbagai daerah di Indonesia. Namun bila kamu berkunjung di kota Surabaya atau beberapa daerah lain di Jawa Timur, maka sobat kosngosan akan menemukan jenis sate yang dikasih nama "Sate Klopo". Sate unik ini adalah sate yang berasal dari daging sapi, ayam, usus, udang, dan bisa juga sumsum yang dibakar serta disajikan menggunakan bumbu sate pada umumnya.

Jadi apa yang membedakan sate klopo dengan sate lainnya? Tentu saja bila dilihat secara sekilas, ada yang sama. Namun bagi orang yang sudah pernah mengkonsuminya, maka akan merasakan perbedaan cita rasa yang jauh menggoda. Potongan daging sate umumnya jauh lebih besar. Dan dagingnya sudah dibumbui lebih dahulu dengan kelapa yang sudah disangrai. Dari kekhasan nya inilah yang membuat Sate Klopo menjadi gurih


7. Jualan Nasi Udang


Seperti namanya, jelas saja ini adalah campuran nasi menggunakan lauk udang. Kuliner ini adalah salah satu andalan yang bisa kamu temui di kota Surabaya. Makanan ini disajikan dengan tambahan sambal bawang yang bercita rasa pedas.

Menggunakan nasi pulen putih yang memiliki aroma enak, menjadikannya sangat cocok bagi lidah masyarakat Indonesia pada umumnya. Kamu bisa menyajikan menu nasi udang ini ditambah dengan menu yang beragam sesuai dengan selera dan lidah. Pilih tempat yang strategis supaya konsumen bisa datang lebih mudah ke lokasi jualanmu


8. Jualan Nasi Cumi


Kalau ada nasi udang, kini ada juga nasi cumi yang menjadi satu kuliner khas tradisional dari jawa timur, tepatnya di kota Surabaya. Biasanya sobat kosngosan bisa membuat nasi cumi dengan 4 variasi rasa, yaitu menggunakan nasi biasa yang dicampur dengan cumi dan peyek udang. Atau paket lain yaitu nasi campur cumi, empal, telur dan peyek udang.

Atau peket nasi yang lebih komplet dengan campuran cumi, mi goreng, usus, paru, babat dan peyek udang. Pilihan lain kamu juga bisa menjual nasi rawon cumi. Nasi mendapatkan aroma harums dari campuran cumi tinta dan beberapa menu lainnya yang membuat lidah dimanjakan dengan aroma dan cita rasanya.


9. Jualan Mie Pecun


Tidak melulu tentang nasi, kali ini ada mie khas dari jawa timur, Surabaya yang disukai oleh sobat kosngosan yang mencintai kuliner pedas. Mie pecun adalah mie berkuah yang diberikan irisan udang, telur dan juga kornet dengan tambahan bumbu pedas yang suskes menggoyang lidah.

Umumnya mie pecun akan punya berbagai level atau tingkat kepedasan dari yang paling pedas, pedas biasa, pedas sedang atau mie pecun yang tidak pedas sama sekali. Hal ini dilakukan untuk membuat segmentasi konsumen lebih bervariasi. Baca juga : Resep masakan khas anak kost yang murah meriah


10. Jualan Lontong Balap


Lontong balap bukan berarti lontongnya cepat disajikan atau dikonsumsi oleh pembalap ya. Ini hanya pemberian nama oleh masyarakat sekitar saja. Salah satu makanan khas dari Surabaya sama saja dengan lontong pada umumnya, berisi kuah namun terbuat dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap dan ada juga sambal yang dikasih kuah segar.

Dan salah satu yang membedakan lontong ini dengan lontong pada umunya adalah dengan memberikannya sate kerang serta disajikan bersama segelas es kelapa muda yang akan menggugah selera para konsumen.


11. Jualan Rawon Setan


Seperti yang sudah dikatakan sebalumnya, rawon menjadi salah satu jenis kuliner khas dari jawa timur. Dan salah satu jenis rawon yang sedang trend saat ini adalah Rawon Setan. Pemberian nama seperti ini memang bertujuan supaya menarik konsumen untuk mencobanya. Tentu saja bila kuliner diberi nama setan, maka pasti punya sensasi pedas atau yang menyengat di lidah.


12. Jualan Camilan Gethuk pisang


Selain kuliner berat yang sudah dijelaskan diatas, banyak juga yang bisa sobat kosngosan coba dengan makanan camilan atau makanan ringan yang khas dari jawa timur ini, seperti gethuk yang terbuat dari pisang.

Seperti namanya, Jajanan ini berasal dari pisang dengan campuran gula, tentunya. Untuk memulai bisnis nya juga cukup mudah. Pertama kamu merebus pisang sampai masak dan dihancurkan dan ditambah gula dengan sedikit garam. Bungkus adonan dengan daun pisang yang sudah dibersihkan sebelumnya dan kukus selama setengah jam sampai camilan siap dihidangkan.


13. Jualan Keripik Upil


Salah satu camilan khas yang bisa kamu temui di berbagai daerah di Jawa Timur. Namanya memang sedikit jorok, namun yakinlah kamu bisa meraup untung dari berjualan kripik ini. Karena yang membedakan keripik ini dengan keripik lainnya adalah metode penggorengannya yang menggunakan pasir.

Cara menggorengnya juga relatif mudah dengan mencuci bersih pasir lalu dijemur dan dipanaskan diatas wajan. Setelah siap maka pasir sudah bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menggoreng krupuk upil. Tentu saja kripik ini lebih sehat karena tidak mengandung lemak dari minyak yang biasa digunakan


14. Jualan Permen Brem


Walaupun bukan asli surabaya, tetapi asli kota madiun, tapi tetap saja sobat kosngosan bisa menjual camilan ini di kota Surabaya. Brem bisa dibuat dari saripagi tapai ketan yang sudah mengalami prses fermentasi dan pengeringan, sehingga membentuk camilan padat yang lumer apabila dihisap. Rasanya manis dan asam, dan saat digigit brem memberikan sensasi tersendiri yang khas.


15. Jualan Camilan Wingko Babat


Wingko babat berasal dari dari lamongan dan semarang. Camilan ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis.Tekstur kenyal dan cocok untuk lidah semua umur. Terbuat dari bahan utama ketan dengan tambahan parutan kelapa dengan bentuk yang beraneka ragam, sesuai dengan selera.

Camilan ini bisa kamu produksi dengan mengggunakan peralatan yang sederhana dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jajanan ini juga dipergunakan dalam berbagai acara kemasyarakatan seperti pernikahan, ulang tahun, atau syukuran di berbagai daerah di Jawa Timur.

Baca juga : Peluang Bisnis di Bidang Kesehatan dan Medis


Kata Penutup


Kota Surabaya memang terkenal dengan kulinernya yang yang memanjakan lidah. Apabila sobat kosngosan mengaku pecinta Kuliner Nusantara, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi kota ini sebagai salah satu referensi kota makanan yang ada di jawa timur.

Semoga beberapa dokumentasi bisnis kuliner diatas bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian yang saat ini sedang bingung untuk mencari inspirasi hendak memulai bisnis apa. Asalkan bisa dilakukan dengan tepat maka bisnis kuliner tradisional dan khas daerah tetap menjadi bisnis yang menggiurkan untuk dicoba. Salam sukses dan maju terus enterpreneur Indonesia!
By