Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Perilaku yg Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Apa contoh perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)? Seperti yang kita ketahui, Indonesia memperoleh kemerdekaan dari perjuangan para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raganya. Demi membina persatuan dan kesatuan, maka berdirilah negara kesatuan republik Indonesia.

Sobat kosngosan sebagai generasi muda, perlu untuk mengisi kemerdekaan tersebut dengan memiliki sikap yang mencerminkan sikap kemerdekaan dan demi memajukan bangsa dan negara.

Perjuangan sobat kosngosan sebagai bagian dari generasi muda bukan lagi mengangkat senjata dan ikut berperang, akan tetapi bagaimana mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah ada tersebut, merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, kita penting mengetahui beberapa perilaku yang mencerminkan sikap cinta tanah air, rela berkorban dan juga bangga terhadap identitas bangsa sendiri

Beberapa unsur perilaku yang menggambarkan bahwa kamu telah meneruskan cita cita kebangsaan dari para founding fathers bangsa ini adalah sebagai berikut :
  • Cinta terhadap tanah air Indonesia
  • Rela berkorban untuk Indonesia
  • Memiliki kebanggaan terhadap Indonesia
  • Membina persatuan dan kesatuan

Contoh Perilaku Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

sikap mempertahankan kemerdekaan indonesia

Apa yang dimaksud dengan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI? Ini adalah sekumpulan perilaku, kebiasaan atau habit yang wajib kita terapkan dalam mengisi hari hari kita sebagai warga negara Indonesia, demi membangun negara. Berikut adalah beberapa perilaku yang mencerminkan nilai tersebut :



Mengamalkan Nilai Pancasila

Setiap perbuatan yang mengaplikasikan setiap nilai dari sila Pancasila adalah suatu perbuatan yang mendukung untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI. Dan sobat kosngosan harus bisa menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Karena setiap nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu berasal dari nilai dasar yang didapat dari karakteristik masyarakat Indonesia itu sendiri.


Menjaga Toleransi dan Tenggang Rasa

Toleransi dan tenggang rasa saat ini sangat diperlukan untuk menjaga persaudaraan dan persatuan antar golongan. 

Apalagi saat ini banyak organisasi separatisme atau kelompok radikal yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Dengan menjaga toleransi dan menghargai satu sama lain maka kita sudah kontribusi dalam menjaga kemerdekaan Indonesia


Memajukan Daerah Perbatasan Indonesia

Daerah perbatasan dengan negara tetangga menjadi salah satu tempat yang sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah dan kita sebagai warga negara. 

Apabila sobat kosngósan memiliki cita-cita untuk memajukan daerah perbatasan maka kamu bisa bekerja di sana dengan mengamati beberapa tahun seperti menjadi seorang guru, tenaga kesehatan dan sebagainya.


Menghindari Hoax dan Ujaran Kebencian

Hoax atau berita bohong adalah sumber dari perpecahan Begitu juga dengan ujaran kebencian yang banyak kita temui di media sosial akhir-akhir ini. 

Dengan membran tas hoax dan ujaran kebencian maka kita sudah berkontribusi dalam menjaga Kedamaian dan stabilitas di dalam negara Indonesia


Proaktif Memberikan Solusi Pembangunan

Sobat kosngosan yang memiliki kemampuan di suatu bidang, bisa menuangkan ide dan bakatmu dalam media buku, film, channel youtube, tulisan di kotan atau blog dan sebagainya. 

Begitu juga dengan profesi lain yang bisa memberikan solusi dan penanganan bagi permasalahan yang sering terjadi di tengah masyarakat


Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan di Rumah

sikap mempertahankan kemerdekaan di rumah

Membantu Orangtua

Dalam ruang lingkup keluarga Salah satu kewajiban seorang anak adalah membantu orang tuanya dalam bekerja sehari-hari di dalam rumah. 

Ketika kamu sedang memiliki waktu kosong maka tidak ada salahnya untuk membantu pekerjaan orang tua karena ini merupakan salah satu perbuatan positif yang mengandung nilai pancasila


Menghormati Kakak

Kakak sebagai seorang sosok yang lebih tua harus kita hormati dan segani di dalam suatu entitas keluarga. Menghormati berarti mendengarkan perkataannya serta tidak melawan apa lagi menghardiknya. Menghormati juga berarti hidup rukun dan harmonis.


Menyayangi Adik

Sebagai sosok yang lebih tua sobat kosngosan juga harus menyayangi Adik yang lebih muda dari kita. Mengayomi dan memberikan kasih sayang kepada adik adalah tugas dan tanggung jawab dari seorang kakak dalam ruang lingkup keluarga


Menjaga Keharmonisan Keluarga

Setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab untuk menjaga keharmonisan internal keluarganya masing-masing. Tidak melakukan sesuatu perbuatan yang dapat memicu konflik dan selalu membanggakan keluarga.


Menuruti Peraturan dari Orangtua

Setiap keluarga memiliki peraturan internalnya masing-masing Yang Harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. 

Dan sebagai seorang anak, sobat kosngosan wajib untuk menuruti setiap aturan yang telah diberikan oleh orang tua selama itu bersifat positif dan baik untukmu


Contoh Perilaku yang Mencerminkan SIkap Mempertahankan Kemerdekaan di Sekolah

perilaku mempertahankan kemerdekaan di sekolah

Menumbuhkan Pertemanan yang kuat

Dalam ruang lingkup sekolah kamu tidak hanya belajar sendirian tetapi juga ada teman-teman yang memiliki latar belakang yang berbeda darimu.

Dari sinilah sobat kósngosan bisa menjalin pertemanan dan belajar bagaimana cara menghargai satu sama lain. Menjalin hubungan pertemanan yang luas akan memberikan keuntungan bagi mu karena akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan bantuan dari orang lain.


Menghormati Guru

Guru, kepala sekolah, satpam, pegawai sekolah, dan entitas yang ada di sekolah selain murid adalah sosok yang harus kamu hormati dan segani. Jangan mencemooh apalagi bersikap kasar. Hal ini tidak mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI.


Tidak melakukan Bullying

Di sekolah sering sekali kita melihat maraknya aksi bullying atau perundungan yang merugikan korban baik secara fisik maupun mental.

Bullying merupakan salah satu perbuatan yang sangat kejam dan bisa dikategorikan sebagai pembunuhan secara tidak langsung. Karena korban yang mengalami bullying akan mengalami depresi dan kebanyakan memilih untuk bunuh diri


Bersikap Disiplin

Salah satu sikap yang mencerminkan mengisi kemerdekaan adalah selalu bersifat disiplin disekolah. Menjadi pelajar yang tidak pernah terlambat masuk sekolah dan selalu mengerjakan tugas dengan baik, sudah cukup untuk membuktikan bahwa kamu telah mengisi kemerdekaan Indonesia dengan baik


Mematuhi Setiap Aturan Sekolah

Setiap peraturan di sekolah harus di patuhi oleh semua warga sekolah termasuk murid, guru dan karyawan di dalamnya. Dengan mematuhi aturan yang telah berlaku maka sobat kosngosan sudah berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan NKRI


Menjadi Pelajar Berprestasi

Prestasi tidak hanya di bidang akademik saja tetapi bisa di berbagai bidang sesuai dengan bakat dan keterampilan mu seperti kesenian, musik, olahraga dan sebagainya. 

Dengan menjadi pelajar yang berprestasi dan membanggakan sekolah maka kamu juga secara tidak langsung akan membanggakan Indonesia, apalagi kamu sudah dikirim ke luar negeri sebagai perwakilan dari negara Indonesia itu sendiri.


Contoh Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan di Lingkungan Masyarakat

Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan di Lingkungan Masyarakat

Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat

Anggota masyarakat memiliki kewajiban untuk menjaga ketertiban dan keamanan di tengah lingkungan masyarakatnya.

Bagi yang membuat keresahan tentunya tidak akan disukai oleh tetangga dan ini mencerminkan perilaku buruk yang harus dihindari. Menjaga ketertiban juga salah satu bagian dari perilaku yang mencerminkan sikap menjaga kemerdekaan NKRI dari aspek sosial.


Menghargai perbedaan pandangan antar warga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yang namanya perbedaan tidak hanya terjadi dalam aspek suku, budaya atau agama, tetapi ada juga berbeda pandangan dan opini. Perbedaan pandangan ini bisa dimusyawarahkan terlebih dahulu untuk diambil mufakat sesuai dengan nilai dari Pancasila yaitu sila ke 4


Ikut Gotong Royong

Gotong royong merupakan kegiatan bersama yang dilakukan oleh suatu lingkungan masyarakat untuk mengerjakan suatu Project seperti membersihkan drainase

Membangun infrastruktur lingkungan dan sebagainya. Sifat ini juga menggambarkan perilaku menjaga kemerdekaan sesuai dengan pengalamanPancasila sila ke 5


Aktif Ikut Ronda Malam

Ronda malam adalah salah satu kegiatan sistem keamanan lingkungan yang dilakukan secara bergilir setiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan dari resiko kehilangan atau pencurian. 

Mengikuti ronda malam dengan teratur adalah sikap yang terpuji dan bertanggung jawab sebagai anggota masyarakat yang wajib untuk sobat kośngosan lakukan.


Mematuhi Aturan Lingkungan

Setiap daerah baik dalam lingkup Rukun Tetangga Rukun Warga dan kelurahan memiliki aturannya masing-masing Yang Harus dipatuhi oleh masyarakat di sana. Dan ini mewujudkan perilaku pengamalan dari mengisi kemerdekaan NKRI.


Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan di Tempat Kerja

perilaku mempertahankan kemerdekaan di kantor

Berlaku Disiplin

Berlaku disiplin tidak hanya bagi anak sekolah atau mahasiswa tetapi juga buat kamu yang sudah bekerja. Justru dengan disiplin kamu akan merepresentasikan kebiasan yang kamu miliki sejak masa sekolah. 

Disiplin dalam artian bekerja misalnya berangkat dan masuk kerja tepat waktu, menyelesaikan deadline tugas tepat sasaran, dan sebagainya.


Solidaritas dengan Teman Kerja

sobat kosngosan tidak hanya bekerja sendirian dalam suatu kantor, tetapi terdiri dari banyak orang dan tim yang menangani area kerja yang berbeda.

Oleh karena itu Jadilah pribadi yang supel dan bisa bergaul dengan teman kerja yang lain. Salah satunya dengan menjalin hubungan yang solid dengan teman kerja, dan ini merupakan penggambaran dari sifat mengisi kemerdekaan dibidang profesionalisme.


Menjenguk Teman yang Sakit

Salah satu bentuk solidaritas bekerja adalah menjenguk dan mengunjungi teman sejawat yang sakit. Kamu bisa membawa hadiah untuk teman yang sakit. Menghibur dan mengobrol dengan nya bisa jadi pengobat sakit yang dia rasakan selama ini. Dan ini adalah salah satu perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI.


Menggunakan Produk dalam Negeri

Orang-orang yang bekerja dan memiliki uang lebih umumnya lebih senang untuk memakai produk luar negeri karena lebih prestise dan branded.

Memang itu adalah hakmu untuk memakai barang sesuai dengan apa yang kamu mau tetapi sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya kita harus menggunakan produk dalam negeri dan bangga terhadap produk tersebut sebagai bagian dari upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI di zaman sekarang


Tidak Melakukan KKN

Praktek kecurangan seperti korupsi, kolusi dan nepotisme di dunia kerja, acap kali terjadi bahkan ketika kita tidak menginginkannya. 

Perlu sekali untuk mengingatkan diri sendiri bahwa segala bentuk kecurangan yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan dan itu adalah suatu perilaku buruk yang bisa merusak, tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga bagi generasi bangsa ini.


Bekerja dengan Sepenuh Hati

Dan tentu saja sebagai karyawan yang profesional dan loyal, sobat kosngosan harus bisa bekerja dengan sepenuh hati dan memberikan kemampuanmu dengan maksimal kepada perusahaan yang telah mempekerjakan mu. 

Dengan berkarya dan berproduksi di perusahaan tersebut maka kamu sejatinya telah membantu perekonomian Indonesia secara makro yang akan mendukung kemerdekaan NKRI saat ini.


Kata Penutup

Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Indonesia akan lebih sulit dibanding dengan merebutnya dari tangan penjajah. Karena kita sebagai generasi muda memiliki godaan yang sangat besar terlebih di era globalisasi seperti saat sekarang ini.

Namun bukan berarti kita menyerah dan menjadi bangsa yang ikut-ikutan. berbanggalah dengan identitas sebagai bangsa Indonesia dan aplikasikan berbagai sikap yang telah dijelaskan kosngosan diatas. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share URL artikel nya ke sosial media kalian ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya