22 Contoh Karangan Fiksi dan Non Fiksi Singkat

Apa itu teks fiksi dan non fiksi? Secara singkat, fiksi adalah cerita yang dibuat-buat oleh manusia. Sementara non-fiksi adalah lawan dari fiksi, yaitu cerita yang berdasarkan fakta dan kenyataan. Penggunaan istilah ini banyak kita temui pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolahan. Dan pada kesempatan kali ini kita akan fokus untuk mengulas beberapa contoh dari jenis teks ini.

Contoh karangan fiksi dan nonfiksi bisa kita buat sendiri berdasarkan referensi yang ada di Internet, pengalaman sendiri, koran, berita, majalah dan tulisan lainnya. Apalagi kalau kamu ditugaskan untuk menulis teks singkat yang terdiri dari beberapa paragraf saja. Tapi kalau kamu masih bingung, bisa melihat beberapa preferensi yang sudah kosngosan rangkum dibawah ini.

Salah satu jenis karangan fiksi adalah cerpen. Ada juga novel, puisi, pantun dan karya sastra lainnya yang bersifat rekaan atau rekayasa buatan manusia. Sementara jenis karangan non-fiksi bisa dicontohnya seperti skripsi, tesis, disertasi, jurnal, laporan, karya tulis ilmiah dan berbagai tulisan yang memiliki kandungan data dan fakta didalamnya.


Teks Fiksi vs Non Fiksi


Pada dasarnya tujuan pembuatan karangan fiksi adalah untuk hiburan, kebutuhan seni dan aktualisasi diri. Sementara karangan non-fiksi digunakan untuk menyajikan hasil penelitian, laporan atau pengamatan pada suatu gejala tertentu yang nantinya akan menghasilkan kesimpulan yang akan bermanfaat untuk berbagai pihak

Kalau karya fiksi dibuat oleh seniman dan dikenal dengan karya-karyanya di beberapa media seperti radio, televisi dan juga koran, sementara pembuat karya ilmiah atau non-fiksi dibuat oleh peneliti atau orang yang kompeten dibidangnya terkait pemecahan suatu masalah. Kemudian dipublikasikan ke media ilmiah seperti jurnal online, kumpulan karya tulis dan sebagainya.

Baca dulu : Artikel tentang Implementasi Sistem

1. Bapak Zaenab adalah seorang pedagang tekstil sukses yang memiliki 50 ruko di tanah abang, Jakarta (teks non fiksi)

2. Bapak Zaenab merupakan saudagar sukses, konon dirinya membasuh wajah saja menggunakan air yang harganya selangit (teks fiksi)

3. BitDollar adalah jenis mata uang digital baru saat ini, manusia milenial pun berbelanja Baju menggunakan mata uang ini (teks fiksi)

4. Bitcoin merupakan sejenis uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (teks non fiksi)

5. Harahap adalah seorang murid SMA N 7 Padangsidimpuan yang memiliki nilai sempurna pada Ujian Nasional tahun lalu (teks non fiksi)

6. Harahap adalah seorang murid SMA yang rajin belajar. Dirinya kerap mengerjakan tugas sampai larut malam, karena insomnianya sering kambuh. Penyakit ini konon didapat setelah dia bermimpi tentang peninggalan yang diwariskan Kakeknya dahulu (teks fiksi)

7. Kucing itu berlarian menghampiri tuannya. "Hei majikanku, kasih aku wiskas" gumam si kucing Bengal dalam hati (teks fiksi)

8. Kucing atau nama latin Felis catus, merupakan jenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Sebutan kucing umumnya merujuk kepada hewan yang telah dijinakkan, walaupun bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa atau harimau (teks non fiksi)

9. Burung Murai berkicau membangunkan tuannya. Dia seakan ingin berterimakasih atas perawatan tuannya selama ini, jadi dia berperan sebagai alarm di pagi hari (teks fiksi)

10. Burung Murai batu bernama latin Copsychus malabaricus, termasuk dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Hewan ini ditemui di pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa (teks non fiksi)


Contoh Teks Fiksi


contoh karangan fiksi

Kamu bisa membedakan fiksi dari ciri yang dimilikinya. Beberapa tanda yang perlu kita ketahui adalah tentu saja sifatnya yang rekaan atau imajinatif, kemudian terdapat kebenaran yang relatif, menggunakan bahasa yang konotatif atau bermajas, tidak memiliki sistematika baku, mempermainkan emosi atau perasaan pembacanya, bukan berdasarkan logika, serta terdapat pesan moral atau amanat tertentu yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Berikut beberapa contohnya :


1. Contoh Teks Fiksi tentang Sekolah


Jarak rumah Harahap dengan sekolah hanya sekitar 200 m. Karena beberapa hari ini turun hujan, maka jalanan jadi penuh dengan genangan air yang membuatnya becek untuk dilalui ketika berjalan kaki. Di tengah perjalanan, mobil angkutan melintas. Mobil tersebut melindas genangan air tepat mengarah ke posisi Harahap. Dia pun menjadi korban lindasan air dan membasahi seragamnya

Harahap dan Bella kaget. Dia melihat jam sudah pukul 7 pagi yang artinya tidak lama lagi bel masuk di sekolah akan berbunyi. Bella tiba tiba saja mengeluarkan kain dari dalam tasnya. Dia berkata "kamu pakai kain ini aja buat lap baju mu"

Kain dari Bella tersebut akhirnya harahap pakai dan membuat kain yang diberikan Bella menjadi kotor. Dia pun merasa bertanggung jawab untuk membersihkannya nanti ketika pulang ke rumah. Karena kain bersih sebenernya digunakan Bella untuk menutupi mulutnya yang sedang batuk.

"Terimakasih banyak ya, Bell" Ucap Harahap. "Kamu memang teman terbaik yang pernah aku kenal. Semoga kita tetap bersahabat sampai kapanpun, ya" ujar Harahap sambil menatap Bella dengan serius.

"Sama sama Hap, kamu kan sahabat baikku sejak kecil. Jadinya kita sudah biasa saling berkorban seperti ini. Tidak mungkin dong aku biarin kamu ke sekolah dengan pakaian kotor? ujar Bella sambil tersenyum.

Kami pun melanjutkan perjalanan dengan lebih hati-hati lagi ke sekolah. Pengalaman pagi ini memang cukup sial, namun ini menjadi awal yang lebih baik lagi. Karena ternyata Harahap sungguh beruntung mendapatkan teman yang baik seperti Bella.


2. Contoh Teks Fiksi tentang Persahabatan


Namaku Meri, asal Surabaya. Aku adalah mahasiswi semester 4 jurusan Manajemen Keuangan. Di masa SMA dulu, aku memiliki seorang teman baik yang setia berbagi suka dan duka selama 3 tahun di SMA tersebut, namanya Tia.

Sebenarnya, dia memang sahabatku sejak Sekolah Dasar, hanya saja ketika masuk tingkatan menengah, kami berpisah sementara sebab berbeda sekolah. Namun ketika SMA kami bersama kembali.

Tetapi, kebersamaan yang indah tak pula bertahan lama. Aku dan Tia kembali dipisahkan karena berbeda perguruan tinggi. Dia melanjutkan studi ke ibukota, sedangkan aku bertahan dan melanjutkannya di kampung halaman.

Singkat cerita, 2 tahun berlalu tanpa bertemu sekalipun. Meski selalu tersambung telepon dan media sosial, rasa rindu yang telah melimpah ruah takkan terbayar hanya lewat media maya saja, baik aku maupun dia.

Bulan Ramadhan 2019 telah sampai ke penghujung. Tia tetap melanjutkan kuliahnya karena waktu itu, bertepatan dengan KKN, sehingga tidak bisa pulang untuk menikmati bulan puasa dengan keluarganya di Surabaya.


3. Contoh Teks Fiksi tentang Pendidikan


Namaku adalah Rani, seorang siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri di Malang. Saat ini, Aku duduk di kelas IX. Aku berasal dari Malang dan lahir di Jakarta. Aku dan keluarga pindah ke Malang sejak tahun 2010.

Tidak lama lagi, aku akan menghadapi Ujian Nasional kelulusan. Hari Senin minggu kemarin, ketika Upacara Bendera, bapak Kepala Sekolah mengumumkan bahwasanya perwakilan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) akan mengunjungi madrasah kami.

“Murid-murid bapak sekalian, hari Jum’at mendatang kita akan kedatangan tamu dari Kemendikbud..” ujar bapak kepala sekolah.

Tujuannya adalah memberi inspirasi dan motivasi kepada anak kelas IX, sekaligus menyuarakan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Aku dan teman-teman sudah tidak sabar menunggu kedatangan mereka.

Hari ini hari Kamis. Ketika jam istirahat berbunyi, aku dan teman-teman pergi ke kantin membeli cemilan. Di kantin, aku mengobrol dengan seorang teman bernama Mira.


4. Contoh Teks Fiksi tentang Sosial


Sayup suara mikrofon dan toa terdengar terdengar jelas menuju ujung kampung. Para perangkat pemuda menginformasikan bahwasanya besok sore, akan diadakan gotong royong pembangunan selokan di ujung kampung. Namun sehabis Isya bantu malam, diadakan musyawarah terlebih dahulu.

Musim hujan seperti sekarang, air selalu menggenangi daerah perbatasan karena selokan yang berumur tua disitu, sudah beberapa tahun belakangan tersumbat, sehingga air tidak mengalir dengan mulus karena tersendat sampah.

Aku, teman-teman dan seluruh pemuda kampung sudah berkumpul di rumah Ketua RT, untuk merumuskan konsep gotong royong besok sore. Mulai dari peralatan yang harus dibawa serta pembagian tugas tiap masingmasing orang.

“Dikarenakan musim hujan yang berkepanjangan di daerah kita, selokan di ujung kampung yang sudah lama tersumbat tidak lagi sanggup menampung volume air yang besar. Untuk itu, besok sore kita mulai memperbaikinya lagi…” Buka Pak RT.

Setelah itu, beliau membagi menjadi beberapa kelompok, serta menunjuk satu orang sebagai ketua regu kelompok dan siapa-siapa yang akan membawa perlengkapan. Jam 22.00, acara musyawarah selesai dan semua balik pulang.


5. Contoh Teks Fiksi tentang Kejujuran


Hari Minggu yang lalu, aku dan David memanfaatkan waktu untuk bermain PlayStation di salah satu tempat rental, dekat perempatan jalan. Jarak tempat sewa tersebut dengan rumahku hanya berkisar beberapa puluh meter saja.

Setelah bermain 1 jam, aku dan David memutuskan untuk pulang, selain itu hari juga sudah menunjukkan pukul 13.00 dan perutpun mulai lapar. Di perjalanan, tiba-tiba saja David melihat sebuah dompet yang tercecer di tepi jalan.

Akhirnya dompet tersebut kami bawa pulang dan simpan baik-baik. Selain menunggu pemilik aslinya, tujuan kami mengambil dompet tersebut juga untuk menyelamatkannya dari orang yang berniat jahat atau ingin mencuri dan memanfaatkan uang didalamnya.

Keesokan harinya, aku dan David kembali mengunjungi tempat tersebut sembari menunggu orang yang bertanya. Namun setelah menunggu beberapa jam, tidak ada satupun orang yang terlihat kehilangan dompet.

Tidak lama kemudian, tiba-tiba ada mobil pribadi berhenti di dekat kami. Setelah turun dari mobil, tanpa basa-basi dia langsung bertanya ke kami


6. Contoh Teks Fiksi tentang Motivasi


Senin pagi, cuaca cukup cerah, Sang Surya memberikan sinaran terbaiknya dalam menghangatkan manusia di muka bumi. Aku terbangun dan langsung mempersiapkan diri.

Jam 06.30, aku berangkat kerja dengan meminta izin dan do’a kepada ibu dan bapak, untuk selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, serta pulang ke rumah dengan segenap ilmu yang didapat.

“Bu, pak, aku berangkat kerja dulu ya, Assalamualaikum..” izinku.

“Iya nak, hati-hati ya.. Wassalamu’alaikum..” jawab ibu dan bapak, sembari kucium kedua tangan mereka.

Senin pagi selalu rutin dilakukan briefing dengan seluruh lapisan atasan, untuk mendengar seluruh pencapaian yang terjadi dalam seminggu terakhir. Kami semua dikumpulkan di titik berkumpul di halaman kantor.

Dalam kegiatan rutin itu, umumnya Manager dan lapisan Asisten akan memberikan suntikan semangat dan motivasi kepada seluruh karyawan, untuk bisa bekerja dengan hati, cinta dan penuh semangat.

Baca juga : Contoh Teks Berita NonFiksi tentang Sekolah


Contoh Teks Non Fiksi


contoh karangan non fiksi

Kalau kita sudah berbicara mengenai karangan fiksi, maka kita akan membahas mengenai karangan non-fiksi. Ciri yang paling menandakan bahwa karya tersebut bersifat non-fiksi adalah sifatnya faktual atau berdasarkan kenyataan, mengandung kebenaran, memiliki struktur dan metode penulisan yang jelas, sistematis dan sesuai dengan logika atau akal sehat. Berikut beberapa contoh karya non-fiksi :


1. Contoh Esai singkat Pendidikan


Pendidikan memiliki fungsi yang berarti untuk membawa kesuksesan. Hal ini memberikan peluang untuk bisa jadi lebih produktif di tengah masyarakat dengan bermacam kemampuan yang kita didapatkan. Pendidikan memberikan proses belajar terhadap sesuatu permasalahan, serta metode mengatasi permasalahan yang ada

Kamu belajar bagaimana menjadi diri sendiri, juga bisa mengaplikasikan setiap ilmu yang kamu dapatkan terhadap problematika yang terjadi ditengah masyarakat. Pendidikan mengajari orang tentang norma, peraturan, juga nilai dalam kehidupan sosial

Pendidikan yang bermutu juga akan membawakan manusia kearah jenjang kehidupan yang lebih sukses, dapat meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kemampuan juga membagikan kehidupan kearah yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, pendidikan memanglah penting sekali demi mengatasi setiap permasalahan yang terjadi. Kemiskinan bisa menurun bahkan berkurang.


2. Contoh Teks Biografi Albert Einstein


Einstein merupakan nama dari seorang lelaki jenius yang lahir di negara Jerman, tanggal 14 Maret 1879 silam. Beliau dilahirkan di kota Ulm Wurttemberg. Orangtuanya, Hermann Einstein merupakan seorang penjual ranjang bulu, dan Pauline merupakan pekerja elektorkimia.

Di usianya yang 5 tahun, Bapaknya memberikan Einstein kecil kompas kantung. Kemudian dia mulai menyadari bahwa ada sesuatu diruang kosong dalam alam semesta yang beraksi terhadap jarum di kompas. Hal inilah yang menginspirasi dalam hidupnya.

Einstein kecil dikenal sebagai autis. Dia suka menyendiri dan orangnya pendiam. Akan tetapi secara akedemik dirinya tidak memiliki kekurangan. Ketika remaja beliau berhasil lulus dari Eidgenoessische Technische Hochscule.

Tahun 1900, beliau memperoleh status sebagai Warga Negara Swiss serta mendapat kans mengajar di Eidgenoessische Technische Hochscule. Hasil karyanya sangat banyak dalam bidang fisika. Kemudian tahun 1921 beliau mendapatkan penghargaan Nobel Fisika karena Teorinya mengenai efek foto elektrik dan pengabdiannya bagi Fisika Teoritis.

Einsten tercatat meninggal dunia pada tanggal 18 April 1955. Beliau telah mewariskan beragam karya yang mengubah dunia. Akan tetapi, terdapat salah satu penyesalan terbesarnya mengenai teori relativitas. Teorinya ternyata dimanfaatkan untuk inspirasi pembuatan bom atom yang menghancurkan Jepang dikala itu.


3. Contoh Teks Sejarah Diri Sendiri


Namaku Muhammad Reza, biasa dipanggil Reza. Aku lahir pada tanggal 10 Agustus 2003 di Padangsidimpuan. Masa kecil Aku tidak jauh beda dengan anak-anak kecil yang lainnya, artinya normal, tidak lain dari yang lain.

Saat Aku berumur 6 tahun, Aku masuk sekolah TK (Taman Kanak-kanak), waktu TK Aku sangat aktif dan tidak mau mengalah, dan waktu TK Aku sangat senang dengan pelajaran menggambar. Di masa TK Aku sudah mandiri. Berangkat dari rumah ke tempat TK sendirian tanpa diantar oleh orang tua. Tidakseperti anak TK pada umumnya, dan juga aku pulang kerumah sendirian. Aku tidak pernah menangis seperti teman-teman yang lainnya.

Setelah melewati taman kanak kanak, Aku melanjutkan sekolah ke SD pada umur 6 tahun. Pada saat itu Aku sudah bisa membaca, jadi ketika pelajaran membaca, Aku tidak pernah disuruh maju kedepan kelas untuk membaca seperti teman-teman yang lainnya

Aku masuk ke sekolah menengah pertama, yang berada di daerah Setiabudi, selama 3 tahun Aku selalu menikmati kegiatan setiap harinya disekolah. Dan setiap Aku naik kelas pasti Aku akan memiliki teman baru karena selalu diacak setiap naik kelas. Akhirnya Aku pun mendapatkan NILAI UN yang bisa dibilang lumayan bagus. Tapi karena Aku tidak punya tujuan ingin masuk SMA/SMK, orang tua Aku mendaftarkan ke SMK 47 NEGERI PADANGSIDIMPUAN jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)


4. Contoh Jurnal Skripsi Website





5. Contoh teks prosedur membuat kartu pelajar


Kartu pelajar merupakan jenis kartu identitas yang dimiliki oleh siswa dan diberikan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswa yang terdaftar sebagai anak didik pada setiap sekolah baik negeri atau swasta.

Kartu pelajar ini digunakan dalam beberapa kepentingan seperti, pengganti kartu tanda penduduk, memperoleh layanan dari sekolah seperti kesehatan, perpustakaan, bantuan beasiswa dan lainnya.

Apabila kamu ingin memiliki kartu tanda siswa, maka kamu harus meminta kepada pihak sekolah. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Datanglah ke kantor sekolah di bagian tata usaha
  • Mintalah blanko untuk pendaftaran kartu pelajar kepada karyawan tata usaha
  • Isi data yang tertera pada blanko tersebut dengan baik dan benar
  • Setelah blanko selesai diisi, serahkan kepada petugas
  • Kamu akan memasuki ruang yang disediakan untuk mengambibl foto
  • Kamu akan menerima selembaran kertas sebagai bukti pengambilan kartu pelajar
  • Tunggu beberapa saat sampai namamu dipanggil dan kini kartu tanda pelajarmu sudah siap
  • Simpanlah kartu tersebut dengan baik di dompet


6. Contoh Teks Referensi Ensiklopedia Singkat tentang Pisang


Buah Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tanaman terna raksasa yang memiliki daun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa varietasnya seperti Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca dapat menghasilkan buah yang dikonsumsi oleh manusia dan menjadi nilai jual tinggi hingga ekspor.

Pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok menjari yang disebut sisir. Hampir semua pisang mempunyai kulit berwarna kuning ketika masak. Walaupun ada juga beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu dan bahkan hitam. Pisang menjadi bahan pangan sumber energi karbohidrat dan mineral, terutama zat kalium.

Istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias serta pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan. Sumber : WikiPedia


Baca juga : Contoh Teks Fiksi Narasi tentang Liburan


Kata Penutup


Setelah mengetahui beberapa contoh dari karangan fiksi dan nonfiksi yang sudah dijelaskan oleh kosngosan diatas, akhirnya kita mengetahui mengenai perbedaan yang mencolok antara kedua jenis tulisan ini. Tinggal kamu memilih untuk membuat tulisan yang sesuai dengan yang telah dicontohkan di atas

Siapa tahu nanti kamu bisa menjadi seniman yang menghasilkan banyak karya fiksi yang Laku keras di pasaran, atau justru kamu menjadi peneliti yang menghasilkan banyak karya tulis ilmiah yang bermanfaat untuk orang banyak.

Keduanya sama penting dan bila berkenan silakan tekan tombol share di bawah untuk membagikan tulisan ini ke sosial media mu, agar dilihat teman-temanmu yang lain
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads