Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Undangan Setengah Resmi Berbagai Format

Ketika kamu ingin mengirimkan suatu informasi formal kepada pihak lain, maka diperlukan adanya surat. Walaupun saat ini keberadaan surat sudah mulai tergantikan oleh teknologi informasi seperti aplikasi chatting atau Messenger, tetapi untuk formalitas surat dinas atau surat resmi tetap diperlukan oleh suatu lembaga

Apa yang dimaksud dengan surat setengah resmi? Surat setengah resmi merupakan an-nur ayat yang digunakan untuk kepentingan resmi bisa juga tidak resmi baik perseorangan ataupun organisasi dengan maksud dan tujuan tertentu.

Biasanya ciri ciri surat setengah resmi tidak menggunakan kop suart, namun biasa dipakai oleh lembaga yang yang belum memiliki skala yang luas, seperti misalnya perusahaan startup, atau organisasi yang masih merintis dan belum memiliki izin formalitas.

Bisa dikatakan surat setengah resmi adalah surat yang berada pada tengah-tengah antara surat informal dan surat formal. Meskipun dikatakan setengah resmi tetapi juga harus menggunakan kaidah atau aturan yang sudah ditetapkan.

Penggunaan surat setengah resmi tidak bisa menggunakan bahasa gaul tetapi harus menggunakan bahasa baku dan mengandung surat yang jelas padat dan efektif. Surat setengah resmi atau surat setengah dinas tentu saja bisa sobat kosngosan buat menggunakan aplikasi Microsoft Word atau pengolah kata lainnya yang ada di perangkat komputer atau laptop milikmu


Surat Setengah Resmi


contoh surat setengah resmi

Adapun bagian bagian surat undangan setengah resmi antara lain :

  • Kepala Surat (Logo, nama, alamat kontak)
  • Nomor Surat (Tidak wajib)
  • Tanggal Surat
  • Perihal atau hal
  • Alamat Tujuan
  • Salam Pembuka
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Tanda Tangan dan Diketahui

Baca juga : Contoh Surat Dinas Sekolah

Berikut beberapa contoh surat setengah resmi yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai preferensi :


Surat Undangan Arisan

No. 01/PKK-KOSNGOSAN/IX/21
Perihal : Undangan Arisan

Yth, Ibu Suci Silalahi
di RT/RW 02/04 Kosngosan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama warga RT 02, melalui surat ini kami bermaksud mengundang Ibu untuk hadir pada acara Pembukaan Arisan di Lingkungan RT/RW 02/04 Kosngosan. Acara tersebut Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari : Minggu, 8 Maret 2019
Pukul : 10.00 WIB s/d selesai
Lokasi : Kediaman Ibu Erni Sukmawati Jl. Sukaluyu 1 Gg.4 No.8
Roundown Acara :
1. Silahturahmi
2. Pembukaan oleh Ibu RT 02/04
3. Pembahasan kesepakatan jumlah iuran arisan, tempo pembayaran (mingguan / bulanan), dan iuran kas
4. Pembentukan susunan pengurus PKK
5. Pengocokan perdana arisan tahun 2020/2021
6. Ramah tamah dan lain-lain

Demi kelancaran acara tersebut, kami mengharapkan kesediaan Ibu untuk meluangkan waktunya untuk hadir tepat pada waktu yang telah ditentukan. Demikian surat undangan ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pekanbaru, 3 Maret 2021
Ibu Ketua RT/RW 02/04

Suci Bella Lestari


Surat Undangan Ulang Tahun

Pekanbaru 21 Oktober 2021
Kepada : Diana Di Tempat

Salam Sejahtera,
Teman-temanku yang ganteng dan cantik, aku mengundang kalian untuk datang ke pesta ulang tahunnku yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2021
Waktu : 08.00
Tempat : Dirumahku Jalan Soedirman 24, Pekanbaru
Acara : Merayakan Pesata Ulang Tahun

Atas kesediaannya untuk menghadiri pesta ulangtahunku tersebut, aku ucapkan banyak terimakasih. Aku akan menunggu kedatangan kalian semua

Temanmu,

Ucok Parulian


Undangan Setengah Resmi Sekolah


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 2 KOTA BUKIT TINGGI

Jl. Ir. H. Juanda No. 93, Sumatera Barat
Telp. (0634) 2503948
Perihal : Rapat Study Tour Seluruh Kelas XII SMK Negeri 2 Bukit Tinggi

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dengan hormat,
Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah mengenai adanya sistem baru untuk semester kelas XII demi tercapainya pembelajaran yang efektif, maka bersama dengan surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat membahas kegiatan Study Tour, yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu
Tanggal : 17 Oktober 2021
Waktu : 15.00 Sampai dengan selesai
Tempat : Aula SMK Negeri 2 Kota Bukit Tinggi

Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohonkepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebutdi atas tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatiandan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bukit Tinggi, 11 Oktober 2021

Kepala SMK Negeri 2


Muhammad Reza Harahap, S.Pd, M.Pd



Surat Undangan Pernikahan


contoh undangan pernikahan

undangan pernikahan


Surat Resmi Dinas Pemerintahan


Kamu bisa scrool contoh file dalam bentuk DOC/WORD yang sudah diembed di postingan blog kosngosan seperti dibawah ini atau bisa langsung UNDUH FILENYA




Cara Membuat Undangan Setengah Resmi


Membuat Bagian Kop surat, yang isinya adalah logo, nama, alamat dan kontak dari lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Bagian Kop surat pada jenis surat setengah resmi sebenarnya tidak wajib dipakai

Membuat Tanggal Surat, yang terdiri dari nama, tempat dan tanggal dimana surat tersebut ditulis. Hal ini penting untuk membantu penerima surat mengetahui kapan surat tersebut dibuat

Membuat Nomor Surat, yaitu ciri dari surat resmi sebenarnya, dan tidak wajib dipakai untuk surat setenagah resmi. Nomor ini terdiri dari kombinasi kode surat yang dikeluarkan, identitas lembaga pendidikan, serta tahun pembuatan surat.

Membuat perihal atau hal, seperti ditujukan untuk siapa dan untuk apa surat tersebut dibuat. Dalam hal ini, perihal surat berarti menjelaskan tujuan yang mendasari kenapa surat dibuat.

Membuat Alamat, yang dijelaskan dengan memberikan keterangan jalan, nomor, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi untuk lembaga sekolah terkait

Membuat bagian Pendahuluan, terdiri dari Salam pembuka yang mengawali surat, dan biasanya untuk agama islam diucapkan Assalmualaikum Wr. Wb untuk menunjukan rasa hormat atau sopan santun.

Membuat Isi yang sesuai dengan perihal yang ingin disampaikan dan dibuat dengan singkat, padat, dan jelas. Dalam isi , akan dijelaskan secara terperinci mengenai waktu, tempat atau lokasi dan kapan acara diadakan.

Membuat Penutup, menjadi bagian bentuk rasa hormat atau sopan santu serta menunjukkan akhir dari surat. Dalam islam, bisa dipakai kalimat "Assalmualaikum Wr. Wb"

Membuat Tanda tangan dan Penanggung Jawab, Bagian ini diisi dengan nama lengkap pihak yang memiliki posisi yang bertanggung jawab dalam acara yang dijelaskan pada bagian dalam surat.

Baca juga : Contoh Surat Quotation Penawaran


Kata Penutup


Surat merupakan salah satu sarana penyampaian informasi antar lembaga secara formal. Namun ada juga surat jenis setengah formal atau au yang menggunakan kaidah penulisan baku namun tetap fleksibel dan tidak sekaku surat formal

Semoga dengan membaca beberapa apa tips dan contoh pembuatan surat setengah formal dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat buat teman-teman dan menjadi referensi. Jangan lupa untuk selalu membagikan url dari postingan ini kepada teman-temanmu yang ada di media sosial, terima kasih
Oleh rezaharahap