Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Data Kontak Pribadi dari Pinjaman Online

Bagaimana cara untuk menghilangkan jejak dari pinjaman online yang sudah terlanjur mengganggu privasi kita? Buat kamu yang sengaja atau pun terpaksa untuk menggunakan jasa pinjaman online karena terdesak atau kepentingan lain, pastinya pernah diuber-uber atau dihubungi oleh pihak pinjol dengan cara yang ekstrim

Banyak orang yang ingin kabur dari pinjaman online. Mereka tidak ingin mengalami kasus pinjaman online tidak dibayar, dan mendapatkan sanksi tidak bisa membayar pinjaman online akibat data yang sengaja dibocorkan oleh pihak pinjol

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba membahas mengenai bagaimana sih cara menghapus data kontak pribadi dari database pinjaman online, atau dengan kata lain b Alagaimana cara kita bisa kabur dari pinjol ilegal. Penasaran? mari simak pembahasannya dibawah ini


Solusi Data Pribadi Pinjaman Online


cara menghapus data pinjaman online

Dalam kenyataannya, kita sering sekali mendapati debt collector pinjaman online datang ke rumah. Mereka datang untuk menagih hutang setiap bulan, yang tentunya membuat kita risih dan merasa malu dengan tetangga. Bahkan terkadang tidak jarang kita mengalami penipuan pinjaman online yang merugikan

Karena itu kamu perlu untuk menerapkan beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk menghapus data kontak pribadimu sehingga kamu bisa terbebas dari gangguan pinjaman online, seperti berikut ini

Baca juga : Contoh Bisnis MLM yang Berbahaya


1. Setting Akses Izin Aplikasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan setting atau pengaturan akses izin aplikasi pinjaman online di smartphone milikmu.

Apabila kamu menggunakan Android, kamu bisa menonaktifkan semua akses izin termasuk izin kontak, kamera, lokasi, galeri dan sebagainya. Begitu juga bagi sobat kos ngosan pengguna iPhone.

Atau pilihan lainnya kamu bisa langsung dengan instal aplikasi tersebut, namun hal ini bukan menjadi cara terakhir buat kamu bisa bebas dari gangguan pinjol. Karena kamu juga harus melakukan beberapa langkah berikutnya seperti yang ada di bawah ini


2. Mengganti nomor SIM card

Kemudian Langkah kedua adalah mengganti nomor Sim Card. Karena ketika kamu mendaftar pertama kali yang diminta adalah nomor simcard untuk menghubungimu. Mi

Pilihlah nomor simcard yang baru, daftarkan menggunakan NIK dan NIP mu, kemudian berikan nomor barumu tersebut ke orang-orang terdekat yang kamu percayai saja. Ini adalah langkah wajib yang harus kamu lakukan supaya terhindar dari gangguan pinjol


3. Mengganti nomor WhatsApp, Line, Telegram

Karena kamu sudah mengganti nomor simcard, maka otomatis nomor lamamu akan mati. Dan kamu lebih baik untuk mengganti juga nomor WhatsApp, Line, Telegram, dan aplikasi chatting lainnya yang membutuhkan akses nomor simcard untuk proses verifikasinya.


4. Matikan Akses GPS

Buat sobat kosngosan yang memiliki smartphone, pastinya sering untuk mengaktifkan akses GPS atau lokasi. Hal ini memang penting untuk berjaga-jaga supaya suatu ketika gadget mu hilang, kamu jadi bisa melacak keberadaannya.

Namun fitur ini seperti pisau bermata dua, dimana pihak pinjol bisa juga dimanfaatkan oleh mereka untuk melacak keberadaan mu. Sehingga kamu lebih baik untuk menonaktifkan fitur ini


5. Buat Media Sosial Baru

Buatlah akun media sosial baru dengan menggunakan nama inisial saja. Kemudian untuk media sosial yang lama kamu bisa menutupnya atau menghapusnya.

Supaya tetap terhubung dengan teman-temanmu, kamu bisa menghubungi mereka satu persatu melalui direct message atau pesan langsung dan berikan username akun media sosial mu yang baru tersebut kepada mereka


6. Membuat Inisial Nama Baru

hal ini penting supaya kamu dinilai memiliki identitas baru, walaupun hanya menggunakan inisial. Seperti misalnya namamu adalah Muhammad Ucok Harahap, kamu bisa membuat nama inisial baru menjadi "M Ucok hrp"


7. Membuat Email Baru

Nah selanjutnya, cukup penting juga untuk membuat email baru. Karena beberapa apa syarat untuk peminjaman online kamu juga harus masukan email. Membuat email baru cukup mudah, sobat kosngosan bisa membuat gmail gratis di android. Jangan lupa juga untuk memasukkan nomor simcart baru mu untuk melengkapi data gmail


8. Jangan Share Identitas Baru Ke Internet

Ketika kamu sudah melakukan beberapa langkah seperti diatas, penting sekali untuk tidak terlalu narsis ataupun melakukan syarat identitas barumu ke internet baik itu ke media sosial ataupun ke website.

Itulah pentingnya untuk memiliki identitas back up, atau sisi anonim dari dirimu sendiri. Supaya apabila identitas sekunder mu terungkap, kamu tetap memiliki identitas utama yang dilindungi


9. Pindah Rumah

Langkah ini sebenarnya cukup ekstrem, Namun apabila kamu memang merasakan ancaman yang nyata dari pinjaman online dan bahkan sampai mengarah pada ada tindakan intimidasi, maka tidak ada salahnya untuk mencari tempat tinggal baru yang jauh dari tempat tinggalmu sekarang.

Baca juga : Tips Berhutang yang Baik


10. Hindari Pinjaman Online Abal-Abal

tips pinjaman online

Nah terakhir Mimin ingin merekomendasikan beberapa tips buat kalian yang ingin memang membutuhkan jasa pinjaman online. Harus benar-benar mencari perusahaan yang kredibel dan tidak abal-abal. Beberapa tips buat kalian untuk mencari pinjaman online yang berkualitas diantaranya adalah sebagai berikut :


a. Sudah terdaftar di OJK

Sobat kosńgosan wajib untuk mempertimbangkan ketika akan memilih jasa pinjaman online, apakah nama penyedia pinjaman online itu terdaftar dalam OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. OJK akan menjamin bahwa daftar nama bisnis dibawah naungannya resmi, aman dan dapat dipercaya.

Apabila nama jasa pinjaman uang online tidak terdaftar di OJK Kamu pantas untuk curiga. Jangan hanya berfokus pada kenyamanan fasilitas yang ditawarkan, atau kelebihannya yang tidak biasa. Teliti dalam mencari latar belakang penyedia jasa tersebut.

b. Baca persyaratan yang masuk akal

Pinjaman online harus memberikan syarat dan ketentuan yang logis terhadap konsumennya. Persyaratan ini sebenarnya akan selalu membutuhkan copy KTP para calon debitur, memerlukan NPWP, bukti transaksi selama 3 bulan terakhir dari rekening bank, bukti riwayat kredit sebelumnya apabila Kamu sudah pernah meminjam uang.

Sering sobat kosngosna menyepelekannya. Ada yang bahkan memilih jasa pinjam uang tanpa adanya jaminan apapun, padahal ini suatu tanda yang penting. Jangan sampai Kamu hanya tergiur dengan syarat mudah, namun pada akhirnya jasa pinjaman uang tersebut tidak bisa dipercaya.

c. Bunga pinjaman yang transparan

Pinjaman online harus bersifat terbuka mengenai tahapan dan proses pengajuan pinjaman yang jelas dan transparan. Kamu harus mendapatkan penjelasan secara terperinci mulai dari waktu pembayaran sampai dengan hal yang bisa mengakibatkan pengambilan aset.

Sobat kosngosan bisa mengetahui jumlah tagihan dan bunga dan tidak akan naik secara tiba tiba tanpa ada pemberitahuan diperjanjian sebelumnya. Proses penagihannya pun tidak akan menggangu Kamu dan orang terdekat Kamu, sehingga tidak akan mengganggu privasi Kamu.

d. Memiliki website official

Jasa pinjaman online haruslah memiliki website resmi yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih produk mereka. Web resmi tersebut berisikan informasi yang informatif yakni tidak hanya memperlihatkan jenis produk pinjaman tetapi juga terdapat alamat dan kontak perusahaan secara jelas, sehingga bisa di kunjungi dengan mudah.

e. Memiliki kontak dan alamat jelas

Kamu harus mengetahui kontak dan alamat perusahaan pinjaman online tersebut. Nomor kontak yang dimaksud adalah seperti nomor kantor pusat dan nomor customer service. Apabila ada jasa yang tidak mempunyai nomor penting demikian, sebaiknya Kamu tidak memilihnya sebagai tempat untuk pinjam uang.

f. Mempelajari biaya

Sobat kosngosan harus mencari informasi sedetail mungkin termasuk biaya biaya yang menyertainya. Biaya tersebut mencangkup provisi yaitu sebagai ciri dari jasa karena pinjaman telah disetujui, biaya administrasi untuk mengurus segala hal dalam proses pinjaman, biaya denda apabila ada keterlambatan pembayaran, serta ada biaya penalti dikenakan apabila pelunasan dipercepat.

g. Mengetahui prosedur pencairan

Kebanyakan peminjaman online akan lebih cepat prosesnya, ada yang menunggu dalam beberapa hari bahkan hanya hitungan menit. Meskipun pencairan bisa dilakukan dengan cepat, tetap saja kamu perlu mengetahui prosedur pencairan mulai dari waktu pengajuan atau verifikasi data sampai dengan pencairan berhasil.

h. Memahami kontrak pinjaman

Sobat kosngosan juga harus cermat dalam melihat kontrak pinjaman yang tertera juga. Kontrak sendiri menjadi dasar hukum dalam proses pinjam meminjam. Segala kewajiban dan hak juga diatur dalam sebuah kontrak yang sudah disetujui oleh kedua pihak.

i. Tidak ada syarat DP

Ciri lain yang menonjol adalah ketika terdapat syarat untuk menyediakan uang muka. Dana yang dijadikan sebagai uang muka misalnya untuk kepentingan pencairan dana, bisa jadi adalah cara pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menipu mu. Karena tidak ada aplikasi online manapun yang meminta uang muka sebagai syaratnya.

j. Tidak meminta data perbankan

Perusahaan pinjam online yang bisa dipercaya juga tidak meminta data perbankan mu. Mereka hanya akan meminta nomor rekening mu saja. Jasa terpercaya tidak akan meminta nama ibu kandung, tanggal lahir atau bahkan nomor kartu kredit mu. Kamu perlu waspada jika menemukan jasa pinjaman online yang meminta data pribadi Kamu.

Baca juga : Cara Melaporkan Penipuan Online


Kata Penutup


Orang-orang yang melakukan pinjaman online secara sembarangan pastinya akan mendapatkan kerugian secara finansial. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jasa pinjaman online yang terpercaya ya sehingga data-data yang yang kamu berikan kepada mereka tidak dibocorkan

Semoga beberapa tips dan langkah sederhana yang dijelaskan diatas bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan. Mimin ingatkan sekali lagi, sebisa mungkin untuk menghindari yang namanya berhutang atau meminjam uang yang di jasa pinjaman online. Bagikan artikel ini Apabila kamu merasa bermanfaat
Oleh rezaharahap