Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Kredit di JD ID tanpa Kartu Kredit

Bagaimana cara mengajukan kredit di JD ID? Ini  merupakan salah satu perusahaan e – commerce yang terkenal dan kian berkembang dalam pasaran dunia dan Indonesia. JD ID menyediakan sistem pembayaran seperti menggunakan kartu kredit via BCA, Kredivo, Akulaku, Kredit Plus dan layanan lainnya. Hal ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan cicilan pembayaran tanpa harus menyiapkan berbagai dokumen yang rumit.

Bagi kamu yang lebih sering membayar lewat alfamart, indomaret atau transfer bank, dan masih cukup asing dan bingung bagaimana cara melakukan pengajuan kredit pada platfrom JD ID, berikut akan mimin kosngosan berikan pembahasannya secara lengkap.

Sebelumnya, untuk pengajuan cicilan dengan sistem kredit pada JD ID kamu hanya cukup mengisi sebuah form yang telah disediakan. Tentunya form ini dapat diisi oleh semua kalangan karena sifatnya yang mudah dan praktis.

Setelah kamu sudah berhasil mengisi form tersebut dengan lengkap dan benar, maka kamu sudah bisa menggunakan layanan kredit yang mereka sediakan. Untuk tarif cicilan sendiri, jenis nya ada beraneka ragam. Ada yang mulai dari 6 bulan bahkan hingga 12 bulan dengan syarat total maksimum pembelian sebesar Rp 20 juta.


Syarat dan Ketentuan Kredit di JD ID

cara kredit di jd id

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh konsumen yang ingin melakukan pengajuan cicilan tanpa kartu kredit dengan layanan kreditplus. Berikut penjelasannya :


1. Berlaku Untuk Produk Home Appliance, Laptop, Kamera, Gadget dan Tablet, Furniture, Alat Musik, dan Stroller bayi dengan kisaran harga mulai dari Rp 1.250.000 – Rp 20.000.000. 

Selain produk – produk yang disebutkan tadi masih ada beberapa jenis barang lain yang ditawarkan, dengan syarat sesuai dengan ketentuan dari pihak JD ID.

2. Pesanan untuk beberapa daerah tertentu dibatasi. Pastikan sobat kosngosan berada di daerah – daerah seperti yang meliputi kawasan Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Batam, Batu Licin, Palangkaraya, Pontianak, Sampit, Tarakan, Purwakarta, Sumedang, Gresik, Madiun, Pekanbaru, Tasikmalaya, Surabaya, Semarang, Samarinda, Purwokerto, Solo

Selain itu ada juga di Banjarbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Jambi, Lahat, Pangkal Pinang, Prabumulih, Bone, Gorontalo, Kendari, Pare Pare, Mataram, Singaraja, Cianjur, Cirebon, Karawang, Subang, Manado, Denpasar, Palembang, Medan, Jogja, Palopo, Palu, Sudiang, Padang, Bandung, Malang, Lampung, Serang, dan Bima.

3. Jumlah pesanan yang akan digunakan sebagai pengajuan kredit pada layanan kreditplus hanya dibatasi sebanyak satu jenis saja.

Lebih dari itu, tidak diperkenankan. Jadi, jika kamu ingin melakukan kredit lagi pada produk baru, kamu harus melunasi cicilan pertama yang kamu ajukan.

4. Pelanggan atau si pengaju cicilan diperkenankan memilih tenor atau jangka waktu cicilan dalam kurun waktu 6 bulan dan 12 bulan. 

Besar cicilan yang harus dibayarkan sesuai dengan peraturan dan waktu yang telah disetujui oleh masing – masing pihak sebelumnya.

5. Pengajuan pemesanan melalui formulir JD ID seperti yang telah disebutkan diatas selanjutnya akan dikonfirmasi oleh pihak kreditplus untuk ditindak lanjuti. Biasanya mereka akan menghubungi pelanggan sebagai bahan konfirmasi pesanan yang diminta.

6. Setelah pengisian formulir pesanan yang telah dilakukan, maka sobat kosngosan diwajibkan untuk menyiapkan beberapa dokumen yang berisi ketentuan dan persyaratan pengajuan kredit.

Beberapa dokumen penting tersebut meliputi kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP dan slip gaji yang dimiliki (apabila diminta).

7. Tambahan, jika pelanggan tersebut berstatus sebagai karyawan suatu perusahaan, maka pihak penyelenggara biasanya akan meminta dokumen lain yang lebih spesifik. 

Misalnya dokumen asli berupa slip gaji yang terbaru, atau dokumen asli Surat Keterangan Penghasilan dari perusahaan yang isinya mencantumkan jumlah rincian gaji perbulan, lama waktu bekerja, dan jabatan dalam perusahaan.

8. Pelanggan yang telah disetujui dokumen pengajuan kreditnya oleh pihak kredit plus, dilarang melakukan pembatalan transaksi. Jadi sebaiknya sebelum melakukan pengajuan, pikirkan dan ambillah keputusan yang matang – matang ya.

9. Jika ada sesuatu yang kurang kamu pahami atau mungkin ada kesulitan yang ditemui selama proses pemesanan dan pengajuan kredit, kamu bisa menghubungi pihak customer service JD ID pada nomor 1 500 618.

10. Sedangkan untuk pertanyaan yang mengenai proses cicilan dan besar bunga yang akan dibayarkan, kamu juga dapat menghubungi pihak customer service kreditplus pada nomor 1500605.


Cara Kredit di JD ID dengan Mudah

Lalu setelah menguraikan beberapa syarat pengajuan cicilan di jd id, berikut akan dijelaskan beberapa cara kredit di jd id yang bisa kamu lakukan :

1. Lakukan Registrasi Pada Halaman Resmi Website JD ID

Pertama – tama sebelum melakukan pengajuan kredit, sobat kosngosan.com harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada laman resmi JD ID yang telah disediakan.

Setelah masuk ke website, kamu nantinya akan diarahkan ada laman berupa permintaan pengisian formulir sebagai pihak member. Tapi kamu tidak perlu khawatir ya, data mu tidak akan bocor atau disalahgunakan karena pihak JD ID telah memberikan jaminan keamanan pada pelanggannya.



2. Pilih Produk Yang Kamu Inginkan

Setelah melakukan registrasi, maka kamu akan diarahkan pada laman konfirmasi yang menginformasikan bahwa akun yang kamu miliki sudah aktif. Berarti kamu sudah bisa mulai login dan memilih produk apa yang kamu inginkan.


3. Pilih Sistem Pembayaran atau Multifinance Yang Kamu Inginkan

Setelah selesai memilih produk yang diinginkan, maka pilihlah opsi mana yang akan kamu gunakan nantinya. Jangan lupa klik lanjutkan untuk beralih ke proses selanjutnya.

Oh iya, jika kamu memilih sistem pembayaran menggunakan aplikasi kredit dengan bunga tertentu yang telah terdaftar di sistem, maka pihak JD ID akan memberikan tambahan formulir yang harus kamu isi dengan benar dan valid. Sertakan juga foto KTP ataupun slip gaji jika memang diminta.


4. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah selesai melaksanakan tahap pada nomor 3 diatas dengan benar, maka kamu hanya tinggal menunggu proses verifikasi dari pihak JD ID.

Biasanya proses ini akan memakan waktu maksimal selama 3 x 24 jam. Di tahap ini, pihak JD ID akan melakukan konfirmasi ulang dan akan menghubungi sobat kosngosan jika pengajuan kredit telah disetujui dan kamu memang ingin melanjutkan proses tersebut.


5. Siapkan Dokumen Pengajuan Setelah Berhasil Menerima Informasi Hasil Pengajuan Kredit

Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pengajuan selengkap mungkin setelah kamu berhasil menerima informasi tentang hasil pengajuan kredit dari pihak JD ID.

Nantinya, semua data akan diolah dan diproses sampai kamu diberikan informasi mengenai berapa besarnya cicilan perbulannnya dan jangka waktu yang kamu inginkan untuk melunasi cicilan tersebut.


6. Tunggu Pengiriman Barang Yang Telah Kamu Pesan

Nah, nantinya setelah seluruh proses diatas telah kamu lakukan dan pihak JD ID menyetujui pengajuan kreditmu, maka kamu hanya perlu menunggu barang pesananmu diantarkan. Jangan lupa juga untuk tetap membayar jumlah cicilan yang harus dibayarkan perbulannya sesuai hari dan tanggal yang telah ditentukan masing – masing.

Untuk proses pembayaran sendiri, JD ID telah menyediakan berbagai macam alternatif metode yang bisa kamu pilih sesuka hati. Berbagai metode tersebut menggunakan jaringan ATM, Alfamart, Indomart, bahkan via kantor pos. Pilihlah sesuai kebutuhanmu.

Nah beberapa keunggulan yang bisa sobat kosngosan dapatkan apabila memilih pengajuan kredit menggunakan layanan JD ID adalah, kamu diperkenankan untuk membayar cicilan pada bulan berikutnya meskipun barang sudah kamu terima sekarang.

Belum lagi prosesnya yang cukup cepat yaitu maksimal 3 hari kerja sehingga tidak heran banyak masyarakat yang memilih JD ID sebagai layanan pengajuan kredit yang cukup bisa diandalkan.

Baca juga : Cara Menambah Pinjaman ke Bank


Bagian Penutup

Melakukan kredit barang barang di e commerce memang menjadikan kamu memiliki barang tersebut dengan mudah. Apalagi syarat kredit di JD ID dan platfrom ecommerce lainya cukup mudah dibandingkan dengan mengurus kartu kredti di bank. Jadi apakah kamu akan memutuskan untuk kredit barang di e commerce?

Demikian pembahasan kosngosan.com mengenai Cara Kredit di JD ID dengan Berbagai Metode pembayaran. Semoga bermanfaat buat teman teman sekalian yang ingin membeli barang namun belum memiliki kemampuan untuk membelinya secara cash. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ya!

Oleh rezaharahap