Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT)

Apa saja kelebihan serta kekurangan dari jenis perusahaan PT? Istilah Perseroan Terbatas atau PeTe mungkin bukan hal yang baru bagi kamu. Di sekeliling kamu, kamu mungkin sudah melihat banyak PT yang berdiri. Tapi, apakah pengertian dari jenis badan usaha ini? Perseroan Terbatas atau disingkat PT merupakan suatu badan usaha yang modalnya merupakan saham atau bisa juga disebut persekutuan modal. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh sebuah PeTe biasanya berdasarkan pada perjanjian dan setiap pemilik saham di dalam sebuah perusahaan berhak menjual saham miliknya pada pihak lain.

Modal sebuah Perseroan Terbatas bisa berasal dari 3 sumber. Yang pertama adalah modal dasar. Modal dasar adalah modal dari perusahaan itu sendiri. Modal ini lah yang akan menentukan skala sebuah PeTe, apakah kecil, menengah, atau besar. Yang kedua adalah modal yang ditempatkan. Modal yang ditempatkan merupakan kemampuan para pemilik saham terkait jumlah saham yang mereka tanamkan. Dan yang terakhir adalah modal yang disetorkan. Modal ini merupakan modal yang disetorkan oleh para pemilik saham.

Layaknya seperti badan usaha lainnya, Perseroan Terbatas pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat kosngosan.com ketahui. Berikut akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas sebagai penambah wawasan kamu sebelum memutuskan untuk mendirikan atau bergabung ke sebuah PT.


Kelebihan Perseroan Terbatas

kelebihan kekurangan pt

Perseroan terbatas memiliki beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh jenis perusahaan lainnya. Hal ini yang menjadikan para pebisnis memilih untuk mendirikan usahanya dengan bentuk perseroan terbatas. Berikut beberapa keuntungannya

Baca juga : Contoh Perusahaan BUMD


1. Terjamin eksistensinya

Pemilik saham berhak penuh untuk menjual sahamnya kepada pihak lain. Hal ini lah yang membuat mungkinnya terjadi pergantian anggota dan pemimpin di sebuah PT tanpa harus membangun ulang perusahaan. Selain itu, PT merupakan bentuk badan hukum, sehingga eksistensi sebuah PT lebih terjamin, sekalipun pemimpin perusahaan berganti.


2. Mudah mendapatkan dana

Modal merupakan salah satu komponen penting dalam membangun sebuahh usaha. Tanpa modal, usaha yang sobat kosngosan rintis akan sangat sulit untuk dijalankan. Salah satu kelebihan PT yang berhubungan dengan modal adalah mudah mendapatkan dana sebagai sumber modal. Perseroan Terbatas hanya perlu mencari investor yang ingin menanamkan saham di dalam perusahaan mereka. Karena mudahnya mendapatkan dana, mudah pula untuk mengembangkan sebuah PT menjadi lebih besar.


3. Pembelian saham lebih mudah

Karena sistem modal dalam bentuk saham, modal dapat terus berjalan sekalipun saham telah dibeli pihak lain. Pembelian saham dari satu pihak oleh pihak lain cenderung mudah asalkan mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan perusahaan. Saat saham berpindah tangan, anggota PT berubah namun modal di dalamnya tetap ada.


4. Tanggungjawab terbatas

Jika kamu berniat mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, perlu kamu ketahui bahwa tanggungjawab seorang pendiri atau pemilik Perseroan Terbatas terbatas pada saham miliknya sendiri. Artinya, ia hanya bertanggungjawab atas saham yang dimilikinya, bukan saham milik orang lain.


5. Aset pribadi lebih aman

Jika terjadi kebangkrutan di masa mendatang yang menyebabkan perusahaan memiliki setumpuk hutang pada pihak ketiga, maka kerugian yang wajib ditanggung oleh seorang pemilik Perseroan Terbatas adalah sejumlah modal yang disetorkan. Harta dan aset pribadi tidak akan terganggu untuk melunasi hutang perusahaan.


6. Jangka waktu tak terbatas

Kamu tidak perlu khawatir mengenai sampai kapan sebuah Perseroan Terbatas dapat berjalan. Nyatanya, tidak ada waktu pasti yang akan menghentikan berjalannya sebuah Perseroan Terbatas. Sebagai seorang pendiri, kamu berhak menentukan jangka waktu Perseroan Terbatas kamu akan berdiri, apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibubarkan atau memiliki jangka waktu tak terbatas.


7. Tidak mudah bubar

Jika seorang direktur sebuah Perseroan terbatas meninggal dunia, perusahaan tetap akan berjalan sebagaimana mestinya. Kedudukannya akan ditempati oleh orang lain dan perusahaan tidak akan bubar.


8. Kesempatan bisnis yang luas

Membuka sebuah Perseroan Terbatas memberikan kamu kesempatan untuk berkembang secara maksimal. Kamu dapat memperluas bisnis yang kamu tekuni dengan cara membuka kantor cabang di berbagai daerah. Dengan mengembangkan bisnis seluas-luasnya, kamu pun sudah berkontribusi dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dengan cara menyediakan lowongan kerja.


9. Menambah kredibilitas

Kamu tentu akan terlihat lebih serius dalam menekuni bisnis yang sobat kosngosan jalani jika kamu memilih badan usaha ini. Hal ini pun akan meningkatkan kredibilitas kamu sebagai pebisnis. Selanjutnya, kredibilitas yang tinggi akan mempengaruhi perkembangan bisnis kamu. Alasannya sederhana, klien lebih percaya pada kamu karena perushaan kamu terlihat lebih profesional.


10. Harus berbentuk badan hukum

Tentu saja badan usaha yang berbadan hukum akan lebih aman karena dijalankan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum kamu memilih badan usaha seperti apa yang ingin kamu dirikan, ada baiknya kamu menelisik kembali apakah bidang yang kamu pilih harus dibentuk berbadan hukum. Contoh bidang yang harus didirikan menjadi badan hukum adalah bank, pelaksana P2P Lending, dan penyelenggara outsourcing.


11. Lebih aman dan profesional

Apabila dibandingkan dengan jenis perusahaan seperti CV atau UMKM, perseroan terbatas memiliki kelebihan dimana struktur organisasinya lebih kokoh, lebih aman dari gangguan internal maupun eksternal dan juga perusahaannya dinilai lebih profesional


Kekurangan Perseroan Terbatas

Ada kelebihan tentu saja ada juga kekurangannya. Para pengusaha seperti sobat kosngosan, yang hendak memulai bisnisnya dengan membangun perseroan terbatas harus mengetahui beberapa kelemahan dari jenis perusahaan ini diantaranya adalah sebagai berikut


1. Terkesan lebih sulit

Banyak orang masih ragu untuk mendirikan sebuah Perseroan Terbatas karena prosedur yang harus dilalui terkesan sulit. Saat kamu hendak mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, kamu perlu mengurus izin usaha yang cukup banyak.


2. Susah untuk dibubarkan

Mungkin, poin ini akan terdengar seperti kelebihan. Namun, jika kita melihat dari sudut pandang lain, hal ini dapat menjadi kelemahan sebuah PT. Jika kamu hendak membuarkan sebuah Perseroan Terbatas yang sudah kamu dirikan, kamu harus mengikuti prosedur pembubaran PT yang telah ditentukan dalam Undang-Undang. Kewajiban PT berupa pajak harus dipastikan sudah lunas sebelum pembubaran dilaksanakan.


3. Membutuhkan Modal besar

Sebuah Perseroan Terbatas memerlukan modal yang banyak untuk dapat berjalan. Memang mengumpulkan modal terkesan mudah karena yang perlu dilakukan adalah hanya mencari investor. Namun, perlu diingat bahwa terkadang modal sangat besar dan investor yang dapat ditemukan hanya sedikit. Maka, kamu harus mempertimbangkan semuanya matang-matang sebelum mendirikan sebuah PT.


4. Ketentuan pajak berlaku

Perusahaan yang berbentuk PT wajib membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tidak sampai disitu, laba bersih yang dibagikan kepada para pemegang saham pun terkena pajak. Sehingga bisa dikatakan, pajak yang ditanggung perusahaan berbentuk PT dan orang-orang di dalamnya cukup besar.


5. Kurang menjaga rahasia perusahaan

Segala hal yang berkaitan dengan kegiatan usaha dan aktivitas dalam sebuah Perseroan Terbatas harus dilaporkan pada para pemilik saham. Hal ini menjadikan kurang terjaganya rahasia perusahaan yang menyangkut segala hal yang menyebabkan keuntungan besar, dan sebagainya.


6. Kemungkinan nepotisme

Pemimpin dipilih langsung oleh para pemegang saham. Hal ini menyebabkan ada kemungkinan nepotisme dalam perusahaan. Kemungkinan para pemegang saham memilih pemimpin tertentu untuk memenuhi keuntungan pribadinya dan pemimpin yang dipilih cukup besar. Bahkan segala hal yang berbau nepotisme memiliki kemungkinan untuk terjadi.


7. Keuntungan dibagi

Jika kamu mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, kamu harus siap untuk membagi laba bersih dengan seluruh pemegang saham. Jika kamu ingin mendapatkan sebagian besar dari laba perusahaan, Perseroan Terbatas bukan pilihan kamu untuk didirikan.


8. Pemegang saham tidak terlalu peduli

Tanggungjawab seorang pemegang saham terbatas hanya pada saham yang dimilikinya. Hal ini menyebabkan seorang pemegang saham cenderung tidak peduli bagaimana perusahaan dijalankan. Mereka hanya berpusat pada laba yang didapatkan dan melepas saham yang dimiliki jika terjadi kebangkrutan.


9. Pembatasan harta kepemilikan

Pemilik modal tidak dapat menggunakan sahamnya untuk kepentingan di luar PT. Hal ini disebabkan oleh badan usaha ini yang berbadan hukum, sehingga segalanya sudah diatur. Jadi sobat kosngosan harus berpikir dua kali sebelum mendirikan PT


10. Mengundang konflik

Pada momen tertentu, bukan tidak mungkin pemilik saham akan menganggap perusahaan merahasiakan laba bersih yang diperoleh perusahaan demi menekan jumlah laba yang akan dibagikan kepada para pemilik saham. Ketidakpercayaan antara perusahaan dan pemegang saham hanya akan memancing konflik dan tidak akan berujung baik.


11. Perizinan yang Kompleks

Seperti yang telah kita ketahui dalam mendirikan perseroan terbatas tidak bisa langsung serta-merta atau secara instan proses pendiriannya. Dibutuhkan berbagai tahapan atau izin legalitas yang yang sangat melelahkan untuk mendirikan suatu perseroan terbatas. Setidaknya ini lebih sulit dibandingkan jenis perusahaan lain seperti CV atau UMKM

Baca juga : Contoh Barang Industri


Kata Penutup

Salah satu jenis perusahaan yaitu perseroan terbatas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung bagaimana pemodal atau investor mengelola perusahaan tersebut, maka suatu PT akan bisa berhasil atau gagal

Demikian beberapa rincian atau materi dari kosngosan.com yang mungkin bisa menambah pengetahuanmu mengenai jenis perusahaan yang bernama perseroan terbatas. Apabila merasa bermanfaat silahkan Klik tombol share dan bagikan ke teman-temanmu yang ada di sosial media lainnya

Oleh rezaharahap