Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Belajar Baca Alquran Otodidak bagi Pemula

Apakah kamu ingin belajar membaca quran sendiri? Untuk bisa belajar kitab suci umat islam ini, maka kamu harus belajar terlebih dahulu bahasa Arab. Karena quran sendiri menggunakan bahasa Arab. Alasan pentingnya belajar baca al-quran adalah karena ini menjadi kewajiban bagi setiap muslim, bernilai ibadah dan akan diganjar dengan pahala yang besar. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa tips buat kalian yang ingin menguasai baca quran dengan cepat tanpa harus melibatkan orang lain untuk dijadikan guru.

Baca quran juga tidak hanya sekeder mengucapkan huruf demi huruf. Ada tajwid (grammar) nya, harakat-nya, dan juga serangkaian teknik lain yang menjadi kesatuan dan tak terpisahkan. Tidak masalah bagi kamu yang belajar dari nol, yang penting ada kesungguhan untuk belajar.

Beberapa dalil tentang pentingnya belajar quran dan bahasa arab, yaitu ada di dalam quran itu sendiri, sebagaimana yang termaktub dalam beberapa ayat berikut ini :

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, supaya engkau memahaminya" (Yusuf:02)

بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

"Dengan bahasa Arab yang jelas"(Asy-Syu’ara:195)

لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ وَهَذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ

"Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa ‘Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang" (An-Nahl:103)

cara belajar quran otodidak

Cara Belajar Baca Alquran Sendiri dengan Mudah

Baiklah langsung saja kita akan bahas mengenai beberapa langkah sederhana buat kamu yang ingin belajar baca quran secara otodidak atau sendiri. Tentu saja saran dari mimin dibawah ini tidak selalu cocok denganmu. Jadi kamu hanya bisa menyesuaikan saran yang paling tepat saja menurut mu :

Baca juga : Kumpulan Kisah dalam Quran untuk Bahan Cerita Anak


1. Mempelajari tujuan awal belajar baca alquran

Cara mudah membaca al quran adalah dengan belajar huruf hijaiyah terlebih dahulu. Huruf arab yang digunakan dalam alquran harus wajib kamu ketahui, seperti bahasa Indonesia dan english yang menggunakan huruf alphabet.

Ketahui terlebih dahulu mengenai manfaat menguasai bahasa arap itu seperti apa. Dengan mengetahui kelebihan yang kamu dapatkan, maka semangat dan motivasi untuk mempelajarinya pastinya semakin bertambah


2. Konsisten dalam belajar

Kamu akan mempertahankan keinginan untuk belajar tersebut sesibuk apapun kamu. Misalnya kamu seorang pelajar, menjaga konsistensi belajar membaca quran setiap harinya sangatlah penting.

Karena Konsistensi merupakan kunci sukses biar kamu dapat membacanya dengan cepat. Berbeda hasilnya bila kamu belajar rutin 1 jam setiap hari, ketimbang kamu belajar 5 jam tapi sekali seminggu.


3. Menghafal dan menguasai huruf Hijaiyah

Untuk bisa menguasai bahasa arab yang terkandung didalam quran, maka kamu sangat perlu untuk mengetahui dasar nya apa saja. Tentu saja hal pertama yang perlu dan harus kamu kuasai adalah huruf HIJAIYAH quran yang berjumlah 29 karakter. Hapalkan dahulu itu, bedakan pengucapannya, lafadz-nya


4. Mempelajari tanda baca quran

Ibaratnya buku yang punya titik, koma, tanda seru dan sebagainya, quran sebagai kitab mulia juga punya tanda bacanya tersendiri yang disebut harakat.

Tanda baca tersebut seperti fatha, dammah, kasrah, dan lainnya. Dengan mempelajarinya, maka kamu akan bisa tahu cara membaca quran dengan bunyinya.


5. Menguasai hukum tajwid

Ini sangat penting, karena quran adalah kitab yang memiliki bahasa indah dengan teknik pengucapan tidak sembarangan. Tajwid adalah teknik mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat yang dimilikinya.

Misalnya seperti idzhar, idgham, iqlab, mad lazim, dan sebagainya. Setelah menguasainya, sobat kosngosan juga harus mempraktikannya supaya bisa menguasai cara membaca quran dengan baik dan sempurna.


6. Mengikuti program khusus belajar cepat

Sebenarnya banyak orang yang belajar dan menguasai membaca alquran secara mandiri dan banyak juga yang harus berguru atau mencari tempat pembelajaran. Kamu harus tahu, belajar sendiri tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami dan menguasainya.

Kamu bisa belajar sendiri, namun bisa mencoba untuk mengikuti privat bahasa arab supaya proses pembelajaran lebih sistematis, efektif dan efisien. Nantinya kamu hanya perlu belajar mandiri ketika dirumah, sementara proses belajar dengan guru akan lebih terencana.

Tentu saja kelebihan lain yang kamu dapatkan adalah adanya materi pembelajaran yang telah dikelompokan berdasarkan tingkat kesulitan, latihan-latihan yang disusun dengan baik, yang membuatmu akan lebih mudah mempelajari setiap huruf, tajwid dan lainnya.

Salah satu pilihan adalah dengan mengikuti kursus online yang merupakan salah satu metode sukses belajar quran bagi mereka yang sibuk atau tidak memungkinkan mengikuti kursus secara langsung ke rumah guru mengaji.


7. Rajin berlatih membaca

Cara mudah belajar baca alquran seterusnya adalah banyak latihan membaca. Kamu pastinya tahu dengan buku iqro, bukan? Kamu bisa belajar membaca dari awal dengan membaca buku iqro.

Dengan banyak membaca, maka bahasa yang biasa digunakan baik ejaan maupun tata bahasa akan terekam dalam benak juga terbiasa sobat kosngosan ucapkan.


8. Rajin berlatih menulis

Tidak hanya membaca bahasa arab saja yang penting, untuk dapat memahami quran, kamu juga harus belajar menulis. Menulis menjadi salah satu cara yang tepat untuk daapt menguasai bahasa yang ada didalam al quran secara efektif. Cara ini dinilai dapat meningkatkan kemampuan membaca al quran.

Kosakata al quran yang telah dilihat akan dibuat lebih melekat dengan menulisnya kembali secara berulang. Kamu melihat, lalu menuliskannya, lalu mengucapkannya. Lakukan hal ini secara konsisten, niscaya proses keberhasilannya akan semakin cepat.


9. Rajin berlatih mendengar

Sebelum tahap pengucapan tentunya harus didahului dengan mendengarkan baca al quran. Mendengarkan bagaimana cara mengucapkan dan menirukannya dapat dilakukan dengan cara mendengarkan penutur aslinya yang bisa kamu dapatkan dari berbagai media audio visual.

Ulangi terus dan tirukan cara tersebut, kamu bisa merekam suara mu saat mengucapkan apakah sudah mirip atau belum. Bila belum mirip, dengarkan lagi, dan tirukan lagi sampai mendekati sempurna. Kamu harus tahu bahwa belajar quran tidak hanya membaca, tetapi juga menulis, mendengarkan, dan mengucapkan. Semuanya akan saling berhubungan antara satu sama lain


10. Menambah kosakata dan mengaplikasikannya

Mempelajari bahasa quran berarti kamu juga harus mempelajari kosakata yang sering tertulis didalamnya. Dengan mempelajari kosakatanya, maka kamu akan mudah membaca quran tanpa membaca huruf per huruf. Ini adalah cara yang menyenangkan. Terus mengulang dan berlatih, dengan membaca kembali juga dengan menggunakannya dalam kesempatan kosong


11. Ikut gabung komunitas belajar quran

Walaupun kamu ingin belajar secara otodidak, kamu tetap perlu adanya sebuah komunitas. Karena hal ini akan sangat memudahkan sobat kosngosan dalam melatih kemampuan membaca al quran mu. Adanya komunitas dan teman belajar akan membantumu dalam mengkoreksi dan memberikan semangat dalam proses belajar setiap harinya.


12. Temukan cara belajar versimu sendiri

Kenapa kamu bisa malas belajar baca quran? kenapa kamu sudah belajar tapi tak lama kemudian kamu lupa dengan apa yang sudah di pelajari? Seperti yang sudah mimin sebutkan tadi pada bagian sebelumnya, yaitu cara belajar yang salah.

Orang ornag yang sudah punya cara belajarnya sendiri, maka mereka cenderung cepat dan lebih banyak dalam memahami materi yang akan dia pelajari bahkan dalam waktu yang relatif singkat. Bagaimana cara menemukan cara belajar versi kamu sendiri?

Pahami dirimu sendiri, kamu lebih bagus menerima materi dalam bentuk apa? Apakah mendengarkan murattal, langsung praktek dengan menulis, praktek langsung mengaji, mendengarkan ditambah mengaji langsung

Atau dengan kombinasi ketiganya atau tipe yang mana, terserah yang bisa membuatmu nyaman dan enjoy. Misalnya kamu punya cara belajar dengan berpura-pura menjadi qori atau qoriah di depan kelas, dengan begitu bisa lebih cepat paham.


13. Belajar dari buku iqro

Kamu pasti tahu buku iqro, bukan? Ini adalah buku teks yang dibuat oleh komunitas Muslim dari negara Indonesia dan Malaysia yang bertujuan untuk media belajar membaca huruf-huruf Arab dan melafalkan bahasa tersebut.

Buku ini manfaatnya bagi pemula sangatlah banyak. Sebagai batu loncatan awal untuk dapat membaca Quran dalam bahasa aslinya dan juga keterampilan dalam membaca Quran dimulai dari Iqro ini.

Jadi walaupun kamu sudah besar, jangan malu untuk membeli buku ini. Karena biasanya buku ini dipelajari oleh anak TK sampai awal sekolah dasar, tapi bagi kamu yang ingin belajar dari awal tidak salahnya, bukan?


14. Mulailah dari surah pendek

Terakhir yang bisa mimin kosngosan sampaikan adalah dengan mulai dari surah pendek terlebih dahulu. Dalam quran, terdahap juz amma, dimana itu adalah bagian terakhir dari quran yang punya surah surah pendek yang biasanya sering dipelajari, dan dihapal oleh anak kecil.

Pada awal pembelajaran, maka kamu seharusnya memilih dari dari surah pendek tersebut. Apabila sudah mulai lancar membaca surah pendek tersebut, barulah kamu mulai mencoba dengan surat yang panjang. Jangan lupakan membaca dengan tartil, yaitu dengan pelan namun pasti.

Baca juga : Cara Membuka Tabungan Haji


Kata Akhir

Mempelajari bahasa arab, yang notabene merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab Al quran memang menjadi kewajiban bagi kita umat muslim. Tidak hanya itu, belajar bahasa quran adalah bentuk upaya kita dalam mempelajari agama lebih baik lagi, tentu saja dalam sisi agama akan dinilai sebagai ibadah yang diganjar pahala

Semoga saja dengan mengikuti beberapa tips diatas, bisa bermanfaat dan juga menjadi referensi buat teman teman kosngosan.com sekalian. Semoga kita bisa membaca quran dengan baik, benar dan sesuai aturan yang berlaku. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke teman teman sosial media mu ya! Terimakasih sudah berkunjung

Oleh rezaharahap