Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Wirausaha yg Terinspirasi dari Gagasan Orang Lain

Sebutkan contoh wirausaha yang terinspirasi dari gagasan orang lain! Kalau kamu ditanya mengenai hal tersebut, maka ada banyak sekali rule model dari para entrepreneur indonesia. Contoh wirausaha sukses tidak hanya berasal dari luar negeri, karena orang Indonesia sendiri sudah bisa menciptakan bisnis besar yang bermanfaat. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan memberikan pembahasan lebih detailnya kepada kalian.

Mendapatkan contoh wirausaha bisa saja didapatkan di sekitar tempat tinggalmu, baik dibidang usaha industri, mengolah kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, bidang sosial, produk rekayasa sistem teknik dan lainnya.

contoh wirausaha gagasan orang lain


Contoh Ide Entrepreneur Sukses dari Orang Lain

Baiklah, langsung saja mimin kosngosan.com akan bahas mengenai beberapa ide bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dari orang orang yang sudah terbukti dalam menjalankan usaha tersebut. Mereka juga memulai dari nol, mengembangkan bisnis nya dari awal hingga menikmati hasil akhirnya seperti sekarang ini. Penasaran? yuk check these out!

Baca juga : Contoh Kredit Tanpa Agunan untuk Buka Usaha


1. Saptuari Sugiharto

Seorang lulusan UGM tahun 1998. Saptuari memulai usahanya dari menjaga koperasi sekolah dengan berjualan stiker, ayam kampung hingga menjadi sales tekomsel pada waktu itu. Hingga ahirnya Saptuari terinspirasi dengan membuka usaha marchandise.

Sapuari membuka kedai digital dan memulai usahanya dengan membuat mug, gantungan kunci, kaos, pin, foto, banner dan lainnya sebagai cindera mata yang bisa di modifikasi dengan hiasan atau nama sesuai keinginan.

Pada tahun pertama usaha Saptuari berhasil mendapatkan penghasilan dari penjualan marchandisenya sebesar 400 jt hingga ahirnya menembus 1.5 Miliar dengan seiring bertambahnya cabang kedai digital miliknya.


2. Chairul Tanjung

Seorang pengusaha sukses Indonesia yang terkenal se - mancanegara. Chairul Tanjung yang kisah hidupnya menjadi inspirasi banyak orang dan dijadikan panutan oleh pengusaha – pengusaha muda. Chairul Tanjung awalnya memulai berwirausah dengan menjual kaos, buku dan membuka jasa fotokopi. Chairul Tanjung juga pernah menjual alat – alat kedokteran dan laboratorium di masa kuliahnya.

Namun usaha tersebut bangkrut. Ahirnya Chairul mengajak teman – temannya menjadi rekan bisnis dan membuat bisnis baru yaitu ekspor sepatu anak – anak di bawah naungan PT Parairti Shindutama. Dengan sejumlah bantuan pinjaman dari bank Chairul dan teman – temannya pernah mendapat sejumlah pesanan besar dari Italia.

Namun seiring berjalannya waktu, Chairul ahirnya berhenti dari bisnis tersebut dan membuka usaha sendiri. Hingga ahirnya kini dia menjadi pengusaha sukses yang memiliki CT Crop dan di bawahnya ada anak perusahaan CT Global Resources, Trans Crop, dan juga bank mega. Selain itu dia juga memiliki bisnis restoran, asuransi travel dan kebun kelapa sawit. Jadi sobat kosngosan bisa ambil pelajaran apa nih dari si anak singkong ini?


3. James Prananto

Pria lulusan Northeastern University ini pernah membuka kedai Teh lewis and carroll tea pada tahun 2015. Dimana James dan ibunya terinspirasi dari toko teh boston di Amerika serikat. Tahun 2017 James Prananto membuka usaha berupa kopi kenangan.

James membuka gerai kopinya di Menara Standard Charted Jakarta selatan. James terinspirasi dari banyaknya pecinta kopi yang belum banyak menyediakan kopi dengan kualitas mewah namun harga ramah.

Dengan modal 150 juta James dan temannya dapat membuka gerai kopi kenangan yang sekarang sudah ada di beberapa tempat. Tahun 2020 James Prananto memiliki 83 cabang kopi kenangan.


4. Dea Valencia

Pengusaha wanita muda sukses di bidang fashion. Dea lulus di sebuah universitas Multimedia Nusantara dan mengawali usaha penjualan batik uniknya yang diberikan nama batik kultur pada semester 3 di masa kuliahnya.

Namanya mulai dikenal ketika Dea mulai mengeluarkan fashion berupa batik kultur dan mempekerjakan orang disfabel untuk usahanya. Dimana pembuatan desain batik yang unik dan tren ini memiliki banyak peminat yang sangat banyak.


5. Rachel vennya

Sobat kosngosan yang aktif di instagram pasti kenal dengan selebgram yang satu ini, bukan? Seorang pengusaha sukses muda dan sekaligus seorang ibu rumah tangga ini memulai usahanya dari menjual jamu pelangsing yang diracik langsung oleh ibunya. 

Jamu pelangsing ini sangat diminati oleh banyak teman Rachel. Kini Rachel memiliki banyak usaha berupa bisnis clothing line, restoran dan kuliner di beberapa tempat.


6.Achmad Zaky

CEO dari market place buka lapak ini lulusan ITB program studi teknik informatika pada tahun 2004 lalu. Bukalapak pertama kali didirikan oleh Zaky pada tahun 2011 dan mengajak beberapa pedagang untuk bergabung di market place buka lapak yang dia buka.

Sehingga ahirnya banyak investor yang tertarik dan memberikan investasi untuk market placenya. Pada tahun 2018 Zaky berhasil membawa buka lapak menjadi urutan ke 4 yang meraih gelar unicorn. Karena memiliki valuasi sebesar 1 Miliar dolar AS atau 14.2 triliun.


7. Ferry unardi

Seorang pengusaha sukses pendiri traveloka. Berupa jasa travel, dan sekarang berkembang menjadi jasa pembayaran tagihan air, istrik dan pembayaran lainnya.

Ferry lulusan S1 universitas Purdue jurusan Computer Science dan Engineering. Sebelumnya Ferry pernah bekerja di sebuah perusahaan software engineering, namun mengundurkan diri dan berhasil mengembangkan usaha traveloka.


8. Nadiem Makarim

Seorang pengusaha sukses dengan adanya usaha ojek online yang disebut dengan gojek. Pada tahun 2011 Nadiem mendirikan jasa transportasi ojek online dengan mendirikan PT gojek Indonesia. Dengan 10 ribu ojek yang bergabung di perusahaannya.

Nadim terinspirasi membuat aplikasi gojek karena banyaknya supir ojek yang hanya menunggu datangnya penumpang. Hingga ahirnya dia pun membuat aplikasi yang dapat menghubungkan supir ojek dengan penumpang atau pengguna. Kini pengguna aplikasi Gojek sudah mencapai 400 ribu. Wah keren ya sobat kosngosan!


9. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono

Kisah pengusaha muda sukses ini banyak dijadikan inspirasi oleh pemuda dan wanita di Indonesia. Awalnya izin untuk membuka perusahaan taksi tidak lah mudah. Namun dengan kerja keras dan usaha Mutiara ahirnya usahanya untuk membuka perusahaan taksi dapat diizinkan.

Hingga ahirnya Mutiara memberikan nama perusahaan takasinya dengan nama blue bird. Yang menjadi inspirasinya ketika tinggal di belanda dulu. Pebisnis sukses wanita ini berhasil mendirikan perusahaan taksi blue bird yang sekarang sudah menyebar luas ke seluruh daerah di Indonesia. Pada tahun 2019 sebanyak 13.000 armada taksi blue bird tersebar di seluruh daerah di Indonesia.


10. Nurhayati Subakat

Sorang ahli farmasi lulusan ITB ini sebelumnya pernah memiliki beberapa usaha home Industri yaitu membuat sampo dengan merk Putri, usahanya sukses dan produknya terkenal di beberapa salon di Jakarta, namun setelah 5 tahun pabriknya terbakar.

Pada tahun 1995 berikutnya Nurhayati membuat inovasi baru dari sebuah produk kecantikan dengan label halal yang dikenal dengan nama wardah. Kini produk ini merupakan salah satu produk kecantikan terbesar yang sudah tersebar di Indonesia hingga Malaysia.

Pengusaha sukses wanita yang sekarang produknya digunakan oleh artis – artis sebagai brand ambassador. Wardah adalah salah satu produk Nurhayati di bawah badan hukum PT Paragon Technologi and Innovation.


11. Ali Muharam

Seorang pebisnis sukses lulusan Sekolah Menengah Atas itu pernah bergelut dengan macam – macam rutinitas seperti membuka warung makan di kantin sebuah bank sampai bekerja di sebuah toko baju. Dengan modal yang dipinjamkan oleh seorang teman Ali bisa membuat usaha macaroni ngehe di sebuah toko yang dia bayar perbulan.

Dengan kegigihan usahanya selama delapan bulan Ali mampu mengembalikan modal usaha awalnya sebesar 20 juta. Kini dia sudah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi 400 orang dari setiap toko dan cabang yang dia miliki.


12. Tjie Tjin Hoan

Tjin Tjin Hoan atau lebih akrab di panggil Ciputra, pengusaaha sukses lulusan ITB jurusan arsitektur ini bersama beberapa rekannya mendirikan bisnis di bawah naungan PT. Daya Cipta yang bergerak di bidang jasa Architect Consultation.

Ciputra berhasil membangun pusat perbelanjaan di Jakarta, selain itu dia juga berhasil membangun kota mandiri bintaro jaya dan pembangunan besar lainnya seperti taman impian jaya ancol.


13. Kuncarsono prasetyo

Usaha dengan brand sawoong ini dia kembangkan dengan resign dari pekerjaannya sebagai wartawan harian surya Surabaya. Kini sawoong sudah memiliki 24 karyawan dengan mengembangkan produk berupa mug, pin, jaket, kemeja, tumbler, tas dan lainnya.


14. Jogi HendraAtmadja

Seorang pengusaha kaya di Indonesia yang menjabat sebagai kepala mayora group, dimana mayora group merupakan perusahaan pengolah makanan ringan terbesar di Indonesia. Contohnya yaitu berupa biskuit, permen, sereal dan makanan ringan lainnya. Kini mayora group ini tersebar lebih dari 90 negara di dunia.


15. Husain Djojonegoro

Pada awalnya Husain dan adiknya Pudjiono mengelola usaha yang di bidang makanan dan minuman yang dinaungi oleh ABC group. Namun lambat laun Husain dan adiknya mulai mengembangkan produk ABC Group berupa barang, dan mulai dikenal sampai seluruh lapisan masyarakat Indonesia saat ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan tertua di Indonesia.

Baca juga : Sumber Peluang Usaha dan Bisnis


Kata Penutup

Dunia entrepreneurship memang luas. Apabila kamu masih bingung hendak menentukan potensi usahamu kedepan seperti apa, maka kamu bisa meniru dari orang orang yang telah sukses dibidangnya masing masing. Tidak ada yang salah, kamu hanya berinovasi dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu masing masing

Demikian penjelasan dari mimin kosngosan.com mengenai entrepreneurship dan cara mencari inspirasi model usaha seperti apa. Semoga bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jangan lupa untuk share, bagikan dan juga sampaikan kepada teman mu yang lain melalui tombol dibawah, ke sosial media masing masing ya!

Oleh rezaharahap