Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Sumber Peluang Usaha Eksternal dan Internal berbagai Faktor

Apa saja sumber peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan usaha saat ini? Suatu peluang dapat dikatakan sebagai kesempatan yang datang karena adanya suatu momen peristiwa. Oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa peluang tidak datang dua kali, sehingga ketika dia datang dari diri sendiri atau orang lain, kita harus bisa memanfaatkan dan mengambil keputusan terbaik. Karena menjadi seorang wirausahawan, harus menjadikan sobat kosngosan harus pkamui dalam memanajemen peluang usaha yang ada di sekitar.

Hal ini dikarenakan peluang usaha bisa berasal dari dalam (internal) dan bisa juga berasal dari luar (eksternal).Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah kesempatan usaha yang berasal dari luar lingkungan bisnismu

Sementara sumber peluang usaha dari faktor internal adalah kesempatan usaha yang berasal dari dalam lingkungan bisnismu. Jadi kalau ada yang bertanya, "sebutkan sumber sumber peluang usaha", maka seharusnya kalian sudah bisa menjawabnya dengan membaca artikel dibawah.

Sumber sumber peluang usaha bisa diciptakan sendiri, dan juga bisa berasal dari kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di sekitar kita. Kamu bisaa menjelaskan mengenai perubahan gaya hidup sebagai salah satu sumber peluang usaha. Oleh karena itu sebelum memutuskan memulai suatu bisnis, kamu harus pkamui dalam membaca peluang yang ada disekitarmu.


A. Sumber Sumber Peluang Usaha yang Berasal dari Faktor Internal

Sumber peluang usaha internal berasal dari diri sendiri dengan adanya beberapa faktor. Berikut beberapa sumber peluang usaha yang didapat secara internal (dari dalam) yang dapat sobat kosngosan terapkan, yaitu sebagai berikut :

Baca juga : Tips Menjadi Sales Marketing yang Hebat


1. Pengalaman dari diri Sendiri

Beberapa pengalaman merupakan guru terbaik. Sehingga pengalaman biasanya menjadi sumber usaha paling penting. Sehingga kamu bisa mempelajari kesalahan – kesalahan kamu sebelumnya untuk sebuah peluang usaha. Kamu bisa mencari peluang usaha dari pengalaman yang pernah kamu lalui atau bisa jadi dari pengalaman teman, kerabat atau orang tua kamu.


2. Pengetahuan yang dimiliki dari proses belajar

sumber peluang usaha eksternal internal

Pengetahuan yang kamu miliki merupakan salah satu sumber usaha terdekat yang ada, karena pengetahuan setiap orang tentang berbisnis dan teknik – teknik berbisnis lainnya akan berbeda, sehingga mengembangkan pengetahuan kamu untuk peluang usaha akan sangat menjanjikan.

Misalkan sobat kosngosan jago dalam pembuatan website, kamu bisa menggunakan pengetahuan kamu tersebut sebagai sumber peluang usaha kamu. Atau kamu jago dalam programmer kamu bisa melakukan bisnis penjualan software dan lainnya.


3. Keahlian dalam usaha tertentu 

Contoh tokoh dalam usahanya yang tidak pantang menyerah sekaligus ahli dalam matematika yaitu seorang Larry page dan Sergey brin. Kedua tokoh ini merupakan contoh yang tepat untuk menggambarkan point bagian ini yaitu dimana mereka menerapkan keahlian mereka masing – masing.

Keahlian yang mereka miliki dijadikan sebagai sumber peluang usaha yang hebat, dimana mereka dapat menciptakan sebuah mesin pencarian di internet yang baik dan terkenal, yang sering kita gunakan saat ini yaitu Google. Contoh lain misalkan kamu ahli dalam bahasi asing, kamu bisa membuka layanan untuk jasa penerjemah. Peluang usaha ini bisa dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan bagi kamu.


4. Hobi atau passion yang disukai

Hobi, selain menyenangkan jika kita mengerjakannya, hobi juga memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Melakukan bisnis atau usaha apa saja dengan berdasarkan hobi atau passion kamu akan membuat kamu tidak mudah menyerah dalam menjalankan bisnis tersebut. Karena memang sesunggguhnya, kamu suka dengan hal tersebut.


5. Sumber daya atau kreatifitas 

Sumber daya kreatifitas merupakan sumber peluang usaha yang marak saat ini. Aspek terpenting dalam menjalankan usaha, dimana kesiapan sumber daya manusia di sini diperlukan untuk proses pembuatan usaha yang bagus dengan memikirkan sumber pemasaran yang inovatif yaitu kamu harus memiliki kreatifitas untuk menjalankannya.

Pada point ini kamu bisa mengkreasikan sebuah produk yang berkualitas tinggi dengan modal yang rendah dan menekan harga pemasaran. Usaha ini merupakan bisnis yang menjanjikan jika kamu bisa tepat sasaran.


6. Latar belakang pendidikan

Ambil saja contoh jika kamu adalah seorang dari lulusan teknik mesin. Maka kamu bisa saja membuka bengkel. Dimana bengkel yang kamu buka dikreasikan dengan adanya beberapa toko kerajinan atau lainnya. Kamu bisa mendapatkan sumber peluang usaha dari permasalahan di lapangan saat ini atau dari kesulitan yang kamu hadapi dengan memanfaatkan ijazah kamu.


7. Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan di sekitar rumah dapat dijadikan sumber peluang usaha jika sobat kosngosan dapat mengamati permasalahan yang ada menjadi sebuah peluang yang hebat. Seperti contoh misalkan permasalahan sampah yang menggunung belum bisa di atasi saat ini, kamu bisa menjadikan masalah sampah plastik ini sebagai sebuah peluang usaha.

Dimana kamu bisa bekerja sama dengan bank sampah terdekat di rumah kamu kemudian kamu bisa mengkoordinir ibu – ibu di setiap rumah untuk mengumpulkan plastik bekas yang sudah bersih untuk dijual kepada kamu. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun kamu juga bisa membantu bumi kita untuk mengurangi sampah plastik yang menggunung dimana – dimana.


8. Memanfaatkan adanya informasi sekitar

Peluang usaha biasanya berasal dari informasi – informasi yang kamu dapatkan, misalkan seperti beberapa informasi tentang produk dan jasa yang digunakan oleh masyarakat di satu tempat ternyata memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di tempat kamu

Sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk memasarkan produk atau jasa kamu dengan harg miring, sehingga konsumen pasti akan melirik kamu untuk harga murah tersebut.


9. Peluang dari perubahan di zaman sekarang

Kebutuhan setiap orang akan terus berubah – ubah di setiap pergantian musim, atau bahkan mungkin berubah di setiap bulannya. Bisa jadi di setiap daerah pun kebutuhan orang berbeda – beda dengan di daearah tempat kamu tinggal. Sehingga kamu bisa saja mengambil peluang tersebut untuk dijadikan peluang usaha.


10. Peluang dari ide orang terdekat

Pemahaman seseorang terhadap sesuatu atau situasi kondisi akan berbeda – beda, sehingga kamu bisa saja meminta pendapat atau ide teman, kerabat atau keluarga kamu untuk menilai rencana kamu akan seperti apa nantinya. Dengan melibatkan orang terdekat, sumber peluang usaha kamu akan semakin baik.


B. Sumber Peluang Usaha yang Berasal dari Faktor Eksternal

Setelah membahas mengenai sumber peluang usaha secara internal, saat nya membahas sumber peluang secara eksternal. Berikut merupakan beberapa sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang bisa sobat kosngosan terapkan dalam kehidupan sehari hari, yaitu sebagai berikut :


1. Masalah atau Fenomena di sekitar

Masalah di sekitar kita merupakan sumber peluang usaha yang sering digunakan oleh beberapa pengusaha terkenal. Misalkan saja saat ini limbah air sabun dari setiap rumah tangga menyebabkan masalah serius seperti tercemarnya sungai, sulitnya tanah dalam menyerap air limbah, sehingga kamu berinisiatif untuk membuat biofilter atau alat yang bisa digunakan untuk mengurangi adanya limbah rumah tangga.


2. Permintaan pasar yang Beragam 

Kamu bisa memanfaatkan permintaan pasar menjadi sumber peluang usaha yang menguntungkan dengan minimnya kerugian. Hal ini terjadi karena kamu memiliki produk yang banyak diminati di pasar, sehingga kamu yang akan didatangi oleh pembeli bukan mencari pembeli.


3. Kondisi lingkungan Sekitar 

Sumber peluang usaha dari point ini bisa kamu amati dan bisa kamu jadikan peluang usaha dengan mencari harga terendah dengan kualitas yang sama dari suatu produk. Sehingga kamu bisa pasarkan di lingkungan kamu dengan menurunkan sedikit harga dari umumnya.


4. Peluang dari pendapat atau komentar orang lain

Pendapat atau komentar orang lain kepada kamu bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha yang baik. Dimana komentar sesorang bisa jadi ide brilian jika kamu bisa mengembangkan komentar tersebut menjadi sebuah produk baru yang inovatif.


5. Kebutuhan yang belum Terpenuhi 

Kebutuhan itu adalah suatu produk atau jasa yang harus terpenuhi dan harus ada setiap harinya. Misalkan di tempat sobat kosngosan belum ada market yang menyediakan perlengkapan – perlengkapan sehari – hari seperti sembako dan alat lainnya.

Kamu bisa saja mengajak keluarga atau kawan kamu untuk menyediakan modal bersama. Membuat market serba ada yang menyediakan kebutuhan masyarakat setiap harinya. Pelunag usaha ini sangat menjanjikan bagi kamu yang benar - benar tekun melakukannya.


6. Menciptakan hal Baru dari yang Sudah Ad

Kamu harus mencari – cari sesuatu yang tidak umum di daerah kamu. Sehingga kamu bisa mendapatkan peluang usaha dengan menciptakan hal baru yang sebelumnya belum pernah ada di daerah atau lingkungan kamu. Poin ini bisa menjadi peluang usaha baru bagi kamu.


7. Peluang dari permasalahan Setiap Harinya

Sumber peluang usaha ini bisa saja kamu dapatkan dari permasalahan setiap harinya di rumah kamu, atau di tempat keluarga kamu. Sehingga kamu bisa mencari solusi dan menjadikannya peluang usaha untuk kamu dari permasalahan yang ada.


8. Peluang dari usaha Orang Tua atau Kerabat Sekitar

Sumber peluang usaha dari usaha orang tua ini bisa menjadi sangat menyenangkan karena kamu akan bisa berkonsultasi dengan orang tua kamu jika nanti kamu mendapatkan permasahan. Kamu juga bisa melakukan peminjaman modal jika kamu kekurangan modal kepada orang tua kamu.


9. Pemasaran secara Online di Internet

Sumber peluang usaha ini bisa kamu tawarkan kepada ibu – ibu atau bapak – bapak di desa yang masih belum mengenal adanya media sosial dan kecanggihan internet. Kamu bisa memasarkan produk mereka dengan mengambil laba dari harga jual.


10. Menciptakan pasar dengan Inovasi baru

Jika kamu memiliki beberapa lahan untuk membuka usaha atau pasar dengan mengedepankan beberapa ide yang brilian seperti adanya suasana yang berbeda. Berbeda dalam artian membuat suasana yang diminati anak muda saat ini. Libatkan beberapa teman dan kerabat untuk menggabungkan beberapa kreasi, ini adalah nilai tambah dari usaha kamu. Sehingga kamu bisa menciptakan usaha dan sekaligus lapangan pekerjaan bagi yang lainnya.

Baca juga : Contoh Peluang Usaha MLM yang Berbahaya


Kata Penutup

Mempelajari sumber peluang usaha yang baru menjadikan bisnis kita akan semakin berkembang, dinamis dan fleksibel. Apa yang kamu dapatkan dengan mempelajari sumber-sumber peluang bisnis yang ada, tentunya akan bisa memberikan diversifikasi usaha yang sangat baik untuk omset.

Demikian beberapa materi mengenai sumber peluang usaha eksternal dan internal yang bisa sobat kosngosan.com jadikan sebagai referensi dan menambah pengetahuan enterpreneurship mu. Jangan lupa untuk share artikel ini dan bagikan ke teman-temanmu yang lain

Oleh rezaharahap