Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Kewirausahaan bagi Mahasiswa

Sebutkan manfaat kewirausahaan bagi mahasiswa dan siswa! Kalau kamu ditanya pertanyaan seperti itu, maka jawabanmu pastinya akan beragam. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan pembahasan mengenai pentingnya entrepreneurship atau kewirausahaan. Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan itu sendiri?

Secara harfiah, kewirausahaan berasal dari kata dasar yakni wirausaha yang diberi awalan ke dan akhiran an. Kewirausahan sendiri berkaitan erat dengan wirausaha sehingga jika diartikan dalam garis besar akan lebih luas lagi

Kewirausahaan memiliki pengertian secara lebih lengkap yaitu hal – hal yang bersangkutan dengan sikap atau kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan atau usaha secara mandiri, kreatif dan inovatif menggunakan proses identifikasi, peluang dan visi misi dalam prosesnya.


Manfaat Kewirausahaan bagi Mahasiswa dan Siswa

manfaat kewirausahaan bagi mahasiswa dan siswa

Sangat penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bidang usaha yang kamu pilih. Kamu tidak bisa memulai dengan persiapan seadanya, begitu juga dengan memilih media promosi wirausaha.

Apa manfaat dan tujuan kewirausahaan? Berikut merupakan keuntungan memilih kewirausahaan yang bisa kalian dapatkan secara umum dan sudah mimin kosngosan rangkum dibawah ini :


Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Tujuan kewirausahaan bagi mahasiswa atau siswa di lingkungan sekitar, dapat membantu dalam peningkatan mutu dan kesejahteraan masyarakat juga.

Hal ini dikarenakan adanya pengusaha yang tumbuh dan mengembangkan bisnisnya dengan baik biasanya dapat membantu memberikan peluang pekerjaan bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi, keuangan, pendidikan dan lain sebagainya.


Membantu Pembangunan Sosial di Daerah Masing – Masing

Selain dapat memberikan ilmu kepada pegawainya, seorang wirausahawan juga dapat memberikan tuntunan yang baik pada orang disekitarnya.

Beberapa pihak wirausahawan sendiri juga cenderung cerdas menganalisis, berpola pikir terbuka serta peka terhadap lingkungan sosial setempat dan akan tergerak hatinya untuk berpartisipasi terhadap kegiatan – kegiatan yang positif.

Meskipun terkesan sepele, namun hal ini tentunya dampat memberikan dampak baik yakni menghilangkan kecemburuan dan kesenjangan sosial yang muncul dalam lingkungan disekitar sobat kosngosan.


Melatih Mahasiswa/Siswa Untuk Memanfaatkan Peluang

Dengan adanya kegiatan wirausaha, tentunya dapat memberikan banyak sekali pengalaman dan pemanfaatan peluang bagi pelakunya. Entah itu dari wirausahawan nya sendiri, atau bisa juga dari pegawainya.

Mereka akan banyak mengambil sisi positif dari peristiwa yang terjadi, baik mengenai strategi pemasaran (offline maupun online), usaha yang gigih dan tekun, belajar trend yang ada di pasaran, cara menekan angka/biaya produksi, cara menutup modal, dan lain sebagainya.


Mengurangi Tingkat Pengangguran

Seperti yang kita ketahui, tingkat pengangguran diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi bagi mahasiswa atau siswa yang baru lulus. 

Maka dari itu, manfaat kewirausahaan bagi mahasiswa dan siswa sangat penting dalam membantu mereka yang kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan karena tidak cocok dengan lingkungan

Selain itu persaingan yang sulit, atau mengalami terlalu banyak tekanan kerja. Intinya, seorang wirausahawan dalam tujuannya akan terus berinisiatif dalam mendongkrak dan menjadi pendorong yang positif bagi mereka yang mengalami kesusahan.


Memberikan Kebebasan untuk Menentukan Nasib Sendiri

Dengan adanya wirausaha, maka setiap pihak akan dituntut menjadi kreatif dan inovatif. Adanya bisnis atau usaha yang ditekuni tentunya akan menjadi suatu kebebasan yang berhak dijalankan oleh pebisnis bagaimanapun caranya.

Hal ini berarti, tidak ada satupun pihak yang mampu ikut campur tangan dalam kegiatan usaha kecuali faktor internal yang bersangkutan.


Memiliki Peluang Untuk Meraih Keuntungan Optimal

Keuntungan atau laba juga merupakan salah satu hal yang mampu menjadi motivasi tersendiri bagi seorang wirausahawan. Tentunya hal ini juga harus disertai dengan usaha yang gigih dan keras.

Maka dengan adanya hal itu, pengusaha akan memiliki harapan yang lebih besar dalam meraih kesuksesan. 

Penelitian juga menyebutkan bahwa, sobat kosngosan sebagai seorang wirausaha mempunyai peluang 4 kali lebih besar untuk menjadi jutawan dibandingkan dengan karyawan atau pekerjaan lainnya.


Melatih Untuk Mengatur Manajemen Dengan Bijak

Untuk menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan, maka manajemen merupakan hal yang wajib diatur dan dilaksanakan dengan baik. 

Manajemen tersebut bisa meliputi manajemen waktu, sumber daya manusia, keuangan, promosi, operasi dan lain sebagainya.

Dengan adanya manajemen yang baik, diharapkan dapat memudahkan pekerjaan sehingga dapat mencapai tujuan dengan lancar dan efektif.


Membantu Memberikan Peluang Perubahan Yang Lebih Baik

Semakin banyak mahasiswa atau siswa yang muncul menjadi pengusaha, umumnya karena mereka dapat menangkap dan memanfaatkan peluang yang ada dengan baik. 

Hal ini bisa berasal dari kondisi sekitar dan inisiatif mereka dalam melakukan perubahan yang menurut mereka itu sangatlah penting.

Setiap pebisnis tentunya selalu menemukan cara tersendiri dalam melakukan wujud kepedulian di ranah sosial dalam berbagai bidang, utamanya pada masalah ekonomi disekitarnya.


Melatih Mahasiswa/Siswa Menjadi Pribadi Lebih Baik

Menjadi seorang wirausahawan menuntut seseorang untuk kreatif dan inovatif serta senantiasa berpikiran terbuka. Selain itu mereka juga harus cekatan dan cerdas dalam menganalisis suatu masalah.

Hal ini tentunya akan mendorong seseorang untuk terus berinovasi, dan terus menggali potensi yang mereka miliki agar dapat bermanfaat bagi bisnis yang mereka tekuni.

Selain itu, adanya hal – hal positif yang mereka lakukan juga akan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat dan pegawainya.


Dapat Melakukan Hal Yang Digemari

Dalam melakukan bisnis, mahasiswa atau siswa umumnya selalu memilih jenis kegiatan yang disukai dan sesuai dengan minat mereka.

Dengan demikian, selama menjalankan bisnis mereka melakukan hobi sekaligus menggeluti pekerjaan dengan professional dan terstruktur. Jadi pekerjaan yang dilakukan juga akan lebih menyenangkan karena sesuai dengan hal yang disukai.


Memaksimalkan Potensi Diri yang Dimiliki

Dewasa ini, tidak sedikit juga orang – orang yang bekerja di suatu perusahaan cenderung merasa cepat bosan dan tertekan. 

Hal ini disebabkan karena beban pekerjaan yang terlalu dipaksakan, dan dianggap sebagai rutinitas sehingga terkesan membosankan.

Nah, dengan menjadi seorang pengusaha, maka sobat kosngosan bisa bebas melakukan pekerjaan dengan inovasi yang dimiliki. Mereka juga bebas memaksimalkan potensi diri, berkreasi dan berekspresi serta mengevaluasi diri masing – masing.

Baca juga : Contoh Usaha Jangka Panjang dan Jangka Pendek


Menumbuhkan Semangat dan Jiwa Pemimpin

Dengan menjadi seorang pengusaha, itu berarti mereka juga menjadi seorang pemimpin, khususnya bagi diri mereka sendiri. Selama menjadi pemimpin, tentu akan ada banyak hal yang bisa didapatkan dan dipelajari.

Hal ini juga seperti mengenai manajemen waktu dan usaha, problem solving, bagaimana cara mengorganisasikan pekerjaan yang ditekuni dan masih banyak lagi. Beberapa pengalaman tersebut pasti sangat bermanfaat dan dibutuhkan dalam kehidupan di masa mendatang.


Memperluas Relasi

Manfaat kewirausahaan selanjutnya adalah dapat memperluas circle atau relasi antar sesama. Dengan menjadi seorang pengusaha, maka relasi dan interaksi sosial dengan orang lain akan lebih luas.

Tidak sedikit para wirausahawan yang sukses dan mampu menjadi motivator bagi banyak orang meski tidak secara langsung. 

Mereka memiliki link dan akses yang luas di berbagai daerah sehingga saat berkunjung ke suatu tempat, mereka tidak perlu risau akan kesulitan mencari rekan pebisnis lainnya.


Wawasan yang Dimiliki Semakin Banyak

Jika kamu menjadi seorang karyawan, tentu kamu akan cenderung mempelajari hal yang lebih spesifik dan berkaitan dengan pekerjaan yang kamu tekuni saja.

Namun jika menjadi seorang wirausahawan tentunya mau tidak mau kamu harus mempelajari banyak hal. Dengan begini, pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki akan semakin luas. Kamu juga bisa berpotensi untuk menerapkan dan mengajarkan ilmu tersebut kepada banyak orang.


Usaha yang Bisa Diwariskan

Manfaat dari adanya kewirausahaan bagi mahasiswa atau siswa yang terakhir adalah potensi usaha yang dimiliki dinilai sebagai aset dan bisa diwariskan kepada anak cucu mereka nantinya. 

Dengan mendirikan bisnis dan perusahaan, apalagi jika usaha tersebut bisa sukses dan besar, maka kita dapat mensejahterakan keturunan kita di masa mendatang.

Hal ini juga tidak hanya meliputi bidang usaha saja, namun juga ilmu dan strategi yang dimiliki dapat menjadi ciri khas yang bisa diturunkan ke generasi berikutnya.


Kata Penutup

Manfaat kewirausahaan menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu jadikan sebagai sumber income. Menjadi entrepreneur yang sukses, adalah tujuan dari banyak orang. 

Jadi, kamu yang seorang mahasiswa atau siswa bisa memilih apakah kamu menjadi seorang yang memiliki sumber penghasilan dari pekerjaanmu berbisnis apa pun itu.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan tujuan dari wirausaha yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan sebagai referensi dan ide bisnis. Silahkan share dan bagikan artikel dari kosngosan.com ini kepada teman teman mu di sosial media ya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya