Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memberi Ulasan Prakerja di Tokopedia dan BukaLapak

Bagaimana cara memberikan ulasan atau review di berbagai lembaga pelatihan kartu pra kerja, seperti tokopedia, bukalapak, kemnaker, pintaria dan lainnya? Buat kamu yang sudah diterima dalam program pelatihan kartu pra kerja untuk gelombang terbaru, wajib untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini supaya kalian bisa mendapatkan sertifikat, yang nantinya akan digunakan untuk mencairkan insentif.

Apa yang dimaksud dengan pra kerja? Pastinya kamu sudah pernah mendengar program yang dicetuskan oleh pemerintah ini. Ini adalah sebuah program yang ditujukan untuk pelatihan serta pembinaan warga negara Indonesia dalam meningkatkan keterampilan bekerja di berbagai bidang

Disini kita tidak akan membahas mengenai teknis bagaimana pendaftarannya, akan tetapi kita akan memberitahu setelah kamu mengikuti pelatihan, maka kamu wajib untuk memberikan review atau ulasan yang nantinya akan dijadikan sebagai persyaratan sebelum sertifikat elektronik mu keluar.

Nah buat kamu yang sering bingung atau tidak tahu mau menulis apa, ingin mendapatkan mengenai contoh ulasan pelatihan pra kerja di tokopedia, bukalapak atau lembaga pelatihan lainnya, yang bisa kamu jadikan referensi, bisa kepoin artikel yang sudah mimin kosngosan.com tulis pada link tersebut. Tinggal klik saja ya.

Cara Memberi Ulasan di Berbagai Lembaga Pelatihan Prakerja

cara memberi ulasan prakerja

Baiklah langsung saja kita akan membahas mengenai tutorial untuk memberikan review serta ulasan yang sesuai setelah kita mengikuti pelatihan. Ingat, mengisi ulasan adalah salah satu syarat utama apabila kamu ingin sertifikat elektronik mu keluar, tanpa adanya sertifikat elektronik, maka kamu tidak akan mendapatkan insentif.


1. Cara Mengisi Ulasan di Tokopedia

Bagi peserta yang mengikuti pelatihan melalui Tokopedia, kamu wajib memberikan ulasan dan mengisi rating di laman Tokopedia sebelum mendapatkan sertifikat dan sebelum pencairan dana insentif. Sebelum memberikan ulasan dan mengisi rating di Tokopedia kamu harus mengikuti syarat berikut yaitu pertama, pastikan kamu login ke laman dengan akun asli pelatihan prakerja kamu.

Kedua, pastikan nomor HP sobat kosngosan sedang aktif dan terdaftar di situs. Ketiga, kamu harus menggunakan akun asli Tokopedia kamu untuk memberi ulasan dan mengisi rating. Setelah kamu memastikan semua syarat di atas telah benar, kamu bisa mengisi ulasan dan memberi rating di Tokopedia dengan mengikuti langkah – langkah berikut:


1. Buka aplikasi Tokopedia atau bisa melalui website Tokopedia.

2. Masuk dan login ke akun menu Tokopedia.

3. Pilih transaksi dan akan muncul Daftar Transaksi di layar.

4. Kemudian pada Daftar Transaksi yang muncul, pilih Topup dan Tagihan.

5. Pilih kelas yang sudah kamu beli.

6. Lalu pilih Tulis Ulasan yang muncul di layar, pada transaksi kartu prakerja kamu.

7. Klik Isi ulasan pada tombol sebelah kanan layar kamu.

8. Kemudian isi ulasan dan berikan rating untuk Tokopedia, lalu kirim ulasan dan tunggu sampai kamu mendapatkan notifikasi bertuliskan Berhasil.

9. Pengisian ulasan kamu berhasil dan jangan lupa logout setelah selesai.

Pengisian ulasan dan rating pelatihan prakerja kamu akan dikirim ke Management Pelaksana. Pengumpulan data dari setiap peserta pelatihan prakerja akan di proses pada pukul 18.00 setiap harinya pada jam kerja. Kemudian akan dilakukan pembaruan link sertifikat untuk peserta di laman kartu pelatihan prakerja. 

Setelah itu barulah dana insentif kamu akan bisa dicairkan setelah mengikuti langkah – langkah tersebut. Jika terjadi eror dan saat pemberian ulasan dan pengisian rating muncul tulisan Gagal, makan harap tunggu dan ulangi beberapa jam kemudian.


2. Cara Mengisi Ulasan di Bukalapak

memberi ulasan bukalapak

Sebelum mendapatkan dana insensif kamu harus menyelesaikan beberapa tahap – tahap pelatihan di laman pelatihan prakerja kamu. Pertama, sobat kosngosan harus membeli pelatihan yang akan memberikan kamu materi tentang pelatihan prakerja. Silakan buka aplikasi Bukalapak atau pada kelik Bukalapak pada website. Berikut merupakan langkah – langkah untuk menyelesaikan materi pelatihan prakerja:


1. Login menggunakan akun pada pelatihan prakerja kamu.

2. Kemudian silakan menuju halaman pendaftaran prakerja lalu pilih voucher belajar dan pilih kelas belajar yang kamu inginkan

3. Kemudian klik lanjut untuk melihat informasi kelas belajar yang kamu pilih.

4. Masukkan nomor kartu prakerja kamu yang sudah terdaftar sebelumnya.

5. Setelah melihat informasi dari kelas belajar yang kamu pilih dan sudah sesuai maka kamu bisa memilih bayar dan lanjutkan pembayaran dengan mengikuti langkah yang diberikan selanjutnya.

6. Kemudian kamu akan diminta memberikan kode OTP yang dikirim ke nomor Hp kamu setelah mendaftar sebelumnya.

7. Lalu klik Verifikasi dan kamu dapat melihat materi pelatihan kelas belajar prakerja yang sudah kamu pilih sebelumnya.

8. Kamu harus menyelesaikan semua materi belajar yang diberikan.

Setelah terdaftar dan menyelesaikan pelatihan berupa mengikuti materi di kelas belajar yang kamu beli, kemudian setelah itu kamu juga harus mengisi ulasan dan memberi reting untuk Bukalapak. Setelah itu kamu akan diberikan sertifikas yang langsung bisa kamu unduh di dashboard di akun kamu dan akan ada pencairan dana insensif.

Ada dua model pemberian rating di akun kamu yaitu pertama pada laman pelatihan prakerja kamu dan kedua di laman Bukalapak. Dari pengisian ulasan dan pemberian rating ini nantinya kamu akan mendapatkan 3 bantuan dana dari pemerintah yang akan diberikan untuk kamu. Bantuan dana itu berasal dari bantuan saldo pelatihan prakerja saat membeli pelatihan, kemudian kedua ada dana insentif yang akan diberikan setelah menyelesaikan pelatihan prakerja.

Kemudian ketiga ada dana dari insentif survey kebekerjaan pada pelatihan prakerja. Untuk mendapatkan dana insentif tersebut kamu harus mengikuti beberapa langkah – langkah pengisisan ulasan dan pemberian rating pada laman Bukalapak seperti berikut:

1. Silakan buka aplikasi bukalapak atau di situs website Bukalapak

2. Login ke aplikasi mengguanakan akun kamu

3. Pastikan akun kamu sama dengan akun sebelumnya yang di pelatihan prakerja kamu.

4. Buka ikon pesan dan akan muncul informasi transaksi pembelian

5. Kamudian akan muncul informasi pembelian dan klik transaksi pembelian dari pelatihan prakerja.

6. Pilih filter dan klik rating.

7. Lalu beri ulasan dan isi rating untuk Bukalapak.

8. Setelah itu kamu akan mendapatkan notifikasi seperti Pengisian Ulasan Berhasil dan kamu bisa logout.


3. Cara Mengisi Ulasan di Kemnaker

Bagi peserta yang mengikuti pelatihan prakerja dari pemerintah dan telah selesai mengikuti semua pelatihan, wajib mengisi dua hal ini yaitu pemberian ulasan dan mengisi rating. Ada beberapa peserta yang terkendala dalam mengisi ulasan dan rating ini. Untuk memastikan dan tidak terjadi kesalahan saat mengisi ulasan dan memberikan reting, pertama kamu harus login menggunakan akun asli kamu, bukan akun orang lain.

Kedua, sobat kosngosan harus sudah selesai mengikuti semua pelatihan yang disediakan di laman pelatihan prakerja kamu. Ketiga, kamu harus sudah mendapatkan sertifikat dari hasil pelatihan kamu.

Setelah itu kamu bisa mengisi ulasan dan memberi rating tanpa terkendala. Gampang saja mengisi ulasan dan memberi rating pada pelatihan prakerja, berikut langkah – langkah yang harus kamu ikuti:

1. Silakan login ke laman Kemnaker dengan akun pelatihan prakerja kamu.

2. Buka menu pada laman pelatihan pada bagian kanan sisi atas di layar akun kamu.

3. Kemudian akan muncul laman pelatihan saya dan penilaian.

4. Lalu kamu pilih penilaian.

5. Isi rating dengan lima bintang.

6. Kemudian tulis ulasan untuk masing – masing ulasan yaitu Ulasan Materi, Ulasan Lembaga dan Ulasan Pelatihan

7. Setelah mengisi ulasan dan memberi rating di situs Kemnaker, kamu bisa menutup akun kamu kembali setelah muncul Sukses di layar laman kamu.

Yang perlu diperhatikan adalah pihak prakerja membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk meng update pelatihan kamu di situs Kemnaker. Setelah selesai kamu bisa menunggu pencairan dana insensif dari pelatihan prakerja yang kamu ikuti sebesar Rp. 600.000 setiap bulannya selama 4 bulan.

Beberapa isi ulasan yang harus kamu isi di laman penilaian yaitu: Ulasan materi

Pada laman Ulasan Materi di sini kamu diminta memberi tahu penilaian kamu tentang materi pada program pelatihan prakerja yang kamu ikuti. Dan memberikan saran untuk materi yang sudah diberikan.

Ulasan Lembaga Ulasan Lembaga di sini kamu diminta memberikan rekomendasi tentang sarana dan prasarana pada lembaga tempat pelatihan prakerja.

Ulasan Pelatihan

Pada pemberian ulasan ini anda diminta memberikan saran tentang kualitas video pada pelatihan prakerja, instruktur dan lainnya saat mengikuti pelatihan.

Baca juga : Alasan Resign Mendadak dari Tempat Kerja


cara daftar prakerja

Kata Penutup

Ulasan atau review setelah mengikuti program pelatihan prakerja memang menjadi sebuah kewajiban. Hal ini karena bagi para penyelenggara, bisa menjadi indikator pengembangan pelatihan selanjutnya untuk gelombang prakerja berikutnya. jadi kamu diharuskan untuk mengisi ulasan ini Apabila memang ingin sertifikat mu keluar dan juga insentif kamu dapatkan

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat buat teman teman kosngosan semuanya. Mimi kosngosan.com mendoakan kalian bisa diterima program prakerja gelombang selanjutnya. Dan jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media masing masing ya. Terimakasih.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya