Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop

Apa saja rekomendasi SSD yang bagus untuk upgrade penyimpanan Laptop mu? Pada kesempatan ini, kita akan bahas beberapa merk produk tersebut. Dislaimer, postingan ini tidak disponsori oleh brand apapun, jadi dibuat murni karena hasil pengalaman dan review positif dari para user atau pengguna. Penasaran? mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan SSD? media ini bisa didefinisikan sebagai perangkat penyimpan data yang menggunakan teknologi IC sebagai memori yang dalam menyimpan data dan informasi di laptop atau PC.

Didalam SSD ini telah tertanam chip memori berbasis silikon yang berfungsi sebagai media penyimpanan menulis dan membaca data persisten. Tentu saja, media ini memiliki kelebihan dibandingkan HDD yang masih punya piringan didalamnya. Lalu apa saja rekomendasi merk ssd terbaik tahun ini?


Merk SSD Terbaik untuk Laptop

Kita tidak akan bahas lebih jauh mengenai SSD, kelebihannya bila dibandingkan HDD dan hal teknis lainnya. Namun akan lebih fokus mengenai rekomendasi jenisnya yg terbaik dan bisa kamu jadikan pilihan. Berikut diantaranya :

Baca juga : Cara Memperbaiki HDD Lemot


SSD SanDisk Extreme

ssd sandisk

SanDisk adalah salah satu brand lama dalam dunia storage. Jadi sobat kosngosan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Selain punya banyak produk, perangkat SanDisk juga memiliki kemampuan yang sudah sangat baik dalam hal kecepatan dan keawetannya. Ada empat pilihan kapasitas ruang penyimpanan, yaitu 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB.

SanDisk Extreme didesain seukuran saku yang sangat ringkas serta mudah dibawa ke mana saja. Untuk performa tidak ada bagian yang perlu dipertanyakan.

Brand yang sudah berdiri selama 25 tahun ini membekali SanDisk Extreme dengan kecepatan baca yang mengagumkan, yakni 550 MBps. Apalagi versi Pro yang sudah menerapkan teknologi NVMe dalam mempercepat waktu transfer file


Samsung SSD Pro

samsung ssd

Samsung memang sudah sukses dalam pengembangan smartphone. Akan tetapi brand dari korea selatan ini juga menunjukkan keseriusannya dalam bermain di perangkat penyimpanan.

Samsung SSD 850 Pro memiliki kapasitas yang beragam, dimulai dari kapasitas 512 GB. Perangkat ini dibekali dengan write speed sebesar 520 MBps dan read speed mencapai 550 MBps. Apalagi SSD dari samsung ini menggunakan interface SATA versi 6 GB per second


Vivan Portable

vivan ssd

SSD ini punya kecepatan transfer data up to 550MB/s. Memiliki fitur proteksi data terjamin yaitu enkripsi hardware 256-bit. Memiliki casing yang kuat, kokoh dan anti guncangan.

Sobat kosngosan bisa menggunakannya untuk upgrade media penyimpanan untuk notebook atau computer dengan sistem yang umum, seperti windows atau mac-OS. Atau bila sobat ingin memakainya sebagai penyimpanan eksternal, SSD ini tetap harus menggunakan enclosure eksternal


SSD Intel Series

ssd intel

SSD Intel Series merupakan salah satu brand SSD yang bisa mimin rekomendasikan. Intel memberikan kapasitas penyimpanan 120 GB, dan mampu bekerja sampai suhu 70 derajat Celcius, dengan bobotnya yang cukup ringan yaitu mencapai 78 gram.

Perangkat Intel 530 Series cukup bisa diandalkan dalam bekerja, bermain game, rendering dan juga men-desain. Kecepatan membacanya mencapai 540 MBps, dan kecepatan menulis 480 MBps


SSD OCZ Storage

ocz ssd

OCZ adalah salah satu brand yang berada di bawah naungan Toshiba. Produk SSD dari OCZ yang paling populer bernama Vector 150 Series yang punya kapasitas 120 GB. Memiliki write speed mencapai 450 MBps dan read speed 550 MBps.


SSD Galax Series

galax ssd

Galax merupakan salah satu brand china yang bergerak dalam bidang hardware PC. Media penyimpanan dari Galax telah berhasil masuk ke dalam jajaran daftar brand SSD terbaik, awet dan harga murah.

Sebenarnya ada juga produk SSHD (Gabungan dari HDD dan SDD) yang satu ini ditujukan bagi para gamer yang butuh ruang penyimpanan besar dan cepat.


SSD Westren Digital (WD)

ssd westren digital

SSD WD series memang sangat cocok untuk para gamers atau content creator karena untuk menyimpan banyak file dan loading aplikasi harus cepat. SSD ini memiliki performance booster yang bisa membuat perbedaan besar dibandingkan dengan HDD.

Misalnya tipe SSD WD Black yang khusus dirancang khusus untuk gaming karena memiliki fitur pendingin ramping di dalamnya. Ada juga tool khusus yang membuat kemampuan read-nya mencapai 3.300,7 MB/s dan kecepatan menulisnya sebesar 3.006,4 MB/S


V-Gen SSD

v gen ssd

Kamu pastinya sudah sering mendengar brand ini, bukan? Memang mereka khusus membuat produk penyimpanan, mulai dari memori eksternal micro-SD smartphone hingga SSD buat komputer.

SSD dari v-gen ini terkenal dengan harganya yang murah, sebab punya material yang bahannya murah. Produk mereka menggunakan chipset SM2259XT dengan kemampuan membacanya sebesar 509,98MB/s dan menulisnya sebesar 431,13MB/s.


Kingston SSD Series

kingston ssd

SSD Kingston memiliki cukup banya seri dan pilihan kapasitas dengan berbagai fitur didalamnya. Dkklaim memiliki performanya 10x lebih cepat daripada HDD.

Jadinya sobat kosngosan dapat mempersingkat loading OS dan bisa membuka aplikasi berat lebih mudah, tanpa loading yang berarti.

Seperti misalnya jenis Kingston A400 yang tidak hanya bisa dipasang pada penyimpanan komputer, tetapi juga pada laptop yang punya harddisk drive 2.5 inci


SSD Corsair Force Series

corsair ssd

Corsair Force Series merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang sangat fleksibel dan juga cocok untuk kebutuhanmu.

Brand SSD memberikan fitur NAND tipe terbaru yang tangguh untuk kebutuhan mu sehari hari. Memiliki antarmuka SATA III yang mampu membaca data sampai 6GB per detik. Punya write speed 530 MBps dan read speed mencapai 560 MBps.


SSD Seagate FireCuda

seagate ssd

Brand Seagate banyak memiliki jenis SSD dan juga SSHD untuk para gamers. Mereka menawarkan penyimpanan yang memberikan kemampuan sangat lancar untuk kinerja loading PC atau konsol.

Untuk write speed, perangkat ini berkecepatan 3450 MBps, dan untuk read speed sebesar 3.200 MBps. Jadi tertarik untuk mencoba brand yang satu ini?


SSD Adata Pro

adata pro

Adata merupakan salah satu brand asal Taiwan yang punya berbagai perangkat penyimpanan. Untuk kemampuan kecepatan, perangkat ini juga sangat cocok untuk dipertimbangkan, karena punya kecepatan baca dan tulis mencapai 545/535 MBps.

Punya fitur trim juga, yang mampu memberikan informasi tentang data yang layak hapus. Ada fitur shockproof juga yang menjamin keamanan data penting, agar file sobat kosngosan tidak mudah corrupt.


SSD Tammuz NVME

SSD dengan brand yang satu ini memang menjadi salah satu yang terbilang cukup asing. Kamu bisa dapatkan performa terbaik dari ssd jenis NVME ini yang ditanam di dalam laptop milikmu.

Brand ini telah sukses mengaplikasikan teknologi SSD dari negara Korea selatan dengan baik yang membuatnya dapat menghasilkan kecepatan baca hingga 2 GB per detik. Berbagai fitur unggulan seperti DRAM Cache untuk meningkatkan performa 10 sampai 15% bisa memanjakan pengguna sepertimu


SSD RX7

rx7 ssd

Sobat kosngosan bisa memilih SSD dari Rx7 ini apabila memang sedang mencari SSD yang bisa untuk meningkatkan performa komputer atau laptopmu dengan harga yang relatif lebih murah

Perangkat ini memiliki kapasitas beragam, seperti pilihan 240 Gb dengan pengaplikasian teknologi SATA 3 yang bisa melakukan booting sampai 6 Gb per detik.

SSD ini juga menawarkan kemampuan kompatibel ke belakang dengan SATA I dan II. Rx7 adalah pabrikan ssd yang cukup baru, tapi bisa menjadi pilihan kamu


MidasForce

midasforce

SSD ini memiliki fitur khusus yang memang ditujukan untuk pemain game atau yang ingin booting laptop nya lebih cepat dibandingkan HDD.

SSD ini bisa meningkatkan performa dan mempercepat booting, loading, komputasi dan membuat daya tahan baterai lebih lama.

Produk ini menggunakan teknologi SATA 3 dan sanggup membaca hingga sekitar 500 Mbps. Jadi kamu tertarik untuk mencoba perangkat yang satu ini?


Eyota

eyota ssd

Brand SSD ini cukup baru ya. Kamu bisa mencobanya karena harga yang ditawarkan bisa lebi mudah dan garansi 5 tahun, berbeda dengan brand lain

Kapasistas yang bisa kalian pilih mengikuti budget, dan yang pantas dengan kapasitasnya adalah 128GB, dengan harga Rp 277.000. Eyota SSD ini punya kecepatan 6Gb/s, dengan ukuran 2,5 inchi slot SATA III.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Laptop Axioo


Kata Penutup

Meng upgrade media penyimpanan dari yang dulunya menggunakan HDD, menjadi SSD merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan bila ingin meningkatkan performa laptop atau PC milikmu.

Demikian beberapa rekomendasi produk ssd yang bisa kamu pilih. Semoga bermanfaat dan bisa sobat kosngosan.com jadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk share dan bagikan url artikel ini kesosial media milikmu ya, Terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya