Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Informasi Akuntansi Sangat Berguna bagi Perusahaan

Apa pentingnya laporan keuangan atau catatan akuntansi bagi perusahaan? Yang namanya laporan adalah bentuk pertanggung jawaban dari setiap kegiatan. Pada kasus ini, kita fokus membahas laporan akuntansi yang sangat bermanfaat untuk penyediaan data informasi keuangan suatu perusahaan. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik satu persatu alasan kenapa informasi akuntansi sangat penting untuk perusahaan.

Laporan akuntansi dalam bentuk jurnal, adalah bentuk pencatatan setiap transaksi yang dilakulan oleh perusahaan. Jurnal akuntansi sendiri memiliki berbagai jenis dan tujuan penulisan, seperti jurnal umum akuntansi, jurnal khusus, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, jurnal pembalik, dan lainnya.

Berbagai fungsi pencatatan jurnal tersebut bisa dikategorikan seperti untuk Fungsi pencatatan, Fungsi historis, Fungsi analisis, Fungsi instruktif, dan juga Fungsi informatif.

alasan informasi akuntansi


Alasan dan Tujuan Informasi Akuntansi Perusahaan

Baiklah, langsung saja to the point, mimin kosngosan.com akan membahas mengenai beberapa alasan yang melandasi dibuatnya laporan keuangan dan juga akuntansi perusahaan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan memenuhi prinsip keterbukaan informasi :

Baca juga : Cara Menjadi Sales dengan Closingan Banyak


1. Mengetahui Adanya Keuntungan dan Kerugian

Adanya keuntungan dan kerugian dari sebuah perusahaan adalah sebuah tujuan yang utama. Mengetahui adanya keuntungan dan kerugian dari perusahaan ini sangatlah penting. 

Dimana hal ini akan diketahui jika ada catatan di setiap transaksi sehingga dapat diketahui dengan mudah untung dan rugi secara menyeluruh dari perusahaan. Itulah kenapa ilmu akuntansi di sebuah perusahaan sangatlah dibutuhkan. Karena dari ilmu akuntansi akan tercipta sebuah laporan keuangan yang jelas dan detail setiap bulannya.


2. Adanya Informasi Keuangan dari Perusahaan

Dari pihak perusahaan akan meminta data keuangan setiap bulannya seperti Direktur, pemegang saham dan manajer akan selalu mengontrol informasi keuangan perusahaan untuk memastikan kondisi sehat atau buruk dari keuangan perusahaan. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dari setiap masalah tersebut. Hal ini membantu perusahaan-perusahaan untuk tetap bertahan dari kebangkrutan.

Selain pihak internal perusahaan, pihak eksternal seperti investor dan rekan bisnis yang lainnya juga berhak mengetahui keadaan dari keuangan perusahaan sehingga hal ini akan membuat sobat kosngosan sebagai investor tidak berfikir dua kali jika ingin bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki informasi keuangan yang selalu stabil dan menguntungkan.

Kreditur juga perlu mengetahui informasi keuangan dari perusahaan supaya bisa memberikan pinjaman dengan jaminan kelancaran cicilan. Selain itu, pemerintah juga berhak untuk mengtahui informasi keuangan dari perusahaan supaya bisa menetukan masalah perpajakan. Itulah kenapa ilmu akuntansi sangat berguna di perusahaan yang memilliki keterkaitan dengan beberapa pihak eksternal tersebut.


3. Mengalokasikan Sumber Ekonomi

Sumber daya ekonomi dari perusahaan umumnya meliputi beberapa hal yaitu modal, bangunan, mesin dan peralatan lainnya, karyawan dan tenaga keja lainnya. Sehingga dibutuhkan laporan yang memberikan alokasi sumber dana ke beberapa sumber daya tersebut supaya keuangan yang dikeluarkan sesuai dengan porsinya di tempatkan ke tempat yang membutuhkan.


4. Mengendalikan dan Mengatur Keuangan

Ilmu akuntansi di sebuah perusahaan tidak hanya membuat laporan keuangan setiap bulannya, namun berguna juga dalam mengawasi dan mengatur bahkan bisa mengendalikan aktivitas keuangan supaya semua kegiatan di dalam perusahaan berjalan dengan lancar tanpa tersendat.

Seperti contohnya mengendalikan harga produk dengan memperhatikan keuntungan dan tidak terjadi kerugian, mengetahui jumlah tenaga kerja yang harus dipekerjakan supaya lebih efektif dan tidak terjadi pemborosan biaya dari banyaknya tenaga kerja yang direkrut. Itu merupakan beberapa hal yang perlu dikendalikan oleh ilmu akuntansi supaya semua proses di perusahaan berjalan dengan lancar dan baik.


5. Sebagai Ukuran Kemajuan dan Perkembangan Perusahaan

Ilmu akuntansi di perusahaan dapat menyajikan informasi dari laporan keuangan yang baik, akurat, valid dan mudah dimengerti semua pihak di dalam yang terlibat dengan perusahaan. Selain itu informasi akuntansi yang benar bisa sobat kosngosan gunakan untuk melakukan pengelompokan, adanya catatan dari proses transakasi yang baik dan benar. 

Dimana dengan adanya data-data tersebut dapat menjadi tolak ukur kemajuan dan perkembangan dari tingkatan perusahaan. Selain itu dapat melindungi semua properti. Komunikasi dari hasil laporan dan informasi keuangan berdasarkan bukti-bukti transaksi yang ada.


6. Sebagai Pengontrol Ketersediaan Barang

Peran dari akuntansi yang lainnya dalam dunia bisnis yaitu berguna untuk memudahkan dalam pengontrolan ketersediaan barang. Dimana pengelolaan barang akan lebih mudah dan membantu pendataan dengan baik. Selain itu ilmu akuntansi di perusahaan juga berfungsi untuk melakukan beberapa perencanaan untuk perusahaan kedepannya supaya lebih efektif berdasarkan dari laporan dan informasi yang ada sebelumnya.


7. Akuntansi sebagai Evaluasi

Fungsi lainnya yaitu sebagai alat untuk melakukan evaluasi setiap bulan atau setiap tahun di perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui adanya kekurangna di perusahaan dalam jangka waktu pendek atau dalam satu priode .


8. Untuk Analisis Bisnis

Setiap laporan, data dan catatan yang dikumpulkan akan memberikan cerminan bagi perusahaan itu sendiri. Dimana semua berkas yang ada tersebut dapat menjadi sebuah pembanding dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun. Jika dari setiap periode tersebut terjadi penurunan atau perubahan, maka sobat kosngosan akan mudah untuk mendeteksi masalah kecil sehingga semua kesalahan dapat dengan mudah dianalisis supaya masalah tidak membesar.


9. Pertimbangan Investasi Perusahaan

Data-data akuntansi yang tersedia dapat menjadi sebuh patokan dari perusahaan untuk melakukan investasi keluar atau tidak. Dengan mempertimbangkan hasil analisis dari data akuntansi tersebut yang akan diihat dari jumlah penghasilan tunai stiap bulan atau stiap tahunnya. Sehingga akan mudah bagi pihak perusahaan menentukan investasi apa yang cocok untuk perusahaan dengan data akuntansi tersebut.


10. Memudahkan Pihak Ketiga dari Perusahaan

Investor atau pemegang saham akan lebih mudah dalam memberikan keputusan untuk bekerja sama jika laporan keuangan, data dan catatan-catatan penting lainnya tersusun dengan rapi. 

Dengan adanya akuntansi di dalam sebuah perusahaan berperan penting selain dapat menyusun berkas tersebut dengan baik sehingga akan memudahkan para pihak ketiga tersebut untuk memberikan keputusan. Juga berperan penting untuk melakukan evaluasi kelayakan sebuah perusahaan untuk berinvestasi.


11. Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Bisnis dalam Perusahaan

Dengan adanya akuntansi, perkembangan dan pertumbuhan bisnis di perusahaan dapat dipantau dengan baik. Selain itu informasi tentang aset perusahaan, nilai saldo terakhir, liabilitas, jumlah pendapatan setiap bulannya akan diatur.

Selain itu target-target bulanan dan tahunan dari perusahaan akan terpenuhi dengan baik. Dan akan mudah diketahui adanya hutang perusahaan yang ada, ataupun pengeluran-pengeluaran lainnya.


12. Dapat Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan adanya sistem akuntansi yang diterapkan di dalam perusahaan maka akan lebih mudah dan menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Karena sistem akuntansi dilakukan secara otomotis sehingga pengerjaan dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu perusahaan juga tidak perlu tenaga yang lebih banyak untuk menyelesaikan hal ini.


13. Visibilitas Perusaan dapat Meningkat

Manajemen yang diterapkan berdasarkan ilmu akuntansi ini dapat memantau visibilitas keuangan perusahaan. Selain itu data arus kas untuk setiap kegiatan dan beberapa bulan kedepan. Oleh karena itu, informasi dari adanya akuntansi perusahaan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan secara keseluruhan


14. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan untuk semua data perusahaan 

Dengan menggunakan akuntansi ini memiliki sedikit resiko kesalahan dibandingkan dengan penggunaan manual. Karena perhitungan dengan akuntansi ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Sistem perhitungannya otomatis sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu juga dapat mendeketeksi kesalahan dari adanya data yang dimasukkan secara berganda atau double. 


15. Dapat Mempermudah Proses dalam Mengambil Keputusan

Dengan adanya berkas-berkas lengkap dan baik dan teratur maka pihak perusahaan akan lebih mudah untuk mengambil keputusan berupa masalah-masalah finansial yang ada di dalam perusahaan. Selain itu pihak perusahaan akan mengetahui proses penghabisan biaya di tempat yang sama atau tidak. kemudian itu dapat juga memudahkan pengambilan keputusan untuk menentukan akan mencoba strategi baru dalam marketing dan lainya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Presentasi Perusahaan Terbaik


Kata Penutup

Informasi akuntansi dan juga laporan keuangan yang transparan, akan membantu perusahaan dalam mengetahui kondisi perkembangan keuangan perusahaan. Hal ini juga akan membantu dalam perencanaan kedepannya, pengambilan keputusan yang strategis serta menghindari kerugian di masa depan. 

Demikian pembahasan kosngosan.com kali ini mengenai pentingnya laporan keuangan, semoga bermanfaat buat kalian. Sebagai bentuk partisipasi, jangan lupa untuk share dan bagikan ke teman teman mu yang ada di sosial media ya. Terimakasih 😁

Oleh rezaharahap