Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Otak Agar Fokus dan Tidak Mudah Lupa

Bagaimana cara melatih otak kiri dan kanan supaya tidak lemot? Banyak orang yang mengalami depresiasi pikiran, atau berkurangnya daya pikir setelah memasuki usia lanjut. Otak itu ibarat pisau yang apabila tidak diasah, maka akan menjadi tumpul. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan memberikan beberapa tips untuk kalian dalam menjaga kinerja salah satu organ paling berharga yang dimiliki oleh manusia ini.

Otak yang pintar dan encer adalah salah satu impian banyak orang. Karena dengan kondisi demikian, kita bisa dengan mudah belajar, bisa fokus mempelajari hal hal baru serta punya segudang informasi yang siap untuk kita simpan. Mengasah otak agar pintar adalah suatu keniscayaan, supaya nanti di usia lanjut kita tidak mengalami yang namanya alzheimer dan kepikunan.

Porsi otak kiri dan kanan memiliki fungsi yang berbeda. Apakah kamu tahu fungsi dari otak kanan? Otak kanan menjadi bagian paling baik untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kreativitas, serta hal hal yang berbau ekspresif. Sedangkan otak kiri lebih dominan terhadap perannya sebagai pengolah hal yang logis, kemampuan berbahasa, berpikiran kritis dan analisis.

cara melatih otak


Cara Melatih Otak agar Pintar dan Tidak Lemot

Setelah kita membahas mengenai peran dari otak kiri dan otak kanan, mimin kosngosan.com akan membahas mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kita ambil dalam menjaga serta mengembangkan kemampuan otak supaya lebih maksimal lagi fungsinya. Berikut diantaranya

Baca juga : Cara Membuat Mind Mapping (Peta Pikiran) Keren


1. Membiasakan Berpikir Kritis

Karena ada beberapa keputusan yang membuat kita menjadi kritis dalam berpikir. Dan tentunya bisa menjaga kesehatan otak. Misalnya kamu disuruh untuk menjadi kreatif di acara reunian dan sebagainya. Kamu bisa menjadwalkan kegiatan dan acara yang kreatif secara rutin misalnya. Intinya setiap acara yang kamu lakukan harus bisa melibatkan otak dalam berfikir, menentukan hal hal detail dan teknis namun tetap mempertimbangkan rencana dan keputusan terbaik.


2. Rutin Berolahraga

Siapa bilang berolahraga hanya melibatkan kesehatan fisik saja? Tentu saja setelah kamu rajin berolahraga, maka kamu akan mendapatkan kesehatan fisiknya maksimal. Akan tetapi selain itu nyatanya kamu juga akan memiliki kesehatan otak yang lebih baik, akibat kandungan oksigen bisa maksimal di darah yang mengalir di otak. Dengan rutin berolahraga yang tepat maka kesehatan mental akan lebih terjaga dan juga meningkatkan fungsi syaraf otak.


3. Melakukan Meditasi atau Yoga

Kegiatan untuk bermeditasi atau Yoga dapat menyehatkan otak karena akan membantu dalam fokus. Kebanyakan orang-orang terdahulu untuk menghindari stres mereka melakukan meditasi secara mendalam. Teknik meditasi atau yoga yang tepat dapat meningkatkan daya fokus konsentrasi dan juga kecerdesan otak


4. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Akibat kamu memiliki pola tidur yang tidak teratur, sering begadang dan juga mengalami insomnia, maka kemungkinan besar kamu akan merusak kesehatan otak. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kualitas tidur di malam hari. Dan bila perlu kamu juga disarankan untuk melakukan tidur siang secara proporsional. Untuk mengistirahatkan otak.


5. Menulis dengan Tangan Kanan Kiri

Majunya teknologi membuat manusia malas untuk menulis menggunakan tangan. Kamu saja yang seorang pelajar saat ini lebih banyak ditugasi untuk mengerjakan makalah dengan sistem diketik menggunakan laptop atau komputer. 

Sehingga lama-kelamaan kegiatan untuk menulis tangan sudah dianggap kuno. Tapi sebenarnya kebiasaan menulis dengan tangan dapat meningkatkan kemampuan otak. Jadi penting untuk membuat kegiatan menulis dengan tangan seperti mengisi buku diary ataupun jurnal. Kamu juga bisa mengkombinasikan untuk menulis menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan mu


6. Menjaga Pola Makanan

Makanan adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan sehat atau sakitnya kita. Oleh karena itu jangan sembarangan dalam memilih makanan. Apabila sobat kosngosan ingin memiliki otak yang sehat dan pemikiran yang fokus, harus mulai mengkonsumsi makanan sehat. Kandungan gizi yang baik untuk otak seperti B1, B12, B6, Asam Folat, dan vitamin lainnya.


7. Bermain Instrumen Musik

Ketika kita ingin memaksimalkan fungsi otak kiri, maka beberapa kegiatan yang melibatkan analisis dan pemikiran logis bisa kita lakukan. Namun Apabila kita ingin mengembangkan kemampuan otak kanan, maka bermain musik bisa menjadi pilihan. Kamu bisa bermain piano, gitar, harmonika, bernyanyi dan hal hal lain yang berkaitan dengan musik dan seni.


8. Jangan Terlalu Bergantung pada Teknologi

Pada era yang serba canggih sekarang, hampir semua orang menggunakan teknologi dalam kehidupan mereka. Ini juga yang menjadikan beberapa orang memiliki ketergantungan pada teknologi. Padahal di dalam teknologi, seperti halnya smartphone bisa mengakibatkan otak seseorang menjadi malas. Buktinya beberapa siswa yang diberikan tugas memilih searching di Google daripada untuk berfikir sendiri.

Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk menghindari ketergantungan terhadap teknologi. Jangan sampai teknologi membuat Kamu kecanduan sehingga otak menjadi malas untuk berfikir. Latihlah otak Kamu untuk berfikir dan memecahkan suatu masalah sendiri. Sebaliknya gunakan teknologi tersebut untuk Kamu bisa belajar dan memperoleh informasi terbaru.


9. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Cara melatih otak yang paling mudah untuk dilakukan adalah sering menjalin komunikasi atau berdiskusi dengan banyak orang yang berbeda beda pola pikirnya, cara pandang dan pendapatnya dengan kita. Hal ini sesuai dengan kebutuhan setiap manusia yang pada dasarnya sebagai manusia sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sosialisasi yang baik akan baik juga sebagai cara menghindari stress sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya.


10. Melakukan kegiatan Baru diluar Kebiasaan

Kegiatan baru membuka kesempatan kamu untuk mendapatkan pengalaman baru yang mengharuskan otak untuk terus berfikir aktif dalam mendapatkan informasi yang baru tersebut. tidak hanya itu saja, melakukan kegiatan baru akan meningkatkan fungsi kognitif sehingga risiko Alzheimer akan bisa dicegah. Ada banyak kegiatan yang bisa Kamu pilih seperti belajar bahas baru, belajar menjahit, desain dan masih banyak lagi.


11. Rutin dan Konsisten Membaca Konten Positif

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena bisa semakin meningkatkan pengetahuan seseorang. Membaca juga bisa dilakukan secara rutin untuk melatih otak Kamu. Kamu bisa membaca novel, majalah ataupun koran. Pilihlah bahan bacaan yang baik, maka akan memberikan efek yang baik pula dengan kondisi otak Kamu.

Membaca akan membantu otak untuk bisa lebih banyak berfikir seperti membayangkan narasi di dalamnya dan memproses informasi tersebut. Secara rutin membaca setiap hari akan meningkatkan fungsi kognitif mu. Jadi sobat kosngosan bisa merutinkan untuk membaca apa saja yang positif, seperti buku, artikel, koran, majalah dan sebagainya.


12. Bermain Game Asah Otak

Beberapa game seperti teka teki silang, catur, puzzle, sudoku dan lain sebagainya adalah game yang sangat baik untuk melatih otak. Game tersebut akan melatih otak kiri yang umumnya digunakan. Nah, sebagai tips cobalah untuk meningkatkan kesulitasn game atau menggunakan strategi baru dalam game. Lama kelamaan otak Kamu akan mengalami peningkatan dalam memecahkan masalah.


13. Tidak Mengkonsumsi MSG yang berlebihan

MSG (Monosodium Glutamat) atau yang lebih kerap disebut dengan micin sebenarnya sangat berbahaya untuk tubuh kamu. Dampak yang bisa segera dirasakan jika mengonsumsi MSG yang berlebihan adalah memperlambat perkembangan otak sehingga tidak menutup kemungkinan otak akan semakin sulit berfikir. Jadi untuk itu upayakanlah jangan terlalu banyak mengonsumsi micin, sebagai gantinya Kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan gula atau gula merah dan garam.


14. Menghindari hal yang membuat stress

Sebagaimana yang kamu ketahui stress bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dan yang terutama kesehatan otak kamu juga akan terpengaruh. Apa penyebab dari stress? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa buat kamu stres. Misalnya, terlalu banyak hal yang difikirkan sehinggan membuat diri tertekan bahkan mengalami depresi. Ketika mengalami hal itu, secara otomatis otak juga tidak akan bisa berpikir.

Cobalah untuk sebisanya menghindari hal hal yang bisa membuat stress. Kamu juga perlu membagi waktu dengan baik, jika memang Kamu memiliki kegiatan yang sibuk atau ada banyak hal yang harus Kamu tanggung tetaplah sisakan waktu untuk bersantai dan beristirahat dengan baik. Gunakan waktu Kamu dengan sebaik baiknya dan jangan bermalas malasan.

Baca juga : Cara Cepat Hafal Materi Pelajaran


Kata Penutup

Otak merupakan salah satu karunia terbesar yang diberikan oleh tuhan kepada manusia. Tanpa adanya otak, kita tidak akan bisa berpikir, menentukan keputusan dan juga beraktifitas seperti normal. Keberadaan organ otak yang dilindungi oleh tempurung kepala menjadikan hal tersebut bukti bahwa otak adalah suatu bagian yang sangat penting dan perlu untuk dijaga

Tidak hanya secara fisik saja, tetapi juga secara pikiran. Dimana otak harus terus diasah untuk bisa membuat pikiran tetap sehat dan tidak pikun. Semoga beberapa tips sederhana diatas bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan.com. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share dan bagikan ke teman teman sosial mediamu yang lain

Oleh rezaharahap