Cara Cepat Hafal Materi Belajar Untuk Menghadapi Ujian

Apakah kamu ingin menghapal materi soal jawaban untuk mendapatkan nilai ujian yang bagus? Setiap orang dianugerahi kemampuan menghapal yang berbeda. Namun kita bisa menerapkan beberapa tips ala kosngosan dibawah ini untuk mempermudah kamu dalam menguasai setiap materi yang akan dipersoalkan pada ujian nantinya.

cara hafal cepat saat belajar ujian

Belajar adalah proses transfer ilmu. Dengan mengingat, menghapal, dan menyimpan ilmu yang dipelajari dari hal hal baru, otak akan memproses hal baru tersebut. Itulah yang dinamakan proses belajar. Tapi, banyak dari kita tidak memaksimalkan kemampuan otak untuk menghapal materi baru ketika di kampus atau sekolah.

Kosngosan akan memberikan beberapa tips bagi kamu untuk memperkuat daya ingat alias memori. Namun jangan mengeneralisir semua kemampuan akademik sama. Karena para dasarnya setiap individu berbeda daya ingatnya.

Baca juga : Cara Berhenti Mencontek Saat Ujian dan Alasan Mengapa Mencontek Itu Dilarang

Celakanya, kita sebagai generasi milenial seolah sudah ‘termakan’ teknologi dan kecanduan gadget sering membuat khawatir. Padahal pada dasarnya, otak kita adalah otot yang memerlukan latihan secara terus-menerus.

Untuk memaksimalkan potensi otak, kita dapat melalukan berbagai latihan dengan berbagai cara sederhana. Tidak selalu dengan masuk kuliah atau sekolah setiap hari. Setidaknya cobalah beberapa teknik dibawah ini.

Membuat outline (kerangka materi)


Outline adalah kerangka materi pelajaran. Sangat bermanfaat untuk menggambarkan materi yhang akan kamu hapal yang memuat garis besar dari suatu tugas atau materi yang akan ditulis. Garis besar ini bisa berupa rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.

Buatlah outline materi tugas secara sederhana di kertas kosong dan ikuti alurnya sehinga kamu bisa menghapal lebih cepat dari biasanya meskipun kamu diburu deadline. Baca disini membuat outline yang baik dan benar.

Membuat mind map (peta pikiran)


Siapa yang suka menghapal menggunakan mind mapping? Peta pikiran bisa memecahkan masalah secara terstruktur melalui gambaran visual yang diwakili oleh setiap permalasahan dan solusinya.

Ini akan membantu sobat kosngosan memahami sesuatu secara luas dan komprehensif. MM juga akan memudahkan menghapal konsep utama suatu materi pelajaran. Baca disini membuat mind map yang baik dan benar

Memilih tempat dan suasana menghapal yang tenang dan nyaman


Menghapal membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang agar sobat kosngosan bisa fokus. Walaupun sejatinya kamu sudah terdesak, kamu harus tetap tenang dalam menghap setiap materi. Carilah ruangan yang sunyi dan senyap agar tidak ada gangguan.

Memang malam hari adalah suasana yang lebih nyaman untuk menghapal. Namun hal tersebut tidak sepenuh nya benar. Karena sobat kosngosan juga masih bisa belajar di siang atau sore hari.

Carilah ruangan kamar yang privat dan bebas dari gangguan. Sobat juga bisa putar musik klasik atau musik kesukaan mu yang bisa membuatmu lebih rileks

Olahraga secara rutin


Olahraga mampu mengoptimalkan kinerja otak. Dengan berolahraga, aliran darah menuju otak akan lancar dan kaya akan oksigen. Dengan demikian, otak akan lebih sehat dan meningkatkan daya ingat serta analisis kita dalam belajar.

Kita bisa melakukan joging pagi sebelum berangkat kuliah atau sekolah, naik sepeda keliling kompleks, atau push-up di depan rumah. Hal hal sederhana yang mengeluarkan keringat ini seringkali disepelekan oleh kita.

Bermain Game Asah Otak


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bermain game yang mengasah otak setiap hari, tidak hanya dapat membuat otak tetap aktif tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat.

Sobat kosngosan suka game genre puzzle, moba, war, strategy dan action mungkin bisa melatih otak-mu. Otak akan terangsang ketika kamu memainkan stick atau membangun sebuah strategi yang bisa meningkatkan daya analisis dan kreatifitasmu.

Tapi yang perlu dingat, jangan terlalu berlebihan. Ketika misalnya besok jadwal ujian semester, kamu malah asyik asyikan bermain game moba dengan teman-teman. Bermain game yang dimaksud disini adalah bermain yang sesuai proporsi, tanpa mengganggu jadwal belajarmu.

Mengunyah Permen Karet


Mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi saat belajar. Penelitian telah menunjukkan permen karet dapat membantu konsentrasi dalam tugas-tugas memori visual.

Selain itu, penelitian ini juga fokus pada manfaat mengunyah permen karet selama tugas memori audio. Mengunyah permen karet dapat bermanfaat bagi area kognitif kita.

Tapi jangan mengunyah permen karet disaat sobat kosngosan sedang ujian ya! Bila tidak ingin dikeluarkan dari ruangan ujian. Lakukan ini disaat kamu sedang santai dirumah atau belajar kelompok dengan kawan kawan. Jangan kebanyakan juga, karena dapat meningkatkan resiko diabetes dan obesitas.

Fokus pada Materi Belajar yang Penting


Materi belajar memang banyak dan bercabang. Disinilah kamu penting merumuskan pokok2 materi pelajaran yang paling penting untuk kemudian dihapal atau dipelajari.

Sobat kosngosan tidak perlu menghapal semua materi yang diberikan oleh dosen atau guru. Karena mimin yakin kamu tidak sanggup, dan seandainya pun sanggup, materi itu pasti akan lenyap seketika saat ujian selesai.

Menulis dan Praktik Ulang


Alah bisa karena biasa. Pribahasa itu sepertinya cocok dengan tips ini. Sobat kosngosan hanya perlu menulis ulang semua materi yang sudah kamu pelajari dan hapal. Karena itu semua akan memantabkan ingatan dan memorimu tentang materi pelajaran.

Tulislah pada kertas kosong. Berbicaralah didepan kaca sendirian. Ulangi terus sampai kamu merasa yakin telah menguasainya. Hasil coret coretan kamu ini juga bisa dipakai keesokan harinya, sebelum ujian tiba, baca kembali untuk memperkuat hapalanmu.

Tentulah kesungguhan kita sangat penting. Hanya dengan melakukan kegiatan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari seperti diatas, dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Melakukan review sebelum ujian tiba


Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan review sebelum tugas dikumpul atau ujian tiba. Jadi kamu bisa meminta bantuan teman mu untuk menguji materi sesaat sebelum waktunya.

Contohnya nih, ujian akan digelar pada jam 10 pagi, sobat kosngosan bisa minta bantuan kawan untuk menanyakan materi materi nya pada saat jam istirahat pukul 09.00 misalnya.

Baca juga : Cara Mendapat Nilai Bagus Tanpa Perlu Belajar dan Menghapal

Yuk, buat belajar dan berlatih menjadi lebih menyenangkan dengan cara diatas. Kamu berani coba? Silahkan share artikel kosngosan ini untuk memberitahu teman teman sosial mediamu yang lain, supaya mereka juga bisa mendapatkan nilai ujian yang maksimal.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel