Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari

Apa saja contoh dari olahraga ringan dan sedang yang bisa dilakukan di dalam rumah ataupun di luar ruangan? Rutin berolahraga adalah salah satu tips untuk hidup sehat selain tentunya menjaga pola makan. Ketika kamu memutuskan untuk melakukan diet, maka berolahraga ringan secara rutin wajib kamu lakukan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih jenis-jenis olahraga yang bisa kita lakukan sehari-hari tanpa harus membebani pekerjaan utama kita.

Olahraga merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga kesehatan secara jasmani dan juga rohani. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membuat metabolisme dalam tubuh tetap berjalan lancar, sehingga penyerapan distribusi nutrisi makanan didalam tubuh dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Olahraga sendiri bisa dibagi dalam tiga jenis berdasarkan effort yang dibutuhkan, yaitu olahraga ringan, sedang dan juga berat. Secara umum kegiatan olahraga bisa dikatakan sebagai suatu aktivitas fisik yang terstruktur dan sistematis di mana sobat kosngosan.com akan melakukan gerakan tubuh yang berulang kali demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak macam – macam olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari olahraga ringan, sedang hingga berat. Tapi itu semua disesuaikan dengan kemampuan pribadi masing – masing karena tiap orang mempunyai daya tahan dan kekuatan yang berbeda – beda.

contoh olahraga ringan


Contoh Olahraga Ringan di waktu Pagi Hari

Olahraga yang ringan dan juga sedang adalah termasuk ke dalam jenis olahraga yang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan terlalu banyak alat, waktu dan tenaga. Kalau kamu ingin mengetahui apa saja olahraga yang dimaksud, bisa lihat beberapa dibawah ini seperti yang sudah mimin kosngosan.com rangkum :

Berikut akan kami rangkum contoh – contoh olahraga yang tergolong ringan dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah :

Baca juga : Macam Macam Pemanasan dan Pendinginan Olahraga


1. Jogging

Jogging atau lari laun merupakan jenis lari santai yang identik dilakukan dengan langkah perlahan, tidak juga dinamakan lari cepat, tetapi lebih dari sekedar berjalan. Jogging bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun umumnya orang – orang melakukan jogging di pagi dan sore hari. Aktivitas lari ini sangat bermanfaat bagi kesehatan apalagi jika dilakukan secara rutin karena dapat meningkatkan kebugaran fisik pada tubuh.


2. Bersepeda

Bersepeda juga merupakan olahraga ringan selanjutnya yang bisa kamu coba. Tentu aktivitas ini sudah sangat umum dilakukan dan tidak sedikit juga yang menggemarinya. Bersepeda juga tidak membutuhkan biaya yang banyak dan alat – alat yang rumit. Kamu bisa melakukan hal ini selama beberapa menit saja. Selain baik untuk melatih pergerakan tubuh, bersepeda juga efektif untuk membakar kalori secara optimal.


3. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang identik dilakukan oleh wanita. Namun bukan tidak mungkin dilakukan juga oleh pria loh. Yoga adalah aktivitas olahraga yang sangat bermanfaat dan termasuk efisien karena tidak membutuhkan banyak alat. Kamu cukup menyediakan karpet sebagai alas. Mengenai panduan gerakan sendiri, kamu bisa mencarinya dari berbagai sumber baik dari artikel maupun dari internet.


4. Jalan Cepat

Walau tergolong aktivitas ringan, namun jangan anggap remeh karena ada banyak sekali manfaat pada jalan cepat yang bisa kita dapatkan. Beberapa manfaat dari jalan cepat seperti mampu meningkatkan detak jantung sehingga baik untuk memperlancar sirkulasi darah, membakar kalori, dan melatih otot – otot persendian agar lebih fleksibel. Sobat kosngósan cukup melakukan aktivitas ini 10 – 15 menit saja dalam sehari pada waktu luang.


5. Naik Turun Tangga

Selain manfaatnya yang baik untuk menguatkan otot dan tulang, naik turun tangga juga merupakan alternatif yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan loh! Kamu bisa melakukan aktivitas ini utamanya pada pagi hari dengan memanfaatkan tangga yang kamu miliki di rumah. Sebelum memulainya, kamu bisa melakukan peregangan terlebih dahulu untuk melemaskan otot – otot dan persendianmu.


6. Plank

Plank merupakan olahraga ringan selanjutnya yang bermanfaat untuk meluruhkan lemak perut. Dengan melakukan latihan plank secara rutin juga dapat membantu memperkuat dan menstabilkan kerja otot inti serta mengencangkan otot utamanya pada bagian kaki, paha, lengan, dan paha. Cara melakukannya hanyalah dengan mengangkat berat badan tubuhmu menggunakan kedua tangan dan tahan beberapa saat. Kamu bisa menggunakan karpet yang kamu miliki sebagai alas.


7. Senam Lilin

Senam lilin merupakan salah satu gerak dasar yang juga termasuk dalam senam lantai. Kamu bisa melakukan kegiatan ini dirumah. Caranya adalah dengan posisi badan telentang dan kedua kaki diangkat keatas. Manfaat dari senam lilin yang bisa kamu dapatkan adalah mampu mengencangkan otot perut serta melatih kelenturan otot pinggang dan punggung. Namun yang perlu diingat, kamu juga tidak perlu memaksakan diri hingga membuat bahaya ketika melakukannya.


8. Lompat Tali

Lompat tali merupakan rekomendasi olahraga selanjutnya yang cukup menantang namun masih tergolong ringan untuk dilakukan. Lompat tali atau biasa disebut skipping membutuhkan stamina dan tenaga yang kuat dalam melakukannya. Olahraga ini juga tidak butuh alat yang berat dan rumit. Sobat kosngosan bebas melakukannya dimana saja. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tali skippingmu sebelum berolahraga.


9. Push Up

Olahraga push up sangat baik dilakukan karena dapat meningkatkan stamina yang kamu miliki. Pada dasarnya, push up juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Caranya adalah dengan tengkurap serta posisi kedua tangan disisi badan. Kemudian badan diangkat naik turun dengan tangan sebagai topangan. Posisi kaki juga tetap harus lurus ya. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kamu rutin melakukan push up seperti meningkatkan kekuatan otot dada dan bahu.


10. Sit Up

Olahraga sit up dikenal ampuh untuk membakar kalori utamanya yang ada di daerah perut. Aktivitas ini bisa kamu lakukan di rumah pada waktu senggang. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan sit up adalah dapat meningkatkan kestabilan tubuh, melancarkan sistem metabolisme, membentuk dan meningkatkan kekuatan otot tubuh.


11. Wall Climbing

Meski memiliki arti memanjat tebing, namun yang dimaksud disini bukan berarti tebing khusus seperti diluaran sana. Kamu cukup melakukannya dirumah dengan beralaskan karpet. Posisi badan usahakan telentang, lalu gerakkan kaki seakan – akan sedang memanjat sebuah tebing. Lakukan aktivitas ini beberapa menit. Dengan rutin melakukan wall climbing bisa meningkatkan staminamu utamanya di pagi hari.


12. Bermain Badminton

Olahraga jenis ini tentunya sudah tidak asing lagi dan telah digemari oleh banyak orang. Sobat kosngosan bisa melakukan olahraga ini di pagi dan sore hari dengan teman atau keluargamu. Alat yang dibutuhkan hanyalah sebuah raket dan kok. Untuk melakukannya juga tidak selalu dengan lapangan khusus yang memiliki net. Cukup lakukan di rumah atau halaman sekitar saja.


13. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan jenis senam yang mencakup cukup banyak gerakan yang berfungsi untuk melatih seluruh anggota tubuh. Olahraga jenis ini tergolong ringan dan dapat dilakukan tanpa alat apapun. Dengan waktu 30 menit saja itu sudah cukup efektif dan mampu memberikan hasil maksimal asalkan kamu melakukannya dengan sungguh – sungguh. Kamu bisa menggunakan panduan dari berbagai sumber untuk melakukan senam ini.


14. Tenis Meja

Tenis meja juga termasuk olahraga ringan yang bisa kamu coba namun untuk melakukannya harus membutuhkan meja khusus. Tapi untuk menyiasatinya, kamu pun bisa menggunakan meja biasa yang kamu miliki dan net tenis serta bola kecil. Jika dirasa sulit kamu dapat langsung mendatangi tempat – tempat khusus yang menyediakan fasilitas tenis meja seperti gelanggang olahraga diluaran sana.


15. Squat

Untuk melakukan squat ini tidak butuh ruangan khusus dan alat – alat yang rumit. Caranya juga mudah yakni mengawalinya dengan sikap berdiri lalu renggangkan kakimu selebar bahu. Kemudian, naik turunkan badanmu hingga posisi kaki membentuk sudut 90 derajat (setengah jongkok). Ulangi gerakan ini ke posisi semula hingga berulang kali. Dengan melakukan squat secara rutin dapat bermanfaat untuk memperkuat kekuatan otot kaki dan paha.


16. Hula Hoop

Meskipun tergolong jenis olahraga yang sederhana, namun untuk melakukannya dapat terbilang sulit juga. Dibutuhkan latihan yang serius dan terbiasa agar kamu dapat melakukan olahraga ini dengan baik dan benar. Selain tergolong ringan dan bisa dilakukan dimana saja, dengan melakukan olahraga hula hoop secara rutin dapat bermanfaat untuk merampingkan perut dan efektif membakar kalori dalam tubuh.


17. Lunges

Lunges adalah rekomendasi olahraga ringan terakhir yang bisa kamu coba. Lunges merupakan salah satu menu latihan yang bagus karena dapat membentuk otot quadrisep, dan hamstrip. Untuk cara melakukannya adalah dengan posisi awal berdiri, dengan kaki dibuka sedikit. Langkahkan salah satu kaki kedepan, turunkan badan bersamaan dan tekuk kaki membentuk sudut 90 derajat setelah itu kembali ke posisi awal. Lakukan secara berulang – ulang.

Baca juga : Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani dalam Olahraga


Kata Penutup

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Demi menjaga kesehatan, kamu harus berolahraga ringan setiap hari secara konsisten, untuk menjaga kebugaran tubuh.

Demikian pembahasan kali ini mengenai beberapa contoh olahraga yang ringan kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman teman kosngosan.com. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke linimasa sosial media kalian ya. Terimakasih.

Oleh rezaharahap