Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Sepeda MTB supaya Awet

Apakah kamu suka gowes? Saat ini trend penggunaan sepeda semakin tinggi, karena orang-orang ingin lebih sehat dengan berolahraga menggunakan sepeda. Sepeda adalah Jenis kendaraan roda dua (umumnya), memiliki stang, tempat duduk serta sepasang pengayuh yang menggunakan kekuatan kaki untuk menjalankannya.

Ada banyak jenis sepeda modren saat ini, termasuk salah satunya adalah MTB atau kepanjangan dari MounTain Bike atau Sepeda Gunung, sesuai dengan judul, kita akan membahas bagaimana cara memelihara kendaraan ini supaya tahan lama dan tidak cepat rusak

Dilansir dari Wikipedia, jenis sepeda gunung bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan frame-nya, yaitu :

  • Rigid, MTB yang tidak memiliki suspensi sama sekali
  • Hardtail, jenis MTB yang memiliki bagian depan yang bersuspensi, sedangkan chain stay kaku tanpa suspensi
  • Soft tail, jenis yang punya suspensi belakang yang kecil berupa elastomer
  • Full Suspension, jenis MTB yang memiliki suspensi pada bagian garpu depan dan bagian chain stay

Popularitas sepeda gunung di Indonesia sudah mulai sejak tahun 1980 silam, bahkan waktu itu bisa mengalahkan popularitas dari sepeda balap. Walaupun namanya sepeda gunung, tapi penggunaanya tidak mesti ke gunung saja.

Untuk mengendarai MTB di jalanan juga bisa. Mungkin karena pengguannya yang serba bisa dan relatif bandel, sobat kosngosan lebih memilih jenis sepeda ini dibanding sepeda jenis lainnya


Tips Merawat Sepeda MTB

Cara Merawat Sepeda MTB

Sesuai judul diatas, buat kamu yang saat ini sudah membeli sepeda gunung dan ingin merawat MTb kesayangan mu tersebut supaya tetap bisa dipakai dalam jangka waktu panjang untuk olahraga ringan, kamu wajib menerapkan beberapa tips sederhana dibawah ini. Mari kita simak satu per satu :


1. Memilih Spesifikasi MTB yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja kenali dulu merek, spesifikasi dan tentukan anggaran mu untuk membeli jenis MTB yang sesuai. 

Selain itu pilih jenis Frame dan ukuran frame yang sesuai, Ukuran Diameter Ban, Group Set yang terdiri dari shifter, front Derauiller, RD, Casette dan Crancase Set, Jenis tipe frame, Suspensi dan spesifikasi lainnya yang penting


2. Menggunakan Paddock

Meletakkan sepeda MTB pada standar (paddaock) sehingga roda belakang terangkat adalah teknik sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan sepeda jenis ini di rumah. Karena tidak disarankan meletakkan sepeda dengan berjalan, apalagi dalam waktu yang cukup lama.


3. Mengayuh dan Mengganti Gigi yang Sesuai Prosedur

Salah satu penyebab banyak nya kerusakan pada sepeda MTB adalah pengguna tidak bisa mengayuh sepeda menggunakan teknik yange tepat.

Selain itu ganti gigi depan dan belakang juga menjadi hal yang perlu kamu pelajari, sehingga gear dan rantai tidak cepat aus dan rusak. Kayuh pedal sepeda MTB sambil memindahkan posisi rantai ke gir belakang (RD) yang paling besar;


4. Memberikan Pelumas atau Oli Khusus

Kalau sudah terlepas, sobat kosngosan mulailah memberi pelumas secukupnya pada shifter hingga housing-nya. Shifter menjadi bagian krusial dalam sepeda MTB karena berfungsi menjaga kelancaran perpindahan atau transmisi gigi belakang (rear deraillur/RD) maupun depan (front derailleur/FD).

Setiap biker punya jadwal yang berbeda dalam merawatnya, ini bergantung pada trek yang dilalui jika sepeda MTB kita sering terkena hujan atau melwati medan berdebu dan berlumpur, perawatan shifter perlu dilakukan lebih intensif.

Kalau hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari di daerah perkotaan, shifter cukup dicek sebulan sekali. Pada speda modern, shifter perlu dilakukan lebih intensif. Namun, kalau hanya digunakan untuk aktifitas sehari-hari diperkotaan, shifter biasanya biasanya diletakkan pada stang, bersebalahan dengan handle rem.

Dari segi bentuk, shifter dibedakan menjadi dua, yaitu grip shifter dan thumbshifter. Secara umum , cara penggunaan dan perawatan keduanya mirip. Perawatan shifter pada sepeda MTB dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kabel, housing hingga triggernya.


5. Bersihkan Kotoran Rantai

Membersihkan kotoran yang sering berada di rantai sepeda, menggunakan air bertekanan rendah titik air yang bertekanan tinggi dapat merusak komponen rantai titik jika perlu menggunakan air hangat agar kotoran pada rantai sepeda MTB lebih mudah

Pada proses membersihkan kotoran mengguyur sepeda MTB tanpa melepas aksesoris yang ada pada batang seperti bel, lampu, dan speedometer titik untuk sepeda MTB yang menggunakan V brakes Kabel penghubung nya. caranya dengan menekan kedua Sisi calipers.


6. Bersihkan bagian yang sulit Terjangkau

Kamu bisa menggunakan sikat gigi . hindari sabun yang mengandung deterjen dikarenakan hal tersebut akan berpotensi merusak rantai. bersihkan juga bagian gear yang ada di RD sebagai satu kesatuan dengan rantai.

Setelah itu Kamu dapat mengeringkan dengan lap kering, untuk body sepeda MTB bersihkanlah menggunakan lap yang dibasahi air. bersihkan semua bagian frame, mulai dari set tes tes tes, satu, top Tube down Tube hingga head tube.

Begitu pula dengan hand lebar, empat, kabel Shifter dan kabel rem. Untuk fi kita bisa menggunakan cairan pembersih khusus jika terdapat kotoran yang sulit hilang S selebihnya Kamu cukup menggunakan lap yang dibasahi air sabun untuk membersihkan semua bagian pada roda sepeda MTB.

Singkirkan kotoran mulai dari ask hub jari-jari velg hingga ban. jika sepeda MTB menggunakan cakram, Kamu harus mengikat dengan teliti semua bagiannya. setelah itu pasang kembali roda. pastikan Roda tidak goyang karena jika goyang mungkin jari-jari roda perlu disetel ulang.


7. Memberikan Rantai sepeda MTB yang telah kering dengan pelumas secukupnya

Rantai sepeda berfungsi untuk mentransfer Tenaga dari kayuhan kaki ke Gear untuk memutar roda. rantai yang tidak terawat sudah pasti akan menguras lebih banyak tenaga dan merusak drevtrain atau sistem penggerak sepeda yang harganya lumayan sangat mahal.

Pada sepeda MTB rantai berperan yang sangat krusial, Khususnya ketika melakukan offroad. kondisi rantai yang buruk sangat berbahaya saat berada di tanjakan. Selain tenaga yang dikeluarkan lebih besar rantai yang kurang perawatan bisa menyebabkan putus ditengah jalan atau mengalami malfungsi.


8. Menjaga Tekanan Ban depan dan belakang

Kamu bisa membuka pengencang roda depan dengan membuka klip pengunci . kalau sepeda MTB tidak menggunakan klip pengunci, sobat kośngosan bisa memakai kunci pas sesuai ukuran baut. Lepas bagian belakang dengan cara melepaskan pengencang roda kemudian tarik ke belakang sistem pemindah gigi atau RD secukupnya. Roda belakang dapat ditarik ke atas dan kemudian dilepas.


9. Bersihkan kedua ban dari kotoran

Kamu bisa membersihkan bagian ini menggunakan kain lap dan air sabun. Sepeda MTB memiliki roda yang cukup lebar dan bergerigi. roda tersebut umumnya memiliki kualitas yang baik daripada sepeda jenis lainnya. maka perawatan roda pada sepeda MTB sudah pasti sangat krusial dan lebih teliti.

Roda sepeda MTB secara umum terdiri atas susunan dari Hub vleg, jari-jari dan ban karet. hub menjadi tumpuan yang menghubungkan antara AS dengan rangka atau frame. as sepeda terhubung pada jari-jari yang menyatu dengan vleg, vleg yang berbentuk lingkaran kemudian ditutup dengan ban karet agar laju sepeda lebih nyaman dan empuk.


10. Bersihkan Jari Jari Sepeda

Selanjutnya ada haru membersihkan juga jari-jari roda dengan detail. Derailleur adalah sistem transmisi sepeda untuk membersihkannya, Kamu harus membasahi sikat dengan sabun dan langsung memulainya dengan menggosokkannya perlahan-lahan. pastikan seluruh bagian draillure betul-betul bersih.

Kemudian, untuk rantai putar pedal ke depan sehingga rantai berputar dan mulai bersih dengan kain yang lembut. Setelah itu kamu dapat mencuci 8 agar kotoran yang menempel hilang, kemudian ulangi lagi Hingga rantai bersih.

Selanjutnya untuk membersihkan kerang atau engkol dan pedal, gunakan sikat yang telah dibasahi dengan air sabun . sikat dengan teliti agar semua bagian penggerak pada sepeda MTB hingga bersih. Begitu pula dengan pedal dan Sisi dalam dari gear.keringkan semua bagian tersebut dengan lap kering.


11. Semir Ban Setelah Dicuci

Ini memang menjadi opsional ya, supaya sepeta MTB mu terlihat selalu seperti baru dan kamu tidak malu mengendarainya apalagi di jalanan kota. Tapi kamu bisa skip tips ini karena sebenarnya tidak berpengaruh terhadap daya tahan ban pada sepeda, hanya mempengaruhi penampilan saja.


12. Cek Klip Pengencang Roda

Sepeda memiliki bagian penting yang harus dicek secara berkala, yaitu memeriksa klip pengencang roda saat pemasangan kembali ketika sepeda ingin di bongkar atau di simpan dalam jangka waktu agak lama. Jangan sampai klip terlalu kendor atau terlalu kuat yang bisa mengakibatkan kerusakan nantinya apabila dibiarkan.


13. Bersihkan frame Sepeda

Kamu bisa rutin membersihkan bagian ini dengan sabun bebas deterjen sesegera Mungkin setelah digunakan. Jika sepeda terkena lumpur, debu dan air hujan maka dapat merusak cat serta frame. Kamu dapat mengelap dengan kain kering dan hindari menjemur sepeda dibawah terik matahari karena cat bisa terkelupas.

Frame sepeda MTB perlu dirawat dengan serius karena sepeda jenis Ini Membutuhkan ketahanan fisik yang mumpuni, salah satunya didukung oleh rangka yang senantiasa terjaga kualitasnya. Perawatan khusus dilakukan pasca penggunaan sepeda, sedangkan perawatan rutin adalah perawatan yang dilakukan secara berkala, meliputi pengecekan komponen dan pemberian pelumas.

Selain perawatan rutin dapat mencuci sepeda MTB secara berkala atau setelah dipakai offroad. Sepeda MTB tidak boleh dibiarkan dalam keadaan kotor terlalu lama. Namun mencuci sepeda juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan . banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda MTB.


14. Gunakan pelapis body untuk melindungi cat sepeda MTB

Sobat kosngosan harus memastikan tekanan angin pada ban sepeda MTB tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak. Jangan terlalu lama membiarkan sepeda di bawah terik matahari Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merusak kualitas karet ban.

Apabila tidak sedang digunakan, beri lapisan berupa kardus agar Roda tidak tersentuh langsung dengan lantai atau kamu dapat menggunakan sepeda hal ini bisa menjadi alternatif cara penyimpanan yang baik.


15. After washing

Yaitu proses pencucian selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengecek sistem pengereman dan memberi pelumas pada sepeda MTB. Melewatkan pengecekan rem, karena hal ini dinilai sangat penting. cek rem depan dengan berdiri di depan sepeda MTB

Kemudian tekan rem roda depan. tarik sepeda kedepan. jika frame dan roda belakang dapat terangkat, berarti rem depan normal. Selanjutnya dapat mengecek rem belakang dengan berdiri di depan sepeda, lalu tekan rem belakang .jika roda depan terangkat rem belakang masih layak dipakai.

Pastikan semua bagian seperti rantai, sister sistem penggerak roda depan dan belakang, serta lengan pedal diberi pelumas. jangan gunakan oli bekas atau pelumas yang tidak seharusnya diberikan . sepeda MTB adalah sepeda yang mudah kotor karena biasa digunakan untuk Medan yang ekstrem.

Kalau ingin sepeda MTB awet dan selalu nyaman di pakai, perawatan rutin yang intensif memang sangat diperlukan seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Selain akan membuat sepeda MTB pengguna akan tahan lama, perawatan yang tepat akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atau malfungsi selama bersepeda, khususnya di jalur offroad yang jauh dari mana-mana.

Baca juga : Cara Merawat Baterai iPhone supaya Awet


Kata Penutup

Demikian pembahasan kosngosan kali ini, semoga kalian bisa memahami dan menerapkan beberapa tips diatas ya. Tentunya mengenali dan mentukan apa yang diinginkan dari sepeda MTB dan berapa banyak uang yang kita siapkan sangat penting. Dengan begitu, kalian jadinya bisa mulai melihat kebutuhan bersepeda seperti apa. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media ya

Oleh rezaharahap