Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Desain Toko Variasi Motor yang Menarik

Membuka toko variasi motor menjadi peluang usaha yang cukup prospektif, khususnya di area perkotaan terdekat. Sebelum memulai membuka toko seperti ini, kamu perlu merencanakan bagaimana contoh desain, tata letak atau layout dari setiap produk yang kamu jual.

Oleh karena itu, kosngosan akan berbagai desain untuk kalian dalam menemukan referensi yang tepat dalam membangun toko variasi dan aksesoris motor. Karena pengguna kendaraan roda dua di Indonesia akan terus meningkat

Tentu hal ini membutuhkan berbagai aksesoris untuk pelengkap atau keperluan kendaraan mereka. Cara buka toko aksesoris motor juga sebenarnya relatif mudah. Jumlah omzet yang ditawarkan juga sebenarnya cukup menggiurkan.

Namun hal ini tergantung dengan bagaimana pemilik usaha menyusun strategi bisnis dan pemasaran yang benar. Apa pengertian toko variasi motor? Toko variasi motor adalah sebuah toko atau bengkel yang menyediakan berbagai macam aksesoris atau variasi yang dibutuhkan motor mulai dari knalpot, speaker klakson, lampu LED, fairing, cover, dan lain sebagainya.

Bengkel variasi motor ini umumnya digunakan untuk memodifikasi tampilan motor agar terlihat lebih indah dan tampil beda. Usaha toko variasi motor ini memang lebih difokuskan terhadap kreativitas dari pemilik bengkel itu sendiri, berbeda dengan bengkel motor perawatan pada umumnya.


Contoh Desain Toko Variasi Motor

Setelah mempertimbangkan aspek modal usaha dan paket usaha aksesoris motor, kamu harus mendesain toko yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa lihat contoh desain sparepart motor disini

Seberapa luas ruangan yang dibutuhkan, bagaimana peletakan produk, area terdekat yang strategis dan sebagainya. Berikut beberapa inspirasi yang mungkin bermanfaat untuk kalian :

desain toko variasi motor


contoh desain toko variasi motor
toko variasi motor terdekat


desain toko sparepart kosngosan
desain toko sparepart


desain toko variasi motor terdekat
desain toko variasi motor


desain toko sparepart
desain toko sparepart


contoh desain toko variasi motor terdekat
desain variasi motor


desain toko variasi motor
toko variasi motor terdekat


buka toko aksesoris motor
toko variasi motor terdekat


desain toko sparepart terdekat
desain toko sparepart keren


contoh desain toko variasi motor
desain toko variasi


desain toko variasi motor
toko variasi motor terdekat


desain toko variasi motor
desain toko variasi motor terdekat


contoh desain toko variasi motor
contoh desain toko variasi


buka toko aksesoris motor

toko variasi motor terdekat

buka toko aksesoris motor toko variasi motor desain


desain toko variasi motor
toko variasi motor


paket usaha variasi motor
variasi motor terdekat


paket usaha variasi motor
toko variasi motor terdekat


desain toko variasi motor
contoh desain toko variasi motor


paket usaha variasi motor
paket usaha variasi motor


paket usaha variasi motor

bengkel variasi motor


Tips Memulai Toko Variasi Motor

Berikut beberapa tips sukses untuk membangun toko variasi motor dari kosngosan yang bisa kamu terapkan :


1. Maksimalkan Dana Untuk Perangkat dan Produk Modifikasi

Kelengkapan perangkat yang digunakan untuk modifikasi memang menjadi titik keberhasilan pada usaha ini. Semakin lengkap produk yang mampu kamu disediakan

Maka akan semakin baik pula pelayanan dan kemampuan kamu untuk menghasilkan modifikasi pada motor pelanggan nantinya.

Jadi, kamu harus yakin dan jangan pernah ragu memaksimalkan pengeluaran modal untuk membiayai kelengkapan perangkat modifikasi pada bengkel variasi motormu.


2. Perbanyak Inovasi Dengan Belajar dan Mencari Referensi

Sebenarnya dalam dunia variasi, tidak ada standar baku atau patokan yang mutlak untuk memastikan variasi harus seperti apa.

Hal utama yang memang ditekankan dalam usaha ini adalah adanya inovasi, kreativitas dan skill yang memumpuni supaya mampu menghasilkan variasi motor yang keren dan mengesankan.

Kamu bisa mencari referensi tersebut dari berbagai sumber baik buku atau internet untuk memperkaya ide dan kreativitasmu.


3. Lokasi Usaha Bukan Menjadi Hal Penting

Dalam beberapa jenis usaha, lokasi memang menjadi poin penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu bisnis.

Namun untuk usaha satu ini, lokasi yang strategis pun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini karena umumnya, pelanggan mendatangi toko variasi motor ini bukan untuk kepentingan yang urgen dan mendesak.

Jadi, kamu cukup memilih tempat atau lokasi usaha yang tidak memerlukan pengeluaran dana yang cukup besar.

Hal ini bertujuan agar biaya operasional toko dapat lebih ditekan, dan dana lainnya bisa difokuskan untuk ke hal lain yang lebih penting contohnya untuk membeli kebutuhan perangkat modifikasi.


4. Pekerjakan Tenaga Yang Ahli dan Berkompeten

Untuk memodifikasi motor, tentunya kita tidak bisa melakukannya sendiri. Kita pun juga membutuhkan tenaga lain yang professional dan memiliki skill yang mumpuni di bidang variasi motor.

Tujuannya agar kita mampu menghasilkan variasi yang sesuai dengan selera dan harapan konsumen. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih dengan bijak siapa saja tenaga kerja yang cocok untuk kamu pekerjakan.

5. Berikan Gambar Produk Ataupun Brand Bengkel Variasi Motor

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah, berikan gambaran produk atau hasil bengkel yang pernah kamu buat sebelumnya dan tunjukkan kepada pelanggan.

Gambar ini bisa berupa katalog atau album yang berisi kumpulan gambar variasi yang pernah kamu garap.

Dengan demikian, pelanggan baru nantinya akan mengetahui bagaimana hasil kerja tokomu dan mampu menilai seberapa jauh kemampuan usahamu dalam membuat variasi dan memodifikasi motor

Baca juga : Contoh Peluang Usaha Sehari Hari


Kata Penutup

Saran terakhir dari kosngosan adalah buat kamu yang ingin mengembangkan usaha ini, bisa menawarkan produk ke komunitas pengendara sepeda motor seperti grup matic atau komunitas motor besar

Karena mereka sering menyelenggarakan kegiatan touring yang butuh akseoris untuk sepeda motor. Penjualan mu nantinya dilakukan dalam jumlah yang besar.

Semoga postingan kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan ke teman teman mu ya, terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya