Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Desain Toko Variasi Motor yang Menarik

Membuka toko variasi motor menjadi peluang usaha yang cukup prospektif, khususnya di area perkotaan. Sebelum memulai membuka toko seperti ini, kamu perlu merencanakan bagaimana contoh desain, tata letak atau layout dari setiap produk yang kamu jual. Oleh karena itu, kosngosan akan berbagai inspirasi untuk kalian dalam menemukan referensi yang tepat dalam membangun toko variasi dan aksesoris motor.

Seperti yang kita lihat, pengguna kendaraan roda dua di Indonesia akan terus meningkat dan membutuhkan berbagai aksesoris untuk pelengkap atau keperluan kendaraan mereka. Cara buka toko aksesoris motor juga sebenarnya relatif mudah. Jumlah omzet yang ditawarkan juga sebenarnya cukup menggiurkan. Namun hal ini tergantung dengan bagaimana pemilik usaha menyusun strategi bisnis dan pemasaran yang benar. 

Apa sih sebenarnya toko variasi motor itu? Toko variasi motor merupakan sebuah toko yang menyediakan berbagai macam aksesoris atau variasi yang dibutuhkan motor mulai dari knalpot, speaker klakson, lampu LED, fairing, cover, dan lain sebagainya. 

Variasi motor ini umumnya digunakan untuk memodifikasi tampilan motor agar terlihat lebih indah dan tampil beda. Usaha toko variasi motor ini memang lebih difokuskan terhadap kreativitas dari pemilik bengkel itu sendiri, berbeda dengan bengkel motor perawatan pada umumnya.


Contoh Desain Toko Variasi Motor

Setelah mempertimbangkan aspek modal usaha dan paket usaha aksesoris motor, kamu harus mendesain toko yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Seberapa luas ruangan yang dibutuhkan, bagaimana peletakan produk dan sebagainya. Berikut beberapa inspirasi yang mungkin bermanfaat untuk kalian :

desain toko variasi motor 

contoh desain toko variasi motor
  desain toko variasi motor 

desain toko sparepart kosngosan
  desain toko sparepart 

desain toko variasi motor
  desain toko variasi motor 

desain toko sparepart
  desain toko sparepart 

contoh desain toko variasi motor
   

desain toko variasi motor
   

buka toko aksesoris motor
   

desain toko sparepart
  desain toko sparepart 

contoh desain toko variasi motor
  contoh desain toko varias 

desain toko variasi motor
   

desain toko variasi motor
   

contoh desain toko variasi motor
  contoh desain toko variasi 

buka toko aksesoris motor

  buka toko aksesoris motor  

desain toko variasi motor
  desain toko variasi motor 

paket usaha variasi motor
   

paket usaha variasi motor
   

desain toko variasi motor
   

paket usaha variasi motor
  paket usaha variasi motor 

paket usaha variasi motor

 


Tips Membangun Toko Variasi Motor

Berikut beberapa tips sukses untuk membangun toko variasi motor dari kosngosan yang bisa kamu terapkan :


1. Maksimalkan Dana Untuk Perangkat dan Produk Modifikasi

Kelengkapan perangkat yang digunakan untuk modifikasi memang menjadi titik keberhasilan pada usaha ini. Semakin lengkap produk yang mampu kamu disediakan, maka akan semakin baik pula pelayanan dan kemampuan kamu untuk menghasilkan modifikasi pada motor pelanggan nantinya. 

Jadi, kamu harus yakin dan jangan pernah ragu memaksimalkan pengeluaran modal untuk membiayai kelengkapan perangkat modifikasi pada bengkel variasi motormu.


2. Perbanyak Inovasi Dengan Belajar dan Mencari Referensi

Sebenarnya dalam dunia variasi, tidak ada standar baku atau patokan yang mutlak untuk memastikan variasi harus seperti apa. 

Hal utama yang memang ditekankan dalam usaha ini adalah adanya inovasi, kreativitas dan skill yang memumpuni supaya mampu menghasilkan variasi motor yang keren dan mengesankan. Kamu bisa mencari referensi tersebut dari berbagai sumber baik buku atau internet untuk memperkaya ide dan kreativitasmu.


3. Lokasi Usaha Bukan Menjadi Hal Penting

Dalam beberapa jenis usaha, lokasi memang menjadi poin penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu bisnis. 

Namun untuk usaha satu ini, lokasi yang strategis pun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini karena umumnya, pelanggan mendatangi toko variasi motor ini bukan untuk kepentingan yang urgen dan mendesak. 

Jadi, kamu cukup memilih tempat atau lokasi usaha yang tidak memerlukan pengeluaran dana yang cukup besar. Hal ini bertujuan agar biaya operasional toko dapat lebih ditekan, dan dana lainnya bisa difokuskan untuk ke hal lain yang lebih penting contohnya untuk membeli kebutuhan perangkat modifikasi. 


4. Pekerjakan Tenaga Yang Ahli dan Berkompeten

Untuk memodifikasi motor, tentunya kita tidak bisa melakukannya sendiri. Kita pun juga membutuhkan tenaga lain yang professional dan memiliki skill yang mumpuni di bidang variasi motor. 

Tujuannya agar kita mampu menghasilkan variasi yang sesuai dengan selera dan harapan konsumen. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih dengan bijak siapa saja tenaga kerja yang cocok untuk kamu pekerjakan.

 

5. Berikan Gambar Produk Ataupun Brand Bengkel Variasi Motor

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah, berikan gambaran produk atau hasil bengkel yang pernah kamu buat sebelumnya dan tunjukkan kepada pelanggan. 

Gambar ini bisa berupa katalog atau album yang berisi kumpulan gambar variasi yang pernah kamu garap. Dengan demikian, pelanggan baru nantinya akan mengetahui bagaimana hasil kerja tokomu dan mampu menilai seberapa jauh kemampuan usahamu dalam membuat variasi dan memodifikasi motor


Kata Penutup

Saran terakhir dari kosngosan adalah buat kamu yang ingin mengembangkan usaha ini, bisa menawarkan produk ke komunitas pengendara sepeda motor seperti grup matic atau komunitas motor besar, karena mereka sering menyelenggarakan kegiatan touring yang butuh akseoris untuk sepeda motor. Penjualan mu nantinya dilakukan dalam jumlah yang besar. Semoga postingan kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan ke teman teman mu ya, terimakasih

Oleh rezaharahap