Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Desain Toko Sparepart Motor yang Menarik

Kamu tertarik membuka usaha toko sparepart dan aksesoris motor? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti memiliki kendaraan roda dua di rumah. Namun tak semua mengerti tentang teknis jika motor bermasalah. Sebagai pengguna, penting untuk mengetahui apa saja keperluan dari motor kita

Sehingga ketika terjadi sesuatu terhadap motor, maka sobat kosngosan bisa mengetahui kerusakan dan memberbaikinya sendiri. Spare part adalah barang yang terdiri dari lebih dari satu komponen yang membentuk satu unit dan memiliki fungsi spesifik untuk setiap alat berat.

Toko sparepart motor adalah toko yang menjual peralatan suku cadang motor atau kendaraan, juga bagian-bagian yang diperlukan dalam merakit kendaraan dan biasa dijadikan sebagai bengkel juga.

Ada banyak yang dijual, mulai dari berbagai jenis ban mobil, kunci-kunci, knalpot, jok motor, spion, mesin, baterai, aki basah, kering dan masih banyak jenis lainnya.

Saat ini kamu bisa membuka usaha ini dengan menyasar segmentasi anak muda, karena mayoritas pengendara motor yang suka gonta ganti sparepart adalah dari kalangan anak muda. Dan ciri khas anak muda mereka ingin dipandang dengan motornya yang keren.

Caranya adalah dengan modifikasi motor. Ini menjadi salah satu peluang emas yang bisa kamu manfaatkan dengan baik, yaitu membuka usaha toko sparepart motor sekaligus bengkel kecil kecilan di depan rumah


Contoh Desain Toko Sparepart Motor

Membuka usaha seperti ini, maka sobat kosngosan harus menyediakan produk yang berkualitas, kalau bisa membuka toko variasi motor juga disamping toko-mu, sehingga lengkap sudah kebutuhan pemotor.

Supaya nanti toko mu akan berpeluang menarik banyak pembeli. Selain itu, perhatikan desain interior dan eksterior nya, berikut beberapa contoh yang bisa kamu jadikan referensi :


Gambar toko sparepart motor

Gambar toko sparepart motor


desain rak sparepart motor

desain rak sparepart motor


gambar toko sparepart motor

gambar toko sparepart motor


desain bengkel sparepart motor kosngosan

desain bengkel motor kecil



Contoh desain toko sparepart motor

spanduk toko sparepart motor


Contoh desain toko sparepart motor

desain toko variasi motor


Desain toko sparepart motor




Contoh desain toko sparepart motor




Desain toko sparepart motor

desain bengkel motor kecil


Desain toko sparepart motor

desain bengkel motor kecil


Contoh desain toko sparepart motor




Desain toko sparepart motor

desain bengkel motor kecil


Desain gambar toko sparepart motor




Contoh desain toko sparepart motor




Contoh desain bengkel sparepart motor

desain bengkel motor sederhana


Contoh desain toko sparepart motor

bengkel motor


Contoh desain toko sparepart motor

contoh desain toko sparepart motor


Desain toko sparepart motor kosngosan

desain toko sparepart motor


Contoh desain toko sparepart motor

contoh desain toko sparepart motor


Tips Membuka Toko Sparepart Motor

Nah, jika kamu ingin buka usaha membuka toko sparepart ini, maka Ada sedikit tips yang bisa membantu sobat kosngosan dalam desain toko yang menarik.

Yuk disimak beberapa langkah yang perlu kamu terapkan seperti yang ada di bawah ini :


1. Dekorasi Ruangan

Pilih ruangan yang memiliki dinding tinggi atau bangunan yang tinggi. Untuk memudahkan penyusunan barang dagangan yang bisa dengan di pajang menggantung di atas.

Memisahkan barang sparepart menjadi beberapa bagian, misal ban dibuat di ruangan dalam paling sudut karna membutuhkan banyak tempa

Jok motor digantung agar hemat tempat dan sekaligus mempermudah pelanggan memilih yang sesuai kebutuhan dan model yang diinginkan.

Membungkus jok motor dengan plastik transparan dengan rapi agar mudah dilihat dari luar. Atau bisa juga membuat toko layaknya swalayan

Seperti pelanggan bisa melihat-lihat yang dibutuhkan dengan membuat ruangan penuh dengan tempat memajang produk sparepart.


2. Rak Produk

Membuat rak untuk meletakkan barang-barang dagangan yang lain yang sejenis seperti kampas rem dan tali rem, bantalan rem dalam satu rak yang membuat mudah untuk dicari.

Menyusun rantai dan busi dan sebagainya di rak berikutnya. Menyusun tali-talian, misalnya tali gas dalam satu tempat.

Menata semua barang tersebut dengan rapi agar mudah dicari dan enak dipandang. Menyusun berbagai jenis dan merek oli motor. Memajang stir mobil yang menempel ke dinding.


3. Tata Letak Steling

Meletakkan steling kaca pada barisan bagian depan toko untuk memajang baterai motor. Disampingnya dibuat lagi steling khusus oli motor, seterusnya steling untuk menyimpan lampu motor, usahakan tertata rapi dan bersih semua barang di dalam steling.


4. Spanduk Toko

Membuat spanduk mini di depan toko bertuliskan barang-barang yang tersedia di dalam toko, tuliskan satu persatu secara rinci.

Kemudian sobat kosngosan bisa menambahkan juga gambar barangnya, karna sebagian orang lebih mudah mengingat dan merekam gambar ketimbang membaca.


5. Menata Agar Produk Terlihat Padat

Buat toko menjadi padat isi dan seimbang. Jangan membiarkan barang terlihat terlalu sempit di satu bagian tapi sangat lapang di bagian lainnya.

Buat ruang kecil yang cukup dilewati satu orang untuk pelanggan yang mau masuk mencari dan memilih barang yang mau dibelinya

Sebab jika ruang masuknya besar, orang-orang akan mudah masuk ke dalam sehingga ruangan di dalam bisa menjadi sempit.

Baca juga : Tips Cicil Motor untuk Pemula


Kata Penutup

Itu saja dulu bahasan tentang toko sparepart beserta tips mendesain tokonya. Buat yang sudah memiliki toko upgrade terus toko kamu biar lebih indah dan menarik.

Yang baru ingin memulai bisnis harus semangat, terjun ke dunia toko sparepart usahakan yang memang mengetahui jenis dan kualitas sparepart, serta fungsi-fungsi peralatannya.

Seperti yang sobat kosngosan ketahui, bahwa pemakai pengendara motor akan semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Sehingga dengan begitu, ada banyak jumlah pengendara yang bisa kamu jadikan sebagai pangsa pasar yang potensial untuk digarap.

Semoga beberapa ide desain diatas, bisa bermanfaat buat teman teman sekalian ya. jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian, terimakaasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya