Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Contoh Produk Desinfektan Cairan Pembersih

Apa saja bahan bahan yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan? Penyemprotan disinfektan bertujuan untuk membunuh mikroba atau kuman yang dapat mengakibatkan penyakit. Oleh karena itu kamu bisa membuat produk ini sendiri dengan membeli berbagai produk yang sebenarnya sudah akrab kita pakai sehari hari. Nah pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan memberikan uraian beberapa rekomendasi brand desinfektan yang cocok buat pembersih di rumah. Penasaran? mari kita bahas dibawah ini.

Disinfektan artinya adalah bahan kimia yang digunakan dengan tujuan untuk membunuh dan membasmi kuman penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi atau penyakit. Benda ini adalah senyawa kimia yang bersifat toksik, artinya dapat membunuh mikroorganisme yang terpapar langsung oleh desinfektan saat itu juga.

contoh disinfektan


Contoh Disinfektan untuk Pembersih Rumah Tangga

Ada banyak jenis desinfektan yang beredar luas di pasaran. Tentunya, tiap rumah tangga membutuhkan produk massal ini untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme yang jahat agar tidak berkembang biak lebih banyak dan membahayakan kesehatan. Berikut beberapa rekomendasi desinfektan yang bisa kamu gunakan di rumah :


Aquatabs Multipurpose

Aquatabs merupakan jenis desinfektan yang berbentuk tablet dan berguna untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang ada dalam air. Aquatabs mampu larut hanya dalam hitungan menit dan mendisfeksi air dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Jenis desinfektan ini bersifat ringan sehingga sobat kosngosan mudah membawanya dan menggunakannya pada permukaan lantai, rumah sakit, dan fasilitas – fasilitas lainnya. Aquatabs juga tersedia dalam berbagai ukuran tablet dan disajikan dalam tube plastik lengkap dengan tutup serta daya simpan selama 3 tahun.


Bayclin Lemon

Selain dapat digunakan untuk memutihkan dan menghilangkan noda pada pakaian, bayclin lemon juga bisa digunakan sebagai desinfektan yakni membunuh bakteri dan menghilangkan bau tak sedap.

Benda ini dapat digunakan pada permukaan lantai, dapur, dan kamar mandi agar jamur dan bakteri hilang. Disarankan untuk tidak mencampur bayclin ini dengan bahan pembersih lainnya karena dapat menimbulkan gas yang berbahaya.


Bayclin Regular

Hampir sama dengan bayclin jenis lemon, bayclin regular ini juga mampu digunakan sebagai desinfektan karena kandungan naCLO nya sebanyak 5,25% sehingga mampu menghilangkan noda kusam dan membasmi kuman.

naCLO ini juga berguna dalam pemutih dan pembunuh jamur serta cukup berbahaya apabila bercampur dengan detergen. Jadi tidak disarankan menggunakannya dengan bahan lain agar tidak menimbulkan senyawa kimia yang berbahaya.


Bratacare Disinfectane Concentrate

Bratacare mengandung bahan aktif Quarternary Ammonium Compound sekitar 4,5%. Quarternary dapat digunakan sebagai desinfektan, surfaktan, pelembut kain dan salah satu bahan dalam sampo.

Selain itu Quarternary juga berfungsi dalam memberantas kuman penyakit dan jamur. Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan Bratacare bisa meliputi sesak napas dan iritasi. Oleh karena itu dalam meletakkan benda ini harus berhati – hati dan jauhkan dari jangkauan anak – anak.


Clorox Disinfecting Bleach

Clorox tersedia dalam kemasan botol dengan ukuran 4 liter dan dapat digunakan sebagai pembersih permukaan lantai dan fasilitas lainnya. Clorox merupakan senyawa kimia dengan bahan aktif yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan menghilangkan noda.

Bahan ini juga bisa sobat kosngosan manfaatkan untuk melakukan kegiatan disinfeksi dan sterilisasi. Wadahnya terbuat dari plastik dan disertai pegangan sehingga mudah digunakan pada industri dan rumah tangga.


Clorox Toilet Bowl Cleaner With Bleach

Clorox jenis ini dikhususkan untuk penggunaan toilet atau kamar mandi. Seperti yang kita tahu, pada toilet pasti cenderung terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang berbahaya apabila dibiarkan dan dapat menjadi sarang penyakit. Clorox Toilet Bowl juga tersedia dalam kemasan botol dan bentuk tablet sehingga lebih mudah dalam penggunaannya.


Dettol All in One Disinfectant Spray

Salah satu produk unggulan dari Dettol ini juga termasuk desinfektan yang cukup efisien dan mudah digunakan karena bentuknya berupa spray. Spray serbaguna ini tentunya sangat ringan dan dapat digunakan pada permukaan tempat yang keras seperti sofa, gagang pintu, meja dapur, kaca jendela dan lain sebagainya. Selain mampu memutus perkembangbiakan kuman dan jamur, Dettol spray ini juga memiliki bau yang harum dan menyegarkan.


Dettol Antiseptic Liquid

Sesuai dengan namanya, Dettol antiseptic ini berbentuk cair dan tersedia dalam berbagai ukuran meliputi :45 ml, 95 ml, 245 ml, 495 ml, 750 ml, dan 5 L. Dettol liquid ini bisa digunakan sebagai pertolongan medis sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pribadi seperti lecet dan gigitan serangga, memiliki kemampuan untuk membunuh kuman penyebab penyakit dan juga desinfektan bagi keperluan rumah tangga seperti pada permukaan tempat, cucian, dan juga perabotan.


Dettol Pembersih Lantai Citrus

Dengan keharuman citrusnya, Dettol pembersih lantai ini juga mampu menghilangkan noda kusam yang membandel dan membunuh mati kuman yang bersarang pada permukaan lantai. Tersedia dalam kemasan pouch ukuran 700 ml dengan harga yang terjangkau. Memiliki wangi citrus yang menyegarkan dan tahan lama.


Dettol Pembersih Lantai Multiaction

Pembersih lantai multiaction dengan varian lemon ini dapat membantu kamu yang kesulitan dalam menghilangkan noda membandel pada lantai sehingga bisa kembali mengkilap seperti semula, membunuh kuman penyakit, dan memberikan wangi kesegaran pada permukaan lantai.

Dettol multiaction dapat sobat kosngosan gunakan pada permukaan lantai, dapur, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Disarankan juga untuk tidak mencampur bahan ini dengan bahan pembersih lain agar mendapatkan hasil terbaik.


Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai

Mr. Muscle dengan kandungan Benzalkonium Chloridenya, efektif membunuh kuman penyebab penyakit dengan kekuatan ekstra menghilangkan noda kusam, kotoran, dan minyak yang ada permukaan lantai. Bisa digunakan pada semua jenis lantai dengan kandungan desinfektannya yang mampu membuat bersih dan higienis kembali. Tersedia dalam kemasan pouch dengan ukuran 800 ml.


Proclin Pemutih

Seiring dengan perkembangannya, proclin sudah hadir dengan varian kemasannya yang makin beragam. Dari bentuk sachet kecil, pouch, hingga botol ukuran besar. Proclin merupakan jenis desinfektan yang sudah cukup terkenal.

Kandungan bahan aktifnya berupa NaOCL (Natrium Hipoklorit) sebesar 5,25% efektif mematikan kuman dan juga dapat digunakan sebagai antiseptic. Kandungan ini juga berfungsi untuk mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab penyakit yang ada pada permukaan benda.


Soklin Pemutih

Soklin merupakan cairan pemutih sekaligus desinfektan yang diformulasikan untuk menghilangkan noda dan bau serta membunuh kuman yang menempel pada pakaian. Dengan kemasannya yang ekonomis dan harganya yang terjangkau, cukup efektif digunakan di rumah agar pakaianmu bersih cemerlang.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk mensterilkan dan mendisfeksi permukaan lantai ruangan dan kamar mandi agar terhindar dari bakteri penyakit.


SOS Pembersih Lantai Antibacterial

SOS anti bacterial merupakan sebuah brand household yang diformulasikan khusus dengan bahan aktif dan berfungsi ampuh membunuh bibit – bibit kuman sehingga rumah kembali bersih, wangi, dan bebas bakteri. SOS tersedia dalam berbagai varian dan kemasan. Terbukti efektif membunuh 99,9% virus dan kuman (termasuk MRSA dan H5N1).


Wipol Pembersih Lantai Cemara Pine

Wipol merupakan salah satu produk karbol dengan kemasan refill pouch yang dapat digunakan untuk mendisfeksi permukaan lantai ruangan dan kamar mandi pada rumah tangga. Warna khas hijaunya dengan gambar cemara pine efektif membunuh kuman dan memberikan aroma menyegarkan pada lantai.

Dengan keharuman khas cemaranya juga, kamu tidak perlu resah sebab wipol dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada tempat sampah dan sumber bau lainnya.

Baca juga : Kata Motivasi Terbebas dari Pandemi


Kata Penutup

Pada dasarnya disinfektan adalah produk yang dibuat untuk pembersih. Jadi kamu harus berhati hati dalam menggunakannya. Selain itu pilihlah alat semprotan yang khusus untuk cairan ini, supaya nanti keluarannya bisa sesuai dengan anjuran yang tertera di botol produknya.

Demikian beberapa produk revie mengenai Desinfektan buat sobat kosngosan.com sekalian. Semoga saja bermanfaat dan juga bisa menambah referensi untuk mengatasi pandemi kali ini. Jangan lupa, selalu menjaga kesehatan dan patuhi protokol yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Share dan bagikan artikel ini bila kamu suka!

Oleh rezaharahap