Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Contoh Teknologi Konstruksi dalam Kehidupan Manusia

Apa saja macam macam teknologi konstruksi? Konstruksi merupakan suatu konsep kegiatan yang berkaitan dengan infrastuktur, sarana maupun prasarana. Penerapan teknologi pada bidang konstruksi sangat penting untuk meningkatkan produktifitas-nya. Fungsi teknologi konstruksi dapat memberikan efisiensi dan efektifitas pada hasil pembangunan dalam jangka panjang. Termasuk bangunan seperti gedung, jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya. Pada kesempatan kali ini kosngosan.com akan membahas lebih detail mengenai hal tersebut.

Mengapa teknologi konstruksi dibutuhkan dalam pembangunan? Karena umumnya suatu negara membutuhkan fasilitas mumpuni untuk menggerakkan roda perekonomian makro-nya. Dengan adanya produk teknologi konstruksi ini, maka akan membantu pencapaian pemerintah dalam menggapai target pertumbuhan ekonomi yang telah diproyeksikan sebelumnya.

Supaya pelaksanaan proyek konstruksi berhasil, maka dibutuhkan adanya perencanaan yang efektif. Karena hal ini terkait langsung dengan konsep "rancang-bangun" (desain serta pelaksanaan) infrastruktur dengan skala besar. Selain itu penentuan metode pengerjaan, besarnya biaya anggaran, dan juga adanya jadwal perencanaan yang baik, sistem keselamatan kerja yang mumpuni, dan ketersediaan material bangunan, logistik adalah hal hal yang mempengaruhi keberhasilan suatu proyek konstruksi.

contoh teknologi konstruksi


Macam Macam Teknologi Konstruksi yang Dibutuhkan

Kita tidak akan membahas lebih jauh mengenai defenisi dan juga detail teknologi konstruksi ini. Akan tetapi sesuai judul, mimin kosngosan akan memberikan beberapa macam teknologi konstruksi yang telah dipakai manusia sampai saat ini, yang berperan penting dalam proses pembangunan. Apa saja itu? Mari kita bahas dibawah ini!

Baca juga : Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Kehidupan Sehari Hari


Blok Beton

Blok beton ini adalah sebuah teknologi modular yang digunakan sebagai alternatif untuk pemasangan batu atau beton yang ada pada sungai atau bendungan. Teknologi ini memiliki tujuan untuk melakukan pencegahan jika terjadi penggerusan dari dasar sungai dan menjaga elevasi yang terjadi pada air. Sehingga beton ini dapat menghindari terjadinya abrasi. Pengaplikasian teknologi Blok Beton ini sangat mudah dan cepat.


Saluran Irigasi Beton

Teknologi irigasi beton ini adalah sebuah alternatif untuk merehabilitasi atau membuat kembali saluran irigasi dengan lebih baik. Dimana kemampuan dari teknologi saluran irigasi dengan beton ini adalah dapat mempermudah pekerjaan.

Teknologi ini digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah dan beberapa lahan pertanian secara baik dan efektif. Sehingga tidak perlu dilakukan penyiraman secara manual atau menunggu datangnya air hujan dari langit.


Revetmen Tipe Blok Beton 

Teknologi Tipe Blok Beton 3 B ini adalah bentuk yang Berongga, Bertangga dan Berkait. Adanya pengaplikasian beton ini dapat membantu berkurangnya pergeseran garis pantai yang terjadi akibat adanya erosi.

Selain itu juga pemasangan beton ini dapat membantu mencegah terjadinya longsor. Teknologi ini merupakan konstruksi yang bersifat paling ringan dari pada bahan lainnya.


Jembatan untuk Desa Asimetris

Teknologi ini bisa diaplikasikan untuk beberapa desa memiliki kekurangan akses jalan. Pemasangan jembatan untuk desa asimetris ini dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah di pedesaan.

Salah satunya yaitu untuk membuat jalan bagi masyarakat yang ingin menyebrangi sungai, lembah dan lainnya. Penggunaan teknologi jembatan desa asimetris ini merupakan teknologi sederhana yang sangat efektif. Dimana jembatan ini dibuat berupa jembatan gantung yang dapat menahan beban untuk kendaraan dan warga yang berjalan kaki.


Rumah dengan Sistem Panel 

Teknologi konstruksi sistem panel ini dapat membantu pembuatan rangka rumah sobat kosngosan yang menggunakan sambungan berupa baut. Pemasangan rumah cetak dengan sambungan baut ini akan lebih cepat, dan dapat memudahkan masyarakat. Selain murah dan cepat rumah dengan sistem panel ini memiliki kualitas yang baik. Rumah dengan teknologi sistem panel ini diduga dapat menahan bangunan dari getaran gempa.


Tambal Cepat

Teknologi untuk mengatasi adanya lubang pada jalan aspal dapat lebih mudah dan praktis dengan teknologi ini. Teknologi ini memiliki kualitas yang baik untuk kerusakan di permukaan jalan. Teknologi tambal cepat ini umumnya dipilih karena kekuatannya dan adanya biaya yang murah dan tahan lama dalam penggunaanya. Selain itu penggunaan tambal cepat ini juga dapat mengurangi jumlah pegawai dengan kecanggihannya.


Biotour

Biotour adalah sebuah teknologi ramah lingkungan yang dapat membantu mengurangi adanya limbah rumah tangga. Teknologi ini juga akan menghasilkan air daur ulang yang sudah tidak mengandung limbah dan racun lagi. Teknologi biotour ini akan menghasilkan air olahan yang dapat digunakan sebagai air pencuci mobil dan penyiraman tanaman. Hasil filternya bersih dan tidak kotor.


Smart Roads

Dengan teknologi ini jalan akan memiliki multifungsi yaitu seperti penghasil listrik sehingga bisa membuat kendaraan listrik berjalan secara otomatis. Atau seperti lampu yang akan menyala jika adanya kendaraan yang lewt atau berjalan. Selain menghemat teknologi smart roads ini dapat membantu mengurangi adanya polusi di udara.


Pondasi Konstruksi dari Bambu

Konstruksi untuk pembangunan bangunan dari bambu ini ternyata memiliki fungsi yaitu tahan gempa. Konstruksi ini dapat membuat penghuni aman dan nyaman. Bambu dapat digunakan sebagai kebutuhan bagi konstruksi pada proyek pembangunan di beberapa tempat. Selain itu bambu juga dapat dikreasikan menjadi dinding tempel, daun pintu, parket lantai dan lainnya.

Bambu juga dapat digunakan untuk semua komponen bangunan pada pembangunan rumah tradisional milik sobat kosngosan atau yang lainnya. Penggunaan bambu untuk beberapaa konstruksi bangunan ini memiliki ketahanan yang tinggi. Selain sebagai alternatif untuk bahan konstruksi bangunan. Pengggunaan bambu ini juga sangat ramah lingkungan, awet dan hemat biaya.


Penggunaan Drone

Penggunaan Drone di wilayah tempat bekerja akan lebih memudahkan untuk sistem pekerjaan. Sehingga dengan drone dapat mudah untuk mengetahui terjadinya kerusakan atau kesalahan pada konstruksi bangunan secara cepat.

Selain itu dengan drone juga dapat memudahkan untuk memantau pemetaan topografi dengan mudah dan aman. Pada lokasi pembangunan yang memiliki kepadatanpenduduk, drone ini sangat bisa dimanfaatkan.

Dimana drone ini sangat dibutuhkan pada pelacakan berbasis kertas. Manfaat lainnya yaitu dapat melakukan monitor dari perkembangan pada proyek yang dibangun. Sehingga dapat menyelesaikan pembangunan tepat pada waktunya. Drone juga dapat memudahkan kolaborasi dengan memberikan tampilan gambar langsung dari sebuah lokasi.


Helm Pintar (Connected Hardhats)

Helm proyek dalam sebuah pekerjaan yang memiliki resiko berbahaya sangat lah penting penggunaannya. Teknologi berupa Augmented Realty ini dipasangkan pada helm proyek pintar. Teknologi ini dapat membantu untuk menghidari adanya bahaya yang mendekat.

Selain itu helm pintar ini juga dapat mendeteksi keadaan dari pengguna seperti sedang sakit atau lainnya. Jika terjadi kecelakaan maka helm pintar ini otomatis akan memberikan sinyal untuk melakukan pemberitahuan kepada pihak medis secepat mungkin. Helm ini memiiki teknologi safety yang canggih dan berguna bagi penggunanya


Sepatu Bot Pintar

APD untuk proyek ini merupakan teknologi konstruksi baru yang dapat membantu dalam keamanan bagi penggunanya. Smart Boots ini dapat memberikan sensor untuk beberapa situasi seperti saat kelelahan, kesakitan dan adanya potensi berbahaya dari pengangkatan alat berat. Selain di lokasi proyek, smart boots ini juga dapat digunakan di lingkungan militer.


Tabung Nano Karbon

Tabung Nano Karbon yang akan di tanamkan di konstruksi bangunan ini dapat membantu mengetahui keadaan bangunan sobat kosngosan. Seperti contoh adanya potensi retak atau kerusakan lainnya sebelum terjadinya kerobohan. Teknologi konstruksi ini merupakan senyawa karbon yang ditampung pada sebuah tabung dengan ukuran nano atau sangat kecil. Tabung nano karbon ini dapat diaplikasikan pada beberapa struktur bangunan lainnya.


Prefabrikasi

Teknologi konstruksi ini merupakan teknologi yang dapat memungkinkan seorang pekerja untuk mengetahui beberapa hal tentang pembangunan atau sebuah proyek. Teknologi ini berbasisi sebuah aplikasi di handphone pintar.

Dengan aplikasi ini kamu dapat mengetahui proses dari sebuah bangunan atau proyek secara bertahap dari awal sampai ahir dengan sangat detail. Dimana kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat memudahkan beberapa pekerja untuk menyelesaikan bangunan atau proyek yang banyak dalam beberapa hari saja.


3 Dimesi Printing

Adanya teknologi yang dapat membantu para arsitek dalam menyelesaikan design bangunan adalah dengan mengaplikasikan 3 Dimensi Printing ini. Design yang dibuat dengan 3 Dimensi printing ini dapat dengan mudah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada dan mengkoreksi atau merancang ulang design dan menyempurnakannya. 3 Dimensi Printing ini bisa diaplikasikan pada pembuatan bangunan dengn ukuran kecil ataupun pada bangunan daengan ukuran besar.


Beton Kinerja Tinggi (High Performance Concrete)

Beton Kinerja Tinggi merupakan teknologi beton yang memiliki sifat istimewa yang dibuat khusus untuk memenuhi beberapa keuntungan dalam pelaksanaan struktur beton yang tidak selalu bisa dipenuhi oleh beton konvensional.

HPC ini adalah jenis beton yang memiliki kinerja khusus, dan persyaratan keseragaman (uniformity) yang tidak selalu dapat dicapai hanya oleh material, pencampuran (mixing) normal, penempatan (placing), dan perawatan (curing) konvensional


Teknologi Rolling Barrier System

Teknologi ini adalah sebuah inovasi produk desain alat pengaman pembatas jalan terbaru, berguna untuk melindungi pengendara kendaraan dari efek buruk kecelakaan dengan mencegah pengemudi dan penumpang dari kecelakaan fatal yang tidak hanya menyerap energi kejut, tapi juga mengubah energi kejut tersebut menjadi energi rotasi.

Teknolgi ini bisa mereduksi kecepatan kendaraan supaya terhenti dan tidak keluar dari badan jalan setelah tertabrak alat pengaman pembatas jalan dengan menyerap energi kejut dan menghindari kondisi terluka bahkan meninggal.

Baca juga : Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan yang Harus Dihindari


Kata Penutup

Memahami perkembangan teknologi konstruksi menjadi penting untuk membangun suatu daerah. Karena kemajuan suatu negara bisa diukur dari sejauh mana penerapan teknologi konstruksi yang dimilikinya. Produk konstruksi sendiri sangat berpengaruh signifikan dalam pertumbuhan ekonomi makro suatu negara

Demikian beberapa contoh teknologi konstruksi yang bisa sobat kosngosan.com jadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk terus berbagi hal hal positif, termasuk membagikan artikel ini ke sosial media milikmu, dengan cara klik tombol share dibawah. Supaya teman teman mu juga bisa menambah referensi mengenai seputar hal konstruksi. Terimakasih!

Oleh rezaharahap