Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Teknologi Terapan di Berbagai Bidang

Apa saja contoh pengaplikasian dari teknologi tepat guna? Teknologi terapan sangat membantu manusia zaman sekarang untuk memudahkan berbagai hal. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan mencoba membahas mengenai apa saja jenis teknologi terapan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikutnya juga akan dibahas mengenai manfaat dari adanya teknologi tersebut dalam berbagai bidang

Apa yang dimaksud dengan teknologi terapan? Dalam artian lain, teknologi tepat guna, merupakan suatu konsep gerakan yang menghubungkan antara teknologi tradisional dengan teknologi canggih, sehingga dapat dimanfaatkan dari segi aspek sosiokultural dan juga ekonomi.

Ada berbagai prasyarat suatu teknologi dikatakan sebagai teknologi tepat guna, yaitu diantaranya : 

  • Teknologinya harus bisa dimanfaatkan oleh sumber yang tersedia di berbagai tempat
  • Teknologinya harus bisa diterapkan sesuai dengan kondisi sosial ekonomi yang sedang berlaku
  • Teknologinya harus bisa digunakan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi
  • Manusia harus bisa mempelajari, menerapkan, juga mengambangkan teknologi tersebut.


manfaat teknologi tepat guna


Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Kehidupan Sehari Hari

Baiklah langsung saja kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari teknologi tepat guna yang diklaim bisa kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari dan membantu dalam segi produktivitas, efisiensi dan efektifitas. Check these out!

Baca juga : Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan


Lifestraw

Teknologi ini adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk memurnikan air supaya sobat kosngosan dapat meminum air secara langsung. Lifestraw ini dapat mudah digunakan dan dapat dimiliki dengan biaya yang murah. Alat mudah ini digunakan tanpa listrik. Dimana alat ini berfungsi untuk menyerap bakteri dan kotoran yang ada di aliran air.

Daya persentase dari alat ini yaitu sekitar 99.999 % menghasilkan air yang bebas bakteri penyebab penyakit. Alat ini pernah mendapatkan penghargaan berupa penemuan terbaik pada tahun 2005 dan penghargaan inovasi terbaik di Eropa. Alat ini berupa sedotan yang dapat diterapkan dengan menyedot air kotor dan mengubahnya menjadi layak untuk diminum secara langsung.


Filter untuk Penyaring Air

Alat ini dapat digunakan sebagai penyeringan air secara sederhana. Alat sederhana ini dapat bermanfaat bagi beberapa tempat atau lokasi yang kekurangan air bersih setiap harinya. Alat ini juga bisa langsung menampung air hujan. Sehingga air hujan yang mengalir dari genteng rumah bisa langsung dikonsumsi.

Penggunaan filter air bisa diterapkan oleh siapa saja karena prosesnya yang sederhana dan menggunakan alat dan bahan yang mudah. Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan filter air ini yaitu membutuhkan wadah yang cukup besar seperti ember atau galon bekas.

Bahannya berupa kerikil, sabut kelapa, ijuk, arang, dan spon. Bahan-bahan tersebut di susun dalam wadah secara berturut-turut dari spon yang terbawah hingga kerikil. Dan alat ini pun siap digunakan untuk menyaring air.


Vacuum Cleaner dari Botol Bekas

Pembuatan vacuum cleaner ini hanya membutuhkan beberapa barang bekas seperti botol, kaleng, lem, kain bekas sebagai wadah penampung dan dinamo. Perakitan vacuum cleaner sederhana ini dapat membantu dan memudahkan pekerjaan sobat kosngosan sehari hari. Selain itu menggunakan teknologi sederhana ini juga dapat menghemat biaya dan waktu. Dimana vacuum cleaner yang asli memiliki harga yang lumayan mahal.


Pompa Hidraulic Ram

Pompa ini dimanfaatkan di pedesaan untuk memanfaatkan perairan yang ada di sungai, danau, sungai atau tempat lainnya. Pompa ini sangat bermanfaat bagi petani yang berada di perbukitan, pegunungan atau lahan yang jauh dari sumber air.

Pompa ini dapat menyedot air lebih banyak dengan kekuatan hydraulic head yang ada di bagian pompa ini. Selain sangat bermanfaat di pedesaan, alat serbaguna ini juga bersifat ramah lingkungan. Sehingga tidak akan menggunakan bakan bakar yang boros.


Mesin Penebar Pupuk

Mesin ini akan membantu petani di pedesaan untuk melakukan penebaran pupuk secara merata di semua tempat dalam waktu yang singkat. Dengan adanya mesin ini, seberapa pun luasnya lahan tidak akan menjadi masalah bagi alat ini.

Penebaran pupuk ini juga dapat membantu petani untuk mengurangi adanya pegawai tambahan untuk melakukan pemberian pupuk di sawah. Selain itu petani juga dapat menghemat waktu dan biaya untuk melakukan proses pemupukan pada tanaman.


Pompa Air Menggunakan Kayuhan Sepeda

Pompa ini memiliki mekanisme kerja yang sangat sederhana. Penggunaannya bisa untuk mengalirkan air dengan sambungan selang pipa menuju persawahan. Dimana penggunaannya yaitu dengan cara menyambungkan bagian belakang dari sepeda dengan menggunakan alat elektrik.

Kemudian jika sepeda dikayuh maka air akan keluar dari ujung selang. Pompa air dengan kayuhan sepeda ini dapat menghasilkan kurang lebih 40 liter air dalam satu menit.


Kipas Angin Sederhana

Kipas angin ini dibuat dari barang bekas. Banyak barang bekas yang dapat digunakan sebagai teknologi berguna yang dibuat dengan cara sederhana. Contohnya yaitu pembuataan kipas angin tanpa baterai dan tanpa listris secara seerhana. Teknologi ramah lingkungan ini membutuhkan bekas botol air minum beserta tutupnya.

Kaleng minuman bersoda, lem, karet gelang dan kawat. Penyusunannya sudah ramai di beritakan. Sangat marak dibicarakn dimana pun, dan bisa dibuat oleh siapapun.


Alat Ukur Kesuburan Tanah

Alat ukur dapat bermanfaat bagi petani yang kurang mengetahui masalah kesuburan pada tanah ladang atau sawah. Sebelum menanam, petani dapat mengecek kesuburan tanah dnegan teknologi sederhana yang bermanfaat ini.

Dimana cara merakit dan cara memuat teknologi canggih ini yaitu adalah dengan menyediakan beberapa pipa paralon, lampu, kabel listrik dan cok dan beberapa paku. Dengan menggunakan alat ini, sobat kosngosan yagn berprofesi sebagai petani akan membuat tanah subur terlebih dahulu sebelum menanan. Sehingga para petani akan lebih banyak menghasilkan produk saat panen.


Alat Pengolah Limbah dengan Tanaman

Setiap rumah pasti menghasilkan dan menyumbangkan limbah rumah tangga setiap harinya. Dimana limbah yang mengalir dari pipa pembuangan tersebut akan sampai ke lingkungan dan membahayakan bagi lingkungan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan akibat limbah yang dihasilkan tersebut maka perlu dilakukan pengolahan limbah di setiap rumah.

Teknologi sederhana yang bisa menyaring limbah rumah tangga. Dimana caranya yaitu dengan membuat tampungan untuk limbah yang ada. Setelah itu masukkan beberapa tanaman yang bisa menyerap limbah seperti alga, rumput thypa atau bisa menggunakan bakteri pengurai.


Alat Pengupas Kulit Ari Kedelai

Alat ini dapat memudahkan bagi sobat kosngosan yang punya usaha pembuatan tempe atau tahu. Dimana pengupasan kulit ari bisa dilakukan dengan bantuan alat teknologi sederhana yang dapat meminimalisir waktu dan tenaga saat pembuatan tempe. Penggunaan alat ini juga memabantu menjaga kebersihan tempe.


Lampu Tenaga Surya

Lampu ini memiliki fungsi secara otomatis dilakukan untuk mengisi dayanya pada siang hari. Lampu ini sangat hemat listrik dan dapat membantu penggunaannya untuk masyarakat pesedaan yang belum memiliki aliran listrik.


Pot Refrigerator Pot 

Ini merupakan alat teknologi sederhana yang berguna untuk mengawetkan bahan makanan dalam jangka waktu panjang. Alat ini digunakan tanpa listrik dengan menerapkan pendinginan berupa uap. Bahan makanan yang dimasukna ke dalam pot ini akan mampu bertahan selama kurang lebih 27 hari.


Alat Pengupas Kacang 

Alat pengupas kacang ini dapat digunakan untuk beberapa perusahaan yang menggunakan kacang sebagai bahan dasar produksinya. Alat ini dapat mengupas lebih dari 50 kg kacang daalam satu waktu. Dimana alat ini dapat menghemat waktu dan tenaga kurang lebih sebanyak 200 orang. Sehingga alat sederhana dan bermanfaat ini dapat membantu.


Kompor Tenaga Surya 

Saat ini di beberapa daerah terjadi kelangkaan gas dan naiknya harga gas. Dimana dengan adanya kompor yang menggunakan tenaga surya ini dapat menjadi solusi di tengah-tenag masyarakat. Kompor ini digunakan dengan memanfaatkan cahaya mataharai untuk menghasilkan panas.


Alat untuk Menanam Padi

Alat ini merupakan teknologi tepat guna yang sangat populer di kalangan petani di Indonesia. Dengan alat ini, sobat kosngosan dapat menanam padi di lahan atau sawah yang luas dengan kemampuan yaitu menanam 120 biji padi dalam waktu satu menit. Alat ini dapat memudahkan petani dan dapat mengurangi terkurasnya tenaga dan biaya. Teknologi ini kini sudah mulai diproduksi dalam jumlah banyak di Indonesia.

Teknologi terapan lain yang bermanfaat dalam kehidupan :

  • Micro Hidro (Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Kecil)
  • Helm Anti Kanker
  • Drone Penyiram Pestisida
  • Mesin Feeding Otomatis
  • Alat Filter Air Bersih
  • Komposter Sampah Organik (Kompos dan Kandang)
  • Inkubator Telur (Penetas Telur)
  • Raket Nyamuk, dll

Baca juga : Contoh Teknologi yang Ramah Lingkungan


Kata Penutup

Dalam menciptakan teknologi yang tepat guna, ilmuwan ataupun scientifis telah berusaha untuk menerapkan konsep teknologi canggih untuk bisa dinikmati dan diterapkan kegunaannya dalam kehidupan manusia. Sehingga kita sebagai Konsumen juga harus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan teknologi

Demikian beberapa contoh dari teknologi tepat guna ataupun teknologi terapan dari kosngosan.com, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian, terutama bagi generasi muda untuk terus berinovasi dan menghasilkan penemuan-penemuan yang hebat. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media mu

Oleh rezaharahap