Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Kerja di BUMN bagi Lulusan SMA dan SMK

Bagaimana cara bekerja di Badan Usaha Milik Negara bagi kalian yang Fresh Graduate? FG adalah mereka yang baru lulus dan hendak mencari pekerjaan. Tingginya angka pengangguran saat ini, membuat persaingan dalam mencari kerja semakin ketat. Oleh karena itu, kamu dituntut harus memiliki nilai lebih dalam skill dan kemampuan agar nantinya membuat perusahaan BUMN impian mu tertarik untuk merekrutmu menjadi karyawan mereka.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan membahas mengenai bagaimana cara mendapatkan pengalaman bagi adik adik fresh graduate dalam mendapatkan pekerjaan pertamanya di BUMN. Bagi kamu yang berstatus sebagai seorang fresh graduate, meniti karier sejak usai muda bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika masih minim pengalaman. Namun bukan berarti kamu tidak bisa sukses di usia muda. ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa meraih kesuksesan setelah bekerja nantinya

Bagi fresh graduate, sebenarnya bekerja merupakan sesuatu yang dinanti nantikan. Akan tetapi ada banyak kendala para kaum fresh graduate ini untuk mendapatkan pekerjaan impiannya. Salah satunya adalah minimnya kesempatan untuk dikenal perusahaan, minimnya pengalaman dan softskill. Perbedaan dunia akademik dengan dunia kerja tentunya juga akan membuat para fresh graduate ini belum begitu siap dalam bekerja.


kerja lulus sma smk

Tips Bekerja di Perusahaan BUMN bagi Fresh Graduate


Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa hal yang perlu sobat kosngósan lakukan untuk membangun karier usai lulus dari bangku sekolah (jika memang tidak ingin kuliah, atau ingin kuliah tapi nanti setelah bekerja). Kamu yang baru saja lulus tanpa memiliki pengalaman bekerja yang mumpuni, bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini demi kesuksesan karier mu kelak. Apa saja itu? Check these out

1. Mengikuti Berbagai Kegiatan Sosial


Jika kamu ingin memiliki pengalaman kerja usai lulus dari bangku sekolah nanti, pastikan kamu memanfaatkan waktu selama masa menganggurmu. Hal tersebut bisa kamu isi dengan mengikuti banyak kegiatan sosial seperti menjadi relawan di berbagai lembaga, misal di Baznas, Damkar, SAR dll.

Kegiatan yang bermanfaat selain akan menjamin karier mu kedepannya, juga bisa menjadi membunuh waktu senggangmu. Dibandingkan kamu menghabiskan waktu dengan bermain game online misalnya, lebih baik menjadi relawan atau volunteer, bukan? Tentu saja jikak menjadi relawan, kamu jangan berharap dengan gaji besar dulu, karena ini adalah tahap awal kamu membangun pengalaman kerja mu.


2. Mengikuti Magang di Perusahaan BUMN


Ada baiknya sobat kosngosan terlebih dahulu mencari tempat magang yang relevan dengan jurusan yang kamu miliki ketika bersekolah dulu. Kamu bisa mencari perusahaan ternama BUMN impianmu, yang nantinya kamu juga akan lebih mudah untuk melamar kerja disana, bukan?

Magang di sini adalah kegiatan yang benar-benar mengasah kemampuan dan keahlian mu bukan hanya sekedar menjadi pesuruh atau melakukan hal-hal kecil yang office boy juga bisa lakukan. Jalani proses magang mu dengan sepenuh hati, maka kamu akan punya pengalaman kerja dan ditambah kamu akan mendapatkan previlage untuk diterima bekerja secara tetap di perusahaan bumn tersebut.
 

3. Mengikut Pelatihan Kewirausahaan atau Sertifikasi Profesi


Lebih baik kamu mengikuti pelatihan wirausaha, atau pelatihan sertifikasi profesi yang akan menambah pengalaman mu sebelum diterima bekerja. Dibandingkan kamu bermain game online atau kegiatan yang dapat menghabiskan waktu mu secara percuma. Jadi kamu bisa cari berbagai pelatihan atau seminar yang diadakan di daerahmu. Walaupun harus berbayar, kalau materi dan feedback yang didapat bisa bermanfaat, mimin kira itu tetap layak untuk kamu ikuti.


4. Mencari Lowongan Kerja Lewat Portal Website atau Job Fair


Mengapa mencari loker BUMN lewat portal lebih baik? Karena selain cara ini lebih efektif, kamu juga bisa terhindar dari penipuan lowongan kerja yang bisa merugikan mu kelak. Ada banyak penipuan loker Bumn yang meminta calon pelamar untuk mengeluarkan sejumlha uang. Kamu bisa mengunjungi berbagai web resmi BUMN seperti pertamina, pln, pt kai dan sebagainya. Biasanya mereka punya menu Karier khusus untuk pengumuman lowongan kerja.

Atau kamu bisa mengikuti berbagai Job Fair (bursa lowongan kerja) yang ada di daerahmu. Disana, banyak perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja secara langsung dan melakukan interview langsung kepada calon pelamarnya. Oleh karena itu persiapkan dirimu, termasuk berkas lamaran dan persiapan jawaban ketika interview langsung tersebut
 

5. Banyak Belajar dari Mentor


Temukanlah mentor yang tepat, mintalah pendapat dan sarannya untuk kemajuanmu ke depan. Hal ini penting, terutama bagi kamu yang memang belum memiliki pengalaman dan banyak wawasan. Mentor atau guru bisa mengarahkan minat dan kemampuan sobat kosngosan kepada kebutuhan kerja yang cocok untuk disiplin ilmu mu.

Mentor akan membantumu dalam menghadapi permasalahan sehari hari. Terlebih kamu juga bisa mengkonsultasikan permasalahanmu kepadanya. Tanyalah mengenai prospek pekerjaan masa depan seperti apa, supaya kamu bisa lebih mengembangkan bakatmu untuk memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan.


6. Mencoba Mengembangkan Passionmu


Tidak bisa dipungkiri jika melakukan pekerjaan yang berasal dari hobi adalah impian semua orang. Apa salahnya jika kamu mulai menekuni hobi yang kamu miliki sehingga bisa menjadi salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan.

Hobi bisa menjadi pengisi waktu senggangmu selama masa pencarian kerja. Dilain pihak, ada banyak orang sukses dan kreatif justru sukses berbisnis dengan hobi mereka. Bila kamu rasa kamu cukup tekun dan ahli dalam hobi mu, tidak ada salahnya membuka bisnis yang berhubungan dengan hobi atau kesukaan mu itu.


7. Mencari Informasi Magang ke Luar Negeri


Kamu juga bisa mencari pengalaman baru dengan ke luar negeri. Kamu bisa juga mengikuti sejumlah program seperti pertukaran pelajar atau summer course yang biasanya memakan waktu lebih singkat. Rajin lah mencari informasi magang ke luar negeri dari berbagai portal penyedia lowongan kerja yang banyak tersedia di mesin pencari atau media sosial. Tapi kamu harus berhati hati terhadap penipuan, karena banyak sekali lowongan magang palsu di luar sana yang bisa merugikan mu.


8. Bekerja pada Perusahaan Startup atau Rintisan Terlebih Dahulu


Umumnya perusahaan rintisan mempekerjakan karyawannya tanpa memperdulikan pengalaman atau pendidikan. Namun tetap saja mereka membutuhkan seorang yang kompeten dibidangnya. Oleh karena itu apabila kamu merasa cocok, kamu bisa melamar di perusahaan startup untuk mengembangkan pengalaman dan skill mu. tentu saja kamu bisa menjadikan perusahaan rintisan ini sebagai batu loncatan, atau justru kamu bisa melanjutkan karier mu disini karena sudah terbiasa dengan ekosistem kerja yang yang santai dan fleksibel.


9. Bekerja Freelance atau Bekerja Online


Kamu yang masih minim pengalaman, bisa mencoba bekerja secara freelance. Saat ini ada banyak perusahaan yang mempekerjakan pekerja freelance untuk berbagai proyek yang mereka inginkan. Untuk gajinya juga lumayan. Selain itu sobat kosngosan bisa menambah aktifitasmu dengan bekerja secara online, bisa berupa berjualan barang online, menjadi blogger atau youtuber dan sebagainya.


10. Mengandalkan Kekuatan Orang Dalam


Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan relasi atau tali kekeluargaan, adalah dengan melamar kerja di perusahaan BUMN dimana orang orang disana kamu kenal. Selama kamu masih kompeten dan bisa bekerja dengan baik tidak ada salahnya untuk bekerja di perusahaan BUMN yang kamu kenal orang didalamnya. Karena pribadi, mimin sendiri merasakan pengaruh orang dalam itu tidak bisa disepelekan. Hanya saja kamu juga harus bisa memanfaatkan jaringan tersebut untuk karier mu kedepannya

Inilah pentingnya memiliki relasi dan jaringan yang luas sebagai salah satu aset yang harus dijaga. Termasuk apabila kamu aktif di organisasi ekstrakurikuler pada saat sekolah, mungkin kamu memiliki banyak kenalan alumni sekolah dan bisa meminta pertolongan mereka untuk bekerja di salah satu perusahaan BUMN yang kamu impikan.


11. Atau Lebih Baik Membuka Usaha Sendiri?


Terakhir apabila kamu memang memiliki jiwa entrepreneur atau wirausaha, mengapa tidak Mencoba membuka usaha sendiri dan menjadi seorang bos. Ada banyak sekali lulusan SMA atau SMK yang sukses membuka bisnisnya dan memiliki omzet hingga miliaran rupiah perbulannya

Tentunya kamu harus memiliki persiapan dan modal yang matang. Pilihlah jenis bisnis yang memang kamu sukai yang sesuai dengan passion mu. Misalnya kamu ingin membuka bisnis pakaian, kuliner, handmade dan sebagainya.

Baca juga : Waktu Ideal Paling Lama Menunggu Panggilan Kerja


Kata Penutup


Bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara memang menjadi salah satu impian dari para job seeker atau pencari kerja. Karena selain gaji yang tinggi, kamu juga akan mendapatkan karier yang jelas, dan juga suasanaa lingkungan kerja yang nyaman. Tapi masuk perusahaan tersebut tidaklah mudah, kamu butuh effort lebih untuk menjadi karyawan disana.

Demikian artikel mengenai Tips Mencari Lowongan Kerja untuk Lulusan FreshGraduate kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat kosngosan.com yang saat ini sedang mencari pekerjaan yang baru. Jangan lupa untuk memberikan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini dan bagikan ke sosial media kalian masing masing. Terimakasih!
Oleh rezaharahap