Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencari Pengalaman Kerja bagi Fresh Graduate

Bagaimana cara mendapatkan pengalaman kerja untuk fresh graduate yang baru tamat? Bagi kalian pencari kerja yang berstatus sebagai fresh graduate, mendapatkan pengalaman kerja untuk segera melamar di perusahaan idaman kalian, adalah suatu modal yang sangat penting. Namun banyak yang belum tahu bagaimana menciptakan pengalaman kerja yang berkualitas dan relevan dengan pekerjaan impian kalian?

Kosngosan.com akan membahas topik mengenai cara mencari pengalaman kerja yang cepat. Kalian ketika selesai menempuh studinya, tujuan pertama yang ada dibenaknya adalah bagaimana mencari pekerjaan secepatnya. Hal ini lumrah karena memang orientasi tujuan akhir pendidikan itu adalah bagaimana mencapai karier yang sukses dan mapan.

Untuk menjawab tantangan pasar kerja yang dinamis, perguruan tinggi jangan hanya mengajarkan mahasiswa dengan keterampilan lama. Sebaliknya, jurusan dan kejuruan yang dimiliki perguruan tinggi harus relevan dengan dunia kerja, baik dari unsur dosen, kurikulum, laboratorium dan semua peralatannya.

Saat ini sekitar dua juta angkatan kerja baru Indonesia mengalami miss match dengan pasar kerja. Hal ini karena kurangnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja.Tentunya pengalaman kerja menjadi salah satu standar wajib yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menyaring calon pelamar kerja, bukan?


Cara Mencari Pengalaman Kerja yang Cepat

cara cepat mendapatkan pengalaman kerja

Tidak ada salahnya kita menggeluti dunia organisasi, kursus untuk menambah skill, ikut kegiatan ekstrakulikuler dan sesuatu yang membuat masa depan kita lebih cerah kedepannya. 

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya ? simak tipsnya dibawah ini

Magang di Perusahaan Ternama

Setelah sobat kosngosan lulus dan ingin mendapatkan pekerjaan secepatnya maka ada baiknya kamu terlebih dahulu untuk mencari tempat magang yang relevan dengan bidang keilmuan yang kamu miliki. Kamu bisa mencari perusahaan ternama multinasional yang memiliki status yang baik.

Layangkan surat proposal magang mu kepada mereka dan berilah target beberapa bulan untuk selesai. Dengan menyelesaikan magang, maka kamu sudah memiliki pengalaman yang mumpuni untuk segera terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya

Namun perlu diperhatikan, magang di sini adalah kegiatan yang benar-benar mengasah kemampuan dan keahlian mu bukan hanya sekedar menjadi pesuruh atau melakukan hal-hal kecil yang office boy juga bisa lakukan. Jalani proses mengganggumu dengan sepenuh hati maka sobat akan mendapatkan pengalaman yang berharga

Menjadi voluenter atau Tenaga Sukarelawan

Menjadi relawan di suatu organisasi atau aktivitas amal merupakan salah satu jenis atau cara mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Menjadi relawan memang tidak digaji dan kamu harus siap siaga untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut

Misalnya sobat kosngosan ingin menjadi sukarelawan di ACT atau aksi cepat tanggap. Kamu harus memiliki manajemen waktu dan tenaga yang tepat untuk menjadi sukarelawan misalnya Apabila terjadi bencana alam. Di sinilah kamu akan dilatih mengenai kerjasama tim dan manajemen yang baik.

Coba cari organisasi non-profit yang membuka kerjasama untuk menjadi relawan. Dengan demikian kamu bisa memiliki pengalaman yang cukup sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya

Membuka usaha atau bisnis Terlebih Dahulu

Sebelum melamar pekerjaan di perusahaan impianmu ada baiknya sobat juga memiliki bisnis sendiri atau usaha sampingan yang membuatmu akan mampu untuk mengelola keuangan dan manajemen waktu yang efektif dan tepat.

Memiliki bisnis sendiri dan mengelolanya menjadi besar adalah suatu pengalaman yang berharga yang bisa sobat kosngosan andalkan Ketika anda melamar pekerjaan nantinya. Karena ada banyak sekali perusahaan yang menginginkan pengusaha pengusaha sukses yang bekerja untuk perusahaan mereka.

Aktif di Organisasi Berkualitas

Terlibat aktif di organisasi memang bisa memberikan pengalaman mumpuni di bidang manajemen dan kerjasama tim. Apalagi kamu memiliki kedudukan atau posisi yang penting di suatu organisasi tersebut. 

Misalnya kamu dipercaya untuk menjadi bendahara atau sekretaris, yang nantinya akan bisa dipergunakan sebagai pengalaman bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan keuangan.

Bagi kamu mahasiswa, bisa aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa baik itu untuk level fakultas atau universitas. Namun perlu juga sobat kosngosan perhatikan untuk manajemen waktu sehingga sobat bisa menyelesaikan studi tidak terlalu fokus dengan organisasi


Cari Pekerjaan tanpa Syarat Pengalaman

Cara terakhir untuk memperkaya pengalamanmu sebelum mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan melamar pekerjaan kecil-kecilan di perusahaan yang tidak mensyaratkan pengalaman. 

Ibarat kata lainnya adalah sobat  menjadikan pekerjaanmu saat ini sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya

Misalnya sobat  bekerja di perusahaan startapp yang tidak membutuhkan pengalaman. Sehingga apabila sobat sudah bekerja dan mendapatkan keahlian beberapa waktu seperti 1 tahun atau 2 tahun lebih, maka kamu bisa mengajukan surat pengunduran diri dan mencari pekerjaan yang lebih layak.


Menekuni Passion mu

Cara mencari pengalaman kerja lainnya, kepada seluruh fresh graduate, untuk lebih dapat bekerja keras meningkatkan kompetensi diri, keterampilan kerja dan inovasi. Untuk mendapatkan pengalaman, kamu bisa menekuni hobi dan passion mu terlebih dahulu setelah lulus. 

Dengan kompetensi di atas standar, maka akan memenagkan persaingan. Kita bisa mendalami makna dari nasehat ilmuwan Albert Einstein yang menyatakan, hanyalah orang gila, yang ingin mencapai hasil besar, namun dengan usaha secara biasa-biasa saja

Mimin kosngosan.com juga setuju dengan hal tersebut. Kamu seorang fresh graduate, sudah seharusnya menjadi Agent Of Change Era Milenial. sebenarnya banyak waktu luang yang tidak kita manfaatkan untuk berkarya demi masa depan. 

Anak kost dan mahasiswa lebih asyik menghabiskan waktu senggangnya kepada hal hal yang banyak mudharatnya seperti bermain game online berlebihan, pacaran dan hidup hedonis tanpa prestasi akademik yang berarti.


Menggantikan Pekerjaan Karyawan yang Resign

Perusahaan biasanya butuh cepat untuk karyawan yang resign. Jadi kamu bisa jadi menggantikan peran dari karyawan yang resign tersebut untuk sementara waktu. 

Tapi kalau sudah menggantikan nya, usahakan bekerja dengan maksimal, sehingga membuat kamu kemungkinan akan diangkat jadi karyawan tetap. 

Dalam menggantikan orang yang telah mengundurkan diri, pastikan untuk memberikan perhatian yang memadai pada proses penggantian, untuk memastikan bahwa calon karyawan baru memiliki keterampilan dan pengalaman yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.


Manfaatkan Kekuatan Orang Dalam

Banyak yang mengatakan, kekuatan orang dalam adalah nomor satu. Mimin pribadi tidak menyetujuinya seratus persen. Akan tetapi mimin mengakuti bahwa orang dalam, kenalan atau jaringan pribadi di dalam suatu perusahaan sudah menjadi rahasia umum. 

Kamu bisa memanfaatkan kekuatan orang dalam untuk mendapatkan suatu posisi, tetapi tetap yang terpenting kamu juga harus kompeten dibidang tersebut

Biasanya jika kamu punya kenalan pada suatu perusahaan, kamu akan lebih mudah diterima bekerja disana. Walaupun kamu tidak punya pengalaman. 

Manfaatkan itu untuk mengumpulkan pengalaman kerja sebaik baiknya. Dan kemudian setelah kamu merasa cukup dengan softskill yang kamu punya, barulah kamu bisa mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan impianmu


Kata Penutup

Dan pada akhirnya, kesuksesan freshgraduate kembali lagi tergantung dari pengalaman kerja itu sendiri. Apakah kalian memiliki motivasi dan tekad yang kuat untuk berubah dan membekali dirinya demi mengadapai masa depan dan dunia kerja yang sesungguhnya. 

Semoga cara mencari pengalaman kerja dari kosngosan diatas bisa bermanfaat dan kita bisa menjadi orang sukses, Aminn! Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan url artikel ini ya. Terimakasih banyak!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya