Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Sikap Optimis dalam Kehidupan Sehari Hari

Apa yang dimaksud dengan sikap optimis? Perilaku ini merupakan suatu paham dan keyakinan yang berbentuk sikap senantiasa berpikir positif saat menghadapi berbagai aspek permasalahan dalam kehidupan, dan juga berani mengambi tantangan baru dalam suatu keputusan penting. 

Optimis dalam bahasa inggris disebut Confidence, dan sering sekali disebut orang orang sukses dalam setiap ceramah mereka. Lalu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa sifat optimisme yang bisa diterapkan dalam kehidupan di sekolah, kantor, rumah dan lingkungan masyarakat.

Contoh Optimis selalu memandang sesuatu dari segi yang baik dalam semua hal, dirinya memiliki kepercayaan diri penuh bahwa akan harapan dan akhir yang baik dari segala usaha yang telah mereka perjuangkan. Inilah yang menjadi salah satu sifat dari orang sukses.

Contoh perilaku optimis yang pernah kamu lakukan sehari hari adalah perbuatan yang positif. Sobat kosngosan yang memiliki sikap optimis cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik karena mereka senantiasa menanamkan stigma positif terhadap semua perkara yang mereka hadapi. Hal ini tentunya sangat berdampak pada kualitas hidup mereka.


Contoh Perilaku Optimis yang Pernah Kamu Lakukan

contoh perilaku optimis

Beberapa contoh optimis dalam kehidupan sehari hari, seperti contoh sikap optimis di rumah, contoh sikap optimis di sekolah, kampus, tempat kerja bahkan contoh sikap optimis di lingkungan masyarakat sosial, yang bisa kita contoh dan terapkan meliputi diantaranya :

Baca juga : Contoh Sikap Mandiri


Tidak Takut Untuk Mencoba Hal – Hal Yang Baru

Orang – orang yang optimis selalu tertarik dengan hal – hal dan dunia baru. Mereka suka mencari ilmu dan wawasan dari berbagai sumber baik dari suatu perkumpulan dan organisasi, hobi baru, internet, dan kegiatan – kegiatan positif lainnya. 

Hal ini tentunya dapat memberikan mereka pengalaman yang cukup banyak sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bekal di masa depan.


Tidak Takut Dengan Kegagalan

Orang yang optimis selalu menanamkan stigma dan pikiran yang positif dalam setiap hal yang mereka kerjakan. Mereka percaya kegagalan itu pasti ada, dan jika itu benar – benar terjadi maka sobat kosngósan juga bisa melewatinya. 

Setiap kegagalan yang terjadi pasti memiliki banyak hikmah dan ilmu baru yang bisa dipetik dan dijadikan pembelajaran agar dapat berusaha lebih baik lagi di masa yang akan datang.


Senantiasa Bersikap Tawakkal

Tawakkal merupakan sikap yang menyerahkan dan mempercayakan segalanya kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah mereka berjuang dan berusaha dengan keras. 

Orang – orang yang tawakkal meyakini bahwa segala sesuatu termasuk kegagalan dan kesuksesan yang kelak akan mereka dapatkan nantinya, datangnya hanya dari Tuhan dan tugas utama mereka hanyalah berusaha keras dan mengiringinya dengan doa.


Cenderung Fokus Terhadap Solusi

Contoh optimis lainnya, ketika orang – orang yang optimis mengalami masalah terburuk sekalipun, mereka akan berusaha menghindari untuk terpuruk dan terus berlarut – larut dalam kesedihan. 

Mereka cenderung fokus dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Mereka juga percaya bahwa setiap masalah yang ada harus dilewati dan akan selesai jika mereka mampu menghadapinya dengan baik.


Selalu Berpikir Positif

Senantiasa menanamkan pikiran yang positif juga penting dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Dengan adanya pikiran positif maka segala sesuatu yang kita kerjakan akan terasa lebih baik dan memuaskan. 

Kamu juga harus melatih daya pikirmu bahwa setiap hal baik yang kamu lakukan nantinya akan selalu membawamu menuju gerbang kesuksesan.


Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Kegagalan itu wajar dan kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas segala kegagalan yang terjadi. Kamu harus membiasakan diri dan menanamkan pola pikir bahwa kesalahan yang kamu lakukan saat ini pasti bisa diperbaiki dan akan menjadi pembelajaran yang berarti di kemudian hari. 

Jadikanlah kegagalan yang kamu dapatkan sekarang sebagai motivasi dan dorongan diri untuk dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan maksimal.


Bergaul Dengan Orang – Orang Yang Memiliki Aura Positif

Jika kamu merasa orang – orang di sekitarmu banyak yang memberikan aura negatif dan terkesan menghambat perkembangan dan proses usahamu, maka mungkin ini adalah saatnya untuk kamu beralih dan pergi mencari suasana baru yang lebih positif untuk kinerja sobat kosngosan. 

Carilah partner dan teman yang mampu memberikan dorongan dan aura positif yang bisa mendukung segala kegiatanmu. Ini adalah salah satu contoh optimis yang harus kamu lakukan.


Menghindari Ungkapan atau Kata – Kata Yang Negatif

Dalam mengerjakan segala hal, usahakan untuk menjauhi segala kosakata negatif dan buruk yang malah akan menghambat dan membuatmu jadi pesimis. 

Ubah berbagai ungkapan sederhana seperti “saya tidak bisa” menjadi “saya pasti bisa melakukannya”, atau “duh, ini sulit” menjadi “iya ini memang sulit, tapi aku akan mencobanya”. 

Adanya ungkapan positif yang senantiasa tertanam di pikiranmu tentu akan menjadikan motivasi dan semangat tersendiri untuk segala usahamu nantinya.


Mengambil Sisi Positif Dari Setiap Kejadian

Setelah seharian mengerjakan pekerjaanmu, biasakanlah untuk meluangkan waktu sebentar saja setidaknya 10 menit untuk melakukan evaluasi dan memikirkan hal – hal positif yang mampu kamu capai pada hari itu, bahkan ketika ada kejadian yang tidak menyenangkan sekalipun. 

Tetap syukuri hal – hal kecil yang telah berhasil kamu raih. Percayalah bahwa hari esok masih ada dan kamu akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dengan usahamu yang lebih optimal.


Fokus Pada Masa Sekarang dan Masa Depan

Hindari terus – terusan terperangkap pada masa lalu. Jadikan hal itu sebagai sebuah pembelajaran yang berharga dan akan membawamu menuju hal – hal yang lebih baik lagi di masa depan. 

Mungkin kamu memang tidak dapat mengubah masa lalu, namun setiap kesalahan yang pernah kamu lakukan pasti bisa diperbaiki dan dapat digunakan sebagai acuan untuk bertindak lebih bijak lagi di masa mendatang.


Menghindari Keterpurukan dan Terus Bangkit

Terus – terusan terpuruk dan berlarut – larut dalam kesedihan tidak akan mampu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi saat ini. 

Cepat bangkit dan susun strategi serta solusi baru untuk menghadapi berbagai permasalahan yang akan datang. Jadikan segala sesuatu yang telah lalu agar tetap menjadi pembelajaran yang bisa membawa sobat kósngosan menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.


Pantang Menyerah

Orang – orang yang optimis cenderung pantang menyerah dan menghindari mundur sebelum waktunya. Mereka percaya bahwa segala usaha dan kerja keras yang mereka lakukan akan membawa mereka pada gerbang kesuksesan. 

Andai kata mereka gagal sekalipun, pasti akan ada hal lebih baik yang disiapkan Tuhan untuk mereka lewat jalan yang tidak disangka – sangka. Ini adalah contoh optimis lainnya.


Selalu Memiliki Motivasi Diri Yang Tinggi

Mereka yang optimis akan terus menanamkan motivasi diri dan dorongan kerja yang tinggi dalam pikiran mereka. 

Tanpa adanya motivasi, tentu segala pekerjaan yang kita lakukan akan terasa hambar dan tidak bersemangat. Kita tidak tau jelas untuk apa pekerjaan itu dilakukan dan tujuan kedepannya akan mengarah kemana.


Tidak Segan Untuk Mengucapkan Terimakasih

Kualitas diri pada seorang pribadi yang optimis adalah tidak pernah segan untuk mengucapkan terima kasih pada setiap orang yang berperan dalam usahanya, termasuk diri mereka sendiri. 

Apapun yang terjadi dalam hidup, mereka senantiasa menerimanya dengan lapang dan senang hati. Itulah yang membuat mereka terus merasa cukup akan segala kejadian baik yang mereka dapatkan.


Senantiasa Riang dan Merasa Bahagia

Mungkin agak sulit menemukan raut kesedihan di wajah orang – orang yang optimis. Karena mereka cenderung periang dan selalu merasa bahagia termasuk untuk hal apapun yang mampu mereka miliki. 

Hal ini disebabkan karena orang – orang optimis selalu mempunyai pandangan baik dalam setiap hal yang mereka hadapi. Mereka tidak takut menerima resiko dan kegagalan karena mereka percaya bahwa semua itu adalah tantangan yang wajib mereka lewati.


Memiliki Inisiatif Yang Kuat Untuk Menyelesaikan Masalah

Orang – orang yang optimis juga cenderung inovatif dan memiliki inisiatif kuat untuk mencari berbagai macam solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. 

Mereka tidak ingin lari dari masalah. Semua hambatan yang datang akan dilewati dengan berbagai jalan dan ide – ide cemerlang yang mereka ciptakan sendiri.


Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi

Rasa percaya diri sangatlah penting dan harus selalu ditanamkan dalam diri masing – masing. Kamu harus berhenti membanding – bandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap inpidu pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. 

Tetaplah percaya diri karena hal itu merupakan faktor penting yang bisa dilakukan sebagai dorongan dalam menjalankan kinerja dan usaha sobat kosngosan kedepannya.


Menumbuhkan Semangat Berkompetisi

Kompetisi merupakan salah satu faktor penting lainnya yang mampu mempengaruhi daya saing setiap inpidu. Orang – orang yang optimis tidak akan mau kalah dan terus berusaha untuk tetap maju dan meraih apa yang mereka impikan. 

Mereka senantiasa melakukan usaha dengan sebaik – baiknya agar mampu mencapai tujuan mereka masing – masing.


Tidak Menyalahkan Orang Lain

Selain menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain juga merupakan kesalahan berikutnya yang sangat mudah untuk dilakukan. 

Namun kamu harus menjauhi perilaku ini karena hal ini mencerminkan diri yang pesimis dan pengecut. Orang – orang yang optimis senantiasa introspeksi dan berani mengakui kesalahan yang mereka lakukan.


Suka Memaafkan

Hal terakhir yang menjadi contoh sikap optimis adalah ikhlas memaafkan, baik memaafkan kesalahan diri sendiri maupun kesalahan orang lain. 

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Pasti kita semua pernah melakukan kesalahan. Memaafkan dengan sepenuh hati tentunya akan menciptakan perdamaian dan dari kedamaian itu akan membuat seseorang untuk terus berpikir jernih dan optimis.

Baca juga : Contoh Sikap Toleransi Beragama


Kesimpulan

Pada dasarnya contoh optimis merupakan salah satu sikap positif yang bisa memberikan kita kepercayaan diri dalam menghadapi suatu tantangan baru. 

Ketika seseorang memiliki kepercayaan diri yang baik, maka biasanya mereka berani mengambil keputusan yang tepat dan berani untuk melangkah maju. Hal inilah yang banyak dimiliki oleh orang orang sukses

Terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan.com, dan mengikuti beberapa referensi mengenai contoh perilaku yang mencerminkan sifat optimis atau percaya diri. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya