Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Kuota Belajar Telkomsel Terbaru

Saat ini proses belajar mengajar berlangsung secara daring menggunakan fasilitas internet. Lalu keberadaan paket belajar dari t-sel ini dinilai sangat membantu para siswa sekolah dan mahasiswa di perguruan tinggi untuk belajar. Lalu apa saja sih manfaat dari membeli paket belajar dari si merah ini? Kali ini mimin kosngosan.com akan memberikan beberapa penjelasan terkait kegunaan paket "pendidikan" dari telkomsel. Mari kita simak uraiannya dibawah ini.

Kuota Belajar dari telkomsel ini merupakan salah satu paket data yang diperuntukkan untuk mengakses platfrom aplikasi belajar online seperti ilmupedia, ruangguru, zenius dan aplikasi e-learning lainnya.

Selain itu, kuota ini juga bisa digunakan untuk mengikuti conference untuk akses platform konferensi video seperti Zoom atau Google Meet.

Untuk bisa mengaktifkan paket data ini, kamu harus memastikan bahwa nomor Telkomsel yang digunakan dalam status aktif. Selain membeli paket ini pakai pulsa yang kamu isi ulang, ada juga bantuan dari pemerintah bagi siswa dan mahasiswa di lembaga pendidikan negeri bagi kalian yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud melalui sekolah atau kampus negeri.


Manfaat Kuota Belajar Telkomsel Terbaru

Nah buat kamu yang ingin membeli kuota ini, kamu bisa mengaktifkan paket kuota ini sebanyak satu kali melalui aplikasi MyTelkomsel atau USSD Menu Browser (UMB) di *363*844#. Berikut beberapa kegunaan yang bisa kamu rasakan bila membeli paket ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lelet


kuota belajar tsel

1. Google Classroom

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa platfrom ini berasal dari google, yang ditujukan untuk pembelajaran. Layanan ini memungkinkan guru untuk memanajemen progres muridnya sambil tetap terhubung secara online.

Platform ini secara otomatis terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lain, misalnya Gmail, Google Docs, dan Google Calendar. Sobat kosngosan sebagai murid bisa menerima dan mengumpulkan tugas langsung di Classroom. Dan kamu bisa membeli paket kuota belajar telkomsel untuk mengakses platfrom ini dari aplikasi android atau ios.


2. Rumah Belajar

Ini adalah platfrom yang diciptakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan yang ditujukan untuk murid agar bisa belajar secara online. Portal pembelajaran ini menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar guru dan murid. Platfrom ini bisa digunakan untuk tahap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.


3. Ruangguru

Siapa yang tidak kenal ruangguru? iklannya ada diman mana, dan menjadi salah satu platfrom belajar online terbesar di Indonesia. Nama lainnya adalh PT Ruang Raya Indonesia, berdiri sejak tahun 2014, memiliki visi misi sebagai perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi. Penggunaan platfrom ini diperuntukkan bagi murid, guru, orang tua, pemerintah, institusi – yang menyediakan sistem tata kelola pembelajaran (learning management system).


3. Zenius

salah satu saingannya ruangguru adalah zenius. Platfrom pembelajaran daring yang memberikan pelayanan dalam bidang teknologi pendidikan (education tehchology) atau lebih populer disebut edutech. Memiliki layanan kanal belajar dalam jaringan (online) untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Seperti les mata pelajaran, sobat kosngosan harus menjadi anggota berbayar agar dapat mengakses materi pelajarannya


4. Kelas Pintar

salah satu platfrom belajar online lainnya saingan dari ruangguru dan zenius yang bisa kamu coba. Dan bisa kamu manfaatkan ketika membeli paket belajar dari telkomsel.


5. Quipper

Quipper merupakan platfrom yang menyediakan fitur Learning Management System free, yang disediakan Quipper Indonesia untuk membantu guru dan sobat kosngosan supaya dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Jadi kamu sebagai guru bisa menjadi fasilitator dalam mengelola materi, melaksanakan tes, melihat perkembangan murid

Beberapa layanan lain yang bisa kamu manfaatkan ketika membeli paket kuota belajar telkomsel, diantara lain sebagai berikut :

6. Smartpi

7. Udemy

8. Duolingo

9. Sekolah.mu

10. Cakap

11. Bahaso

12. Cambridge Assessment English

13. Kipin School 4.0

14. Pijar Sekolah

15. video meeting edukasi Birru

16. Pahamify

17. BelajarPedia


Sementara itu, kuota belajaar dari telkomsel juga bisa digunakan untuk kegiatan Conference atau belajar realtime secara video call, dan beberapa platfrom yang bekerjasama dengan telkomsel meliputi :


1. Zoom

salah satu platfrom aplikasi meeting online yang sangat berkembang pesat di era pendemi. Zoom adalah salah satu aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai perangkat seluler, desktop, yang ditujukan untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio.


2. Google Meet

Saingannya Zoom adalah Google Meet. Seperti namanya, sobat kosngosan pastinya sudah bisa menebak, kalau platfrom ini berasal dari google. Yaitu salah satu layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google yang menjadi versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. 

Google Meet dirilis untuk pengguna iOS pada Februari 2017 silam, baru kemudian diluncurkan secara resmi di bulan berikutnya. Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video yang bisa ditonton hingga 30 peserta.


3. CloudX

CloudX adalah platfrom komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang memberikan fitur CloudX Meeting yang bisa memungkinkan kamu berkomunikasi menggunakan video call demi mendukung sistem kerja remote dan work from home (WFH). adapun paket lainnya yang bisa kamu nikmati diantaranya :

4. UMeetMe

5. Microsoft Teams

6. Cisco Webex

7. Aplikasi lain yang menjadi anggota Telkomsel Conference lainnya


Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel

Bagi sobat kosngosan.com yang ingin mengaktifkan Kuota Belajar, bisa via MyTelkomsel atau dial up, berikut tata caranya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel
  • tab menu "Belanja"
  • Tab menu "Internet"
  • Tab kategori "Pendidikan"
  • Tab "Kuota Belajar"
  • Konfirmasi pembelian
  • Pembelian berhasil

Sedangkan aktivasi Kuota Belajar via UMB atau dial up dapat dilakukan dengan cara berikut:

Akses UMB *363*844#

Tab "Paket Kuota Belajar"

Akses tautan aktivasi paket melalui MyTelkomsel yang masuk via notifikasi ponsel

Konfirmasi pembelian dan pembayaran

Pembelian paket berhasil

Baca juga : Kegunaan Kuota OMG Telkomsel


Kata Penutup

Nah buat sobat kosngosan yang ingin belajar dari rumah, suka bingung dengan tarif internet yang mahal, bisa menggunakan paket kuota belajar dari telkomsel diatas. Untuk memberikan rasa nyaman dalam menggunakan Kuota Internet Pendidikan, sobat juga sebenarnya diharuskan untuk mempunyai kuota utama an tidak menggunakan VPN supaya tidak dikenai tarif dasar internet. Semoga bermanfaat buat kalian, jangan lupa untuk share dan bagikan url artikel ini ke sosial media kalian ya. terimakasih sudah berkunjung. sampai jumpa kembali!

Oleh rezaharahap