Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Rekening Pribadi

Terkadang kita butuh uang dalam menghadapi suatu kondisi yang terdesak. Atau buat yang ingin beli barang, tapi uangnya belum tersedia pada waktu tersebut. Maka sebagian mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya. Dahulu, orang hanya mengenal bank atau koperasi sebagai lembaga peminjaman yang terpercaya. Tapi dengan perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, berbagai layanan pinjaman online (pinjol) sudah mulai marak kita temukan. Lalu bagaimana prospeknya kedepan?

Halo bertemu lagi dengan mimin kosngosan disini. Pada kesempatan kali ini, kita akan khusus membahas beberapa rekomendasi platfrom aplikasi pinjaman online yang bisa memberikan kamu hutang, bahkan tanpa syarat adanya rekening pribadi. Karena seperti yang kita ketahui, untuk bisa di ACC pengajuan pinjaman, kebanyakan platfrom mensyaratkan adanya rekening bank.

Adanya rekening ini sebagai syarat mutlak yang harus kamu miliki, supaya nantinya mereka bisa mentransfer uang pinjaman langsung ke rekeningmu. Jadi pihak pinjaman online tidak lagi memberi uang cash, tetapi dalam bentuk transferan ke rekening nasabahnya. Lalu bagaimana konsep pinjaman online tanpa rekening? Kita akan bahas dibawah ini


Aplikasi Pinjaman Online tanpa Rekening Pribadi

Pada dasarnya, konsep meminjam uang dari beberapa platfrom pinjaman online tanpa adanya rekening bank sangat jarang kita temui. Karena memang account bank menjadi syarat mutlak sebelum kamu mengajukan kredit atau cicilan. Tapi ada beberapa e-wallet dan layanan paylater yang bisa melakukannya.

Artinya kamu bisa membeli suatu barang di platfrom mereka, dengan cara mencicil setiap bulan (dalam jangka waktu yang ditentukan), tanpa harus kamu memiliki account bank. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi pinjaman online tanpa rekening ini diantaranya :

aplikasi pinjol tanpa rekening pribadi

Kekurangan :

a. Penggunaan pinjaman Terbatas pada platfrom mereka saja, misalnya kamu ingin membeli iPhone 12 pakai paylater di shopee, jadi kamu hanya bisa membeli di shopee saja, tidak bisa beli di tempat lain

b. Jarang dalam bentuk tunai, jadi kamu hanya bisa membeli produk yang ingin kamu beli saja, jarang bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai atau cash

Kelebihan :

a. Mudah dan Cepat, tentu saja tanpa syarat rekening bank, sobat kosngosan hanya membuat akun dan verifikasi data menggunakan KTP, maka kamu sudah bisa melakukan pinjaman

b. Pilihan Lama Pinjaman fleksibel, biasanya kamu bisa memilih waktu tenor atau lamanya cicilan antara 3 bulan sampai beberapa tahun (tapi umunya jangka pendek dibawah 1 tahun), jadi bisa disesuaikan dengan kemampuanmu.

Baiklah langsung saja, kita akan bahas beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan pinjaman online tanpa rekening pribadi :


Kredivo

Kamu pasti sering atau pernah melihat iklan pinjol dari kredivo, bukan? Platfrom ini menjadi salah satu fintech yang menyediakan layanan cicilan barang tanpa perlu memiliki rekening bank bagi peminjam. kredivomenyediakan layanan pembayaran melalui merchant toko online besar yang kita pakai sehari hari, misalnya Tokopedia, Lazada, Blibli, Shopee dan Bukalapak.

Ini menjadi salah satu kelebihan dari kredivo, yaitu partner pembayarannya cukup lengkap. Kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi pada aplikasi kredivoini dan mendapatkan persetujuan dengan mengisi form pendaftaran. Setelah permohonannya disetujui, kamu nantinya mendapatkan kredit limit dimana pinjaman yang diberikan maksimal sebesar kredit limit yang disetujui oleh pihak tersebut.

Baca juga : Contoh Kredit Tanpa Agunan


Akulaku

Kamu juga bisa memilih untuk melakukan kredit barang yang kamu inginkan kapan dan dimana saja dengan akulaku. Akulaku menjadi salah satu platform kredit online terbaik dan cukup lengkap yang ada di Indonesia. 

Mereka menyediakan berbagai pilihan produk kredit yang bisa kamu pilih. Kamu pun bisa mencicil barang tanpa adanya uang muka atau DP. Jadi kamu bisa mendapatkan barang, sedangkan cicilannya kamu bisa memilih untuk cicilan untuk masa tenor antara 3, 6, 9 sampai 12 bulan. Syarat utamanya seperti KTP, Penghasilan, Slip Gaji, Limit dan Usia, jadi tidak perlu membuat buku rekening.


CashDana

Melalui platform CashDana sobat kosngosàn bisa lebih mudah untuk mengajukan permohonan pinjaman uang secara daring tanpa memerlukan jaminan yang ribet, salah satunya rekening bank. Kelebihan dari platfrom CashDana seperti proses pengajuan pinjaman yang cepat, tenor waktu pinjaman dana yang disesuaikan dan fleksibel, aman dan terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan RI


ModalKu

Modalku merupakan salah satu layanan pinjaman online sekaligus marketplace yang diciptakan sebagai media bertemunya peminjam dan pemberi pinjaman. Ini adalah salah satu perusahaan Fintech yang memberikan pinjaman uang maksimal 50 juta tanpa adanya jaminan. Jadi cocok buat kamu yang punya usaha dan ingin mengembangkannya. 

Dana yang disetujui (setelah kamu mengajukan dengan memenuhi berbagai persyaratan yang diminta) akan diberikan lewat OVO atau aplikasi TokoPedia. Syarat lainnya, sobat sudah terdaftar sekurang kurangnya selama 6 bulan di marketplace Tokopedia.


Tunaiku

Platfrom financial tech yang bernama Tunaiku merupakan salah satu perusahaan Pinjaman Online yang sudah terdaftar di OJK. Jadi kamu bisa meminjam sampai nominal 20 juta dengan tenor yang fleksibel, maksimal sampai 20 bulan. Syaratnya, kalian bisa lihat di website resminya. Tapi salah satu yang bisa kamu ketahui, tidak wajib memiliki kartu kredit. Namun ada beberapa syarat yang harus di penuhi, misal penghasilan minimal 3 juta perbulan, usia diatas 21 tahun dan syarat lainnya


DanaRupiah

Salah satu perusahaan pinjaman online yang terpercaya selanjutnya adalah DanaRupiah. Fintech ini terdiri dari tiga jenis pinjaman, yaitu Pinjaman personal, pinjaman produktif dan pinjaman pendidikan. Pinjaman online DanaRupiah ini memiliki bunga yang rendah dan tidak adanya biaya tersembunyi didalamnya.


Home Credit

Home Credit adalah salah satu perusahaan multifinance yang banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan ini banyak menawarkan kredit barang barang seperti perabotan, alat elektronik dan lainnya. Hampir sama dengan kredivo, mereka menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan rekening bank kepada kliennya.

Akan tetapi perbedaannya, mereka hanya membuka layanan kredit secara offline dengan membuka booth penjualan di toko home credit yang sudah tersebar di berbagai daerah. Tapi sobat kosngosan.com tetap bisa mendaftar dan melihat produk mereka secara online lewat website atau aplikasi. Tapi pada akhirnya untuk mengajukan pinjaman, kamu bisa mengunjungi booth Home Credit di tempatmu masing masing, dan mengajukan pinjaman cicilan secara langsung ditempat.


ShopeePay Later

shopeepay later

Dari namanya saja, kita sudah tahu bahwa ini adalah produk dari shopee. Layanan paylater (bayar nanti) dari salah satu ecommerce terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu ambil. ShopeePay Later tidak meminta jaminan agunanan ketika kamu mau mencicil suatu barang.

Kamu cukup mendaftar dan mengaktifkan aku ShopeePayLater mu dengan memenuhi syarat, berstatus sebagai WNI dan sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk. Lalu kamu diharuskan untuk mengisi data dan mem-verifikasi wajah yang dilakukan secara daring. Kelebihan pendaftaran daring seperti ini, kamu tidak perlu repot mengantri dan proses mengajukan relatif lebih singkat antara maksimal 2x24 jam. Dana akan dicair langsung ke akun ShopeePay mu


GoJek PayLater

Tentu kalian sudah tahu kalau layanan paylater ini berasal dari salah satu startup terbesar di Indonesia yaitu GoJek. Perusahaan ini menawarkan fitur paylater dalam aplikasi Gojek yang kamu install. Jadi untuk bisa menggunakannya, kamu harus terdaftar dahulu sebagai member premium GoPay (verifikasi KTP dan kirim foto).

Untuk tenor pembayaran minimal dengan tempo 1 bulan dan bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Tapi kamu harus tahu, tidak semua member GoPay bisa mendapatkan layanan ini. Hanya member yang dipilih dan diundang langsung oleh pihak GoJek yang mendapatkan produk PayLater ini. Kamu bisa memiliki fasilitas GoJek PayLater dengan limit sebear 500k.


OVO PayLater

Seperti namanya, ini adalah layanan paylater yang dimiliki oleh OVO, salah satu e-wallet terbesar yang ada di Indonesia. Layanan ini memberikan Kredit Limit yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi pada platform Tokopedia dan tempat kerjasama OVO lainnya. 

Sobat kosngosan bisa bayar nanti untuk membeli produk, dengan mencicil karena bisa beli sekarang dengan pembayaran nanti saat jatuh tempo yang sesuai tenor pinjaman. Kamu juga bisa menggunakan layanan ini sebagai alat pembayaran di Tokopedia


TravelokaPay

Ini adalah paylater milik traveloka, salah satu perusahaan startup besar asal Indonesia. TravelokaPay menyediakan kredit online tanpa DP yang ditawarkan oleh platfrom Traveloka. Kalian bisa pilih membeli berbagai produk Traveloka yang kemudian bisa dibayarkan diwaktu mendatang, atau melakukan cicilan tanpa kartu kredit dengan tenor antara 2 sampai 12 bulan maksimal.

Produk dari traveloka kebanyakan tiket transportasi, seperti kamu bisa menyicil tiket pesawat, tiket bus dan shuttle, booking hotel atau tempat penginapan, tiket kereta api, tiket aktivitas dan rekreasi, tiket bioskop, rental mobil, bandara, sampai makanan restoran yang dilakukan hanya secara online tanpa rekening bank.


LinkAja Paylater

LinkAja saat ini sudah punya layanan kartu kredit digital berupa produk pinjaman atau Paylater. Jadi sobat kosngosan yang terdaftar sebagai member Linkaja, bisa melakukan pembayaran pascabayar (postpaid), kamu akan diberikan pinjaman uang dengan limit tertentu. Untuk menggunakan fitur ini, LinkAja bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Kredivo, BRI Ceria, dan Indodana. Fasilitas terbaru ini bisa dipakai dengan menghubungkan akun mitra fitur Paylater dengan aplikasi LinkAja.


DANA PayLater

Aplikasi Dana Paylater ini merupakan salah satu fitur baru yang dimiliki oleh DANA, salah satu ewallet terbesar di Indonesia. Untuk transaksi di aplikasi ini, kamu harus mendaftar dan menunggu sampai akun mu diverifikasi. Nantinya bagi kamu pengguna DANA, akan memudahkan kamu dalam beli sekarang bayarnya nanti aja yang langsung di dukung oleh aplikasi Akulaku ini.


Lazada Paylater

Lazada Paylater ini sebenarnya bukan lah layanan yang berdiri sendiri. Karena mereka bekerja sama dengan aplikasi kredit lain seperti Kredivo dan Akulaku dalam memberikan kredit pinjaman kepada member-nya. 

Seperti misalnya fitur "Bayar Nanti" dan "Cicilan" dengan tenor fleksibel. Dengan metode Bayar Nanti, kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 10k dengan bunga 0% dalam jangka waktu 30 hari. Sedangkan "Cicilan" kamu dapat mencicil barang yang kamu beli dengan tenor antara 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga 2.95% saja.


Blibli Paylater

Blibli Paylater juga bukan layanan yang berdiri sendiri. Ecommerce asal Indonesia ini melakukan kerja sama dengan Indodana, memungkinkan member membeli produk Blibli secara kredit. Untuk limit yang diberikan berbeda, tergantung kebijakan. 

Limit nya akan disesuaikan dengan kemampuan klien, antara 500k sampai 10 juta. Untuk bunga pinjaman sebesar 2% per bulan jika memilih tenor 1 bulan, bunga 3% per bulan jika memilih tenor 3, 6, dan 12 bulan. Kamu akan didenda antara 2%-10% jika terlambat membayar cicilan.


BukaLapak BayarNanti

BayarNanti merupakan salah satu fitur baru dari Bukalapak yang bekerjasama dengan Julo. Nantinya kamu bisa melakukan pembayaran transaksi menggunakan kredit limit di aplikasi atau website Bukalapak. 

Untuk saat ini BayarNanti hanya bisa kamu gunakan untuk transaksi marketplace (pembayaran barang fisik). Seperti yang mimin kutip dari laman resminya, pengajuan dan aktivasi layanan ini hanya bisa dilakukan oleh sobat kosngosan yang KTP nya berada di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya, minimum umur akun bukalapak mu adalah tiga bulan


Koperasi Simpan Pinjam Online

Salah satu jenis koperasi yang paling banyak digunakan anggotanya untuk meminjam uang adalah koperasi simpan pinjam. Mungkin kamu sudah pernah mendaftar dan menjadi anggotanya, bukan? Hanya saja kebanyakan koperasi di Indonesia itu hanya menawarkan sistem pinjaman secara konvensional. 

Yang artinya anggota harus datang ke kantor untuk mendaftar dan melakukan verifikasi data, barulah kemudian diberikan uang secara tunai. Tapi beberapa koperasi sudah menerapkan teknologi online bagi anggotanya, jadi tiap anggota bisa mengakses layanan koperasi ini lewat website atau aplikasi yang di install di smartphone mereka masing masing.


Arisan Online

Arisan biasanya digelar secara offline dengan beranggotakan sejumlah orang. Arisan bisa diartikan sebagai kegiatan mengumpulkan uang dalam satu kelompok dalam periode tertentu, dan diaturlah antrian anggota yang menerima dana himpun tersebut. Pada prinsipnya arisan adalah tabungan keanggotaan yang biasanya dilakukan secara konvensional. Tapi kini ada kok arisan online yang bisa dilakukan secara daring menggunakan aplikasi atau grup chatting.

Baca juga : Contoh Kredit Aktif dan Pasif


Bagian Penutup

Sebenarnya ada banyak pilihan lain dari platfrom pinjaman online di Indonesia. Tapi tidak bisa disebutkan semuanya pada kesempatan kali ini. Hal ini membuat sobat kosngosan.com dihadapkan dengan banyak pilihan untuk mengajukan kredit dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa membuka rekening pribadi sekali pun

Semoga beberapa rekomendasi dari aplikasi pinjaman online diatas bisa memberikan informasi soal cara melakukan pinjaman secara baik, benar serta aman di tempat yang tepercaya. Jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. terimakasih sudah berkunjung!

Oleh rezaharahap