Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Rekening Pribadi

Bagaimana cara mencairkan saldo shopee paylater? Buat kamu yang saat ini butuh pinjaman tanpa rekening pribadi, salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur "bayar nanti" dari salah satu ecommerce terbesar di Indonesia, yaitu Shopee. Pihak shopee telah memberikan layanan paylater bagi pengguna di Indonesia cukup lama. Dengan memenuhi beberapa persyaratan yang diminta, kamu bisa membeli barang dan membayarnya nanti setelah masa tenggat waktu yang ditentukan

Paylater adalah salah satu bentuk layanan dari e-money. Bank for International Settlement (BIS) mendefenisikan e-money sebagai suatu produk stored-value atau prepaid di mana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronik yang dimiliki oleh seseorang dan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Banyak yang bertanya, kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan? Atau kenapa shopee paylater tidak muncul di dashboard? Itu karena sobat kosngosan belum memenuhi level member yang ada di shopee. Pihak mereka akan menilai apakah kamu layak mendapatkan layanan ini dengan limit tertentu. Misal jika kamu berada di level gold, kamu bisa dapat limit pinjaman sampai 15 juta, dst.

Oleh karena itu satu satunya cara untuk mengajukan layanan ini adalah dengan banyak berbelanja online di shopee, dengan transaksi yang sering maka layanan bayar nanti ini akan muncul di dashboard profil milikmu. Banyak jasa pencairan shopee paylater di internet, bahkan ada juga yang menaikkan limit-nya. Tapi kamu harus berhati hati, karena banyak juga yang melakukan penipuan. Tentunya ini akan merugikan mu bukan?

cara mencairkan shopee paylater


Panduan Mencairkan Shopee Paylater dengan Mudah

Apakah shopee paylater bisa tarik tunai? Pada dasarnya tidak, karena layanan ini hanya bisa digunakan untuk membeli produk, bukan dalam bentuk uang tunai seperti aplikasi pinjaman online. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan beberapa cara, seperti yang akan dijelaskan oleh mimin dibawah ini. Penasaran? mari kita bahas satu per satu dibawah.


1. Membeli Barang Liquid

Barang liquid disini maksud mimin kosngosan adalah barang berharga yang mudah untuk dijual kembali. Salah satu contohnya adalah smartphone, perhiasan, dll. 

Jadi kamu bisa beli perhiasan misalnya di shopee menggunakan metode pembayaran shopee paylater, baru kemudian setelah barangnya sampai, kamu jual kembali emas batangan itu dan simpan ke dalam tabungan atau rekening bank milik mu pribadi. Seperti ini langkah langkahnya :


Langkah pertama :

Pertama pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur shopee paylater di akun mu. Untuk panduannya, kamu bisa googling, atau nanti mimin akan coba bahas ya bagaimana cara mengaktifkan shopee paylater. Untuk tahap ini, mimin sudah menganggap kamu sudah punya layanan paylater yang sudah aktif.


Langkah kedua :

Seperti biasa masuk atau login menggunakan akun shopee mu. Ini tidak perlu lagi dijelaskan bukan? Kemudian pada bagian pencarian, kamu bisa ketik "perhiasan" atau "cincin". Lalu pilih tipe seller "MALL" atau setidaknya "Star", Karena apa? ini akan meminimalisir sobat kosngosan mendapatkan emas palsu atau yang tidak sesuai dengan deskripsi produk.

beli emas antam


Langkah ketiga :

Kemudian jika sudah mendapatkan emas batangan yang sobat kosngosan inginkan, baru kemudian kamu klik "Beli Sekarang", dan masukan detail pesanan seperti alamat tujuan dan kurir pengiriman seperti biasanya. Jika sudah kemudian kamu pilih metode pembayaran. Selanjutnya pilih Shopee Paylater sebagai metode pembayaran. Kemudian klik KONFIRMASI

checkout shopee paylater


Langkah keempat :

Apabila langkahnya berhasil, maka kamu harus cek kembali pesanan dan klik BUAT PESANAN. Kemudian masukan kode OTP atau Kode Verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP yang sudah kamu daftarkan di ShopeePaylater mu sebelumnya. 

Sekarang pesanan sobat kosngosan.com sudah terkonfirmasi secara otomatis dan diteruskan ke penjual. Jangan lupa membayar tagihan Shopee Paylater mu paling lambat tanggal 5 bulan berikutnya.

paylater shopee


Langkah kelima :

Dan yang terakhir, ketika barang pesanan mu sudah tiba, perhiasan atau barang berharga lainnya tersebut bisa kamu jual kembali ke pegadaian, toko perhiasan atau orang yang mau membelinya. Karena ini adalah perhiasan atau barang berharga, maka pasti semua orang mau membelinya. Tentu saja akan ada perbedaan harga sedikit dari yang kamu beli pertama. Tapi tidak apa apa, jadinya kamu bisa mencarikan uang shopee paylater mu dengan cepat, bukan?


2. Menggunakan Akun Pembeli dan Penjual

Cara kedua ini lebih rumit lagi, tapi bisa menjadi opsi apabila kamu punya 2 akun shopee yang berbeda, yaitu akun untuk pembeli seperti biasa dan akun penjual atau seller atau akun toko. Jadi kamu bisa membeli barang mu sendiri seolah olah kamu beli produk dari orang lain, seperti ini langkah langkah nya :


Langkah pertama :

Membuat pesanan di Akun Pembeli pada toko yang sudah dipersiapkan, untuk mempermudah mencari toko, sobat kosngosan bisa mencari menggunakan link atau URL. Pada proses pembayaran, pastikan jika kamu memilih Shopee Paylater dan lanjut pada "tenor cicilan.'

Selanjutnya ikuti saja prosedur bayar Shopee paylater pada umumnya, yaitu memulai dari konfirmasi pembayaran dan memasukan PIN untuk finalisasi transaksi. Kemudian lanjut chat ke toko meminta untuk segera memproses dan mengirim pesanan.


Langkah kedua :

Lalu kamu bisa login ke akun penjual, sudah berhasil masuk, kemudian balas chat yang tadi seperti penjual dan pembeli secara normal. Sistem Shopee tidak mencurigai kegiatan itu, karena security dari Shopee ketat. Anggaplah proses packing berhasil dan sudah dikirim, kemudian kamu sebagai penjual bisa melakukan konfirmasi melalu chat.


Langkah ketiga :

Barang yang sedang dikirim maka kamu harus mengecek pesanan lewat aplikasi tracking ekspedisi. Perlu diingat, jangan sekali-kali kamu klik "pesanan sudah sampai", karena pihak shopee bisa mencurigainya

Dan anggaplah kamu sudah menerima barang tersebut, maka segera lakukan konfirmasi seperti biasa. Lalu lanjutkan dengan memberikan review dan bintang ke seller. Kamu bisa memberikan review dan bintang yang sewajarnya saja, seperti kamu beli barang pada umumnya


Langkah keempat :

Kemudian kamu cukup melakukan withdraw saldo Shopee ke rekening. Penting untuk kamu ketahui bahwa nama rekening toko mu harus berbeda dengan pembeli, soalnya sistem Shopee akan mendeteksinya. Inilah alasan kenapa kamu harus menggunakan dua akun berbeda. Jadi transaksi yang kamu lakukan tidak dicurigai.

Baca juga : Kegunaan Shopee Pay dan Shopee Paylater


Bagian Penutup

Kesimpulan dari tutorial diatas, buat kamu yang ingin mencairkan SPaylater ke rekening bank pribadi, maka kamu bisa melakukan beberapa cara, yang pertama adalah dengan membeli barang dengan likuiditas tinggi, dan yang kedua menggunakan 2 jenis akun Shopee, yaitu satu jenis akun pribadi dan satu lagi adalah akun untuk seller atau toko. 

Dengan mengikuti cara dari kosngosan diatas, maka proses dalam mencairkan SPaylater bisa ke rekening bank bisa dilakukan dengan cukup mudah. Demikian beberapa cara mencairkan Shopee Paylater ke rekening semua bank, jangan lupa klik tombol share dan bagikan ke sosial media kalian masing masing ya. terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya